Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Sambel Pecel Madiun (sangrai) yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada June 18, 2019

Sambel Pecel Madiun (sangrai)

Bagaimana membuat Sambel Pecel Madiun (sangrai) yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Sambel Pecel Madiun (sangrai) yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Sambel Pecel Madiun (sangrai), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Sambel Pecel Madiun (sangrai) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Sambel Pecel Madiun (sangrai) biasanya untuk +/- 1,6 kg. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, perkiraan waktu untuk memasak Sambel Pecel Madiun (sangrai) diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambel Pecel Madiun (sangrai) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambel Pecel Madiun (sangrai) memakai 7 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pengin makan nasi pecel buatan ibuk di Madiun tp kiriman sambelnya dah habis, jd coba bikin sendiri tp tetep resep dari ibuk..๐Ÿ˜

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambel Pecel Madiun (sangrai):

  1. 1 kg kacang tanah
  2. 500 gr gula merah
  3. 250 gr cabe keriting
  4. 100 gr cabe rawit
  5. 150 gr bawang putih
  6. 2 sdm garam
  7. 1 genggam daun jeruk

Langkah-langkah untuk membuat Sambel Pecel Madiun (sangrai)

1
Kacang tanah digoreng sangrai dengan menggunakan wajan, gunakan api kecil spy kacang tdk cepat gosong.Spy kacang matang merata jgn terlalu banyak sangrainya ya mom, 1 kg bisa jd 2 kali.Waktu sekali sangrai kurleb 15 menit.
2
Setelah kacang dingin baru pisahkan/buang kulitnya dengan cara diremas lalu ditampi spy kulitnya terbuang.
3
Goreng bawang putih, cabe keriting dan rawit (setelah dibuang tangkainya dan cuci bersih) dengan sedikit minyak sampe layu.
4
Setelah cabe dan bawang putih dingin, campur ke dalam kacang tanah, ditambah gula merah, garam dan daun jeruk.Aduk sampe merata lalu giling.Karena lmyn banyak saya giling ke penggilingan kacang di pasar.
5
Sambel pecel dah siap..
Sambel Pecel Madiun (sangrai) - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pecel kangkung..Segaarrrr#food combining part 3/5#

Pecel kangkung..Segaarrrr#food combining part 3/5#

Masih dalam rangka food combining... Hari ini.. Temanya sayur.... Dimakan sayur aja ya gaessss.. Inget tanpa karbohidrat..... Mau turun 6 kg... Inga... Inga... ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ Semangkuk atau sepiring sayur dah bisa kenyang kok... Dari pada makan 3 sendok nasi goreng... Lebih baik semangkok sayur... Bikin badan segar... Riang gembira.... ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ Dihidangkan dengan segelas jus tomat... Atau infus fruit lemon... Lebih ok Langsing....... langsing...... Langsing......

2 porsi
14 menit
Pecel Lele ala Manda

Pecel Lele ala Manda

Kebetulan kemaren dikasih lele sama sahabatku.. Wah pas banget, dari kemaren kepengen bikin pecel lele tp ga kebeli2 dipasar (mngkin firasat bakal dapet gratisan kali ya)hehehe.. Yuss sore ini eksekusi utk makan malem... Sambelnya pake sambel warung lamongan, tp ala ala saya sendiri.. Tinggal metik tomat segar dipekarangan rmh, plus metik selada merah nya jg utk lalapan segarnya.. Asyiikk

Menu diet gm hari ke-2/ full sayur bisa dimakan langsung atau dibikin tumis, sup, pecel

Menu diet gm hari ke-2/ full sayur bisa dimakan langsung atau dibikin tumis, sup, pecel

Di hari kedua ini kan bolehnya makan sayur doang. Nah sayurnya boleh dibikin sup, tumis, atau pecel tapi bumbunya diminimalisasi ya. Ini aku pake bumbu pecel beli di superindo hehehe. Maklum anak kos gamau ribet. Nanti siang menunya sama kaya ini, malamnya insyaAllah mau bikin tumis kangkung sm baby corn.

Gado2 sambal pecel

Gado2 sambal pecel

Gado2 sambel pecel kediri...,pkai kencur jd coba dbuat gado2.., tetep enak meski ada daun jeruknya..'

Tahu telur bumbu pecel kenangan Jogja

Tahu telur bumbu pecel kenangan Jogja

habis dapat bumbu pecel enak sekali dr mba Inggried pas ketemu di Jogja. Nunggu apa lagi toh eksekusi aja langsung tp dengan telur dan tahu. Matur nuhun mba Inggried :)

4 porsi
15 menit
Nasi Pecel

Nasi Pecel

Nasi pecel dadakan, ngeliat bumbu pecel yg nagkring di kulkas, langsung aja beli sayur seadanya di warung. Ada sisa tempe orek kemarin (๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…) sekalian di campur aja biar syedap..

Pecel

Pecel

Sayuran adalah sumber serat dan mudah didapat. Masakan pecel adalah favorit di rumah.

4 porsi
90 menit
Pecel lele

Pecel lele

4 orang
Pecel Sayur

Pecel Sayur

Puas klo buat pecel sayur sendiri ketimbang beli. Wlopn agak repot tapi sebanding ma yg di dapat๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

1 jam
๐ŸŒผsambel pecel๐ŸŒผ

๐ŸŒผsambel pecel๐ŸŒผ

ingat sambel pecel buatan almh mama, yg selalu bikin kl ada temen2nya berangkat haji. untuk bekal katanya. tanpa blender, jd bny yg ga halus. pegel tangan.. ๐Ÿ˜ƒ ternyata si kecil suka meski pedes n sebutnya abon kacang๐Ÿ˜Š n mnta dibuatin lg

Pecel Lele + sambal muantebbbb

Pecel Lele + sambal muantebbbb

Hari ini males masak, tp suami pengen yg pedes2. Liat kulkas ada lele dan tempe, Ya sudahlan di goreng aja dan bikin sambel andalan keluarga. Hhhmmmm sambalnya kaya pecel lele di warung2 pinggir jalan. Endesss pokoknya (menurut lidah keluarga ku lohh) ... apalagi makannya sama nasi jagung hangatt,, haduhhhhh rasanya kayak makan di resto ๐Ÿ˜‚ (lebay ya) Tapi kali ini save n share resep sambel nya aja, klo lele mah mudah.

Pecel sayur

Pecel sayur

Disini beli pecel jadi mahal banget ๐Ÿ˜‚ mending bikin sendiri. Kebetulan dapat bumbu pecel dan peyek dari sohib. Yuk bikin pecelmu sendirii

Nasi pecel

Nasi pecel

Sarapan nasi pecel enaknya kalo pagi pingin masak super cepat ๐Ÿ˜

Gado-Gado Siram Malang Simple (Pakai Bumbu Pecel Jadi)

Gado-Gado Siram Malang Simple (Pakai Bumbu Pecel Jadi)

Kangen banget sama Gado-Gado Malang. Pas ada bumbu pecel kiriman dari ortu di Malang. Eksekusi jadi Gado-Gado Siram deh ๐Ÿ˜Š

3 porsi
30 menit
Pecel sederhana

Pecel sederhana

2 porsi
Rahasia Resep Bumbu Pecel Lele Madiun Asli

Rahasia Resep Bumbu Pecel Lele Madiun Asli

Bagi yang ingin tahu rahasia resep bumbu pecel lele madiun yuk merapat kesini. Baiklah, memang pada umumnya suatu resep akan menjadi rahasia bagi pemiliknya. Apalagi resep suatu produk unggulan yang sudah mendunia. Jangan sampai resep itu bocor sehingga produknya mudah ditiru. Dalam artikel ini Saya hanya ingin berbagi apa yang pernah saya pelajari dan pernah saya lakukan. Semoga bermanfaat. Jika anda orang asli madiun yang merantau ke daerah lain, Ada saat-saat tertentu anda merindukan makanan khas kota kelahiran anda ini. Rasa rindu dengan masakan rumah bisa hadir jika kita dahulu sering menyantapnya, akhirnya karena seringnya, anda jadi suka. untuk mengobati kangen itu, biasanya anda akan hunting pecel ke warung, rumah makan, atau orang jual pecel keliling? Atau anda suka riset dengan mencoba sambel pecel di toko oleh-oleh? Tapi jarang sekali anda temukan hidangan pecel yang sesuai selera anda. Apabila anda mempunyai cukup waktu senggang, anda bisa mencoba resep bumbu pecel lele madiun asli dengan cara membuatnya sebagai berikut.

5 porsi
15 menit
Sambel Pecel Lele Nyummy

Sambel Pecel Lele Nyummy

5 orang
15 menit
Bumbu pecel

Bumbu pecel

Mantap