Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ikan Nila Bakar Manis yang Enak

Dipos pada September 27, 2019

Ikan Nila Bakar Manis

Bagaimana membuat Ikan Nila Bakar Manis yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Ikan Nila Bakar Manis yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Ikan Nila Bakar Manis, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Ikan Nila Bakar Manis bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Ikan Nila Bakar Manis adalah 8-10 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang diperlukan dalam memasak Ikan Nila Bakar Manis diperkirakan sekitar ± 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ikan Nila Bakar Manis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ikan Nila Bakar Manis memakai 15 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Disini, aku bakar ikannya langsung pakai arang supaya lebih mantep. Menurut aku kalo dibakar pakai teflon rasanya kurang keluar. Tapi kalo gamau ribet, boleh pakai teflon ya :). Ikannya aku goreng dulu biar bumbunya makin meresap dan tidak mudah hancur saat dibakar. Tentunya sebelum digoreng, ikan dimarinasi terlebih dahulu. Bumbu marinasi ada di resep aku yang lain.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ikan Nila Bakar Manis:

  1. 2 1/2 kg ikan goreng
  2. Bumbu bakar:
  3. 3-4 siung bawang merah
  4. 3-4 siung bawang putih
  5. 2 butir kemiri
  6. 3 lembar daun jeruk
  7. 5 butir asam jawa
  8. Secukupnya ketumbar dan merica bubuk
  9. Secukupnya garam, gula jawa, gula pasir, kecap manis
  10. Secukupnya air dan minyak untuk menumis
  11. Pelengkap:
  12. Sambal tomat (sesuai selera)
  13. Sambal kecap (sesuai selera)
  14. Lalapan:
  15. Timun, daun kemangi, kacang panjang mentah (sesuai selera)

Langkah-langkah untuk membuat Ikan Nila Bakar Manis

1
Sebelum memulai, bakar arang terlebih dahulu supaya nanti ikannya matang sempurna.
2
Sambil menunggu arang siap, buat bumbu bakar terlebih dahulu. Uleg bawang-bawangan, kemiri, dan garam.
3
Tumis hingga wangi kemudian masukkan daun jeruk. *dengan api kecil
4
Tambahkan air, gula jawa, kecap, asam, ketumbar, dan merica bubuk. Aduk hingga merata hingga gula larut. Jangan lupa cek rasa.
5
Jika rasa kurang manis, tambahkan gula pasir. Masak hingga mendidih dan air sedikit berkurang. Matikan api.
6
Rendam ikan goreng kedalam bumbu bakar ± 5 menit, tiriskan.
7
Panaskan alat bakarnya agar tidak lengket. Susun ikan lalu bakar. *ikan harus terus dibolak balik dan sekali dua kali celupkan atau siram dengan bumbu bakar supaya bumbu lebih terasa. Arang terus dikipas supaya tidak mati.
8
Bakar hingga bumbu yang menempel pada ikan kering.
9
Angkat ikan, platting, dan hidangkan. Nikmati ikan dengan nasi hangat.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tumisan kulit sapi

Tumisan kulit sapi

Hari ini cuma bisa masak menu tumisan lagi biar simple.. inipun masaknya dengan penuh perjuangan.. nyambi momong bayi. Nyambi daring. Jadi guru buat kakak yg udah kelas 2 SD.. tetep semangat ibu² pejuang daring yaa..😂💪❤️ tetep semangat masak juga karena masakan istri lebih nikmat ujar suami😍

Brongkos komplit

Brongkos komplit

Kemarin tgl 6 Agustus hari ulang tahun papa saya ....kebetulan papa minta di bikinin brongkos. Nah pas ada tantangan pekan kopi jos masakan khas yogya. Sekalian dech...kebetulan pas momen masak buat papa juga bisa ikutan posbar masakan khas yogya😍 #kopijos_khasjogja #kopijos #cookpadcommunity_yogyakarta #selaluistimewa #pekanposbar #masakankhas_yogyakarta

5 porsi
90 menit
305. Urap Ayam Sayuran

305. Urap Ayam Sayuran

Bikin urap menjadi lebih cepat menggunakan bumbu nas goreng pedas pool ala @dapurkobe 😊 #CookpadCommunity_Depok

Sroto Sokaraja

Sroto Sokaraja

Alhamdulillah bisa ikutan kelas inspirasi kemarin, seru sdh pasti... Dpt resep baru lengkap dg step by step nya dari masternya langsung eyang puji @eyangbima terimakasih banyak, Yang🙂🙏 kalo kemarin cuma bisa ngiler lihatin sroto yg menggoda, hari ini langsung eksekusi walaupun rasanya pasti berbeda dan kalah jauh dengan masakan eyang puji, tapi tak apa, namanya jg baru belajar menu baru🤭 yg penting, demo perdana sukses ludes oleh pasukan tercinta🙂❤️🙏 terimakasih jg mbak Opi, mbak @heshidayat Yg sdh memberi kesempatan kami tuk belajar langsung dari master nya🙂🙏 #Kelas_Inspirasi #SrotoSokaraja #CookpaadCommunity_SumUt #MariMasak #MasakItuIndahDanIbadah

Urap Disuka🥥🥗

Urap Disuka🥥🥗

Kebetulan daun pepaya dan daun singkong lagi segar dikebun, cepatan petik buat urap😋🌱🥥🥗

# 23 Kering tempe teri kacang

# 23 Kering tempe teri kacang

Senin , 1Oktober 2021 Bismillah.. Resep ini aku buat saat anak gadisku ulang tahun, lauk ini sebagai pelengkap tumpeng nasi kuning.

1 jam
Sroto Sokaraja

Sroto Sokaraja

ikutan kelas zoom cookpad.id dv tamu special eyang @eyangbima seru sekali, kita belajar bareng masak sroto sokaraja. ini manda repost resep beliau tp manda hanya buat setengah resep saja. #Kopijos #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_Yogyakarta #TemanRasaSaudara #PesonaKulinerIndonesia #KelasInspirasi

4 -5 porsi
Siomay Tenggiri

Siomay Tenggiri

Coba bikin siomay sendiri yuk!

5 orang
1 Jam
Tumis pedas kacang panjang

Tumis pedas kacang panjang

Assalamualaikum Yang simpel buat pendamping nasi ni makk☺️

3 porsi
Jukut Bejek Kacang Panjang Khas Bali

Jukut Bejek Kacang Panjang Khas Bali

Bismillahirohmanirohim.... Assalamualaikum... Selamat sore... apakabar genk lover's semuanya.... Alhamdulillah minggu ini bisa berkesempatan ikutan event mingguan bersama @gadogadoindonesia yang disponsori oleh @bysanaka_ semoga usahanya lancar, makin sukses dan sehat selalu🤲😇 tema kali ini adalah aneka masakan khas Bali. Yuuk kita jalan-jalan ke Bali dengan mencoba aneka masakan khas Bali... ngomong-ngomong soal Bali pasti udah pada tidak asing lagi, Bali memang terkenal sampai seluruh dunia baik itu kuliner atau wisata. Nah kali ini saya akan mencoba membuat masakan khas Bali yaitu Jukut Bejek Kacang Panjang Khas Bali, yuk kita kepoin bahan-bahannya Jukut Bejek Kacang Panjang Khas Bali Source Chanel Youtube Keis Diary Recook @dianpurnamawati2886 #MasakBarengGadoGado #MasakAsyikBareng #GadoGadoIndonesia #GadoGado_MakananBali #cookpadcommunity_depok

Oseng kacang panjang, wortel, kecambah

Oseng kacang panjang, wortel, kecambah

Suka masak yang simpel, enak, sehat, dan bikin makin lahap makannya 🤭 Pokoknya mah masak sesuai stok di kulkas aja 😅

3 orang
30 menit
Sayur asem

Sayur asem

Sayur asem makanan sederhana bikinnya nggak ribet. Enak dimakan waktu cuaca panas siang hari sama sambal tomat lauk tempe goreng.

4 orang
45 menit
Urap Sayur Semarak

Urap Sayur Semarak

Yukk panen sayur - sayuran yang ada di kebun mama. Sangat membantu untuk mengirit pengeluaran karena menjadi stok bahan pangan yang sehat karena organik. Bumbu dapur juga bisa menggunakan stok apotik hidup sendiri seperti daun jeruk, jahe, kencur, lengkuas, kunyit, dan lainnya. Lengkapi lauknya dengan baceman tagu tempe, ayam, dan apa saja sesuai selera.

4 orang
45 menit
Siomay Keriting Rasa Ayam

Siomay Keriting Rasa Ayam

Bahan-bahan Semua Ada, Langsung ke Dapur Basah 💪💪💪. Ayam yg sengaja di sisakan pada frezeer untuk Ponakanku Azka, jika datang . ... .trus mama suruh buat siomay, akhirnya di buatkan, sambalnya tidak di maem Krn pedas untuk yg dewasa saja . . . Walaupun Ringkas bumbunya. . . Tapi Enaakk kata Anggota Kelg yg mkn, Alhamdulillah ikut seneng aku ♥️♥️♥️. . . Air rebusan setelah suhu ruang, siramkan pada tanaman/bungaan agar ada vitamin dari air ayam, dan minyak ayamnya. .. . daripada di got via lubang cucian piring eman-eman ☺️☺️👍👍.

Sayur Lodeh Kacang Panjang, terong,labu Siam

Sayur Lodeh Kacang Panjang, terong,labu Siam

Bismillah...menu sayuran selain bening dan SOP yaitu lodeh cocok banget dengan ikan asin dan Sambal terasi

4 orang
1 jam
Gangan Asam Kepala Patin Khas Banjarmasin 🍛

Gangan Asam Kepala Patin Khas Banjarmasin 🍛

Kali ini suami request gangan asam kepala patin, menu favorit keluarga juga nih bund. Cuss yuk😉

1 jam 30 menit
Rujak cingur

Rujak cingur

Kalau pulang ke malang, selalu rujak cingur dan tahu campur yang di cari pertama kali. Di Jakarta juga ada yang jual tp semenjak pandemi jadi susah. Kebetulan tadi abis subuh ke pasar Pulo gadung, eehh nemu yang jual cingur, tanpa pikir panjang langsung aja dibeli, lumayan bisa sekalian buat stock. Biar prosesnya panjang tapi puass, bisa ngobati rasa kangen kampung. 🤭 Jadilah menu makan siang hari ini #MasakanKhas_JawaTimur