Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat SATE KLOPO(sate kelapa) yang Bikin Ngiler

Dipos pada July 24, 2019

SATE KLOPO(sate kelapa)

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat SATE KLOPO(sate kelapa) yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya SATE KLOPO(sate kelapa) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari SATE KLOPO(sate kelapa), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian SATE KLOPO(sate kelapa) bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat SATE KLOPO(sate kelapa) yaitu 3 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat SATE KLOPO(sate kelapa) diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan SATE KLOPO(sate kelapa) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat SATE KLOPO(sate kelapa) memakai 10 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sate klopo khas Madura membuat saya merasa kangen akan sate yang satu ini,ciri khas dari sate yang satu ini adalah dengan sate daging sapi balutan kelapa(klopo) akhirnya saya terinsipirasi untuk menciba membuat sendiri dengan satu alasan karena jelas saya jarang sekali singgah ke kota Pahlawan(Surabaya)....ternyata homemade sate klopo buatan saya luar biasa enaknya hehehhehehhe tak kalah dengan sate klopo yang di jual di kota Pahlawan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat SATE KLOPO(sate kelapa):

  1. 300 gram daging sapi berlemak
  2. 1/2 butir Kelapa muda
  3. 17 buah Tusukan sate
  4. 4 siung bawang merah
  5. 3 siung bawang putih
  6. 3 sdm Ketumbar
  7. 1 ruas jari Kunyit bakar
  8. secukupnya Garam
  9. secukupnya Gula pasir
  10. Bumbu kacang sebagai pelengkap

Langkah-langkah untuk membuat SATE KLOPO(sate kelapa)

1
Daging sapi yang berlemak cuci bersih dan potong dadu untuk ukuran besar kecilnya disesuaikan selera
SATE KLOPO(sate kelapa) - Step 1
2
Siapkan kelapa muda dan parut lalu sisihkan
SATE KLOPO(sate kelapa) - Step 2
3
Haluskan bumbu:bawang merah,bawang putih,ketumbar,kunyit bakar
SATE KLOPO(sate kelapa) - Step 3
4
Daging potong dadu,kelapa parut,dan bunbu halus campur rata dan tambahakn gula dan garam dan biarkan 30 menit agar bumbu meresap.
SATE KLOPO(sate kelapa) - Step 4
5
Semua bahan aduk dan tercampur rata dan biarkan dan diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap.
SATE KLOPO(sate kelapa) - Step 5
6
Setelah didiamkan selama 30 menit lalu saatnya menusukan daging ke tusukan sate .
SATE KLOPO(sate kelapa) - Step 6
7
Setelah selesai penusukam saat nya membakar sate.baiknya menggunakan pembakaran sate dengan bakaran arang agar bau wangi khas nya kluar.karena saya membuat porsi sedikit saya mengunakan teflon yang sudah tidak terpakai.tetapi untuk rasa tetap enaknya sama saja .dan bakar bolak balik hingga mendapatkan hasil sate yang kuning kecoklatan dan tentunya empuk dagingnya.
SATE KLOPO(sate kelapa) - Step 7
8
Hasil pembakaran di telfon ini dengan ata bolak balikan sate agar berwarna kuning sempurna dan ini hasil nya
SATE KLOPO(sate kelapa) - Step 8
9
Sate klopo yang sudah siap di hidangkan bisa di nikmati dengan bumbu kacang yang pedas dengan irisan bawang merah untuk kekentalan bumbu bisa di sesuaikan.
SATE KLOPO(sate kelapa) - Step 9
10
Dan akhirnya selesai juga ....dengan sempurna.selamat menikmati.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sate sapi Jempol with salad

Sate sapi Jempol with salad

Karna daging sapi disini enak dan harga lumayan Mari masak sate mudah, dan nikmat

548. Sate Jamur Kancing

548. Sate Jamur Kancing

Pengen sate untuk #LaukTanggalTua yang tetep hemat? Bisbang alias bisa banget (Jamur kancing Rp13.000)👌😉 Sate Jamur Kancing ini terinspirasi dari resepnya mbak @Berliana Nuril. Kenyal lembut, pas banget menyatu dengan saus kacangnya #SelaluIstimewa 👍😋😍 Cara masak sausnya saya agak berbeda dengan mbak @Berliana Nuril. Saya blender semua bahan sausnya jadi satu. Saya juga bikin sausnya versi tanpa cabe karena sate ini untuk duo Kayana juga. Jadi kalau suka pedas, boleh ditambah cabe yah 👌😉 Source: Berliana Nuril #PejuangGoldenApron3 #Week43 #CookpadCommunity_Yogyakarta #OlahanJamurKayana #AOPKayana

Sate Ayam Madura ala Mamang Tukang Sate

Sate Ayam Madura ala Mamang Tukang Sate

Kalau bicara soal sate ayam, paling favorit buat ummi itu ya sate Madura 😊😋 dari jauh aja udah kecium haruumm bangeet, langsung jadi lapeer 😭 Ini sumber asli resepnya dari abang tukang sate Madura, Mang Johan, dengan modifikasi saya sendiri karena beliau ngga bisa kasih detil takaran resepnya. Kita hormati yaa soalnya masih jualan mamangnya 😂, jadi untuk takarannya ummi kira2 aja. Alhamdulillaah udah 3 kali bikin, rasanya enaaakk 😋😋👍.. makasih mang Johan 😊🙏 #ResepSateMadura

Sate Ayam

Sate Ayam

Bumbu marinasi saya recook dari Mba Susan Mellyani

Sate Ayam Bumbu Kacang

Sate Ayam Bumbu Kacang

Selamat Mencoba

2-3 orang
Sate Ayam Teflon Sederhana

Sate Ayam Teflon Sederhana

Pengen makan sate ayam, tapi ga ada yang jual di tempat saya. Akhirnya muter otak biar bisa bikin ala kadarnya tapi tetap enak. Karena saya malas goreng kacang, bumbu kacangnya saya ganti dengan peanut butter 😀. It turned out really good.

5-6 orang
2 jam
Sate Ayam Madura Dapoer Mama Diena

Sate Ayam Madura Dapoer Mama Diena

Selama Puasa kita harus menyiapkan menu buka puasa yg lebih variatif..mau keluar tidak berani karena sedang pandemi corona..lihat isi kulkas adanya cuma daging ayam..yuk kita masak bahan yang itu itu aja tapi makan lebih berselera dan tetap stay di rumah..

20 tusuk
SATE JAMUR TIRAM

SATE JAMUR TIRAM

Ngliat orang yg posting jualan jamur tiram murah di facebook, sekilonya cm 11rb, padahal aq beli di tukang sayur 1/4kg 5rb. Ya dah aq order 1kg aja, free ongkir lagi. Trs akhirnya kepikiran bikin sate jamur, dicoba...eh ternyata enak juga :)

4 porsi
30 menit
Sate teflon simpel tanpa tusuk

Sate teflon simpel tanpa tusuk

Pengin sate yang cepet jadi 😃

Sate Daging Sapi

Sate Daging Sapi

Alhamdulillah masih bisa merayakan Hari Raya Idul Adha walau masih pandemi. Ini sebenernya mau buat post #bancaanonlinebarengcookpad tapi berhubung semua keponakan datang. Jangankan mau post resep. Poto2nya aja ga sempet2 🤭🤭🥰🥰. Ini yang kejepret tinggal kloter terakhir satenya 😁😁😁. #BerkumpulBahagia #SemarakIdulAdha

30 tusuk
30 menit
Sate Tahu-Tempe versi Pedas

Sate Tahu-Tempe versi Pedas

Kemaren siang,sempet bikin nila bakar.Belum sempet kefoto,ehh udah ludes aja..Berhubung bumbu bakarannya masih nyisa,oke-lah kita manfaatkan saja yaa..😆

20 tusuk
Sate Ayam

Sate Ayam

Sate Ini saya buat untuk lauk saat gathering komunitas indonesia di Australia. Banyak sekali teman2 dari berbagai kota yang datang ke tempat kami di Parkes Nsw. Ada yang datang dari kota Orange, Dubbo, Blayney, Bathurst Kurang lebih ada 50an orang. Sate sepertinya akan menjadi menu wajib yang ada di setiap gathering. Selain buatnya mudah bumbu2 juga simple. Dari 3kg ayam bagian dada. Menjadi 110 tusuk satai. Saya tuliskan resepnya disini, supaya memudahkan saya saat mau membuat sate dengan porsi yang banyak lagi.

30 porsi
90 menit