Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Nasi Biryani yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada October 5, 2019

Nasi Biryani

Sore-sore begini enaknya membuat Nasi Biryani yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Nasi Biryani yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Nasi Biryani, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Nasi Biryani enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nasi Biryani sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi Biryani memakai 32 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kepingin coba masak nasi Biryani. Beli beras Basmatinya lewat on line. Ternyata anak-anak dan suami suka. Terima kasih Mba @liyanify_89 untuk resepnya yang benar-benar jelas. Terima kasih juga untuk mamahCookpad yang sudah menginspirasi untuk buat nasi Biryani. #cookpadcommunity_Jakarta #PosbarIDAMAN menu pendamping Idul Adha #KampungIdaman Resep asli : https://cookpad.com/id/resep/14963878-nasi-briyani-simple-hampers-lebaran?

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nasi Biryani:

  1. 500 gram beras Basmati, rendam 30 menit
  2. 500 gram daging sapi (bisa ayam)
  3. 2-3 sdm minyak samin untuk menumis
  4. Jika tak punya gunakan margarin dan minyak goreng
  5. Bumbu rebus daging:
  6. 3 cm jahe, geprek
  7. 2 sdt garam
  8. Bumbu Halus:
  9. 10 siung bawang putih
  10. 1 ruas kunyit
  11. 1/4 biji pala
  12. 1 sdt ketumbar
  13. 1/2 sdt jinten
  14. Bumbu lain
  15. 1 bawang bombay, potong dadu kecil
  16. 1 ruas lengkuas geprek
  17. 1/2 sdt bubuk merica
  18. 1 sdt kayu manis bubuk (sy, 1 batang kayu manis)
  19. 3 butir bunga lawang
  20. 4 butir cengkeh
  21. 5 buah cabe hijau besar,belah 2
  22. 6 buah kapulaga
  23. 2 tangkai daun mint (sy tak pakai)
  24. 1 tomat merah belah 2
  25. 2 sdt kaldu bubuk
  26. Bahan lain
  27. Sejumput saffron (sy tak pakai)
  28. Secukupnya kismis
  29. Bahan pelengkap
  30. Acar mentah
  31. Daun parsley rajang (sy tak punya, sy pakai daun ketumbar)
  32. kacang mede, kacang goreng atau kacang almond

Langkah-langkah untuk membuat Nasi Biryani

1
Tumis menggunakan minyak samin bawang bombay dan lengkuas hingga harum kemudian masukan bumbu halus, tumis lagi hingga harum. Angkat. Sisihkan dulu.
Nasi Biryani - Step 1
2
Rebus daging dengan garam dan jahe hingga daging empuk. Kemudian masukan bumbu tumis ke dalam daging dan masukan semua bumbu cemplung ke dalamnya. Rebus dengan api kecil kurang lebih 30 menit hingga bumbu meresap ke dalam daging. Air rebusan daging harus bersisa kurang lebih 1 liter. jadi jika terlihat mulai asat, tambahkan air lagi. Setelah 30 menit, angkat dan saring. Daging pisahkan. Bumbu-bumbu buang. Air simpan dulu untuk memasak nasi.
Nasi Biryani - Step 2
Nasi Biryani - Step 2
Nasi Biryani - Step 2
3
Nasi: Didihkan air daging. Test rasa dulu, asinnya harus kuat karena akan dicampur beras. Tambahkan garam jika kurang asin. Masukan beras dalam panci, tambahkan air daging, pastikan posisi beras 1 ruas jari lebih rendah dari jumlah air ya (diukur pake ruas jari tangan). Tutup panci dan masak dengan api kecil sampai air sat.
Nasi Biryani - Step 3
4
Setelah air sat, buka tutup panci. Lalu tutup kembali panci rapat-rapat dengan menggunakan alumunium foil. Pastikan jangan sampai ada lubang. Setelah itu baru ditimpa lagi dengan tutup pancinya. Masak lagi dengan api kecil.
Nasi Biryani - Step 4
Nasi Biryani - Step 4
5
Kalau terlihat tutup pancinya sudah sedikit berasap, bisa dipastikan nasinya sudah hampir masak. Nah, kalau sudah hampir masak, kita buka dulu alumunium foilnya sebentar, lalu tepat ditengah-tengah nasi di bagian atas kita gali dengan centong, cukup satu centong saja, nasinya kita ambil. Lalu masukkan kismis dan sejumput Saffron tepat ditengah tadi.Sy tak punya safron, jadi saya masukan kismis. Ratakan lagi. Tutup rapat lagi dengan alumunium foil, masak lagi dengan api kecil hingga nasi matang.
Nasi Biryani - Step 5
Nasi Biryani - Step 5
Nasi Biryani - Step 5
6
Kalau sudah matang, buka, maka nasi yang di tengah itu akan berwarna merah. (jika pakai saffron). Aduk-aduk menggunakan sendok biar rata, tapi tetap ditengah bagian atas aja. Takperlu diaduk sampai ke bawah. Setelah itu tutup lagi agar tetap hangat. Dan nasi sudah siap disajikan.
Nasi Biryani - Step 6
7
Penyajian : Taruh di tampah atau wadah besar beri potongan daging, acar, kacang, daun parsley (sy, daun ketumbar). Siap difoto dan disantap.
Nasi Biryani - Step 7
8
Ini tambahan dr mbak Wardat empu resepnya👇👇 NOTE: Jika menggunakan daging ayam, sebaiknya ayamnya cukup dibelah dua. Karena saat disajikan, akan lebih nikmat jika ayamnya dipanggang. Sebelum dipanggang, lumuri ayam dengan saus tomat. Cara membuat saus: 2 sdm pasta tomat dicampur dengan 3 siung bawang putih parut, lalu 1 sdm air perasan lemon, 2 sdm minyak zaitun, aduk rata, jika suka pedas bisa ditambahkan bubuk cabe. Balurkan ke permukaan ayam sampai rata. Panggang sampai merah kecoklatan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Resep Cimol Leleh Kopong Anti Meledak (Isi Keju)

Resep Cimol Leleh Kopong Anti Meledak (Isi Keju)

Terinspirasi dari cimol leleh yang dijual di Bandung karena rasanya cocok banget paduannya....sukaa ❤❤ akhirnya buat ini di rumah aku modifikasi dari resep yang sudah ada. Supaya cimolnya bagian luarnya tidak gosong karena beberapa kejunya yang keluar, sebisa mungkin kejunya dibuat rapat, dimasak dengan api sangat kecil dan diaduk terus agar panas merata. Selamat mencoba semoga bermanfaat ☺

2 porsi
30 menit
Lotek Jogja (Salad Jawa)

Lotek Jogja (Salad Jawa)

Malang, 17 Juni 2021 Diajak mamah cookpad jalan-jalan ke Jogja nih paders😎gg lengkap rasanya kalau jalan-jalan Ndak sekalian sama kulineran 🤭betul Ndak?hehehe Kali ini mamak masak lotek Jogja atau salad jawa. Sebenarnya mamak masak lotek ini juga sudah lama sampai hampir lupa kalau mamak pernah masak lotek Jogja 😂 Resep oleh bunda @Dini_Apsilia , terimakasih bunda buat resepnya 🙏 dengan sedikit perubahan ala saya soalnya menyesuaikan stok yang ada di rumah😊 #NovianaSari #LotekJogja #PekanCooksnap

Ontbijtkoek Gula Semut Kelapa

Ontbijtkoek Gula Semut Kelapa

20/11/2021 (492)..... Alhamdulillah Minggu ini acara Bakpia Clovers temanya adalah gula kelapa yg di sampaikan oleh mba @Olive1994 sbg narasumber,beliau berbagi ilmu ttg cara pembuatan gula kelapa dan gula semut serta perbedaan gula kelapa dan gula merah,sy senang dpt ilmu baru jd paham perbedaan gula kelapa dan gula merah. Trm ksh buat mba Olive yg sdh berbagi ilmu utk kita2 semoga menjadi amal jariyah mba Olive,barakallahu fiik. Dan hari ini (16/11/2021) sy bikin ontbijtkoek utk cemilan di rumah. Ontbijtkoek merupakan bolu/cake jadul classic kaya rempah kesukaan sy sejak kecil,kali ini sy bikinnya pakai cetakan pie dan loyang loaf. Kalo mau pakai loyang tulban jg bisa ya. Tekstur ontbijtkoek ini lembut tdk terlalu manis dan sedikit chewy enak deh pokoknya. Oiya krn stok di rmh adanya unsalted butter jd sy tambahkan margarine spy balance aja rasanya #BakpiaClover #BakpiaSiManisGulaKelapa #BelajarWithOlive #TidakSekedarMemasak #CloversCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadIndonesia

Kering kentang pedas manis

Kering kentang pedas manis

Bikin lauk untuk alternatif kalau2 telat bangun....tinggal ditambahi apa gitu..hehe..🤭🤭 #PekanPosbar #PekanPosbarProtein #ungkepanRasaHati #CookpadCommunity_Yogyakarta

303. Sambal Raja khas Kutai

303. Sambal Raja khas Kutai

Senin, 27 September 2021 Sambal Raja khas Kutai Kartanegara ini biasa disajikan bersama dengan nasi Bekepor. Dinamakan sambal Raja, karena dahulu kala sambal ini hanya dihidangkan untuk raja. Nah, saat kita tak perlu menjadi raja jika ingin menyantapnya. Buat sendiri yuk... Resep dari mbak @yulianamenjoi #RecookBubuhanKaltim #BubuhanKaltim_Yuliana #PekanPosbar #KulaEtamCoCoK #DiRumahAja #303resepmarin #sambalmarin #sambalrajamarin #masakitusaya #homemadeisbetter #semuabisamasak #cookpadIndonesia #cookpadcommunity #cookpadcommunity_Indonesia #cookpadcommunity_Borneo #cookpadcommunity_Kaltim #cookpadcommunity_Paser #cookpadcommunity_TanahGrogot #cookpadcommunity_Longikis #alaDapurMarinBorneo #by_DapurMarinBorneo #DapurMarinBorneo #resepMarin #cookinggalery #galerycooking #cookingwithhearteatingwithlove

Sroto Sokaraja

Sroto Sokaraja

#Cooksnap #MasakItuSaya #MasakanNusantara #SelaluIstimewa # PosbarInspirasi #PesonaKulinerIndonesia #KelasInspirasi # KopiJos #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadCommunity_Yogyakarta #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id Source : @eyangbima Ikutan kelas inspirasi via zoom di cookpad itu sangat seru banget. Apalagi mentornya sangat spesial sekali karena pengalaman yang sudah tidak di ragukan lagi beliau adalah @eyangbima di usianya yang sudah tidak lagi muda tetapi semangatnya tetap muda dan energik sekali ❤️❤️😍😍. Beliau pun sangat rendah hati dan tidak pelit ilmu dalam berbagi ilmu semua di jelaskan secara detail dan gamblang sehingga sangat mudah di pahami. Kali ini beliau membagikan resep Sroto Sokaraja yang ternyata sangat uenak sekali tidak nyangka rasanya bisa seenak itu sampe anak2 makan dengan lahap dan nambah berkali2 🥰😋 seneng banget deh dapat wawasan dan ilmu baru dalam dunia perkulineran nusantara. Terima kasih banyak @eyangbima buat insiprasi resepnya sangat suka dan bakalan jadi menu favorit keluarga. Berkah melimpah, sukses serta sehat slalu nggeh buat Eyang sekeluarga. Amin 🙏🏼😇😇🥰❤️😍😍

Kari Ayam India

Kari Ayam India

Resep ini sy dpt dr seorang teman yg memang asli orang sana & sdh sy modif menyesuaikan selera krna resep aslinya terlalu pedas menurut sy.. kari ayam ini cocok sekali di hidangkan bersama roti paratha yg resepnya sudah sy share sebelum resep ini😊

banyak
Mi Goreng Aceh

Mi Goreng Aceh

Sahabat Cooking with Sheila, semasa angka covid-19 naik lagi, memasak di rumah yuk untuk mengisi waktu dan demi keluarga lebih sehat. Hari ini saya mau masak menggunakan @miburungdara dan Bumbu Mi Goreng Ciptarasa Original. Mau saya kreasikan menjadi Mi Goreng Aceh. Kalian yang suka pedas dan aroma kari pasti tidak asing lagi dengan Mi Aceh ya. Kaya akan bumbu spices nya, dan saya buat sendiri lo. Menurut saya Mi Burung Dara ini cocok banget untuk menu hari ini. Saus nya melekat di mi dan kenyal nya juga pas. Bumbu Ciptarasa nya juga menambahkan rasa gurih loh. Mari dicoba dan salam “Anyone can cook”

2-3 porsi
Tahu Goreng Aceh

Tahu Goreng Aceh

Tahu goreng ini resep dari almh.nenek saya rasanya gurih ada manis dan asamnya jg..cobain ya moms..

2 orang
krg lebih 1 jam
Coto Makassar

Coto Makassar

Tradisi lebaran di setiap daerah berbeda ya, tapi masing2 dengan ciri khasnya.. Kali ini saya masak Coto Makassar yang gurih, recook resep senior yang sangat saya hormati ibu Puji Winarni Untung, biasa dipanggil Eyang Puji karena beliau sudah memiliki cucu ganteng 🤗 terima kasih Eyang, terus menginspirasi dengan semangatnya berbagi resep dan terus eksis dengan cara yang bermanfaat ❤ #PekanPosbar #PekanPosbarSayurLebaran #CookpadCommunity_Jakarta #GenkPejuangDapur #GASpesialRamadanPeda

Terong Kuah Santan 🍆

Terong Kuah Santan 🍆

Memang hanya sebuah terong, tapiii klo dimasaknya dg benar, bs jadi masakan yg istimewahh 😍😍 bakal ngabisin nasi dehh.. Hihihi... Cobain yuuk momsis.. Source by : Ola Aulya #CookpadCommunityDepok #PejuangGoldenApron3 #KampoengRamadan

3 orang
1 jam
Gado-gado Malang

Gado-gado Malang

Mau ngelatih anak suka makan sayur, akhir nya bikin menu sayuran yg bermacam2 warna,dgn bumbu kacang yg kental akhirnya menggugah selera makan si kecil Akhirnya mau jg Cemal cemil sayur🤭😁dan bpknya pun ikut2 lahap makan gado2 ala istrinya😘..ahaii senangnya hatiku👏

4 orang
45 menit
Gulai Kacang Panjang Hati Ampela

Gulai Kacang Panjang Hati Ampela

Source : Rini Damayanti 🤗🙏 Dari resep asli nya ada tambahan asam kandis dan beberapa bumbu🙏 Aaahhh sukaaaa...enaakkk inihhh... ini akan jd salah satu menu lebaran buat temen ketupat cucoooo yessss 🤤🤩 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bogor #KualiEmak #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Regional #PekanPosbar #PekanPosbarSayurLebaran

Cream Soup ala KFC

Cream Soup ala KFC

Source : @beb_jiii Malem² pengen bikin yang anget² dengan seadanya bahan di kulkas. Jadilah cream soup ala KFC cooksnap resepnya mba Jihan. Rasanya gurih creamy dan menghangatkan. Semua suka Alhamdulillah. #ArisanCooksnapTimlo_Jihan #SoloArisanRecook_Jihan #WongSoloMasak #LihaiCooksnap_September #CookpadCommunity_Solo

4-5 porsi
30 menit
156. Kering Tempe kriuk garing renyah step by step

156. Kering Tempe kriuk garing renyah step by step

Kering tempe supaya awet kriuknya , itu goreng tempenya harus bener2 kering. #PekanPosbar

Sate ayam

Sate ayam

#pejuanggoldenapron3 Support channel YouTube saya bahagia kautsar haturnuhun

3 orang
30 menit
Jantung Pisang Bumbu Terasi

Jantung Pisang Bumbu Terasi

Biasanya jantung pisang itu dimasak lodeh, tumis atau oseng, kali ini saya mencoba memasak bahan dasar ini dengan bumbu terasi. Ternyata enak juga (menurut saya lho ya 😉). Bisa buat variasi, supaya tidak bosan karena diolah dengan cara yang sama. Bagi penyuka jantung pisang, mungkin resep ini bisa dicoba untuk hidangan di rumah. Selamat mencoba 🙏 #PejuangGoldenApron3

1 jam