Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Rolade Tahu Daun Kelor yang Anti Gagal

Dipos pada November 12, 2021

Rolade Tahu Daun Kelor

Anda sedang mencari inspirasi resep Rolade Tahu Daun Kelor yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rolade Tahu Daun Kelor yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Rolade Tahu Daun Kelor, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rolade Tahu Daun Kelor ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Rolade Tahu Daun Kelor kira-kira 25 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, kira-kira waktu penyiapan Rolade Tahu Daun Kelor diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rolade Tahu Daun Kelor sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rolade Tahu Daun Kelor memakai 23 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dengan semangat membaja terus melanjutkan Misi Mamah Cookpad untuk #RamadanCamp. Misi kedua ini mempunyai clue "aku terbuat dari tahu, yang digulung, bisa dikukus atau digoreng." Clue ini kujawab dengan Rolade Tahu. Resep ini juga kumasak sebagai bagian dari implementasi Program #FoodPreparation. Sekalian pemanasan untuk menyambut Bulan Puasa. Rolade Tahu ini kubuat berdasarkan inspirasi dari resep Jeng Inul @Jeng_Inul tapi aku modif dengan mengurangi ayam agar tahunya menjadi dominan karena mengikuti clue Mamah. Serta menjadikan Rolade yang lebih sehat dengan tambahan Daun Kelor. Kebetulah aku juga lagi panen Daun Kelor yang kutanam di pot di depan rumah. Aku bereksperimen juga dengan mempercantik dadarnya dengan daun kelor agar anak-anak dan suami makin tertarik mengkonsumsi Rolade Tahuku. Dari resep ini jadi 5 gulung. Tiga gulung langsung aku sajikan dengan dikukus dan digoreng dengan sedikit mentega di teflon karena minyak goreng lagi mahal. Sisa 2 gulung aku simpan di kulkas (mempraktekkan food preparation) untuk dikonsumsi beberapa hari lagi. Yuuk silahkan dicoba.. #RamadanCamp_Misi2 #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenBatikApron #CeritaDapurHariIni

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rolade Tahu Daun Kelor:

  1. Bahan A:
  2. 350 gram tahu putih
  3. 120 gram wortel (1 batang agak besar), saya parut dengan parutan keju. Resep asli potong dadu
  4. 2 sdm maizena
  5. 1 sdt garam
  6. 1/2 sdt lada bubuk
  7. 1/2 sdt kaldu jamur
  8. 2 lembar daun bawang, rajang tipis
  9. 1 batang selederi, rajang tipis (saya skip karena lagi gak punya stok)
  10. Daun pisang dan tusuk gigi untuk membungkus rolade saat dikukus. Bisa pakai aluminium foil
  11. 2 sdm mentega untuk menggoreng Rolade tahu
  12. Bahan B:
  13. 100 gram ayam cincang
  14. 4 siung bawang putih
  15. 1 butir putih telur
  16. 1 sdt gula pasir
  17. Bahan Dadar:
  18. 2 butir telur dan 1 butir kuning telur
  19. 1 sdm maizena
  20. 1 sdm tepung terigu
  21. 1/4 sdt garam
  22. 1/8 sdt lada bubuk
  23. 150 ml air

Langkah-langkah untuk membuat Rolade Tahu Daun Kelor

1
Siapkan Bahan A. Cincang tahu dengan garpu, tisak perlu terlalu halus yang penting sudah hancur agar teksturnya masih bisa dirasakan. Tambahkan semua sisa bahan A. Lalu aduk semua bahan sampai semua bahan tercampur rata. Saya mencampurnya dengan tangan (dengan pakai sarung tangan plastik) agar lebih mudah mencampurnya secara merata. Sisihkan.
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 1
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 1
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 1
2
Siapkan Bahan B. Chopper daging ayam bersama-sama dengan semua bahan B sampai semua bahan halus.
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 2
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 2
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 2
3
Campur Bahan B ini dengan Bahan A. Aduk sampai semua bahan tercampur secara merata. Bagi adonan isi menjadi 5 bagian. Sisihkan.
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 3
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 3
4
Langkah selanjutnya adalah membuat kulit Rolade. Campur semua bahan kulit lalu aduk sampai merata. Lalu siapkan daun kelor. Cuci bersih daun kelor dan pisahkan dari batang-batangnya.
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 4
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 4
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 4
5
Kita buat kulitnya terlebih dahulu. Panaskan teflon, lalu buat dadar tipis (1 sendok sayur ukuran kecil) lalu tata daun kelor sampai hampir semua permukaan tertutup dengan daun kelor. Kemudian tambahkan lagi 1 sendok sayur adonan kulit agar daun kelor lengket ke lapisan awal dadar.
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 5
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 5
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 5
6
Setelah kering, angkat dari teflon. Lakukan hal ini sampai bahan habis. Untuk membatasi satu dadar dengan dadar lainnya, diselipi dengan 1 lembar daun pisang yang disuwir kira-kira 2 cm.
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 6
7
Setelah semua dadar disiapkan. Ambil 1 lembar, taruh bagian yang kering di atas dan yg ada daun kelornya di bagian bawah. Ambil 1 bagian adonan isi, lalu ratakan di atas lapisan dadar, lalu tambahkan daun kelor. Aku buat 2 cara yaitu daun kelor diratakan di atas lapisan bahan dan dikumpulkan di satu sisi.. untuk melihat beda hasil setelah digulung.
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 7
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 7
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 7
8
Gulung dadar yang sudah diisi, lalu bungkus dengan daun pisang yang sudah diolesi dengan minyak, lalu bungkus dan rapikan kedua ujungnya dengan tusuk gigi.
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 8
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 8
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 8
9
Kukus rolade selama 25-30 menit. Dinginkan sampai benar-benar dingin. setelah dingin potong-potong dan sajikan atau digoreng dahulu dengan mentega di teflon. Siap disajikan.
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 9
Rolade Tahu Daun Kelor - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Selada timun khas Padang

Selada timun khas Padang

Dulu mama sering bikin ini dirumah. Kemaren pas puasa pernah aku bikin juga dan ternyata anak ku suka bangeet..minggu lalu minta dibikinkan lg tp aku lupa cara dan resepnya ๐Ÿ˜ akhirnya buka cookpad recook dari resep mba mercy susanty tp udah aku modif dikit dg tambahan kerupuk merah dan emping.

3 orang
45 menit
Gulai Ayam

Gulai Ayam

Untuk buka puasa hari ini request si bungsu mau maem gulai ayam, cek bahan lengkap langsung deh eksekusi, alhamdulillah dia lahap maemnya sampai nambah๐Ÿ˜„ #CookpadIndonesia #DirumahAja #MasakanRumahan #MasakAsyik #OlahanAyam #GulaiAyam

Hekeng Ayam Frozen Dari Kulit Tahu

Hekeng Ayam Frozen Dari Kulit Tahu

#RamadanCamp_misi2 kali ini memakai clue: bahan makanan yang bisa dipanaskan, makanan yang bisa disimpan lama, terbuat dari tahu yang digulung bisa di kukus/digoreng, kira-kira apa ya? Dan saya memilih membuat hekeng ayam frozen dari kulit tahu, hekeng ayam ini sangat mudah di meal prep disimpan di freezer dan bisa langsung digoreng untuk lauk buka maupun sahur. Sangat praktis, ekonomis dan bergizi. Resep ini dari teman saya yang sudah jadi youtuber di channel Bisnis Ibu Rumah Tangga selamat mencoba semoga bermanfaat. #RamadanCamp_misi2 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Solo

1 porsi
Pisgormad - Pisang Goreng Madu ๐ŸŒ๐Ÿฏ

Pisgormad - Pisang Goreng Madu ๐ŸŒ๐Ÿฏ

#PejuangGoldenApron3 Nemu pisang di pasar lagi diobral apa gimana ya, beli 6rb dapet sekantong kresek ukuran tanggung. Mana masih lumayan bagus juga pisangnya.. Ga pake mikir langsung angkut pdhal belum kepikiran mau dimasak apa yg penting angkut dulu aja wkwkwk.. #dasaremak2berdaster Nyampe rumah, pak su minta dibikinin bolu pisang buat temen buka. Tapi hati ini ga sreg ngerjainnya. Akhirnya nego buat dibikin pisgormad aja dan alhamdulillaah beliau mau xixixixiii maap ye pak su Btw ini takjil beberapa hari yg lalu dan alhamdulillaah suamik approved sampe diabisin sendirian ๐Ÿ™ƒ

Egg Roll Tahu

Egg Roll Tahu

Pekan ini *Coboy* ada ๐™Ž๐™ฅ๐™š๐™˜๐™ž๐™–๐™ก ๐™€๐™ซ๐™š๐™ฃ๐™ฉ dimana 3 event sekaligus. Event tersebuat adalah : ๐ŸŒนPosbar Coboy Mingguan oleh *Rachma Idho* @โจRachmaโฉ (Pokcoy : POsbar Kreatif COoksnap coboY) ๐ŸŒนPejuang Golden Batik Apron ๐ŸŒนRamadan Camp ke 2 Mamah kasih clue yaitu "aku terbuat dari tahu yang digulung bisa digoreng/ dikukus. Jawabannya adalah Egg Roll Tahu *egg roll* digoreng dalam minyak banyak hingga kecoklatan dan garing di bagian luarnya. Source : @Rachma_idho #CoboyPokcoy_MealPrepRachma #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi2 #CookpadCommunity_Surabaya #Coboy_MakeMeHappy #SemangatPejuang52Minggu #52mingguke_7 #CookingwithXavierKitchen

Es Blewah

Es Blewah

Blewah ... buah yang identik dengan bulan Ramadhan ... favorit pak suami ini Dicampur sirup merah, suegeeer rasa ne #PejuangGoldenApron3 #MasakSimpel #DirumahAja

Lontong Sayur Pepaya Muda

Lontong Sayur Pepaya Muda

Buka puasa hari ke 27 pengen makan yang bersayur tapi dengan bahan seadanya ... Ter inspirasi dr tiktok seorang pak polisi yang masak pakek bahan yg tersedia di alam (Pak Malvinas) ๐Ÿ™ ....

Kikil Serundeng

Kikil Serundeng

Pilih resep ini dari sekian banyak resep miliknya pasanganku @Rindu_Dapur karna ada cerita menarik dlm resep nya ini, pas ditanya bner dong ini Resep Favorit nya pasanganku๐Ÿฅฐ๐Ÿคญ Dan tak hanya Teh Rini yg punya cerita menarik dibalik resep ini, akupun sama (eiittss tapi bukan ngikutin ya๐Ÿ˜… real ini mh). Walaupun kikil yg saya masak beda dari resep asli krna pas belanja kikil yg biasa dibeli udh keabisan ๐Ÿ˜” Duluu,, klo Ramadhan pertengahan lah ya, dimana mau beli daging lagi nabung buat lebaran tapi pengen makan enak๐Ÿ™ˆ emak suka bangunin jam 2 dini hari dan ngajak kepasar cari kikil, dimasak serundeng seperti ini niihh.. Sahurpun jadi terasa nikmat dan bersemangat.. Aahhh jadi kangeenn masa" Ituu๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ข Cooksnap: @Rindu_Dapur #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #GenkPeDa_MasakBerdua #GenkPeDa_Bersamamu2021 #GenkPeDa_NiaRini

Tumis kacang panjang

Tumis kacang panjang

untuk makan malam buka puasa

2 porsi
20 menit
Egg Roll Tahu

Egg Roll Tahu

Cari inspirasi variasi lauk yg praktis ekonomis dan bisa disimpan beku utk persiapan lauk bulan puasa, sekalian ikutan challenge #RamadanCamp_Misi2 egg roll tahu. ini nyobain resepnya mbak @cookingwithhel yg simpel๐Ÿ‘๐Ÿป kalau di youtube cuma 5 menit ๐Ÿคญ #week_7_PGBA #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi2

40 potong
60 menit
Egg Roll Tahu

Egg Roll Tahu

Yuhu! Yuk, cobain! Taktik jitu bagi yang suka kabur kalau lihat sayur atau justru bagi yang nggak suka tahu. Nah, kali ini ada 3 event yang melibatkan si tahu ini. 1. Posbar Coboy Mingguan, dimana Coboyers yang terpilih adalah mbak @Rachma_idho, makasih banyak inspirasi resepnya, Mbak. Saranghae. ๐Ÿ˜˜ 2. Setor resep untuk Golden Batik Apron. 3.PosBar event Ramadan Camp misi ke-2. Wah, Egg Roll Tahu jadi primadona, nih. ๐Ÿ˜ Eh, tapi bocilku itu nggak suka tahu, Gimana dong? ๐Ÿฅบ Sedikit cerita, pada suatu hari yang cerah, saat emaknya ini habis goreng tahu dan masih anget-anget, si anak lewat dapur. Emak tanyalah ke dia, "mau tahu goreng anget?" Eh, si anak malah menghela nafas panjang. "Mama tau kan aku sukanya apa?" "Tempe," jawab emak santai. "Nah itu, kenapa masih di tawarin, Ma?" Emak nyengir. Dasar ya, anak jaman now, makin gede makin kritis. ๐Ÿ˜๐Ÿคญ Nah, maka dari itu, si emak ini kudu pinter-pinter nyamarin si tahu ini jadi lauk atau kudapan yang nggak berasa tahunya. Lho, eh! Gimana, tuh? Yes, campur-campur jawabannya. Mix tahunya dengan ayam juga beberapa sayur, ada wortel๐Ÿฅ•, brokoli๐Ÿฅฆ, jagung manis๐ŸŒฝ, dan jamur kuping ๐Ÿ„. Semua sayur favorit dia, kecuali jagung, sih. ๐Ÿ˜ It's okay, cuma dikit, kok. ๐Ÿคญ Cling, jadi deh. Daaaaah, si anak cuma bilang enak, no protes-protes, karena rasa tahunya jadi samar meski dia mendominasi bahan. Yuk, cobain moms... ๐Ÿ˜ #CoboyPokcoy_MealPrepRachma #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi2 #CookpadCommunity_Surabaya #Coboy_MakeMeHappy

4 Roll
Nastar 1kg

Nastar 1kg

Setiap Ramadhan pasti nih bikin nastar , dari tahun ke tahun baru kali ini nastar nya glowing dan adonan nya pas , terima kasih ka @dapur WT

Egg Roll Tahu

Egg Roll Tahu

Minggu ke-2ย  Ramadan Campย dgn kata kunci "Aku terbuat dari tahu, yang di gulung, bisa di kukus/digoreng" . Egg Roll Tahu adalah jawabannya. Bisa utk cemilan ditemani secangkir teh ataupun kopi. Setelah selesai cekrek2....langsung habiiis ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„. Bisa jg dinikmati dgn saus sambal tambah saus tomat, mayo ataupun cabe rawit. Enaaaak ๐Ÿ’ž๐Ÿ’ž๐Ÿ’. Source : Ayu (Mama Aura) #RamadanCamp_Misi2 #CookpadCommunity_Sumbar

4 roll
40 menit
Yogurt homemade

Yogurt homemade

Dulu ketika anak2 masih kecil sering buat yogurt, unt makanan probiotik mereka. Biasanya sebelum berangkat sekolah dah tak siapin 1 mangkok kecil. Ketika sekolahnya pada mondok dah gak buat lagi. Alhamdulillah ramadhan ini pada ngumpul semua, sengaja buat yogurt unt nostalgia... Aku pakai susu pasteurisasi. Gak usah lama2 merebusnya. Kalau pakai susu murni yg belum di pasteurisasi merebusnya spt langkah di resep ya... #CookpadCommunity_Solo

Ikan Haruan Masak Kecap (Gabus)

Ikan Haruan Masak Kecap (Gabus)

Bisa menjadi tambahan Menu untuk sahur

Jamu Sehat untuk Sahur

Jamu Sehat untuk Sahur

yang mau sehat, yuk yuk yuk bikin jamu sehat ala dapur sendiri isi nya gampang cuma Jahe..Kunyit..JerukNipisPeras..๐Ÿ˜ #SiapRamadan

Egg Roll Tahu Cornet

Egg Roll Tahu Cornet

Memasuki Misi ke 2 Ramadan Camp dgn clue olahan tahu yg di gulung , bisa di kukus / di goreng . Jawaban sy adalah Egg Roll Tahu semoga sesuai yach dgn jawaban Mamah Cookpad ๐Ÿค—. Tahu merupakan salah satu makanan berbahan baku dari kedelai yang serbaguna bisa di olah menjadi apapun. Makanan ini bisa di makan dgn cara di kukus / di goreng . Biasanya di sajikan dengan cocolan saos salad / mayonaise maupun saos sambal dan di sajikan selagi hangat akan menambah kenikmatannya. Bisa di jadikan frozen food juga ,cara nya simpan di freezer dlm wadah tertutup . apabila sewaktu waktu mau makan tinggal di kukus / di goreng saja sesuai selera . Sy cooksnap dari resepnya mbk @ihdanas , sy tambahkan cornet sapi dari resep asli nya . Berikut sy sertakan link resep asli nya : https://cookpad.com/id/r/16078747 #RamadanCamp_Misi2 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Malang

7 gulung
Tahu Gulung Telur Minim Minyak

Tahu Gulung Telur Minim Minyak

Memenuhi tantangan buat Ramadan Camp & Golden Batik Apron menu terbuat dari tahu dan digulung. Buat bekal di froozen dan siap digoreng buat buka dan sahur saat Ramadhan. #PejuangGoldenBatikApron Week-7 (19 Maret 2022) #CookpadCommunity_Solo #PekanPosbar #RamadanCamp_Misi2

1 jam
Macaroni schotel kukus for batita

Macaroni schotel kukus for batita

Awalnya iseng buat cemilan u/bayi.tp sy lebihkan sih...barang kali isi rmh pd ngiler๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ Pas udh buka.jd menu takjil....ehehehhehehh nyataaaa orang rmh ngiler dan pada doyan juga๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Talam Udang

Talam Udang

Kebetulan mamah and adik saya lagi pengen makan kue talam udang, dan pas bgt pengajian deket rumah mengadakan tawakufan sementara menjelang Ramadhan, sekalian buat sumbangan pengajian insyaAllah ada lebihnya buat kasih mamah and adik saya.. resep nya saya modif dari beberapa resep yg saya baca, Alhamdulillah rasanya lumayan ๐Ÿค—

65pcs
2,5jam