Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor telur ala Bekasi yang Lezat

Dipos pada March 6, 2022

Opor telur ala Bekasi

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Opor telur ala Bekasi yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Opor telur ala Bekasi yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor telur ala Bekasi, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor telur ala Bekasi di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Opor telur ala Bekasi sekitar 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, kira-kira waktu penyiapan Opor telur ala Bekasi diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor telur ala Bekasi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor telur ala Bekasi memakai 17 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kalau biasanya kita kenal 'opor' dengan kuah santan kental kaya rasa bumbu rempah dan lainnya, opor yang satu ini saya beri nama 'Opor telur ala Bekasi' karena saya dikenalkan dengan jenis opor ini - yang pakai kecap manis! - hanya di Bekasi. Karena keluarga suami dari keturunan Tionghoa-Bekasi, jadilah saya namakan saja seperti ini...Maaf ya yang orang Bekasi asli, no offense and no harm meant :) Tanpa mengurangi rasa hormat dan tanpa maksud lain apapun.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor telur ala Bekasi:

  1. 6 butir telur ayam, rebus, kupas
  2. 3 buah tahu putih besar, potong 4
  3. 8 butir bawang merah
  4. 3 siung bawang putih
  5. 0,5 sdt pala bubuk
  6. 5 butir kemiri, sangrai
  7. 0,5 sdt merica bubuk
  8. 1 sdt garam (atau sesuai selera)
  9. 1 sdt Royco rasa ayam (atau sesuai selera)
  10. 0,5 sdt gula pasir
  11. 1 bks santan Sun Kara kecil (yang kemasan segitiga)
  12. 5-6 sdm kecap manis (saya pakai kecap Bango)
  13. 1 batang sereh, geprek
  14. 3 lbr daun salam
  15. 1 buah tomat merah besar, potong sesuai selera
  16. 150-200 ml (atau sesuai selera) air matang
  17. Minyak goreng secukupnya untuk menumis dan menggoreng tahu & telur

Langkah-langkah untuk membuat Opor telur ala Bekasi

1
Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai dan pala bubuk dengan blender. Kalau mau diulek juga boleh...
2
Goreng tahu dan telur rebus, sisihkan
3
Tumis bumbu halus, daun salam dan sereh dengan minyak secukupnya, sampai harum.
4
Tambahkan santan Sun Kara, aduk rata. Tambahkan air matang dan kecap manis, juga bumbu perasa lainnya (garam, merica, gula pasir, Royco ayam, bisa pakai vetsin/MSG kalau mau). Aduk rata dengan api sedang cenderung kecil.
5
Masukkan telur dan tahu yang sudah digoreng, cicipi rasa dan sesuaikan bila perlu. Tambahkan potongan tomat, aduk dan masak sampai layu.
6
Masak lagi sampai kuah santan agak mengental dan tercampur bagus kedalam tahu dan telur.
7
Sajikan dengan taburan bawang goreng, sambal cabe rawit iris dan emping melinjo - tentu sebagai lauk pelengkap nasi hangat :)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ketupat

Ketupat

Bisa menggunakan janur atau daun bambu, tapi saya menggunakan plastik. Lebih mudah di cari.

Ketupat Instan #recook

Ketupat Instan #recook

Kepingin bikin ketupat yang ga pakai ribet, search di cookpad ketemu deh sm resep milik bunda Alfira Soraya... Langsung coba & berhasil... Yeaayyy... Kini bikin ketupat ga harus rempoong lagi ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

4 porsi
60 menit
Ketupat

Ketupat

Yang penting. Ada kerja keras untuk posting resep, biarpun telat pakai banget ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜

Ketupat Homemade

Ketupat Homemade

Penasaran banget bikin ketupat. Kata orang bikinnya lama. Mending beli jadi. Tapi kalo ga nyoba kan ga tau gimana sensasinya bikin kupat/ketupat yang super duper lama.

Ketupat sayur

Ketupat sayur

Ini hasil masak ketupat sayur pertama kali, tapi ada beberapa bahan yg gak ada jadi saya gak pakai.. aduuhhh rasanyaaaa gurih, manis, pedas, enak banget mom.. kuahnya jg lbh kental ya, beda kl kita beli kuah santannya agak encer.. selamat mencoba mom..

Ketupat

Ketupat

Lebaran idul adha saatnya bikin ketupat.ditemani opor ayam, ayam bumbu ketumbar,ayam tim,dan rendang daging..serasa lebaran dikampung halaman

Opor tempe sederhana

Opor tempe sederhana

Selamat berbuka puasa Indonesiaahhhhh

2 porsi
20 menit
Ketupat

Ketupat

Ketupat ini membuatnya mudah dan waktunya singkat.Memasak ketupat cepat ini diajari nenekku

1 porsi
10 menit
Opor ayam telur enak

Opor ayam telur enak

3 porsi
30 menit
Sayur Ketupat Labu Siam

Sayur Ketupat Labu Siam

Ada bermacam sayur ketupat di hari Lebaran. Sayur labu siam merupakan jenis sayur ketupat khas Betawi yang menjadi favorit keluarga di Hari Raya. Rasanya segar dan gurih..Bisa juga untuk sayur hidangan sehari-hari.

Ketupat lebaran

Ketupat lebaran

Ketupat adalah salah satu suguhan menu yang banyak dibuat sewaktu lebaran.Dimana ketupat dicampur dengan gulai dan opor dan ditaburi dengan kerupuk ,menambah nikmatnya makan ketupat sayur,disini saya ingin berbagi resep bagaimana saya membuat ketupatnya.Semoga teman teman suka ...๐Ÿ˜‰ #cookpad community_id #cookpaf community_padang

Opor Ayam

Opor Ayam

Kali ini , saya memasak Opor Ayam untuk 4 porsi saja. Kenapa 4 porsi, ya Den? kok pelit amat sih? Anggota keluarga yang tinggal serumah hanya 4 orang, lagipula kalau makan makanan bersantan secara berlebihan tidak baik buat kesehatan, nah gitu deh alasanya. Opor ayam ini kubuat setelah terinspirasi oleh Bulan Suci Rahmadhan ini; meskipun saya seorang non Muslim. Namun, Opor Ayam merupakan salah - satu masakan nusantara yang kugemari. Maaf ya secara penampiln tak sempurna tapi kata embaku rsanya enak kok ; sudah bumbu- bumbunya sudah berasa dan ayamnya juga sudah empuk kok. Maklum ini pertama kali membuat opor ayam, lain kali pasti jauh lebih baik. Terimakasih.

4 porsi
60 menit
Kupat presto

Kupat presto

Setiap lebaran selalu pinginnya ada kupat,,,,mau lebaran idul Fitri,,,,mau lebaran idul adha pasti hidangan pokoknya harus ada ketupat # #CookpadCommunity_ Bandung

5 orang
Opor Ayam + Sayuran

Opor Ayam + Sayuran

Hello teman2 cookpad, pkbr ? semoga baik & sehat sll ๐Ÿ˜ƒ Alhamdulillah masih bisa bertemu Ramadhan lagi ๐Ÿ˜ƒ Mohon Maaf Lahir & Batin ya teman2 ๐Ÿ˜ƒ Lama ga update masakan krn sibuk dengan toko online aku, si kecil & rehap ruang tamu hohohoho . Sebenarnya ga niat masak ini, tp gara2 suami liat ketupat matang dipasar, ya akhirnya masak berubah haluan, terbuang sia2 deh kertas di tangan yg berisi catatan belanja, ga ada 1 pun yg nyantol hohohoho. Duhhh senangnya saat opor ayam ini matang, suami ku makan dengan lahapnya ๐Ÿ˜ƒ tp itu mkn lahap krn kelaperan, atau krn doyan, atau krn enak ya ??? hohohoho,,, yg penting ga ada komplain soal rasa dr suami, kl suami sdh komplain soal rasa pasti ngomongnya itu melebihi juri2 yg ada di master chef hohohoho ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜„ UPDATE : ditambahkan terasi/ udang segar pada bumbu halus tmbah enak,,, saat akan mencampurkannya pada bumbu halus, sebaiknya terasi/udang segar digoreng dahulu, supaya tambah wangi & tidak begitu sulit saat di tumbuk. Bila tidak ada udang segar bisa diganti dengan 1 sdm munjung udang kering yang telah dicuci & tidak perlu digoreng, langsung ditumbuk dengan bahan lainnya.

Opor Ayam Bumbu Komplit

Opor Ayam Bumbu Komplit

Lagi pengen makan menu lebaran, etapi ga juga ding,,, anak2 cowo minta dimasakin lontong opor, ya ws jadinya dimasakin,,, Masaknya pake bumbu komplit, full rempah deh, trs jg sekalian dikasi cabe biar warnanya ga pucet, tp ga pedes sih, Makan pake lontong+kerupuk dgn tburan bawang goreng yg banyak, dan sambel rebus (buat emaknya) aja yg simple,berasa lebaran deh,,,#lebaii Ini opor ala saia, yg โ™ยชฯ… nyobain monggo...

18) Ketupat sambal goreng khas Indramayu #menulebaran

18) Ketupat sambal goreng khas Indramayu #menulebaran

Saat Lebaran di Indramayu selain opor ayam ada satu lagi masakan khas yang biasanya selalu ada saat lebaran dan jadi menu hantaran antar tetangga atau keluarga, yaitu sambal goreng kentang yang kuahnya banyak kayak gini, jadi nanti makan ketupatnya dengan sambel goreng kentang. Isinya bisa macam-macam. Ada yang suka pakai ati ayam, daging sapi, atau daging ayam. Aku sendiri suka yang pakai tetelan daging sapi dimix dengan udang. Kunci supaya rasa sambal gorengnya sedap adalah apapun isinya jangan lupa ditambah sejumput udang kupas ukuran kecil atau sedang, dijamin rasanya pasti nendang. Kekentalan kuah tergantung selera, silahkan menyesuaikan. Kentang juga harus digoreng sampai matang, supaya ketika nanti dimasukkan ke kuah tidak hancur saat direbus bersama bumbu. Bila memakai ati ampela ayam, rebus dulu ati ayamnya dengan 1lembar daun salam, lalu goreng setengah kering.

10 porsi