Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Biji Salak yang Anti Gagal

Dipos pada September 25, 2018

Biji Salak

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Biji Salak yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Biji Salak yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Biji Salak, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Biji Salak bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Biji Salak biasanya untuk 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Biji Salak diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Biji Salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Biji Salak memakai 7 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Biji Salak:

  1. 250 gram ubi jalar merah (putih juga gpp sih tapi kurang bagus warnanya)
  2. 100 gram tepung ketan
  3. 1000 ml air
  4. 250 gr gula merah (kalo mau manis bisa ditambahkan gula merah lagi)
  5. 200 cc santan
  6. secukupnya daun pandan
  7. secukupnya garam

Langkah-langkah untuk membuat Biji Salak

1
Rebus ubi sampai matang, kemudian lepas kulit arinya
2
Haluskan ubi kemudian tambahkan tepung ketan, bentuk bulat-bulat dengan tangan
3
Masak air, rebus bulatan tadi pada air mendidih, bulatan mengapung angkat
4
Dari air rebusan tadi beri gula merah dan rebus gula merah dan pandan sampai menjadi air gula merah,beri garam sedikit
5
Saring air gula merah tadi, tambahkan santan dan masak lagi
6
Masukkan bola-bola ubi tadi (biji salak) dan rebus dalam air sampai mendidih
7
Siap disajikan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Kangen suasana puasa ramadhan di Jakarta. Tiap sore pasti udh berjajar di depan gang penjual makanan dadakan utk buka puasa. Salah 1 nya makanan favorit orang Jakarta adlh Kolak Biji Salak. Padahal gk ada Buah Salaknya tpi knapa namanya Bgtu ya?πŸ˜ŠπŸ˜€ whatever lah. Yg jelas 6 th meninggalkan Jakarta selalu ini yg saya rindu .. Hayuuk kt bikin aja drpd ngiler trs..

12 porsi
60 menit
Kolak Biji Salak (Ubi Ungu)

Kolak Biji Salak (Ubi Ungu)

Persiapan buat menu buka puasa kali saya bikin kolak biji salak, pakai bahan ubi ungu yg masih segar baru panen dari sawah hihi..

Kolak Biji Salak+Pisang

Kolak Biji Salak+Pisang

Biji salak/candil adalah takjil khas di bulan ramadhan. Teksturnya yang chewy dan dipadu dengan pisang yabg manus jadi menambah semarak waktu buka puasa. Update 140519 : untuk 1 gelas belimbing sekitar 110gram, kalo 1 1/2 gelas berarti 165gram.

6 porsi
30 menit
Bubur kampiun

Bubur kampiun

Masak apa hari ini buat buka puasa buibu? Pasti pengen yang manis-manis kan ya untuk memulihkan tenaga setelah seharian berpuasa. Yuk kita bikin bubur kampiun. Resep ini saya ambil dr ig bunda Devi. Selamat berpuasa #sayanganak #takjilramadhan #resolusi2019 #berburucelemekemas

Candil labu

Candil labu

Punya sisa labu, keburu busuk, d buat candil aja

Kolak biji Salak ubi

Kolak biji Salak ubi

#DiRumahAja jadi perut tuh rasanya manggil mulu pngn ngemil. D kasih ubi+pnya sisa tepung d bikin aja ini sma bhanΒ² seaadanya. Hasil bisa buat ikutan #WeekendChallenge #CABEKU,,, santan aq pisahin soalnya keluarga suka santan ke gurihΒ²an gtu krena santannya #KelapaSeribuManfaat

Biji Salak

Biji Salak

5 porsi
Kolak biji salak labu kuning

Kolak biji salak labu kuning

Buat menu buka puasa sore ini..pas masih punya labu kuning..langsung deh eksekusi.. lihat resep mba yny.. kolak perdana ku πŸ˜‚

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Kenyal gurih manis...

Biji salak / bubur cendil

Biji salak / bubur cendil

Wahh ini enak banget. Aslii.. Aku bukan pecinta biji salak. Tadinya emang aku gak begitu suka. Tapi entah kenapa kepengen bikin. Wkwkwk.. Dan ini hasilnya enak, kenyel dan rasanya sesuai lah sama lidah aku. Kuah gula merah hasilnya banyak yaa. Aku beli sekilo ubi baru kepake untuk 1 resep ini 270 gr. Akhirnya aku bikin lagi biji salaknya karena kuahnya masih banyak. Jadi resep ini kalo buat aku bisa buat 1 kg ubi kuning. Mantap lah pokoknya. Yuk cobain bikin.

Kolak biji salak cincau hitam

Kolak biji salak cincau hitam

Ini resep seliweran di fb.. jadi gregetan.. aah.. eksekusi aja.mumpung ada bahan.hhha... Dan hasilnya suami suka banget. Tanya "ini apa kok bulat2?". Saya jawabnya "kolak biji salak".. Suami bingung,"biji salak kok di kolak,apa enak?" Yaaa akhirnya saya jelaskan bahannya apaa..hhhee..

Candil buah naga

Candil buah naga

Ke rumah ibuk, cma mau ambil buah naga, panen sendiri, untuk di buat candil

Kolak biji salak ubi ungu

Kolak biji salak ubi ungu

keponakan2 cantik datang berkunjung karena dah mulai libur katanya nantulang (panggilan dlm bahasa batak) kk mau kolak buatan nantulang ya karena kalau beli katanya dekat rumah ga ada yg enak ya udah mereka mau bantuin dan cuuslah ke dapur....

8 porsi
Bubur Candil (Biji Salak)

Bubur Candil (Biji Salak)

Beberapa hari ga nulis di cookpad jadi kangen pengen berbagi resep lagi. Setelah dr puasa awal mpe kemaren nge es mulu...dan akhirnya tenggorokan protes buat nelen sakit,q putuskan hari ini bikin yg anget2 n manis buat buka (meskipun pd akhirnya sisa tak masukkin kulkas n dimakan dingin2 abis traweh....hihihi....maknyesss tambah enak.....hahahah)

6 orang
30 menit
Katiri Mandi / Bubur Candil / Bolabodding

Katiri Mandi / Bubur Candil / Bolabodding

Paling enak klo di tambahkan kacang hijau, sy beri jahe dan kayu manis supaya rasanya lebih strong..

Candil Ubi Ungu

Candil Ubi Ungu

Ubi ungu dikenal kaya serat, vitamin dan sejumlah mineral penting. Harganya murah dan mudah diolah jadi camilan. Selain digoreng atau dikukus, ubi juga enak dibuat bubur candil...😁 Bubur candil ini salah satu bubur favoritku dan anak gadis...😍 Mumpung punya stock ubi ungu auto kepikiran bikin dah...😁 Takut kelamaan didiemin, ntar ubinya malah rusak...πŸ™ˆ Resep simple ga pake ribet, bahan murah meriah tapi nikmat banget makannya...🀭 Yuk ah langsung eksekusi...πŸ˜ƒ

Es Loder

Es Loder

Nostalgia jaman masih tinggal di Tanjung Priok dulu, es ini hampir tiap sore lewat depan rumah dan saya doyan.. doyannya level setia nungguin abang2nya lewat πŸ˜† Tapi kayaknya skarang udh jarang ditemukan d jakarta, kalo di Bogor sih banyak Masih dalam rangka resolusi #2020JanganCumaDoyan sekaligus setoran GoDa Paders, es loder yang bikinnya rempong2 bergembira ini, rasanya sesuai ekspektasi saya ☺️ #GoDa_Paders #GoDa_KuweHunkwe #Cookpad_Paders #cookpadcommunity_bogor #cookpadindonesia