Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor putih yang Menggugah Selera

Dipos pada February 22, 2022

Opor putih

Bagaimana membuat Opor putih yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Opor putih yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor putih, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor putih ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor putih sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor putih memakai 17 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pingin masak opor putih gara-gara tetangga bikin opor kuning.ya sudahlah,masak sendiri.dulu-dulu kalau pingin makan apa aja tinggal request,sekarang uplek sendiri di dapur.masih terkenang-kenang juga enaknya telur diceplok langsung dikuah,jadi diulang lagi waktu masak opor.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor putih:

  1. 1/4 kg ayam
  2. 3 butir telur itik
  3. 3 buah tahu putih (goreng)
  4. 8 butir bawang merah
  5. 5 siung bawang putih
  6. 4 butir kemiri
  7. 2 sdt ketumbar
  8. 1/2 sdt jinten
  9. 2 lbr daun salam
  10. 3 lbr daun jeruk
  11. 1 tangkai serai
  12. 1 ruas lengkuas
  13. 1 bungkus santan instant
  14. 1 sdm gula merah
  15. secukupnya Air
  16. secukupnya Minyak
  17. secukupnya Garam

Langkah-langkah untuk membuat Opor putih

1
Haluskan duo bawang,kemiri,ketumbar,jinten.sisihkan
2
Panaskan minyak,setelah panas kecilkan api,masukkan bumbu halus+serai+daun jeruk+lengkuas+daun salam.tumis hingga harum setelah itu beri air sedikit,tumis lagi hingga harum.
3
Masukkan ayam,aduk hingga kaku,lalu beri air.besarkan api,tutup.biarkan hingga setengah empuk.
4
Setelah ayam setengah empuk masukkan gula merah, santan,tahu yang telah digoreng.
5
Setelah mendidih lagi ceplok telur satu persatu ke dalam kuah.biarkan hingga kuah agak menyusut,sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah.
6
Setelah air dirasa agak menyusut dan ayam telah empuk,tes rasa.setelah rasa telah pas,matikan api.siap disajikan bersama taburan bawang merah goreng.tadi saya kelupaan kasih bawang merah goreng.
Opor putih - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Tahu Telur

Opor Tahu Telur

Ini biasanya menu akhir bulan. Bosen makan ayam dan daging jadi biasanya menu ini yang keluar.. #cookpadcommunity_jakarta

30 menit
Opor ayam irit bahan

Opor ayam irit bahan

Bikin yang gampang plus cepet karna paksu udh k3laperan berat habis pulang sepedaan pagi2. Resepnya udah disimpen dr lama tapi baru diaplikasikan hari ini. Makasih bunda.. Genika Yulia

OPOR AYAM... BY. Dapoer Linggar

OPOR AYAM... BY. Dapoer Linggar

Untuk masak opor itu yg menentukan enak atau gak nya terletak pada santannya... Sebaiknya opor pergunakan santan asli bukan kemasan

Opor Ayam

Opor Ayam

Masih suka bingung masak antara opor ayam sama kare. Katanya kalo aku masak sama aja rasanya hehehe akhirnya ini brhasil bikin opor ayam sesuai keinginan yg tersayang 😀

6 porsi
Opor ayam bumbu soto

Opor ayam bumbu soto

7porsi
30 menit
Lontong opor no tumis

Lontong opor no tumis

Hari minggu, masak yang sedikit ribet yang penting pada suka. Kalau sudah cinta masakan indonesia praktenya tidak sulit untuk membuat nya.

Opor Ayam

Opor Ayam

Bismillahirrahmanirrahim Edisi kepengen lontong opor 😂 Lontongnya beli, opornya bikin aja. Lebih banyak dapetnya lebih sedikit cost nya wkwk Yuk moms check it out

7 porsi
35 menit
Opor kuning ala fe'

Opor kuning ala fe'

Ini resep opor andalan dari mama. Kesukaan anak2 juga. Tiap bikin selalu dimakan dengan lahap 😘😋 isinya ga cuma ayam. Suka ditambah telur & tahu. Ayamnya boleh ayam kampung, pejantan atau broiler. Tapi harus matang sebelum masuk. Jika ayam kampung direbus. Jika broiler dikukus dulu.

4 porsi
30 menit
Opor ayam bumbu instan

Opor ayam bumbu instan

Lebaran pertama tinggal cuma berdua sama suami. Mau ga mau mesti masak buat lebaran. Karna gamau ribet dan lebih tepatnya ga tau bumbu2 masak akhirnya melabuhkan pilihan ke bumbu instan. Tapi rasanya sama kaya buatan mamah kalo pake pake bumbu biasa..

Opor telur dan tahu

Opor telur dan tahu

Opor sederhana kesukaan anak

10. Opor Ayam Nanas khas Palembang #RabuBaru

10. Opor Ayam Nanas khas Palembang #RabuBaru

#10 Bismillah 16/05/2018 Jika biasanya opor hanya terdiri dari ayam dan bumbu santan yang kental dengan warna cenderung pucat, nah berbeda dengan sajian khas Palembang satu ini. Ya, opor ayam Palembang menggunakan nanas di dalam bumbunya dan berwarna kuning karena penambahan kunyit. Opor ayam nanas khas Palembang ini biasanya dimakan dengan lontong atau ketupat. Masak opor ayam nanas jadi #BikinRamadhanBerkesan, apalagi makan bareng orang-orang terkasih. Pssstt, ini foto lama, baru sempet dipublish wkwkw Source : Nova Rilandari

Opor tahu,tempe,telur puyuh

Opor tahu,tempe,telur puyuh

Uang 22 ribu jadi masakan sepanci penuh bisa d makan sampe 3 hari 😊

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Ceritanya berawal dari suami yang pengen banget makan brongkos ayam kampung. Tiba-tiba terkendala kluwak yang sudah berbubuk semua dan cuaca yang terus menerus hujan jadi ga bisa beli kluwak di pasar. Bumbu opor ini persis seperti brongkos minus kluwak.

6 porsi
1,5 jam