Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur Poligami yang Enak Banget

Dipos pada November 29, 2018

Bubur Poligami

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bubur Poligami yang mudah Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Bubur Poligami yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur Poligami, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Poligami bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Poligami sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Poligami memakai 32 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bebikinan menu bukber spesial buat keluarga kecil tercinta😍😍 #JemputRejeki #siapramadan #cookpadcommunity

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Poligami:

  1. Bahan bubur kacang hijau :
  2. 150 gr kacang hijau
  3. 5 sdm gula pasir
  4. 1 sdt jahe parut
  5. 50 gr gula merah
  6. 800 ml air
  7. 1 lmbr daun pandan
  8. Bahan Candil :
  9. 300 gr ubi jalar kukus
  10. 80 gr tapioka
  11. 1/4 sdt garam
  12. 600 ml air
  13. 1 lmbr daun pandan
  14. 1 sdm maizena + 5 sdm air larutkan
  15. Bahan bubur mutiara :
  16. 50 gr mutiara
  17. 300 ml air
  18. Sejumput garam
  19. 4 sdm gula pasir
  20. 1 lmbr daun pandan
  21. Bahan bubur sumsum :
  22. 100 gr tepung beras
  23. 800 ml air
  24. 1 lmbr daun pandan
  25. 1/2 sdt garam
  26. 1 sdt gula pasir
  27. 1 Bks santan instan (65 ml)
  28. Bahan kuah :
  29. 100 ml santan kental
  30. 100 ml air
  31. Sejumput garam
  32. 1 lmbr daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Poligami

1
Bubur kacang hijau : Rendam kacang hijau sekitar 3 jam, rebus air sampai mendidih masukkan kacang hijau beri jahe parut &daun pandan. Masak sampai mendidih lagi beri garam,gula pasir & gula merah Rebus sampai empuk. angkat & sisihkan.
Bubur Poligami - Step 1
Bubur Poligami - Step 1
Bubur Poligami - Step 1
2
Bubur Candil : kukus ubi lalu haluskan. Kemudian campur dengan tapioka & garam, aduk rata bulatkan. Masak gula merah dan air sampai mendidih masukkan Candil yg telah dibulatkan. Masak sampai Candil mengapung. Tuang larutan maizena, aduk sampai mengental. Angkt & sisihkan.
Bubur Poligami - Step 2
Bubur Poligami - Step 2
Bubur Poligami - Step 2
3
Bubur mutiara : Rebus air dalam panci sampai mendidih masukkan mutiara masak 5 menit matikan api. Tutup panci biarkan selama 30 menit. Masak lagi,beri daun pandan, gula pasir & garam. Masak sekitar 30 menit sambil sesekali diaduk agar tidak lengket di bawah.angkt & sisihkan.
Bubur Poligami - Step 3
Bubur Poligami - Step 3
Bubur Poligami - Step 3
4
Bubur Sumsum : Dalam wadah masukkan tepung beras beri 300 ml air aduk sampai rata lalu saring agar tidak ada yg bergerindil. Masukkan santan dan tambahkan sisa air tadi beri garam,gula pasir & daun pandan. Masak sampai meletup letup kecilkan api sampai yg paling kecil selama 15 menit (agar bubur Tanak & tidak mudah basi). Angkt & sisihkan.
Bubur Poligami - Step 4
Bubur Poligami - Step 4
Bubur Poligami - Step 4
5
Kuah : Campur semua bahan jadi satu masak sampai mendidih sambil terus diaduk supaya santan tidak pecah. Angkt & sisihkan.
Bubur Poligami - Step 5
Bubur Poligami - Step 5
6
Semua bubur telah selesai di masak👍
7
Ambil mangkok tuang bubur sumsum, beri bubur kacang hijau,bubur mutiara,bubur Candil dan siram di atas2 bubur kuah santan...bubur poligami siap di nikmati saat berbuka puasa...
Bubur Poligami - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur kacang ijo santan susu

Bubur kacang ijo santan susu

Masih sempet bikin ini ,lumayan buat sarapan di kantor bareng temen2 ..

6porsi
10menit
Barobbo (Bubur jagung) khas Sulawesi

Barobbo (Bubur jagung) khas Sulawesi

Musim hujan pengennya makan yg anget2 dan berkuah dan pastinya sehat dan simple, yuuk dicoba... 😉 - - #resepsimpledansehat #buburjagung #barobbo #khassulsel #vegetarian #vegetarianmenu #makanansehat #healthyfoods #sayur #makansayur #sayuranhijau #bubursehat #dietsehat #menudiet #makanandiet

Bubur ketan kacang hijau

Bubur ketan kacang hijau

Buat cemilan jagoan

Bubur kacang hijau manis 🍵

Bubur kacang hijau manis 🍵

Saat cuaca hujan & si dede dalam perut mau cemilan.. Langsung cari isi kulkas dan ketemu sebungkus kacang hijau 😍 cuss langsung eksekusi di dapur 😎

5 porsi
30 menit
Bubur kacang ijo santan campur

Bubur kacang ijo santan campur

Umumnya bubur kacang ijo santannya dipisah kan, nah mamah suka yang nggak ribet2 kalo masak, jadi semuanya dicampur. Akhirnya resep mamah aku contek deh setiap masak burjo. For sure, saya nggak terlalu suka burjo disantenin, tp karna orang rumah pada suka ya saya kasih aja. Ngalah.. ngalah.. hehe

5 porsi
20 menit
Bubur Kacang Hijau Mutiara Warna Warni

Bubur Kacang Hijau Mutiara Warna Warni

Gula merah memberikan rasa yang khas di bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau kali ini saya tidak menggunakan santan. Tapi jika ingin menambahkan santan ini akan menambahkan rasa gurih. Bagi yang gak bisa konsumsi santan boleh gantikan santan dengan susu kental manis dengan catatan, kadar gula merah dan gula pasir bisa dikurangi, pandai-pandai merasakan pas manisnya ya. Ehm, dimakan waktu panas-panas juga oke. Tapi di waktu buburnya dingin atau di beri batu es juga gak kalah enak dan segarnya... Selamat Mencoba.. (^_^)v

Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam

Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam

Akhir akhir ini suami minta dibuatkan makanan cemilan, yah.. dari pada beli mending bikin sendiri ya.. :P

5 porsi
45 menit
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Suka bubur kacang hijau justru pas setelah nikah. Ini udah kedua kalinya buat dan Alhamdulillah nagih teruuuussss, apalagi klo liat suami makannya doyan dan lahap hihi

Banyak porsi
MPASIASI Hafidz Bubur Tepung Kacang Ijo (6-9 bulan)

MPASIASI Hafidz Bubur Tepung Kacang Ijo (6-9 bulan)

mari membiasakan membuat makanan homemade buat sikecil kita. campurlah sesuka untuk bahannya (selagi si kecil belum pilih-pilih makanan)

Bubur Kacang Ijo Simpel, Tanpa Santan,Tanpa rendam,takaran gelas

Bubur Kacang Ijo Simpel, Tanpa Santan,Tanpa rendam,takaran gelas

Hujan" enaknya yg anget", kayak burjo ini. Enak, hangat, dan sehat. Bun-bun, kalau mau tampilannya cantik..gula merahnya yg putih ya.

Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Masih nyimpen sisa kacang ijo...sayang kl ga diolah ..dimakan angget enak..dimakan dingin2 jg enak👌

Mpasi 8+ Bubur Telur Puyuh

Mpasi 8+ Bubur Telur Puyuh

Enak gurih anak saya lahap makannya. Saya perkenalkan naik tekstur sejak usia 8 bulan tapi masih selang seling di saring, 8.5 bulan sudah tanpa saring.

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

adik ipar request minta dibikinin ini buat berbuka..alhasil krn rumah dekat pasar..ak lgsg pergi beli bahan..pulangnya ga tanggung2 ak lgsg bikin..hehe

Bubur Kacang Ijo (menudiet)

Bubur Kacang Ijo (menudiet)

yang diett yuk nasi nya diganti sm bubur kacang ijo 💃🏻

Bubur Kacang Hijau Susu Tanpa Santan dan Gula

Bubur Kacang Hijau Susu Tanpa Santan dan Gula

Ceritanya pengen menikmati bubur kacang hijau tanpa gula n santan. Jadi biar mudah memasaknya dan bisa menghemat waktu n energy saat memasaknya, aku sudah merendamnya sebelum aku berangkat tidur hingga begitu bangun subuh langsung dimasak😊 Asli pas banget jika disajikan dengan bolu merekah saat sarapan pagi..

2 porsi
60 menit