Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Opor Ayam-Tahu Creamy yang Sempurna

Dipos pada February 23, 2022

Opor Ayam-Tahu Creamy

Sore-sore begini enaknya membuat Opor Ayam-Tahu Creamy yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Opor Ayam-Tahu Creamy yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam-Tahu Creamy, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam-Tahu Creamy enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam-Tahu Creamy sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam-Tahu Creamy memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Salah satu masakan kesukaan anak2, kalau maem ini selalu nambah2. Biasanya masak opor kuahnya kuning, tp permintaan sulung maunya di masak kuah putih tanpa kunyit, dan mintanya agak creamy..jd ditambah susu full cream..mama mia..nyum nyum..😋😍.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam-Tahu Creamy:

  1. 1/2 kg ayam
  2. 4 buah tahu, belah 2
  3. 2 sachet santan instan
  4. 1-2 sachet susu bubuk full cream
  5. 1 batang serai
  6. 3 lembar daun jeruk
  7. 2 lembar daun salam
  8. 1 ruas lengkuas
  9. Garam
  10. Gula
  11. Secukupnya bawang goreng
  12. 🍗 Bumbu Halus :
  13. 7 siung bawang merah
  14. 4 siung bawang putih
  15. 6 butir kemiri
  16. 1 sdt ketumbar butir
  17. 1/2 sdt merica butir

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam-Tahu Creamy

1
Cuci bersih ayam, lumuri ayam dengan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit. Sambil menunggu, goreng tahu hingga matang, angkat tiriskan.
2
Cuci kembali ayam, lalu goreng hingga 1/2 matang, angkat, tiriskan.
3
Panaskan secukupnya minyak, lalu tumis bumbu halus hingga wangi, tambahkan daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas. Aduk rata hingga bumbu matang.
4
Tambahkan air sesuai selera, masukkan santan instan, susu bubuk, aduk hingga rata. Tambahkan garam, gula, lalu koreksi rasa.
5
Jika sudah pas, masukkan tahu dan ayam, masak hingga kuah mendidih, lalu matikan kompor. Terakhir masukkan bawang goreng, opor siap di hidangkan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bihun Goreng Bumbu Opor

Bihun Goreng Bumbu Opor

Assalamualaikum. Hari ini masak bihun goreng bumbu opor. Biasanya masak bihun pakai kecap dan cabe, jadi warnanya merah kecoklatan, sekarang pengen nyoba variasi baru kalau digoreng pake bumbu opor gimana rasanya. Eh rupanya enak juga. Ini resep dapat dari majalah saji edisi 381, dan patut dicoba. Enak dan bisa disajikan buat keluarga atau teman2 yang gak suka pedas.

6 orang
25 menit
Opor ayam bumbu instant #BikinRamadhanBerkesan

Opor ayam bumbu instant #BikinRamadhanBerkesan

Tahun ini masak yang kilat-kilat aja deh, karena tahun ini punya bayi yang lagi lucu-lucunya 😂😂😂 ditinggal dikit manjat2 haduh adeeeek 😂😘

Terik tahu telur

Terik tahu telur

Bikin menu ini buat bocil. Favorit banget deh. Cuaca mendung dingin gini agak jarang masak yang bening2, menghindari bocil bolak balik ke kamar kecil 😁

Opor ayam

Opor ayam

6 porsi
40menit
Opor ayam lari...😂

Opor ayam lari...😂

Alih alih mau bikin opor ayam buat si kecil .. ehh abang abang tukang ayam potongnya larii aja ...ketingalan dech aku jd aja d ganti tahu m sayuran ..

36 porsi
Opor Ayam Bumbu Kuning ala #dapurnyaumminyaaisyah

Opor Ayam Bumbu Kuning ala #dapurnyaumminyaaisyah

Request anak sulung pengen opor kaya kmrn beli. Harganya mayan jg dua potong hihi ya dah manfaatin stok ayam yg ada aja. Pulang uas langsung diicip. Diikuti ade2nya. Masya Allaah 😍😍😍

Opor Ayam Maknyuss

Opor Ayam Maknyuss

Request suami tercinta..😍

4 porsi
30 menit
Telur masak Opor Kuning

Telur masak Opor Kuning

29/05/2018 🌹23. #BikinRamadanBerkesan Opor itu emang paling enak yaaa. Cocoknya emang pake ayam tapi berhubung stok ayamnya kosong cuma ada teluuurrr ya udah embat aja pake telur. Tapi enak jugaa sama sama telur ayam 😆😆😆

Lontong opor

Lontong opor

Untuk lontongnya saya pakai lontong yang siap pakai, alias beli. Hehe

Opor ayam

Opor ayam

pengen masak yg simple ajj, buat buka puasa skalian buat sahur😁😁

Opor Ayam Creamy Tanpa Santan

Opor Ayam Creamy Tanpa Santan

Lagi pengen coba masak opor ayam dan Alhamdulillah berhasil

6 porsi
Opor putih

Opor putih

Pingin masak opor putih gara-gara tetangga bikin opor kuning.ya sudahlah,masak sendiri.dulu-dulu kalau pingin makan apa aja tinggal request,sekarang uplek sendiri di dapur.masih terkenang-kenang juga enaknya telur diceplok langsung dikuah,jadi diulang lagi waktu masak opor.

Opor Ayam Ala Madura

Opor Ayam Ala Madura

Bismillahirrohmanirrahiim, Resep ini merupakan resep warisan asli keluarga Madura dari Almh. Ibu mertua tercinta, salah satu makanan favorit suamiku. Menikmati makanan ini mengingatkan kembali akan lezatnya masakan almh. ibu, begitu kata suamiku... Suamiku lebih suka kuahnya cenderung berwarna merah, berasal dari warna cabe keritingnya, selamat mencoba resep ini semoga dimudahkan Allah dalam membuatnya... aamiin