Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Bola-Bola Daging Kuah Kecap yang Enak Banget

Dipos pada July 2, 2016

Bola-Bola Daging Kuah Kecap

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bola-Bola Daging Kuah Kecap yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Bola-Bola Daging Kuah Kecap yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bola-Bola Daging Kuah Kecap, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bola-Bola Daging Kuah Kecap di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bola-Bola Daging Kuah Kecap sekitar 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bola-Bola Daging Kuah Kecap sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bola-Bola Daging Kuah Kecap memakai 18 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Beberapa hari lalu papa mertua tiba-tiba bilang, "Dulu waktu anak-anak masih kecil sering deh makan daging cincang dibentuk bola bumbunya kuah kecap gitu.". Langsung deh hari ini eksekusi keinginan Beliau. Alhamdulillah sekeluarga suka. Jadi jangan ragu untuk recook ya πŸ˜‰.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bola-Bola Daging Kuah Kecap:

  1. 500 gr Daging sapi
  2. 2 buah Kentang
  3. 1 buag Tomat
  4. 2 buah Bawang bombay
  5. 2 buah Cabe merah besar
  6. 1 batang Serai
  7. 2 lembar Daun salam
  8. 1 ruas Jahe
  9. 1 ruas Lengkuas
  10. 6 sdm Kecap manis
  11. 1 sdt Garam
  12. 1 sdt Kaldu bubuk
  13. 1 sdt Lada
  14. 1 sdm Gula pasir
  15. Bumbu Halus
  16. 4 buah Kemiri
  17. 4 buah Bawang merah
  18. 2 buah Bawang putih

Langkah-langkah untuk membuat Bola-Bola Daging Kuah Kecap

1
Haluskan kemiri, bawang merah dan bawang putih, sisihkan.
Bola-Bola Daging Kuah Kecap - Step 1
2
Cincang daging atau bisa beli daging cincang. Kemudian tambahkan bawang bombay yang sudah dicincang kasar. Tambahkan 1 sdt garam. Aduk hingga rata. Bentuk menjadi bulat seperti bola kurang lebih seukuran 1 sendok makan. Kemudian rebus. (Jangan buang air sisa rebusan).
Bola-Bola Daging Kuah Kecap - Step 2
Bola-Bola Daging Kuah Kecap - Step 2
3
Tumis bumbu halus, tambahkan serai, daun salam, lengkuas dan jahe. Masak hingga harum. Masukan bola-bola daging yang sudah direbus, aduk rata. Tambahkan air sisa rebusan daging. Tambahkan kecap, aduk rata kemudian diamkan hingga air berbuih.
4
Jika air sudah berbuih masukkan garam, kaldu bubuk, lada dan gula. Aduk dan cicipi, jika terasa terlalu asin dapat menambahkan air. Apabila rasa sudah sesuai selera, masukkan potongan kentang. Masak hingga kentang empuk.
5
Jika kentang sudah empuk, tambahkan potongan tomat dan irisan cabe merah besar. Aduk dan masak hingga matang.
6
Jika sudah matang, jangan lupa koreksi rata sebelum diangkat. Apabila rasa sudah sesuai selera, angkat dan sajikan. Jangan lupa tambahkan bawang goreng jika suka.
Bola-Bola Daging Kuah Kecap - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Kepala Kambing

Gulai Kepala Kambing

Pas lebaran kmrn kebetulan suami jd panitia potong kurban,, tiba2 pas plng bwa kepala kambing πŸ˜―πŸ˜†

4 - 6 org
1 jam
Sate Daging Sapii

Sate Daging Sapii

Alhamdulillah, Kulkas penuh dengan tumpukkan daging segar pembagian hari raya idul adha, jadi saya memutuskan untuk membuat sate daging sapiii..

50 tusuk
Perkedel Daging

Perkedel Daging

Pengen bikin perkedel tapi ga mau yang banyak minyak.

2-5 porsi
35 menit
Daging Puyuh Ungkep

Daging Puyuh Ungkep

Alhamdulillah buka usaha di rumah Daging Puyuh Geprek ❀

2 jam
Tumis daging sayur

Tumis daging sayur

Masih ada simpanan daging kurban (sapi) buat anak nih mombun. Masaknya sederhana dan cepat. Untuk takaran bahan, saya sesuaikan dengan stok dagingnya ya mom bun. Sayurannya hanya pakai wortel karena pas belum belanja lainnya. Alhamdulillah anak suka sekali. #olahandagingkurban Catatan menu tanggal 30 Juli 2021

1 bayi 3x makan
15 menit
Oseng Daging Sapi Buncis

Oseng Daging Sapi Buncis

Pas Idul Adha udh bosen makan sate n rendang, nah saat nya masak yg simple tapi termasuk favorit nih bunda, apalagi buat kita nih yg pemula. Yuuk latihan yuuk

Gadon daging sapi

Gadon daging sapi

Ngabisin stok daging kurban yg bertapa di freezer dari pada di anggurin mending di bikin sesuatu utk lauk atau pun di makan biasa juga enak #PosbarIdaman #DiBuangSayang

Rabeg Kambing

Rabeg Kambing

Ini masakan dari Banten ..tetangga sebelah rumah tu suaminya orang Banten..jadi dia paham banget masak rabeg..biasanya yg dipake tu daging sapi tp berhubung ak nya motong kambing y udah dimasak rabeg kambing aj ... Kepengen sih bikin masakan kyk orang2 itu daging di masak macem2..tapi orang rumah sih sukanya selera warteg yg biasa aj.. Y udah masak mmk macem masakan warteg aj lah yg laku.. #ComboNgabibita_QurbanAsik #OlahanDagingQurban #KampungIdaman #CookpadCommunity_Bogor

3 porsi
1 jam
Perkedel Kentang Daging Sapi

Perkedel Kentang Daging Sapi

Resep ini saya buat pas lagi kepengen banget bwt perkedel

4 orang
40 menit
Sop Daging

Sop Daging

karena masih banyak stock daging di kulkas yuk mari dibuat sop seger 🀀

4 orang
Woku Woku Daging Sapi

Woku Woku Daging Sapi

Kali ini aku masak menu makan siang masakan Khas Nusantara dari Manado tapi dengan kreasi sendiri hehehe #MasakanKhasManado #MasakanKhasNusantara #CookpadCommunityPalembang #MenuDagingSapi

5 orang
30 menit
Malbi (Daging Sapi)

Malbi (Daging Sapi)

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Source: Desfita_Mami Cay Ikut meramaikan #IdulAdhaWongkito dgn makanan khas Palembang. Malbi, mirip sama semur & aslinya memang tanpa penggunaan cabe2an sama sekali. Gak lupa juga meramaikan #KampungIdaman di Discord dgn menu2 khas idul qurban. Dan teuteup ikuti challenge #PosbarIDAMAN dr Mamah Cookpad dgn tema #OlahanDagingKurban. Jangan lupakan challenge regional #CookpadCommunity_Tangerang dgn tema serupa, #CocomtangPost_KhasKurban. Resep ini menggunakan daging sapi yg sudah dipresto. Klo mw pake daging yg mentahan atau blansiran, airnya jadiin seliter & masuk bertahap. Klo mw bungkus daun pepaya dulu si daging mentah, juga bisa. Biar lbh cepet lembut & gak alot. Airnya bisa pake air kaldu, saya pake air kaldu dr hasil presto.

20 potong
90 menit
Soto daging madura

Soto daging madura

Mantap sotonya segerrr...recook from @xanderskitchen ...trimakasih resepnya πŸ€—πŸ˜ŠπŸ™πŸ’•πŸ’•

2 jam
Daging Kentang Masak Habang Khas Banjar

Daging Kentang Masak Habang Khas Banjar

Saya selalu mengagumi para senior yang tetap low profile, seperti sosok Ibu Hj @tintinpurnama Akhirnya saya berkesempatan cooksnap resep Daging Masak Habang yang khas banget dari Banjar. Enaaak, gurih dan ga pedes, jadi anak2 ga protes kepedesan, masih ada sih rasa pedesnya tapi samar banget Bumbu utamanya juga simple, cabe kering yang dikeluarkan bijinya, kayumanis dan gula merah terima kasih Bu Hj @tintinpurnama πŸ€—β€ #Semanggi_MasakHabang #CookpadCommunity_Jakarta #GenkPejuangDapur

1 porsi
30 menit
Balado Daging Pedas

Balado Daging Pedas

Salah satu menu favoritku. Lebih suka balado daging atau dendeng dibanding rendang πŸ˜‚ Bisa kalap kalo makan pake ini sih #JelajahNusantaraDariDapurSendiri #CookpadCommunity_Palembang #ResepKhasSumateraBarat #ResepWongKito #PekanPosbar #Rekreasi_Depok #BaladoDaging #Dendeng

4 orang
Sate kambing + sambel kecap pedaas!!

Sate kambing + sambel kecap pedaas!!

09082021 πŸ’žSelamat memperingati 1 MuharramπŸ’ž Semoga tahun ini lebih sehat lagi, lebih dekat lagi denganMu ya AllahπŸ€— Maaf,Potonya gak estetik bgt yaπŸ™ Masih dengan daging qurban kemarin. Mumpung lagi semangat nulis resepπŸ˜…+ Lagi seneng masak out door dihalaman belakang rumah dengan api dari kayu/areng tepatnya..sekalian ngajak anak utk masak bareng biar gak gadgetan wae.. Jadilah sate kambing yg haruum&enak.. Walopun agak gosong ya lemaknya.. TIPS : 🍑JANGAN cuci daging kambing spy tidak bau prengus 🍒 lumuri/celupkan cukup SEKALI saja daging yg sdh ditusuk dgn air sari nanas spy sate empuk,kalo kelamaan nanti mprupuli/cepat hancur.

4 org
30 menit