Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam Tahu Telur yang Enak Banget

Dipos pada February 14, 2022

Opor Ayam Tahu Telur

Hari ini saya akan berbagi resep Opor Ayam Tahu Telur yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Opor Ayam Tahu Telur yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam Tahu Telur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam Tahu Telur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kira-kira porsi penyajian Opor Ayam Tahu Telur kira-kira 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Tahu Telur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Tahu Telur memakai 20 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Beberapa tahun lalu saat masih dinas dipesisir dan tinggal di mess kantor bareng temen-temen saya paling sering masak besar buat mereka, ada rasa senang saat kita berbagi dan menikmati makan berasama. Nah opor adalah salah satu dari menu fav di kantor setelah rica-rica "aromanya kayak masakan lebaran" kata temen sekantor.lebay amat ya tapi iya bener sedaap mantap. Source yny dg beberapa editan. Kali ini saya buat resepnya porsi kecil karena hanya makan berdua dg suami.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Tahu Telur:

  1. 200 gr daging ayam
  2. 200 gr tahu
  3. 2 buah telur rebus
  4. 2 batang serai,geprek
  5. 2 lembar daun salam
  6. 4 lembar daun jeruk
  7. 4 cm lengkuas,geprek
  8. 1 liter santan dari 1 buah kelapa parut
  9. 1 sdt garam
  10. 1 sdt kaldu jamur/kaldu ayam
  11. 1/2 sdt lada bubuk
  12. Secukupnya bawang goreng
  13. Bumbu halus
  14. 6 siung bawang merah
  15. 3 siung bawang putih
  16. 1 sdt ketumbar,sangrai
  17. 4 buah kemiri,sangrai
  18. 1/2 sdt jintan,sangrai
  19. 2 cm jahe
  20. 2 cm kunyit

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Tahu Telur

1
Goreng tahu hingga kedua sisinya kecoklatan. (Tahu digoreng agar tidak mudah hancur saat direbus dg kuah opor)
Opor Ayam Tahu Telur - Step 1
2
Panaskan minyak di panci,tumis bumbu halus,serai,daun salam,daun jeruk,lengkuas hingga wangi kemudian tambahkan daging ayam,masak hingga warna lalu tambahkan santan.
Opor Ayam Tahu Telur - Step 2
3
Tambahkan garam,kaldu jamur,dan lada bubuk masak hingga daging ayam matang (sekitar 25 menit),tes rasa lalu tambahkan tahu goreng juga telur rebus,masak sebentar (5 menit) Matikan api. Opor ayam siap dihidangkan dg taburan bawang goreng.
Opor Ayam Tahu Telur - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Chicken Opor - Opor Ayam

Chicken Opor - Opor Ayam

Ceritanya lebaran kemarin, pengen ikut-ikutan makan opor ayam.. Liat di frezeer ada ayam seekor utuh, langsung di eksekusi deh.. Akhirnya jadilah resep opor ayam + telur ini yang sederhana tapi nikmat.. Ternyata rasanya juga tidak kalah loh sama opor yang di restoran punya.. Hehehe.. Selamat Mencoba!!^^

8 porsi
40 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Opor ayam adalah salah satu menu yang selalu ada di setiap Idul Fitri maupun idul Adha di Indonesia. Tahun ini saya tidak mudik ke kampung halaman, jadilah saya dan suami merayakan idul adha sendiri di rumah. Untuk mengobati sedikit rindu suasana perayaan hari besar di kampung halaman, saya membuat opor ayam dan ketupat. Lumayan setidaknya kerinduan sedikit terobati. Resep saya adaptasi dari tabloid Aura edisi khusus lebaran, dengan sedikit modifikasi yang sudah saya sesuaikan selera pribadi.

45 menit
Opor tahu

Opor tahu

Salah satu masakan yg dulu sering dibuatin sm mamah 😍

Opor Ayam

Opor Ayam

Kirain besok masih di kost,ternyata udah waktunya pulang ketemu mama. Alhasil masakannya dibawa pulang.

4-5 orang
Opor ayam

Opor ayam

Jarang2 sy masak ayam yg berkuah,karena anak sulung sy ga suka,tp hari ini s bungsu yg minta d bikinin ayam opor,ga ada salahnya nyoba bikin,,,akhirnya jadi dan hasilnya pas enaknya,,,😋

Opor Ayam Mantul

Opor Ayam Mantul

#berburucelemekemas #resolusi2019

Opor ayam bumbu kuning

Opor ayam bumbu kuning

Ala" penganten baru ceritanya mah 😁 ,maap ya kalau ada yang kelupaan ,,

4 orang bisa 😂
Opor ceker tahu

Opor ceker tahu

3 orang
10 menit
Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

kata mama, kunci masakan enak itu harus berani bumbu.. bahasa jawanya sih bumbunya jangan cimit-cimit.. tapi tetap perhatikan porsi 😁 akhirnya dipraktekin deh.. Alhamdulillah berhasil.. demi ikut #FestivalResepAsia dibikinlah masakan khas #Indonesia berbahan #Ayam ini 😁

Opor ayam

Opor ayam

#dikuahinbiarsyedep #pekaninspirasi

Opor Ayam Laziz

Opor Ayam Laziz

#pkmpindahigd #stress #ishipbrebes

Sekeluarga
60 menit
Opor ayam putih with tahu

Opor ayam putih with tahu

Masak opor tuh gak pernah bosan seneng soalnya semua di rumah pada doyan gak pernah bersisa apalagi kuahnya... Source: cobacoba-isna.blogspot.com

Opor ayam Legendaris

Opor ayam Legendaris

Setiap lebaran kemaren2.. beli bumbu jadi mulu.. tapi ko opor mudah basi.. Mending anna bikin sendiri aja bumbu pusaka embah.. hanya 1 pesan embah..*klo masak jangan takut bumbu,biar masakan mantaaap* Lets cook bebbeebb😎

Cumi Asin Kuah Opor

Cumi Asin Kuah Opor

Ingat alm. Kakek yang suka banget masakan ini...