Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Burger Mie Instan Bumbu Pecel yang Bikin Ngiler

Dipos pada June 11, 2019

Burger Mie Instan Bumbu Pecel

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Burger Mie Instan Bumbu Pecel yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Burger Mie Instan Bumbu Pecel yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Burger Mie Instan Bumbu Pecel, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Burger Mie Instan Bumbu Pecel enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Burger Mie Instan Bumbu Pecel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Burger Mie Instan Bumbu Pecel memakai 18 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Cara lain makan mie instan nih.. Dibikin burger tapi juga makannya pake bumbu pecel. Gimana rasanya? Ngendonesiah banget pokoknya! Orang rumah yang biasanya kurang suka dengan panganan macam pizza dan burger, kali ini langsung pada doyaan banget sampai2 bablas gak makan malam. Kekenyangan nyantap Burger Mie haha Untuk patty ayamnya sudah saya bagikan resepnya di postingan sebelumnya yah. Begitu juga dengan telur marble-nya. Untuk versi video cek link berikut: Resep Patty ayam: https://youtu.be/_0ELqPewWxc Resep Telur marble: https://youtu.be/TP4FCxk7sUo Sementara untuk resep Mie burger ini versi videonya ada di: https://youtu.be/L7O6iOdv-YE

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Burger Mie Instan Bumbu Pecel:

  1. Bahan Noodle  bun
  2. 3 Keping Mie Instan (bisa diganti dengan mie telor)
  3. 2 Buah telur utuh
  4. 1 sachet bumbu bawaan dari Mie instant (bisa diganti dengan garam dan lada bubuk secukupnya)
  5. 1 Sachet Daun Bawang/bawang goreng bawaan dari Mie instant (kalau suka)
  6. bahan-bahan pelengkap:
  7. Secukupnya tauge, rendam dengan air mendidih, tiriskan
  8. Secukupnya kacang panjang, rebus sebentar, tiriskan
  9. 2 Buah Patty Crispy Ayam siap pakai
  10. Secukupnya Keju slice
  11. Secukupnya Irisan tomat
  12. Secukupnya Irisan bawang Bombay
  13. Secukupnya daun selada
  14. Secukupnya bumbu pecel siap pakai
  15. Secukupnya irisan timun
  16. 1-2 Buah Pindang telur Marble
  17. Saus Ayam Jamur untuk garnish (jika suka)
  18. Secukupnya saus mayonnaise, saus cabe/ tomat

Langkah-langkah untuk membuat Burger Mie Instan Bumbu Pecel

1
UNTUK BAHAN BUMBU PECEL>> Saya menggunakan Bumbu Pecel Khas Madiun, yaitu yang tidak menggunakan kencur. Berikut Bahan-bahannya: 250 gr kacang tanah (Sangrai), 15 buah cabe rawit (Sangrai), 10 buah cabe keriting (Sangrai), 1 sdt asam jawa (3 mata), 4 lbr daun jeruk (buang tulangnya), 3 siung bawang putih, 1 sdm gula merah serut, 1 sdm gula pasir, 1 sdt garam. CARBUT: Haluskan terlebih dahulu bumbu-bumbu yang ada lalu campurkan dengan kacang tanah yang sudah disangrai dan dihaluskan
2
CARA MEMBUAT “NOODLE BUN”-nya : Panaskan air, masak mie sebentar, jangan terlalu matang. Angkat dan tiriskan. Di wadah terpisah, kocok telur sampai rata, masukkan bumbu Mie instan dan bawang goreng. Aduk rata.
Burger Mie Instan Bumbu Pecel - Step 2
3
Kemudian cetak adonan Mie dengan menggunakan mangkuk. Saya menggunakan mangkuk setengah lingkaran dengan diameter 11 cm.
Burger Mie Instan Bumbu Pecel - Step 3
4
Isi hingga 3/4 –nya, lalu tutup dengan plastik. Masukan lagi adonan Mie tepat diatas plastik tadi hingga penuh. Tekan-tekan hingga padat. Alasi plastik lagi (fungsinya agar tidak lengket saat diambil nanti). Lalu timpa dengan pemberat agar mie benar-benar solid dan padat (saya menggunakan lepek kecil sebagai pemberat).
Burger Mie Instan Bumbu Pecel - Step 4
5
Nantinya 1 mangkok ini jadi 2 keping “noodle bun” (satu burger ukuran besar). Jadi, adonan Mie bagian bawah untuk Burger “noodle bun” bagian atas. Dan bagian atas mangkok adonan mie digunakan untuk bagian bawah burger “noodle bun”. Sisa mie dicetak sama dengan cara sama seperti di atas (satu resep ini jadi 2 burger, 1 burger jumbo dengan diameter 11 cm dan satunya burger sedang dengan diameter 7 cm).
Burger Mie Instan Bumbu Pecel - Step 5
6
Setelah dicetak di mangkok, simpan di kulkas selam 30 menit. Setelah itu keluarkan. Adonan mie sudah membentuk “noodle Bun” dengan sempurna tapi masih agak lembek. Karena itu, sekarang masukkan “noodle Bun” ke Freezer, diamkan selama 30 menit sampai kaku dan siap digoreng.
Burger Mie Instan Bumbu Pecel - Step 6
7
Setelah burger bun mie-nya kaku, panaskan minyak, goreng “noodle Bun” dengan minyak terendam sampai kuning keemasan. “Noodle Bun” akan bertekstur crispy di luar dan sedikit empuk di dalam. Angkat dan sisihkan.
Burger Mie Instan Bumbu Pecel - Step 7
8
CARA PENYAJIAN: Tata “noodle Bun” di piring, hias dengan pelengkap burger, yaitu daun selada, timun, tomat, keju slice, patty ayam, tomat dan bawang Bombay. Selanjutnya ambil satu sendok besar bumbu pecel, tuangkan diatas burger bun. Garnish dengan saus cabai/tomat dan bumbu Ayam jamur siap pakai dari Indomie Real Meat. Di sekeliling burger, tambahkan juga pelengkap untuk pecel, yaitu tauge, kacang panjang, dan Pindang telur.
Burger Mie Instan Bumbu Pecel - Step 8
9
Untuk kacang panjangnya kalau mau dibentuk spiral, seperti ini caranya. (gambar saya ambil dari blog saya yg lawas..)
Burger Mie Instan Bumbu Pecel - Step 9
10
Versi burger mini-nya nih.. (yg diameter 7 cm)
Burger Mie Instan Bumbu Pecel - Step 10
11
Resep Nusantara (pecel) yang dikombinasi dengan selera Internasional (burger) ternyata menciptakan rasa baru yang menjadi salah satu menu favorit keluarga. Selamat mencoba.
Burger Mie Instan Bumbu Pecel - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pecel crispy 😱

Pecel crispy 😱

Lagi memanfaatkan sayur yang ada aja biar gak kebuang percuma 😂

Tahu Telur Sambal Pecel

Tahu Telur Sambal Pecel

Liat2 video masak dr yackikuka, suka2 deh resepnya, simpel..salah satunya liat video masak tahu telur ini jdi pgn buat, cuuuuss deh lgsg saya eksekusi, gampang buatnya dan enak pula..hehe

Sate Tahu Kuah Pecel (jajanan SD) #pr_sate

Sate Tahu Kuah Pecel (jajanan SD) #pr_sate

Ini jajanan masa SD... Dan masa itu ditusuk na masih pake lidi... Hahaha Satu tusuk isinya 3 tahu,harganya Rp 50,- Yang jual nenek²,amak nidegh (*baca: nidar) Aq paling rajin jajan ini... Ini satenya gag pake acara panggang²an.

Sawi putih bumbu pecel

Sawi putih bumbu pecel

Lagi2 pke bumbu pecel , cuma beda bumbu instannya dr yg kmrn ,menu bgni fav bgt untuk makan sore

Sambal Pecel Uti

Sambal Pecel Uti

Sejak merawat ortu/mbah kung yg sakit sdh 7 th ini, sy selalu masak sendiri kesukaan mbah atas saran dan masukan dari dokter yg merawat mbah. Jadilah sambel pecel tanpa minyak dgn rasa nano2 ini ala2 sy 😂 sering nyetok jg krn suami dan anak jg ikutan suka.

Bumbu Pecel

Bumbu Pecel

Buat porsi sedikit karna cuma ada 2 orang yang suka makan ini dirumah.

Batagor Tenggiri Bumbu Pecel

Batagor Tenggiri Bumbu Pecel

#KalauLagiNgumpul pengajian ibu-ibu di komplek rumahku, cemilan favorite adalah gorengan, seperti combro, tahu isi, bakwan atau bala-bala. Saat ketempatan pengajian dirumah, saya suka buatkan batagor tenggiri dengan saos kacang, kecap dan saos cabai. Penyajian dibuat seperti sajian gorengan tahu isi atau bala-bala (bakwan sayuran) . Sebagai orang Bandung #AnakRantau yang tinggal di Tangerang Selatan #cookpadcommunity_id_Tangerang belasan tahun lamanya, saya suka kangen dengan jajanan batagor khas Bandung ini. Dulu sewaktu SMA sering jajan Batagor warung tenda pinggir jalan, thn 1990-1991, kini, pedagang tersebut lapaknya masih ada di jalan yang sama dekat SMA saya dulu. Legend banget ya, itu jajanan, bisa buat ngumpul reuni temen SMA #KalauLagiNgumpul #cookpad_id #cookpad_Indonesia Batagor bikinan saya#BikinSendiri aroma minyak wijen, bawang putih, merica harus tercium kuat saat mengaduk adonan, supaya hasilnya sedap mirip buatan Batagor terkenal di Bandung merk King** atau Batagor Ri**#PesenanOjol Tips memilih tenggiri, lihat perutnya sudah pecah atau masih utuh. Tenggiri perut pecah dijual lebih murah dari yang perutnya mulus utuh masih segar. Karena ikan perut pecah sudah dijual dari beberapa hari lalu, bukan ikan tangkapan baru. Info ini diperoleh dari tukang ikan di salah satu pasar traditional di Tangerang😁.

Pecel sayuran dadakan

Pecel sayuran dadakan

Panen bayam dan kangkung dari kebun di perumahan, dan beberes sisa stok sayuran. Menu paling gampang, tinggal direbus sebentar, siram sama bumbu pecel, stok buatan di resep sebelumnya. Tahu goreng tepung dan lontong pelengkap, kiriman dari mamah saya. #Masakditahunbaru #Resolusi2019 #BerburuCelemekEmas

3 porsi
30 menit
Pecel / Pecal Sayur

Pecel / Pecal Sayur

#ResepPertamaku berhubung, aku dan suami ini merantau ke luar jawa. kadang suka kangen masakan2 jawa hehe. dan suami lagi pengen pecel sayur.. karna di sini agak susah ga banyak yg jual, yaudahdeh inisiatif si istri buatin pecel sayur untuk pak suamik tercintah heheh.

Pecel bayam siram bumbu kacang

Pecel bayam siram bumbu kacang

Awalnya para bocah diem baee, eh pas liat ada gorengan plus guyuran kuah kacang..langsung pada ambil piring 😁😁😁 #sayanganak #sukasayur #siapatakutmakansayur

Sambal pecel Mbah Tii

Sambal pecel Mbah Tii

semarak sabtu kreasi semarak dari dapur Anny Minggu ini #semarakclover #semarak_jangankacanginaku #jangankacanginaku #tidaksekedarmemasak #cookingwithheartetingwithlove #clovercookinglover #cookpadcommunity_semarang

2porsi
25 menit
Pecal Padang

Pecal Padang

Nyummi..👌

Mie Goreng Pecel

Mie Goreng Pecel

Kapan hari temen share resepnya,, klo dijkarta pas mau buka bisa beli mie goreng,lontong oncom,gorengan,trus siram bumbu kacang. Di malang ga ada,yuk bikin aja...

Pecel

Pecel

My mom receipe...