Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Gulai tambunsu (usus) khas Padang yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada November 19, 2021

Gulai tambunsu (usus) khas Padang

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Gulai tambunsu (usus) khas Padang yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Gulai tambunsu (usus) khas Padang yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Gulai tambunsu (usus) khas Padang, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Gulai tambunsu (usus) khas Padang sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Gulai tambunsu (usus) khas Padang sekitar 8 - 10 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, kira-kira waktu penyiapan Gulai tambunsu (usus) khas Padang diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Gulai tambunsu (usus) khas Padang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Gulai tambunsu (usus) khas Padang memakai 22 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Maafkan bentuknya yang kurang cantik yaa, saya nyari aman jd ususnya direbus pendek2 aja, kalau kepanjangan pas bocor jadi ambyar wkwk Tapi ini aslinya enak banget Alhamdulillah...Ini adalah salah satu masakan khas Padang yang susah ditemui di tempat lain. Padahal ini salah satu makanan favorit saya dan suami sejak kecil. Rasa dan aromanya yang khas dan selalu mengingatkan memori pasar pabukoan (takjil) bulan ramadhan di Sumatera Barat. Biasanya ini lauk wajib nasi kapau, yang berasal dari Bukittinggi. Nasi kapau adalah makanan no.1 terenak sebelum nasi bungkus Padang biasa! Karena sangat kangen rasa dan memorinya, dan tentu di Kalimantan tidak ada yang menjual. Akhirnya saya bikin sendiri, trial error mencampur berbagai resep untuk ususnya, untuk gulainya saya pakai resep yang udah biasa saya gunakan sehari-hari. Alhamdulillah rasanya enak dan mirip banget sama aslinya! Mudah kok cubolaaaah (cobain deh) !

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai tambunsu (usus) khas Padang:

  1. Bahan isian usus:
  2. 200 gr usus sapi
  3. 250 ml santan kental
  4. 5 bh telur bebek
  5. 2 bh telur ayam
  6. Secukupnya garam
  7. Air untuk merebus
  8. Bahan isian dicampur semua (kecuali usus) dan diaduk sebentar sampai benar tercampur rata
  9. Bahan untuk gulai:
  10. 250 ml santan kental
  11. 1000 ml air
  12. 1 sdm bawang putih halus
  13. 1 sdm bawang merah halus
  14. 1 sdm jahe halus
  15. 1 sdm laos halus
  16. 2 sdm cabe merah halus
  17. 1/2 sdm kunyit halus
  18. 3 daun kunyit
  19. 2 daun salam
  20. 2 daun kunyit
  21. 2 serai
  22. secukupnya Garam, Gula dan merica

Langkah-langkah untuk membuat Gulai tambunsu (usus) khas Padang

1
Cuci bersih usus sampai benar-benar bersih. Jika dari penjual sudah bersih tetap musti dicuci berulang-ulang. Cara mudahnya masukkan ujung usus ke mulut kran/selang air, biarkan air mengalir dan sesekali ditekan sepanjang usus agar kotorannya keluar. Namun musti hati-hati membersihkan jangan sampai usus bocor/robek.
2
Didihkan air agak banyak, dan gunakan panci yang besar sehingga nanti semua usus bisa masuk ke dalam panci.
3
Potong-potong usus sesuai selera, jangan terlalu pendek. Penjual tambunsu di sumatera barat bisa merebus dengan sangat panjang, mungkin anda bisa mencoba. Tapi perlu panci yang besar dan beresiko saat usus bocor. Sebelum merebus pastikan tidak ada yang bocor.
4
Setelah usus dipotong-potong. Salah satu ujung usus diikat dengan karet gelang sampai benar-benar tertutup. Agar tidak keluar saat diisi. Salah satu sisinya yang lain biarkan terbuka untuk mengisi isian.
5
Isi isian usus, isi dengan perlahan karena agak sulit karena mulut usus kecil. Bisa gunakan gelas yang ada ujung kecil yang bisa masuk ke mulut usus atau gunakan untuk memudahkan. Setelah diisi, tutup lagi ujung satunya lagi dengan karet gelang. Jangan isi terlalu penuh karena saat direbus isian akan mengembang dan bisa membuat pecah.
6
Rebus usus dengan air yang sudah mendidih sampai masak sempurna kira-kira 2-3 jam. Perhatikan jangan sampai ada yang bocor.
7
Di wajan berbeda jika usus sudah hampir matang, tumis semua bumbu halus dan daun-daun bahan gulai. Setelah wangi masukkan santan dan air. Tunggu hingga agak mendidih jangan lupa terus diaduk agar santan tidak pecah
8
Masukkan usus yang sudah matang ke dalam gulai, seasoning dengan garam, gula dan merica lalu tunggu gulai matang sempurna jika sudah keluar minyak santan dan usus sudah terlihat berubah warna karena bumbu gulai sudah terserap.
9
Yuk cobain! Semoga cocok dan aroma pasa pabukoan di kampuang memenuhi isi rumah ;)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Buko Pandan

Buko Pandan

Buko pandan merupakan dessert asal Filipina, Buko ini sendiri artinya kelapa muda,Jadi buko pandan adalah kelapa muda pandan. Enak disajikan dingin-dingin. Semua bahan ada karena memang stok selalu dirumah. Dan persiapan untuk buka puasa. ๐Ÿ˜Š #tiketgoldenbatikapron #pejuanggoldenbatikapron #CookpadCommunity_Depok

6 orang
Kolak SingSang

Kolak SingSang

Sajian yang satu ini banyak sekali dijumpai dan banyak sekali digemari banyak orang di saat bulan Ramadhan seperti saat ini. Sehingga menjadi makanan khas di bulan puasa, rasanya puasa tanpa kolak masih ada yang kurang. Dan mumpung dirumah banyak pisang, akhirnya saya bikin kolak singkong pisang untuk menu takjil dirumah๐Ÿฅฐ. #KampoengRamadhan #Cookpadcommunity_Kalteng #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Sampit #Cookpadcommunity_id #Cookpad_id

Pineapple lemon tea

Pineapple lemon tea

Es teh dengan manisan nanas, dgn perasan jeruk lemon judulnya yg kebarat-baratan hhhh, bikin nyessss berbuka puasanya... semoga berkenan mbk Lilis, trimakasih untuk temanya.. keren abis.. top dah.. #GAFusionTaste #Semarak_GAFusionTaste #CloverCookingLovers #BukanSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_semarang #GA_TheNextLevel

Kompolan: Jajanan SD Jadul untuk Takjil Murmer #kamismanis ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Kompolan: Jajanan SD Jadul untuk Takjil Murmer #kamismanis ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

#ramadanday4 #bikinramadanberkesan Si Mas kasih ide menu takjil buka puasa hari ini: kompolan. Dan respon saya, "hah? apa itu kompolan? ๐Ÿ˜…" Makluum, walaupun saya kelahiran tahun 90an, saya kebagian SD pas di penghujung abad si, peralihan ke milenium baru hehe, dan jajanan ini ga pernah saya temui selama kehidupan perSDan sy ๐Ÿ˜ณ Kalau kata si Mas, dulu yg beli ginian sampe antri2 gitu berebutan, dan yg bikin seru lg adalah penjual kompolan kasih adonannya yg warna-warni ke anak2 SD pembelinya. Nah, si anak2 ini bebas bentuk2in adonan tadi sesuka hati. Baru setelah itu disetorin lagi ke penjualnya buat digoreng. Lama gorengnya pun sesuai request anak2 SD-nya looh, bs garing atau msh agak2 basah gitu. Mangkanya kali ini juga sy variasi lama gorengnya, dari yang masih putih2 gitu sampai yang nyaris gosong, bisa dilihat dari fotonya yang "warna-warni"๐Ÿ˜† Untung ada resepnya di Cookpad, saya adopsi yg versinya Wiwik Hendriani Kitchen. Kalau kompolan aslinya, rasanya original ga dimacem2in, tapi dikasih pewarna makanan, warna-warni lucu gtu kompolannya. Berhubung sy ga punya pewarna makanan, saya ganti pakai bubuk matcha latte dan Milo. Lumayaaan, variasi๐Ÿ˜ Kata si Mas rasanya kayak rasa kompolan yg dia makan pas SD, enak! Rasanya makin enak krn bikinnya berdua sm si Mas (alias krn dia yg tau bentukannya kompolan tu gimana๐Ÿ˜†) - #hanaizu_masakanindonesia #hanaizu_tepung #hanaizu_reshare #hanaizu_event #cookpadcommunity_surabaya #cookpadcommunity

1 toples
ยฑ30 menit
Caffe Pedro

Caffe Pedro

Yuhuu... jumpa lagi dengan #semarak_clover di sabtu ini. Kali ini idenya dari mbak Lilis_DapoerTara yaitu #GAFusionTaste . Dan saya menyuguhkan minuman ala kafe mancanegara. Resep ini terinspirasi dari tiktok @bizzlexohttps://vt.tiktok.com/ZSJUf5fNw/ Kalo di mancanegara sana biasanya memakai espresso tapi saya pakai bahan lokal saja yaitu don pedro tango drink rasa vanila & nescafe. Rasanya seperti tiramisu, nyegerin banget. Cocok untuk berbuka puasa juga nih. Semoga berkenan ya... Monggo gaes kalo mau nyoba ๐Ÿ‘ #Semarak_GAFusionTaste #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #TidakSekedarMemasak #Cookpadcommunity_Palembang #Cookpadcommunity_Sumbar #CookpadIndonesia #KampoengRamadan #WongKitoGalo #Sabtu_8521

Ayam Kampung Bakar

Ayam Kampung Bakar

ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุงู„ุฑูŽู‘ุญู’ู…ูŽู†ู ุงู„ุฑูŽู‘ุญููŠู… Menu buka puasa , ayam kampung bakar. Rasanya enak dan gurih juga empuk...๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

4 orang
60 menit
Kue Nastar

Kue Nastar

Kue nastar bulan ramadhan kemarin, baru sempet posting kue kering lagi ๐Ÿ˜… Ini resepnya bu fatmah bahlawan cuman saya modif dikit.

2 toples
Urap-urap Sayur

Urap-urap Sayur

Urap-urap atau kalo di desaku nyebutnya krawu, kalo mami bikin pasti endeus dan awet, ada rahasianya biar awet. Waktu dulu buka bersama dikantor masak ini, bawa bumbu pagi dari rumah, baru dimasak sore sayurnya, dan sampai sahur masih enakeun gak basi atau berair samsek.

4 orang
45 menit
Pindang bandeng kuah duri lunak

Pindang bandeng kuah duri lunak

Maaf bunda2..resep ini gambarnya tidak lengkap.. karena aq masak resep ini bln puasa 2021 ๐Ÿ˜

1jm30 mnt
Gulai Daging Kentang

Gulai Daging Kentang

Ramadan segera berakhir, kita akan menyambut Hari Raya... Biasanya hidangan utk lebaran di dominasi sayuran dengan kuah santan ada opor, kari, gulai. Saya siapkan menu gulai utk hari raya , yg ini tdk terlalu pedas ya ,jumlah cabe bisa disesuaikan dengan selera. Source : Heny widiastuti #KualiEmak #KampoengRamadan #PekanPosbarSayurLebaran #CookpadCommunity_Bekasi

Gulai Ayam Telur & Tahu

Gulai Ayam Telur & Tahu

Assalamu'alaikum sahabat Cookpad... Alhamdulillah ya kita sudah sampai di minggu terakhir bulan Ramadhan. Semoga kita selalu sehat dan semangat menjalaninya ๐Ÿค—. Biasanya kalau untuk lebaran saya masak opor ayam untuk keluarga. Menurut saya opor ayam sudah jodohnya ketupat, apalagi ditambah sambal goreng kentang, wah favorit banget tuh ๐Ÿ˜. Tapi untuk event minggu ini saya bikin gulai saja. Opornya buat lebaran, kan lebarannya sebentar lagi ๐Ÿ˜. Resep gulainya terinspirasi dari resep Mba Lieya Tee, yang bahan-bahannya pas banget sama bahan yang ada di rumah, cuma minus daun kunyit karena saya kelupaan ๐Ÿ˜. Tapi ngga mengurangi rasa gulainya yang enak dan wangi ๐Ÿ˜‹. Baiklah di bawah ini resep yang saya buat. Untuk resep asli, silakan klik link di bawah ini... https://cookpad.com/id/resep/7001458-gulai-ayamtelur-tahu?invite_token=mg6XY48699GBz7Xk51UcWLk8&shared_at=1620436877 Selamat memasak untuk keluarga ๐Ÿค—. #KualiEmak #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Bekasi #PekanPosbar #PekanPosbarSayurLebaran

4 orang
Risoles isi Ragout Ayam Keju ala Violet Azalea

Risoles isi Ragout Ayam Keju ala Violet Azalea

Makanan ringan buat berbuka puasa ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ’–๐Ÿ’•๐Ÿ’–๐Ÿ’• . Resep kulit aku pake resepnya Mbak Fatimah Azzahra . Link resepnya di sini, ya : https://cookpad.com/id/resep/4009820-risoles-isi-kentang-wortel?invite_token=7YJGYvLXKkPpeyg3g83FDL6U&shared_at=1620414825 Buat isian aku pakai punya Mbak VitJau alias Vita Jaurina . Cuman aku modif beberapa . Resep asli lihat di sini, ya : https://cookpad.com/id/resep/10315389-risoles-ragout-ayam-keju?invite_token=36zfhtgdeyjSPGSBSsBjcQDM&shared_at=1620415093 Rasanya ngejuuuu banget. Ayamnya bisa pake ayam rebus suwir kayak Mbak VitJau. Kalau aku sih dipotong dadu kotak. Margarin di akhir hanya tambahan dariku. Sifatnya optional, kok. ๐Ÿ˜‰ Makasih ya Mbak Fatimah dan Vita ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ #EmakNusantaraKreatif #MasakItuSaya #KeDapurAja #MenuBukaPuasa #MenuBerbuka

Brulee Bomb

Brulee Bomb

Bikin camilan saat bulan puasa, enak ya lumayan apalagi buat anak-anak. Suka bingung makan camilan apa di siang hari karena gak puasa. Terselamatkan karena ada ini. Source : Frielingga Sit #PejuangGoldenApron3 #Minggu50Atin #CookpadCommunity_Bogor

131.Pineappl3 Pie

131.Pineappl3 Pie

Yang manis mengawali #PejuangGoldenBatikApron diminggu 1.pas nggak sih sekalian buat takjil buka puasa seninan......ini resep Nemu di YouTube pas buka tugas siswa.tampilan yang ok dengan bahan yang dirumah memang ada stok,kenapa nggak dicoba aja ya Bun.....Ditunggu cooksnapnya ya Bun......

1 loyang se
Sapo Tahu

Sapo Tahu

#GA_TheNextLevel #Ketupad #Posbar #PekanPosbar #PekanPosbarSayurLebaran Source : Ara Menu sahur pagi ini salah satunya sayur sapo tahu ๐Ÿฅฐ. Mirip-mirip capcay kalo dari bentukkan nya. Yg bedainnya karena ada tahu tofunya guys ๐Ÿ˜. Cocok buat menu sahur pagi ini dengan lauk ikan bandeng dan perkedel.. yummii.. โค๏ธ

Sambal Mangga Muda (tumis)

Sambal Mangga Muda (tumis)

Haaii.. postingan resep pertamaku nih.. Ceritanya di Sukadana lagi musim mangga, jadi bapake dikasi mangga muda (muda banget masih putih isinya) sama temen kantornya. Gatau gimana kepikiran pengen disambel tumis, padahal biasanya aku sambel mentah di-uleg pake cabe sama terasi aja. Beneran baru coba juga. Hehe... โœŒ๏ธ Karena aku lagi puasa, tadi sore aku minta bapake icip dan katanya enak! Begitu azan magrib aku ga sabaran langsung ambil nasi doongg.. hahaa ternyata memang enyaakk! Yuk cobain... Ps: maaf fotonya kurang menarik, motretnya malam hari di kamar kost maklum baru pindah sebulan di sini. ๐Ÿ˜

5-10 porsi
40menit
Lapis Legit Rainbow Putih Telur

Lapis Legit Rainbow Putih Telur

Hasil mengikuti kelas online bersama Bu Siswaty Pra Ramadhan kemarin. Lama tersimpan di draft karena step fotonya tidak lengkap. Sempat pesimis berhasil waktu itu karena saat praktek sendiri bingung sendiri kenapa kok adonannya tidak sama konsistensinya dengan contoh video tutorialnya. Ternyata eh ternyata... Berasa sudah masukkan tepung padahal baru susu bubuk saja yang dimasukkan kedalam adonannya. Hehehe...ketawa sendirilah jadinya. Alhamdulillah setelah itu, semuanya lancar dan hasilnya lapisnya wangi dan enak sekali. Pas manisnya tidak lebay๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ‘ŒBerasa tak berdosa makannya karena hanya gunakan putih telur saja๐Ÿคซ Next klo bikin lagi sekalian dilengkapi foto step2 nya deh.

Tongseng Ayam

Tongseng Ayam

menu favorit saat buka puasa, karena tidak perlu pakai santan, segar dan pedas. proses memasak pun ga ribet dan bumbu-bumbu yang digunakan cukup simple

4 orang
1 jam 30 menit
Resep cilok kenyal dan enduuull banget

Resep cilok kenyal dan enduuull banget

Waktu Itu bikinnya sore pada bulan puasa, iseng aja tuh karena lihat resep2 Cilok Di YT Katanya Endul Banget Langsung deh bikin ga Usah Lama2 Lagi Cuuuss Ke Resepnya!

20 Menit