Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Bubur Kacang Hijau yang Bikin Ngiler

Dipos pada November 29, 2018

Bubur Kacang Hijau

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Bubur Kacang Hijau yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Bubur Kacang Hijau yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bubur Kacang Hijau, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Kacang Hijau sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Bubur Kacang Hijau yaitu Untuk 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Kacang Hijau sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Kacang Hijau memakai 14 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Takaran resep memakai feeling 😁

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Kacang Hijau:

  1. 1/4 kg kacang hijau
  2. Gula jawa
  3. Gula pasir
  4. Tepung maizena sebagai pengental
  5. 1 scht vanili
  6. Sedikit garam
  7. Daun pandan
  8. Air
  9. Bahan santan
  10. 3 santan kara
  11. Garam
  12. Gula
  13. Daun pandan
  14. Air

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Kacang Hijau

1
Cuci kacang hijau hingga bersih
2
Rebus kacang hijau dengan api kecil sampai benar benar lunak dan air tidak terlalu banyak
3
Masukan gula jawa yang sudah disisir tunggu hingga mencair lalu tes rasa jika masih kurang manis bisa ditambahkan gula pasir, dan sedikit garam lalu aduk. Ikat daun pandan masukan
4
Tambahkan vanili
5
Masukan tepung maizena secukupnya yang sebelumnya sudah di campur air supaya tidak menggumpal.
6
Aduk rata dan tes rasa. Jika sudah empuk, manis sesuai dan kekentalan sesuai matikan api.
7
Membuat santan
8
Tambahkan air hangat pada santan kara nyalakan api aduk aduk santan tambahkan garam, gula sedikit sekali dan daun pandan yg sudah disimpulkan. Aduk terus sampai mendidih lalu matikan api. Siap dihidangkan dengan bubur kacang hijau.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kacang Merah

Bubur Kacang Merah

Menu ini sudah lama banget kesimpen di draft menu-menu yang akan dimasak segera, dan baru semalem bikin biar bisa dimakan buat sarapan esoknya, dan disimpan di kulkas karena saya lebih suka bubur yang dingin tanpa harus menambahkan es batu. Cara pembuatannya sangat sederhana, hanya saja butuh waktu untuk proses perebusan kacang merah supaya empuk. Ohya, tidak ada foto step by step karena sudah malam (baca : malas) 😂 ➡Catatan : rebus dahulu kacang merah hingga empuk baru masukkan garam dan gula. Kacang merah tidak akan empuk jika awal perebusan sudah di campur gula atau garam.

1 porsi
45 menit
Vegetable porridge

Vegetable porridge

Bubur tim dengan aneka sayuran untuk si kecil ☺

Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Awalnya mau bikin bubur ini pke maizena sebagai pengentalnya.. Udh ditengok 2x kok blm jg susut airnya.. Ditinggal lah mandi dll.. Tau2 suami udh marah [km ini mau nggosongin panci lg kah] hahaha lupa klo lg rebus kacang ijo untung blm gosong cuma air udh nyusut bgt habis bis tp ga gosong ya.. Akhirnya udh kental sendiri tanpa pengental.. Yummy bgt..

Bubur Manado

Bubur Manado

20 orang
30 menit
Bubur kacang ijo ETIS (ekonomis & praktis)

Bubur kacang ijo ETIS (ekonomis & praktis)

awalnya pengen dibikin puding tapi gak punya agar2 ,so dibuatlah bubur ala ala sendiri

2 porsi
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Saat merebus kacang hijau jangan ditambahkan daun pandan dulu, jadi hanya air & kacang hijau saja dulu yang direbus agar cepat proses merebusnya, setelah kacang hijau matang baru tambahkan daun pandan, dll,,, bubur kacang hijau yang aku buat ini versi santan yang langsung aku masukkan, karena aku bikinnya untuk dimakan selama beberapa hari,,, kalau yang versi santan dipisah itu untuk sehari makan saja, agar santan tidak cepat basi.,,, aku bikinnya tanpa diberi jahe, karena suami tidak suka, bila suka tinggal tambahkan saja jahe iris / jahe geprek.

50 menit
Bubur Madura

Bubur Madura

Mengawali tahun 2022 kita buat kreasi kangen kampung halaman.... perpaduan bubur manis dengan aneka isian dalam 1 sajian. Walaupun bukan berasal dari pulau Madura, tetapi di banyak orang2 Madura yg berjualan aneka bubur ini. Terdiri dari bubur sumsum, mutiara, candil, kacang hijau, ketan hitam. #cookpadcommunity_semarang

Barobbok (bubur manado)

Barobbok (bubur manado)

Barobbok ato bubur manado makanan khas dari Sulawesi

4 porsi
1 jam
Bubur kacang ijo (magicom)

Bubur kacang ijo (magicom)

Bawa kacang ijo dari rumah, trus lagi pengen burcangjo buat makan malem, dan akhirnya buat deh

2 porsi
60 menit
Bubur Kacang Ijo Kuah Susu

Bubur Kacang Ijo Kuah Susu

Bubur kacang ijo tuh salah satu makanan favorit suamiku, pas mau bikin tetapi karena kendala gula habis jadi diganti susu kental manis dan ternyata rasanya lebih mantap, gurihnya dapat manisnya pas. Boleh dicoba gampang dan ga ribet.

4 Porsi
1 Jam
Bubur Srintil 5 Macam

Bubur Srintil 5 Macam

✏16 /05 /2019 Source : IG @ Magdalenadwisinta Resep asli ⤵ https://www.instagram.com/p/BtryPLNF-fg/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=9hooj4bz99gs . . Bubur srintil ini salah satu bubur yang paling aku suka saat kecil. kalo ada yg jual bubur ini langsung minta dibeliin ke mama😁 **sambil lari nyamperin penjual buburnya😂 Tapi kali ini beda ceritanya, sekarang aku yg jual bubur srintil ini untuk #JemputRejeki Memang proses membuatnya itu lumayan bikin pegel ya😁😁,tapi percaya deh ketika sudah matang.seketika rasa cape itu hilang karna hasilnya sangat memuaskan sekali😍, rasa enak sekali,,dan dari penampilan sangat2 menarik 😍😀 Yuuukk buat bunda..recomendasi untuk jualan. 💰Kalkulasi bahan bubur srintil,untuk harga bahan ada diresep ya (g muat kalo ditulis disini semua)🙏.harga perMei2019 🐝Total bahan ➡ 34.600 🐝 Gas+listrik blender+Cuci2 ➡ 34.600x35%= 12.110 🐝Total all ➡ 34.600+ 12.110= 46.710 🐝Keuntungan➡ 46.710x50% = 23.355 🐝 Menentukan HJ ➡ 46.710+23.355= 70.065 : 10 cup (bubur srintil) = 7.006+1000(harga cup) = 8.000✔ Harga cup ukuran 300ml 25rb isi 25 buah jd per cup Rp 1000. 💥Jadi harga jual bubur srintil 8000/cup✔ Harga sesuaikan daerah masing2 ya😊 🔴Resep asli tanpa bubur kacang hijau & bubur sum2 putih ya. Karna untuk hasil banyak aku tambahkan bubur kacang hijau & bubur sum2 putih😆 . #BuburSrintil #JemputRejeki #SiapRamadan #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #menujualannHn

10cup @300ml
3 jam
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Bumil sedang ngidam, tapi takut beli di warung kurang higienis. Jadi deh belain masak nih bubur. Wenakkkkk.. Puassss..

Bubur Ketan Hitam mix Kacang Hijau dan Sagu Mutiara

Bubur Ketan Hitam mix Kacang Hijau dan Sagu Mutiara

Ini buburnya kental yaa, request pak suami😁😊

9 porsi
Bubur Kacang Ijo Rasa Duren

Bubur Kacang Ijo Rasa Duren

Oh iya tips memasak kacang ijo sebaiknya direndam dulu 1 jam, lalu dimasak agar tidak terlalu lama mengembangnya... 😊

4 porsi
30 menit
Bubur Ketan Hitam

Bubur Ketan Hitam

Berapa kali coba metode bikin bubur ketan hitam, dari rendem semaleman sampe di presto tapi konsistensi nya ga sesuai dengan yg di inginkan. Eh, nemu resep dan cara masak yg super mudah dari channel YouTube @dapursicongok. Ijin share cara masaknya di sini....

Bubur kacang bumil

Bubur kacang bumil

Kacang ijo itu memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, salah satunya kandungan seratnya, vit B1 B2 dll

BUBUR KACANG HIJAU (santan dicampur)

BUBUR KACANG HIJAU (santan dicampur)

Musim hujan dah tiba, bubur aroma jahe ini cocok banget dimakan pas hujan-hujan. Gula bisa ditambah, karena takaran saya tidak terlalu manis

30 menit