Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Wadai Ipau yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada November 27, 2019

Wadai Ipau

Sore-sore begini enaknya membuat Wadai Ipau yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Wadai Ipau yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Wadai Ipau, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Wadai Ipau ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Wadai Ipau kira-kira 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Wadai Ipau diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Wadai Ipau sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Wadai Ipau memakai 38 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Melanjutkan penulisan resep kedua Wadai Ipau (Kue Ipau), kali ini versi yang tumpuk. Versi lipatnya di resep sebelumnya. Malam ini aku sekalian buat 2 versi. Karena yang versi ditumpuk harus dikukus, makan yang versi kukus aku simpan untuk sarapan besok. Beberapa foto dan langkah-langkah sama dengan versi lipat ya.. Ini pengalaman pertamaku mencoba resep ini dan semua kuikuti baik dari bahan maupun langkah-langkahnya. Walau aku lagi diet, gak apa-apa ada santan di menu ini karena memang aku pengen tahu rasa aslinya.. Enak dan gurih... Nanti kalau coba lagi mau kuganti dengan bahan pengganti santan. Thanks Mbak Wiwin resepnya.. Senang bisa rekreasi ke Kalsel. Sempat ke Banjarmasin dan Banjar Baru, walau sekali saja tapi sudah kebayang makanan yang enak-enak dari Kalsel. Yuuk dicoba.... #Rekreasi_Kalsel #GelarTikar_Kalsel #CookpadCommunity_Jakarta #GowesBecak_KeKalsel

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Wadai Ipau:

  1. Bahan Kulit:
  2. 300 gran tepung terigu protein sedang/rendah
  3. 4 sdm tepung tapioka
  4. 1 butir telur
  5. 600 ml air
  6. 1 sdt garam
  7. 1/2 sdt penyedap jamur
  8. 3 sdm minyak goreng
  9. Bahan Isi:
  10. 250 gram ayam fillet dada
  11. 1 buah kentang ukuran sedang
  12. 1 buah wortel ukuran sedang (2 buah wortel ukuran kecil)
  13. 100 ml air
  14. 2 batang daun bawang
  15. 1 buah bawang bombay
  16. 1 sdt gula
  17. 1 sdt garam
  18. 1 sdt penyedap jamur
  19. Bumbu Halus untuk Isian:
  20. 5 siung bawang merah
  21. 3 siung bawang putih
  22. 1 sdm merica butir
  23. 1/4 butir pala
  24. Adonan Perekat:
  25. 100 gram tepung terigu
  26. 150 ml air
  27. 1 bungkus santan instan (65 ml)
  28. 1/4 sdt garam
  29. 1/4 sdt penyedap jamur
  30. Saus Santan
  31. 500 ml santan kental
  32. 2 sdm tepung maizena
  33. 1.5 sdt garam
  34. 1 sdt penyedap jamur
  35. 2 sdt gula (kami suka sedikit manis untuk sausnya)
  36. Topping/Taburan:
  37. Bawang goreng
  38. Seledri rajang

Langkah-langkah untuk membuat Wadai Ipau

1
Pertama-tama saya membuat isian. Siapkan bahan isian. Kupas wortel dan kentang, lalu cuci bersih dan potong-potong dadu. Bawang bombay dipotong dadu juga. Daun bawang dirajang sedang.
Wadai Ipau - Step 1
Wadai Ipau - Step 1
2
Daging ayam fillet cuci bersih dan yang terakhir dibilas dengan air jeruk nipis. Lalu potong-potong dadu.
Wadai Ipau - Step 2
Wadai Ipau - Step 2
3
Siapkan bumbu halus, setelah dikupas dan dicuci lalu dihaluskan. Saat menghaluskan saya masukkan garam untuk mempermudah menguleknya.
Wadai Ipau - Step 3
Wadai Ipau - Step 3
4
Panaskan minyak, lalu tumis bumbu sampai harum dan matang. Masukkan ayam dan masak sampai ayam berubah warna dan bumbu meresap. Lalu masukkan wortel, aduk rata dan masak sampai wortel mulai empuk. Kemudian tambahkan air, lalu masukkan kentang. Tambahkan gula dan kalsu jamur. Aduk-aduk sampai air berkurang. Koreksi rasa jika sudah OK, angkat dan sisihkan.
Wadai Ipau - Step 4
Wadai Ipau - Step 4
Wadai Ipau - Step 4
5
Langkah berikutnya adalah memasak lempeng/kulit. Campur semua bahan adonan lempeng/kulit. Aduk rata hingga licin dan tidak bergerindil (aku saring). Setelah kekentalan OK lalu tambahkan minyak goreng. Afuk lagi sampai tercampur rata. Setelah itu panaskan wajan teflon dengan api kecil. Tuang 1 sendok sayur adonan kulit, ratakan, dan setelah kering, angkat lalu tata di piring ceper, Saya beri pembatas dari sobekan daun agar tidak lengket. Lakukan sampai adonan habis. Setelah adonan habis sisihkan.
Wadai Ipau - Step 5
Wadai Ipau - Step 5
Wadai Ipau - Step 5
6
Selanjutnya, siapkan adonan perekatnya. Campurkan semua bahan dan aduk sampai semua bahan tercampur rata.
Wadai Ipau - Step 6
7
Kemudian, siapkan saus santan. Peras santan, ambil 500 ml perasan pertama. Masak di atas panci dengan api sedang. Tambahkan gula dan garam. Aduk terus agar santan tidak pecah. Setelah mulai panas, koreksi rasa. Jika sudah ok dan santan mulai meletup-letup, tambahkan maizena yang sudah dilarutkan dalam air. Aduk terus sampai santan mengental. Matikan api dan sisihkan.
Wadai Ipau - Step 7
Wadai Ipau - Step 7
Wadai Ipau - Step 7
8
Berikutnya adalah menyiapkan adonan untuk dikukus. Siapkan dalam panci kecil. Aku alasi denga plastik tahan panas agar mudah untuk mengambilnya setelah matang. Letakkan 1 lembar kulit, kemudian beri 2 sdm bahan isian. Kemudian tambahkan 2 sdm bahan perekat, kemudian tutup dengan 1 lembar kulit dan tekan-tekan agar merekat. Ulangi langkah ini sampai adonan kulit dan isi habis.
Wadai Ipau - Step 8
Wadai Ipau - Step 8
Wadai Ipau - Step 8
9
Masukkan panci ke dalam kukusan. Jangan lupa tutupnya dialasi dengan serbet agar airnya tidak menetes. Kukus selama 25-40 menit.
Wadai Ipau - Step 9
Wadai Ipau - Step 9
10
Setelah dikukus, dinginkan sebentar. Keluarkan Ipau dari panci lalu olesi dengan saus santan. Terakhir taburi dengan bawang goreng dan rajangan seledri. Siap disajikan.
Wadai Ipau - Step 10
Wadai Ipau - Step 10
Wadai Ipau - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Onde-Onde Isi Kacang Hijau (25)

Onde-Onde Isi Kacang Hijau (25)

Cemilan yang banyak kenangan... Dulu kalo saya diajak ke pasar dan mampir ke penjual kue-kue tradisional yang disebut "bakul tenongan" ditawari mau beli apa, pasti jawabnya beli onde-onde... Dan baru sekarang tergerak untuk membuatnya sendiri 😁😁 Karena saya minim pengalaman masalah pembuatan onde-onde, saya cari-cari resep yang mudah dan ada tipsnya juga. Ketemulah dengan resep ibu @fitrisasmaya dan Alhamdulillah untuk percobaan pertama ini bisa dibilang lumayan berhasil... 😁 Selain rasanya enak, teksturnya juga empuk... #PekanPosBar #OlahanKacangSpesial #Kopijos_KacangIjo #CookpadCommunity_Magelang

25 bh
253. Apem Mekar (Kue Mangkok)

253. Apem Mekar (Kue Mangkok)

Pagi Cookpaders ❀️ Suka bikin Kue yang Jadul-jadul.. Kata teman-teman G3C, Kue Apem tidak Wajib Mekar, tapi karena lagi ngetrend Yang mekar, jadi kepingin Nyobain, hasil dari Cooksnap @Desriayu_Ecy. Resep Asli πŸ‘‡ https://cookpad.com/id/resep/14169680-kue-mangkok-marble?invite_token=6xLCFAcisKTZrNhWZLSRSF9q&shared_at=1632077930 Ikutan bikin Caption sesuai yang Saya praktek-kan. CAPTION : 1. Cetakan jangan diolesi Minyak. 2. Kukus Cetakan terlebih dahulu, biar Kue Mangkok mudah dilepas. 3. Tuang Adonan hampir penuh. 4. Beri jarak satu Cetakan dalam kukusan. 5. Kukus Apem saat Kukusan benar-benar panas. 6. Kukus dengan Api Besar. 7. Air bawah kukusan jangan terlalu banyak, dan jangan terlalu sedikit. 8. Bungkus Tutup Panci dengan Kain, supaya air di redam kain. 8. Jangan dibuka hingga Apem Matang, (15 hingga 20 menit) 9. Lepaskan Apem dlm kondisi hangat atau dingin. #KueMangkok #ResepSastraCintaSemestaDewi

Klepon

Klepon

Ngabisin tepung ketan sisa bikin Wingko, cuss bikin klepon aja. Alhamdulillah hasilnya gak keras, anakku yang kecil aja suka πŸ₯°

40 buah
Kinca nangka untuk surabi

Kinca nangka untuk surabi

Hay hay ... hari ini bundarana mau share cara membuat kinca nangka untuk surabi. Waktu itu udah bikin surabinya tapi dengan kinca yang biasa. Yuuuk cobain!!!

3-5orang
30menit
Lemet singkong nangka

Lemet singkong nangka

tiap hari harus putar otak buat jajanan pak tukang yg lg ngerenov rmh,alhasil muncullah ide buat lemet singkong nangka,karna lg panen nangka juga ceritanyaπŸ˜…

20biji
1jam
Ketan Talam Kacang Hijau

Ketan Talam Kacang Hijau

Terinspirasi dengan ketan talam durian asal Pekan Baru. kali ini memenuhi tantangan Combo... saya mencoba membuat ketan talam cangjo.... Rasanya endul tralala.... sangat mengenyangkan dan enak.... perpaduan kacang hijau dan ketan..punya cita rasa tersendiri... selamat mencoba... #ComboNgabibita_CangHejo #CookpadCommunity_bogor #PekanPosbar #OlahanKacangSpesial

Pastel tutup

Pastel tutup

Makan pastel dengan cara berbedaπŸ˜‹

Bingka kentang

Bingka kentang

Habis beli cetakan bingka mini langsung nyoba donkπŸ˜†πŸ˜†

6 porsi
1,5 jam
Sio Pia (Pontianak)

Sio Pia (Pontianak)

Jalan-jalan dulu ke Pontianak lewat makanan nya yuk akh, walaupun belum pernah kesan tapi saya cobain buat makanan/cemilan khas Pontianak yaitu Sio Pia (Pontianak). Terimakasih untuk resepnya mba @deBloom_5445755 πŸ™β€οΈ Enak banget dimakan anget-anget tapi maafkan bentuk nya yang belum bulat sempurna sebulat tekad mu #eaaa πŸ˜†πŸ˜„ Pia nya enak banget, cocok untuk teman teh/ngopi/nyoklat Disini selain isian kacang hijau saya buat isian coklat keju, karena kebetulan anak2 belum menyukai makanan dg isian kacang hijau πŸ™„ #KreasiDepok_Dikacangin #CookpadCommunity_Depok #Cookpad_id

Kue Ku / kue tok

Kue Ku / kue tok

11 pcs
30 menit
Klepon Martapura

Klepon Martapura

Inspiration by : melda yanti Lama gak makan klepon jadi pengen. Bikin pake takaran sendok aja nih, di google 1 sdm tepung ketan dan beras kira2 15 gram. Yauda tinggal dihitung aja dari resepnya. Enak sii resepnya, awalnya pas dimakan kurang lumer gulanya. Pas udah beberapa jam kemudian, dimakan lagi lumer banget bund. Enak lah pokoknya 😁😁

Carang Gesing Telang

Carang Gesing Telang

Resep yang sudah sering dieksekusi, bahkan sudah lupa dari mana awal resep ini di dapat. Dengan semakin terbukanya fungsi bahan2 alami.. Jadi keisengan main2 bunga Telang.... Yuuuuk cantik dan manfaat. #SerbaDikukus

Wajik Ketan Gula Merah

Wajik Ketan Gula Merah

Alhamdulillah dapat resep dari fb, langsung buat dan berhasil. Selamat mencoba ya bund πŸ˜ŠπŸ˜‰.

Ipau Lipat

Ipau Lipat

Bismillah.. Dari dulu kepo pingin tau kekmana rasanya wadai Ipau, yang katanya jadi idola ketika Ramadhan tiba.. Udah simpan resepnya, tapi mager duluan liat bentuknya yang kayak 'crepes miles' versi Indonesia πŸ˜…πŸ˜… Ehh pas belakangan liat Ipau berseliweran, ternyata ada versi lipat nya juga yaa.. Wahh jadi tergoda pingin ikutan rekreasi seru2an πŸ€—πŸ€— Kebetulan masih punya Ragout sisa bikin Pastel kemarin. Tengok2 resep, agaknya masih mirip kalo sama isian Ipau (maksah 😜). Nyontek resepnya Mak @wien060672 😘😘 Kalsel, I'm coming! πŸ˜ƒπŸ˜ƒ #Rekreasi_Kalsel #Cookpadcommunity_Jakarta

Putu ayu ketan hitam

Putu ayu ketan hitam

Siang2 kok tiba2 kpngen makan putu ayu gtu ,mau beli tp males keluar krna jauh ..biasa kan ibu hamil suka tiba2 mau makan apa 🀭 dan akhir nya buat sndri dgn bahan seada nya aja bun ..tp enk loh hasil nya πŸ€—

4 orang
10 menit
Nagasari pisang

Nagasari pisang

Ceritanya adik merem pisang kelamaan,alhasil pisang nya matang nya ke bangetan deh, sayang kan klo di buang gitu aja, mendingan di buat nagasari