Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Kolak Biji Salak yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada September 26, 2018

Kolak Biji Salak

Bagaimana membuat Kolak Biji Salak yang pasti lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Kolak Biji Salak yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Kolak Biji Salak, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Kolak Biji Salak ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Kolak Biji Salak yaitu 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Kolak Biji Salak diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak Biji Salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak Biji Salak memakai 13 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kolak biji salak adalah makanan tradisional dengan bahan-bahan yang mudah didapati. Saya memperkenalkan makanan ini kepada anak-anak saya supaya mereka tidak hanya mengenal dan menyukai makanan-makanan cepat saji yang populer saja. Kolak ini dapat dinikmati sebagai kudapan, atau bahkan untuk sarapan pagi. Penyajian dingin tentu lebih nikmat.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak Biji Salak:

  1. 1 kg Ubi jalar oranye, kupas kulit, kukus, haluskan
  2. 400 gram Sagu Tani
  3. 1/2 sdt Garam
  4. Kuah Gula Aren, rebus bersama
  5. 500 gr Gula Aren, sisir
  6. 750 ml Air
  7. 1/2 sdt Garam
  8. 2 lbr Pandan, ikat
  9. seluruhnya Maizena/sagu 1 sdt dengan air 1 sdm
  10. Santan
  11. 500 ml Santan dari 1 butir kelapa
  12. 1/2 sdt Garam
  13. seluruhnya Maizena 1/2 sdt + air 1sdm

Langkah-langkah untuk membuat Kolak Biji Salak

1
Campurkan ubi jalar kukus yang telah dihaluskan dengan sagu, tambahkan garam. Bentuk bola-bola. Siapkan air untuk merebus bola-bola ubi, didihkan air. Masukkan satu persatu bola ubi. Mengapung adalah pertanda sudah matang. Tiriskan.
Kolak Biji Salak - Step 1
2
Merebus santan harus sambil diaduk agar tidak pecah, tunggu sampai mendidih, masukkan larutan maizena/sagu. Sisihkan.
3
Rebus bersama bahan kuah gula aren, kecuali larutan maizena/sagu yang masuk pada tahap paling akhir, setelah kuah mendidih.
4
Kemudian masukkan bola-bola ubi yang telah dimatangkan tadi ke dalam kuah gula aren, didihkan.
Kolak Biji Salak - Step 4
5
Penyajian: Ambil semangkuk kolak bola ubi, siram di atasnya santan gurih. Selamat mencoba

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Biji Salak Rainbow

Biji Salak Rainbow

4-5 Porsi
Bubur candil gula merah homemade

Bubur candil gula merah homemade

Marhaban yaa Ramadhan

5 Porsi
Kolak biji salak pandan

Kolak biji salak pandan

Ada ubi dah berapa hari dibeli tapi maless ngegoreng..requees paksu. ...nah drpd diantepun mending bikin kolak aj y krn ubinya putih ak kasih pasta pandan biar segerr warnanya... #CookpadIndonesia.#CookpadCommunity_Bogor.#MasakCepatEnak

Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Bulan Ramadhan ini tukang jajanan dadakan menjamur seperti hal ya biji salak. Tp biasanya orang buat Dr ubi kuning atau merah...nah Krn g da yang jual akhirnya berkutat d dapur ..jadi juga deh...

Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Beli 1 ikat ubi ungu...dikukus aja dah bosen. akhirnya bikin biji salak aja dehh...

Bubur Sumsum Dingin

Bubur Sumsum Dingin

Sebenernya tdnya mau buat bubur sumsum yg anget , tp berhubung sumsumnya dmasukin kulkas trus santannya jg dimasukin kulkas ,jdnya dingin deh 😅

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Di kasih sama kaka buah nangka, mau dibikin puding ehh semalem kan udah bikin. Kebetulan ada labu di kulkas, jadilah dibikin kolak ini. Wangi nangkanya kemana-mana..allhamdulillah mama abah suka..

Biji Salak

Biji Salak

Karena aku penggemar menu takjil bulan puasa jadi aku hobby banget nyoba masak yg begini...ternyata saat bikin biji salak anak sama suami suka banget, jadi tambah semangat belajar masaknya😍

8 porsi
Biji salak

Biji salak

Sore2 ngrebus ubi buat camilan..maunya...ee kok yo sampe pagi masih utuh...langsung aja eksekusi jd kolak biji salak....

5 porsi
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Ini mah Bela2in Bikin Kolek, Buat #kontescookpad 😂 Kali Ajah Dapet Celemek Atau Dapet Mobil Mungkin..? Hahahaha ( Ngayal di Siang Bolong ) 😂 Aku Bikin Kolek Ini Penuh Perjuangan looh...Jiaahahaha Lebeeyy 😝 Ya Iyaalaahh Betapa Tidak..Orang Seisi Rumah Ga Suka Sama Durian...Mabok Durian, Cium Aroma nya sajah Bikin Mereka Pusing Pala beerbiii...😂 Satu Hari Loooh Aku Bikin Ini Kolek...Bayangkaan Pemiirsaaahh...wkwkwkk 😂😝 Mohon Maaff...Kang Dadan Lagi Kumat...wkwkwk 😂 Udah Ah Lagian Ga penting jga di Ceritain..wkwkwk 😂 Kembali Ke Laptop sajah...😊 Kolek Ini Aku Buat Dengan Kuah Plus Santan Rasa Durian...Ga Pake Durian Asli Siiih...Kebetulan Nyari2 Durian Di Pasar Tak ada yg Jualan...hihihi 😊 Suuueerr Lagi Ngiler Durian ini mah...😄 Tau2 Malah Dapet Esens Durian...Ya Sudaahlah..Tak Pa2...Yg penting Ada Aroma Durian nya...hehe 😊

Bubur Biji Salak

Bubur Biji Salak

5 porsi
45 menit
Bubur candil /kolak biji salak dari singkong atau ubi kayu

Bubur candil /kolak biji salak dari singkong atau ubi kayu

#PejuangGoldenApron3 #week6 Selamat malam para sahabat cookpad,.. Kali ini aku mau berbagi resep dan cara membuat jajanan tradisional khas negara kita yaitu bubur candil aka bubur atau kolak biji salak. Nah, biasanya jajanan tradisional yg satu ini pada umumnya dibuat dari tepung ketan, Tapi seiring waktu dikarenakan tingkat kreativitas kita yang tinggi shg bisa diolah dari bahan apa saja, termasuk sy sendiri membuatnya dari ubi kayu atau singkong. Sebenarnya tidak ada rencana mau bikin bubur candil ini, Tapi krn sebuah insiden kecil yaitu singkong yg sy masak terlalu matang akhirnya terciptalah candil ubi kayu yg lezat ini. Rasanya enak banget kok, ga kalah enak dari bubur candil yg dari ketan. FYI : bahan2 yg tercantum disini tidak mutlak takarannya krn tingkat kematangan dan jumlah air pada singkong yg kita punya pasti berbeda dikarenakan juga jenis2 singkong itu sendiri sangat banyak. Jd silahkan kreasikan sendiri takaran tepungnya ya, jika dirasa susah dipulung krn terlalu lembek maka boleh tambahkan tepungnya. Jika kalian cuma bikin dari 1/2 resep silahkan hitung sendirian bahan2nya ya. Dari penggunaan gula juga pasti ga bisa sama persis krn jenis gula aren itu juga berbeda-beda. Ada yg sangat manis ada yg tidak. Jd sebaiknya koreksi rasa sesuaikan dgn selera kalian. Yuk lah kita ke resep ya.

10 orang
2 jam