Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Ayam Telur Puyuh Tahu yang Enak

Dipos pada February 13, 2022

Opor Ayam Telur Puyuh Tahu

Bagaimana membuat Opor Ayam Telur Puyuh Tahu yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Opor Ayam Telur Puyuh Tahu yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam Telur Puyuh Tahu, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam Telur Puyuh Tahu ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Telur Puyuh Tahu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Telur Puyuh Tahu memakai 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ayam buat papa nya...tahu sama puyuh buat si kecil πŸ˜… maklum, si kecil belum bisa makan ayam utuh gt, tapi doyan bgt sama kuah serba kaldu, entah kaldu ayam atau sapi, pasti lahap. Kalau bikin opor selalu pakai resep ini, udah cocok bgt. Di bawah ini resep porsi kecil saya, modif dari resep asli. Source: fridajoincoffee

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Telur Puyuh Tahu:

  1. 1/4 kg ayam, cuci bersih, potong besar sesuai selera
  2. 6 butir telur puyuh matang, kupas
  3. 3 buah tahu putih, potong jadi 2
  4. 3 lembar daun salam
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. 1 batang sereh, geprek
  7. 1 ruas lengkuas, geprek
  8. 1 bungkus santan instant
  9. 700 ml air
  10. Bumbu halus:
  11. 5 siung bawang merah
  12. 3 siung bawang putih
  13. 2 cm jahe
  14. 2 cm kunyit
  15. 1 cm kencur
  16. 3 butir kemiri
  17. 1/2 sdt lada bubuk
  18. 1 sdt ketumbar bubuk
  19. Secukupnya gula dan garam

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Telur Puyuh Tahu

1
Panaskan air, hingga mendidih, lalu masukkan ayam dan biarkan 2-3 menit. Buang air rebusan, kemudian cuci ayamnya. Untuk membuang sisa darah dan kotoran, sehingga nanti rasa ayamnya lebih bersih.
2
Panaskan air, kemudian masukan ayam, rebus dengan api kecil, supaya kaldu nya keluar. (proses ini agak lama).
3
Sambil menunggu, haluskan semua bumbu halus, kemudian tumis bersama dengan sereh, daun jeruk dan daun salam hingga harum.
4
Tunggu hingga ayam setengah matang, kemudian masukan tumisan bumbu ke dalam panci, tambahkan telur puyuh, tunggu hingga ayam empuk.
5
Setelah empuk, masukkan tahu, gula, garam dan santan kental, aduk hingga rata, tes rasa, kemudian didihkan.
6
Angkat dan sajikan bersama taburan bawang goreng. Selamat mencoba 😘
Opor Ayam Telur Puyuh Tahu - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor tahu tempe ndeso

Opor tahu tempe ndeso

Mau bikin sayur ala2 ndeso yuk ikutin resep nya.... #berburucelemekemas #resolusi2019

Opor Ayam Kentang

Opor Ayam Kentang

Opor Ayam Kentang dengan kuah yang Mantappppp

5 porsi
30 menit
Opor ayam plus tahu

Opor ayam plus tahu

Masak yg praktis aja hari ini #berburucelemekemas #resolusi2019

Opor ayam klasik

Opor ayam klasik

maaf ini agak pucat fotonya, krn pas foto belum masukiin kunyitnya hahahhaha :')

10 porsi
Opor tongkol tempe tahu

Opor tongkol tempe tahu

3 orang
20 menit
Opor Ayam Edisi Lebaran

Opor Ayam Edisi Lebaran

Menu special untuk hari yang special. Beruntung yah saya beli bumbu di warung yang sudah paketan. Tapi bukan instant, ternyata, baru tau rahasia masakan kampung, karena rempahnya. Hasilnya lebih enak dari yang saya bikin (ya iyalah, saya masak selalu minimalis hahahaha) saya simpan siapa tau next gak perlu lebaran lagi bikin opornya.

Terik tahu kubis simple

Terik tahu kubis simple

Mumpung hari sabtu di rumah,.ya coba sambil belajar masak lah ya.,

1mangkok sedang
30 menit
Opor Kuning Komplit || Opor 3 in 1

Opor Kuning Komplit || Opor 3 in 1

Saya mengambil trik yg diterapkan mama jika sikon sedang sibukΒ²nya tapi tetap memasak utk keluarga. Nah menu "Opor 3 in 1" ini adalah salah satu solusinya yg menggunakan bumbu dasar kuning. Didalamnya sudah ada : lauk, sayur dan unsur pedas dari cabe rawit utuhnya. Kenapa rawit dibiarkan utuh? Disinilah trik nya ... Agar anakΒ² yg tdk doyan pedas tetap bisa makan, sementara orang tua masih mendapatkan sensasi cabe dg rawit yg sudah lembut, dan si rawit tdk meletus lho saat dicemplung 😍. Jitu kan? πŸ‘ Seperti pepatah lama "Sekali merengkuh dayung, 2-3 pulau terlampaui" Artinya : satu kali melakukan pekerjaan, mendapatkan beberapa hasil sekaligus BenarΒ² #AntiRibet dan hemat waktu, jadi pas banget sebagai #SolusiSiSibuk makanya dgn #ModalBumbuDasar semua jadi serba cepat & menu favorit keluarga pun tersaji 😍 #AntiRibet #SolusiSiSibuk #ModalBumbuDasar #3weekschallenge #cookpadcommunity_batam #resepkeko_oporkuning

5 person
30 menitan
Opor Ayam

Opor Ayam

Kerupuk jengkol recommended niih buat pelengkap makan hehehe

Opor Ayam

Opor Ayam

Resep ini berkali2 dicoba sampe akhirnya hasilnya maksimal yahuddnyaa πŸ˜‚πŸ˜‹ Ahh bahagiaa dehh πŸ€— Ini masakan kuah pertama yg aku bisa dan baru sempet di share πŸ˜† Karena ayamnya gak seberapa (karena kita cuma berdua😊 doakan yaa biar segera bertiga berempat berlima berenamπŸ€—) maka dicampurlah sama protein lain yaitu tahu plus telur πŸ˜‹ Yummmm !!

Opor ayam ala seny

Opor ayam ala seny

Opor ini resep yang dikasih mama aku,biasanya kalo ied fitri,ied adha,ini jd andalan keluarga kita. Bikinnya juga gampang,slmt mencoba.

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Masak sore buat kakdek...opor ayam tanpa santan..krn png coba pake fiber creme ternyata rasanya lbih creamy n ringan..saya jarang pake msg krn utk si kecil biasa nya saya gnti pake bubuk kaldu jamur itu pun jg jarang pakai..

4porsi
Opor ayam bumbu kuning

Opor ayam bumbu kuning

Ala" penganten baru ceritanya mah 😁 ,maap ya kalau ada yang kelupaan ,,

4 orang bisa πŸ˜‚
Opor Ayam Merah/ayam petelur

Opor Ayam Merah/ayam petelur

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H Taqabalallahu Minna Wa Minkum Siyamana Wa Siyamakum. Minal aidin Walfaidzin. πŸ’“πŸ’“ Baru sempet post ucapan lebaran, selama mudik ga bisa koneksi inet dengan leluasa kuota terbatas maklum wifi orinted 😁 daripada dikangenin mending post resep opor ayam aja ya πŸ˜šπŸ˜™πŸ˜— Alhamdulillah after 5 hari mudik, kangen masak kangen sharing resep. pulang kerumah langsung semangat bikin opor ayam, disaat org2 lagi bosen opor ayam sy masih teradahan aja pengen makan opor ayam. Padahal dirumah ema juga udah puas makan opor ayam pake ketupat.. Ni ayam merah alias ayampetelur yg dagingnya keras mirip ayam kampung itu ada telur nya juga. sengaja saya beli sebelum mudik cuci bersih simpan di freezer. Kalo ketupatnya dapet dikasih ema smpe rumah langsung dihangatkan dikukusan. Pas banget deh resep opor ayam inih rasanya enak, kangmas aja sampe bilang enak tiap suap *lebay Yg telat pengen bikin opor ayam ni daku tayangkan resepnya πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ yg udah puas sm opor ayam di simpen aja buat taun depan πŸ€£πŸ˜‚

Terik tahu tempe

Terik tahu tempe

Porsinya ekonomis ya sayang...

Opor Ayam mentega

Opor Ayam mentega

Sebenernya ini opor ayam putih, karna pakai mentega jadi keluarlah warna semu2 kuningnya.. ini opor sederhana tapi begitu gurihh ❀

porsi sehari
gak lama/prktis
Opor Ayam

Opor Ayam

12 porsi
60 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Latah karena liat menu di Instagram temanya Lebaran. Walau nggak merayakan Lebaran tapi jadi ikutan pingin makan opor πŸ˜‚πŸ™ˆ Resep ini recook dari resep Opor Ayam XandersKitchen di Instagram. Sedikit beda karena disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah. Saya pakai sereh 6 batang karena kecil-kecil sekali. Kalau serehnya montog kayaknya 2-3 batang saja cukup.

4-6 porsi
Opor Ayam Bumbu Kuning

Opor Ayam Bumbu Kuning

Source: Ochirossi

Gule opor (cocok untuk kuah lontong juga)

Gule opor (cocok untuk kuah lontong juga)

Kali ini masak ny hanya untuk anak aja, jdi bahanny cuma sendikit dan simple.., ortunya makan menu lain πŸ˜‚