Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bubur Kacang Ijo Istimewa yang Anti Gagal

Dipos pada November 23, 2018

Bubur Kacang Ijo Istimewa

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bubur Kacang Ijo Istimewa yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Bubur Kacang Ijo Istimewa yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Kacang Ijo Istimewa, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur Kacang Ijo Istimewa di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Bubur Kacang Ijo Istimewa yaitu 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, waktu yang diperlukan dalam memasak Bubur Kacang Ijo Istimewa diperkirakan sekitar 20 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Kacang Ijo Istimewa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Kacang Ijo Istimewa memakai 5 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lagi kepingin makan makanan simple masaknya tapi kaya vitamin plus murah.. hehe. Jadi kepikiran untuk masak burjo, bahannya juga simple banget. Terus fyi, harga kacang ijo per kilo sekitar 20.000 dan beli 1/4 aja udah bisa jadi banyak lho, murah kan?

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Kacang Ijo Istimewa:

  1. 250 gr kacang hijau
  2. 100 gr gula merah
  3. 1 sdm gula pasir
  4. secukupnya air
  5. 1 helai daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Kacang Ijo Istimewa

1
Untuk mendapatkan tekstur kacang ijo yang empuk sampai pecah-pecah (ala ala burjoan) tipsnya adalah kacang ijo perlu direndam di air selama minimal 1 jam (lebih lama lebih bagus, maksimal semalam saja ya)
2
Setelah itu, cuci dan rebus menggunakan panci, masukkan daun pandan nya.
3
Sambil tunggu kacang ijo mendidih, sisir gula merah. Masukkan kedalam panci, disusul gula pasir.
4
Aduk aduk, tunggu sampai air surut dan tekstur kacang hijau sudah mulai pecah-pecah.
5
Bisa ditambahkan sedikit larutan maizena kalau teksturnya ingin lebih kental dan berkuah.
Bubur Kacang Ijo Istimewa - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Ini adalah salah satu makanan favorit, kacangnya adalah hasil dari kebun sendiri. Silahkan dicoba resepnya..

8 porsi
60 menit
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Kalo udara lagi mulai dingin atau pengin cemilan yg anget2, bubur kacang ijo jadi salah 1 andalan sy. Pake gula merah biar lbh wangi & mantap rasanya 😉

6 porsi
45-50 menit
Bubur Mpasi 9 Bulan

Bubur Mpasi 9 Bulan

53. Bismillah.. Alhamdulilah akhirnyaaa sampai di terakhir golden apron.. Perjuangan yg amat sangat disaat kondisi banjir begini.. Ini aku tulis resep minimalis buat mpasi baby 9 bulan.. Semoga menginspirasi.. Yuk Masak Mom ❤️ #berburucelemekemas #resolusi2019 #menumpasi9mo #SatuResepSatuPohon

Bubur kacang ijo nangka

Bubur kacang ijo nangka

Ada nangka matang, adik laki2 saya minta dibuatkan bubur kacang ijo kmarin sore, karena uda difoto, saya share aja dech, Ini rasanya legit dan wangi krna ada pandan, gulmer dan potongan nangka, asooyy dech pokoknya.

8 porsi
90 menit
Mpasi 8+ Bubur Ubi

Mpasi 8+ Bubur Ubi

Bubur + ubi ternyata enak manis, ibuknya pun suka.. Yummy

3 porsi
45 menit
Bubur kacang hijau bayi 7m - MPASI

Bubur kacang hijau bayi 7m - MPASI

Alhamdulillah anak aku suka dgn makanan yg satu in

Bubur kacang hijau dan ketan hitam

Bubur kacang hijau dan ketan hitam

Ceritanya lagi kangen makanan jaman SD. Dulu, di depan SD saya ada bubur kacang hijau dan ketan hitam yg menurut saya endess..hehe sebenernya sih standar rasanya begitu aja, tapi manisnya pas, di padu santan yang asinnya pas, plus es batu. Dulu sepulang sekolah sambil pulang naik angkot seringnya beli itu. Maklum, sidoarjo panasss.. Ini bubur kacang hijau dan ketan hitam ala abang gerobakan yaa..beda sama bubur kacang hijau madura. Bubur ini teksturnya kental. Cuss silahkan di intip resepnya. 😘

Mpasi - Egg Chicken Porridge

Mpasi - Egg Chicken Porridge

Egg chicken porridge

7 porsi @ 100ml
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Waktu itu bapak saya sakit demam selama 2 minggu. Seorang saudara datang membawa gula jawa dan beberapa ruas jahe untuk dibuatkan air jahe. Saya pun bersegera memasak air jahe (kapan2 resepnya saya share juga in syaa Allaah). Dari bahan yang ada, masih kurang daun pandan dan air lemon. Saya pun membeli daun pandan di Total Buah Segar yang ternyata seharga 2k dapat sepohon. Buanyak banget kan. Karena daun pandannya sisa, jadi saya pengen bikin bubur kacang hijau.

Bubur Kacang Hijau Jahe

Bubur Kacang Hijau Jahe

3 porsi
20 menit
Bubur ayak

Bubur ayak

Bismillahirrahmanirrahim... Penganan satu ini ciri khas nya urang sambas...kenapa di sebut bubur ayak...karena sebagian adonan tepung nya di buat dengan cara di letakan di atas cetakan yang berlubang kemudian di tekan sehingga membentuk adonan kecil memanjang seperti cendol... rasanya gurih manis di tambah lagi dengan kacang hijau dan sohun itulah ciri khas nya... #Buburayak #KulinerkhasKalimantanBarat #FestivalKhasKulinerKalimantanBarat #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_KalBar #FKKB_Pontianak #CookpadIndonesia #ResepMakWin

8 orang
1 jam
Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

bubur kacang ijo salah satu makanan kesukaan saya...

2 orang
-+30 menit
Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Alhasil....

Bubur rempah

Bubur rempah

Bubur ini mirip dengan bubur pedas/bubur sambas khas kalbar, hanya saja bubur ini tidak menggunakan daun kesum dan kelapa gongseng yang ditumbuk. Daun kesum sangat sulit dan bahkan tidak ada di sekitar saya. Pernah coba menanam namun gagal, bahkan sewaktu saya masih tinggal di jogja pun orang tua saya mencoba untuk menanam gagal juga. Ya sudahlah saya ganti saja dengan bunga kecombrang dan sepertinya diganti dengan daun ketumbar jg bisa, karena memiliki aroma yang mirip. Untuk kaldu, setahu saya di kalimantan menggunakan daging bisa iga atau tulangan sapi. Saya tidak pakai karena dalam bubur digunakan teri tumbuk/halus sebagai bumbu dan makannya pun dilengkapi dengan teri/ikan asin goreng. Katanya hewan laut tidak cocok dimasak dengan hewan darat (cmiiw), makanya saya beri opsi jika menggunakan teri/ikan asin makan kaldunya pakai kaldu jamur. Namun jika ingin menggunakan kaldu dari iga sapi/daging/tulangan sapi, pelengkapnya tanpa teri/ikan asin. Aaahh..padahal makan bubur ato makan nasi kan enaknya pakai ikan asin yes...sama sambel dan limau peras. Jadi saya pilih yang pakai hewan laut ajalah.

Bubur Kacang Hijau Galway

Bubur Kacang Hijau Galway

Bubur Kacang hijau ini saya namakan "Bubur kacang hijau Galway" karena Saya membuatnya di Galway,, hehe..Galway adalah salah satu kota disebuah negara di irlandia ,, ehhh kota atau kampung yaaa..hihihi... sebuah daerah lah yaa di negara irlandia barat... Jadi ceritanya seperti ini, kacang hijau sebenarnya sudah saya diamkan selama 17 jam kurang lebih, nah setelah 17 jam itu saya melihat kacang hijaunya sudah mengembang sekali dan waktunya untuk dimasak menjadi buburr kacang hijau.. Akhirnya saya menyempatkan diri untuk membuat bubur kacang hijau ini. dan kebetulan ada orang indonesia yang tinggal di waterford datang ke rumah Bu Yeni yang merupakan orang indonesia juga di galway ini, namun rumahnya berdekatan dengan flat saya ini. Nah tadinya bingung antara mau buat pastel atau kacang hijau , akhirnya saya membuat kacang hjau dan membuat isi pastel juga..heheh.. jadi nyambi gitu,,hihihi... karena membuat pastel agak lama, jadi saya mengutamakan memasak kacang hijau ini..hehhe... Sekalian juga sih sebenernya pengen memberikan sesuatu ke bu yeni dan mampir ke rumahnya...karena baru ketemu lagi di rumahnya itu setelah beliau dan keluarga pergi ke Turki..hihihi... Alhamdulillah jadi juga deh nih bubur kacang hijau..hehhe... Belum saya coba sudah langsung saja saya pindahkan ke dalam suatu mangkuk dan saya bawa ke rumah bu yeni,,kebetulan mba intan nya ada di rumah bu yeni..hehhe.. Katanya sih enak, tapi saya belum coba karena dirumah masih banyak..hihihi... Setelah sampai rumah saya mencoba ,, dan ternyata enak sekali ini bubur kacang hijau.. Ini ketiga kali nya saya membuat bubur kacang hijau tapi yang sebelumnya saya tidak menggunakan santan ,,hehehe.... dan yang pertama kali saya buat tidak jadi bubur masih agak keras..hahha... Setelah saya tahu dari teman katanya kacang hijau itu harus didiamkan semalaman agar lebih mudah kacang nya itu pecah saat di rebus..hehhe... Akhirnya yang sekarang inilah saya coba prosesnya ..hihihi... Alhamdulillah berhasil jadi bubur kacang hijau...:-) yuk kita lanjut saja , bagaimana sih cara membuat bubur kacang hijau ini , mungkin untuk para pemula juga yang baru belajar masak ,, hehehe... karena saya juga pemula loh ...hehhe...

Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau

Cuaca surabaya yang panas banget jadi kepingin minum yang seger2 manis..karna es cincau ud sering banget dibikin kepikiran bikin bubur kacang ijo untuk seger2an sore ini

Bubur Kacang Ijo Kuah Susu

Bubur Kacang Ijo Kuah Susu

Bubur kacang ijo tuh salah satu makanan favorit suamiku, pas mau bikin tetapi karena kendala gula habis jadi diganti susu kental manis dan ternyata rasanya lebih mantap, gurihnya dapat manisnya pas. Boleh dicoba gampang dan ga ribet.

4 Porsi
1 Jam
Bubur kacang ijooo

Bubur kacang ijooo

Suami lagi sakit minta bubur kacang ijo