Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada March 11, 2022

Ketupat Lebaran (metode 15.30.15)

Anda sedang mencari inspirasi resep Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) yang lezat Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ketupat Lebaran (metode 15.30.15), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) biasanya untuk 5 bh. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) memakai 3 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Assalamualaikum Cookpaders.. Masih dengan suasana lebaran, walaupun sudah habis cuti bersama nya, mohon maaf lahir batin ya, tetap semangat dengan memulai aktifitasnya πŸ’ͺπŸ‘πŸ˜˜. Yang pernah masak ketupat super lama sampai berjam jam diatas kompor. Itu pasti saya , dulu saya pernah masak ketupat menggunakan kayu bakar, yang pasti masaknya di halaman rumah ya πŸ˜ƒdari pagi hingga siang hari baru ketupatnya mateng, lalu coba pakai kompor gas , so harus siap full isi tabung 3 kg + serepnya juga. Tapi sekarang sudah ada metode seperti memasak daging atau kacang ijo , yaitu dengan metode 15.30.15. Bagi yang tidak mempunyai panci presto silakan mencoba cara yang ini. Sebelumnya saya sempat ragu, tapi setelah saya coba ternyata berhasil, ketupat dalemnya padet dan awet sampai besok malamnya (karena habis pas mkn mlm 😘) ,asal di tiriskan sampai benar benar kering ya, kalau sudah ditiriskan ketupatnya saya gantung. Sumber resep dari youtubnya : Mbok Midut #MenuLebaran #Cookpadcommunity_palembang #WongKitoGalo #niungniung

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketupat Lebaran (metode 15.30.15):

  1. 5 bh kulit ketupat ukran sedang
  2. 750 gr beras
  3. Secukupnya air untuk merebus ketupat

Langkah-langkah untuk membuat Ketupat Lebaran (metode 15.30.15)

1
Rendam dahulu kulit ketupat sekitar 10 menit lalu tiriskan, (sy hanya memasak 5 bh ketupat) lalu cuci beras dan tiriskan, jika berasnya pere rendam dulu 30 menit, ini saya menggunakan beras biasa tidak saya rendam, setelah di cuci langsung saya masukkan buat isian ketupat.
Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) - Step 1
Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) - Step 1
2
Buka/ lebarkan kulit ketupat isi dengan beras sebanyak 3/4, rapikan lagi, ketok ketok ketupat nya agar sisa beras yang menempel bisa lepas.
Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) - Step 2
Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) - Step 2
3
Saya hanya memasak 5 bh ketupat, setelah semua terisi, rapikan ikat jadi satu, agar ketika sdh matang mudah mengangkatnya.
Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) - Step 3
Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) - Step 3
4
Didihkan air sampai benar benar mendidih masukkan ketupat sampai semua terendam, tutup, tunggu sampai airnya mendidih baru hitung waktu masaknya selama 15 menit. Matikan kompor, jangan dibuka tutupnya, diamkan selama 30 menit.
Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) - Step 4
Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) - Step 4
Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) - Step 4
5
Setelah 30 menit didiamkan buka tutup pancinya dicek apakah airnya menyusut, jika berkurang tambahkan lagi airnya sampai ketupat benar benar terendam semua, tutup lagi pancinya, masak lagi sampai mendidih lalu hitung lagi waktu masaknya selama 15 menit. Matikan kompornya, diamkan lagi 30 menit dan jangan dibuka dulu tutupnya.
Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) - Step 5
6
Setelah 30 menit didiamkan, buka tutup panci, langsung angkat ketupatnya, lalu tiriskan, tunggu sampai benar benar dingin, baru bisa di potong ketupatnya.
Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) - Step 6
Ketupat Lebaran (metode 15.30.15) - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Klontongan Ketupat

Klontongan Ketupat

Alhamdulillah...bisa bikin klontongan ketupat sendiri, hanya saja butuh perjuangan banget utk dapetin janur kuning. Pertama kali lebaran dijogja gak tahu situasinya spt apa. Dan ternyata untuk dapetin janur itu gak mudah, tidak semua penjual mau menjual janurnya. Kebanyakan dijual sudah dlm bentuk klontong ketupat daannn harganya suangat mahallll...πŸ€” Klontong ketupat sudah jadi isi 10 harganya 12.000-15.000 Sedangkan saya dapat janur perhelai daun dihargai 1000. Mau gak mau karena butuh ya dibeliiii....πŸ˜₯ Itupun sudah keliling dr pasar satu kepasar yg lain dari jam 7 pagi baru dapet jam 2 siang...πŸ˜‚πŸ˜‚ . . . . . Note : untuk resep membuat ketupatnya, ada dipost berikutnya πŸ™ . . #EidMubarak1441H #DirumahAja #TidakMudik

50 porsi
5 jam
Merebus Ketupat

Merebus Ketupat

Dulu terbayang membuat ketupat itu susah dan lama,jadi maunya beli jadi saja. Tapi ternyata setelah saya coba hari Minggu 8/9/13 lalu ternyata mudah saja kok, asal ada kemauan :). Nah, kebetulan tetanngga ada yang nawarin untuk membuat rumah /bungkus ketupatnya (apa ya istilah...:) jadi tambah semangatlah saya mencoba membuat ketupat sendiri...Alhamdulilah berhasil..

10 porsi
5 menit
🍁Lontong Opor ala vina🍁

🍁Lontong Opor ala vina🍁

Belum lebaran..tapi ko dah ngerasa pengen yg namanya mkn lontong opor ya....lgsg dech cuzz pasar belanja yg dibutuhin... lontongnya beli aja dech...resep opor ayam ama sambel gorengnya n tak lupa sate usus ayam.....ok yukk liat resepnya.....

6 porsi
180 menit
Kupat Goreng

Kupat Goreng

Lebaran lalu, ada sisa kupat, tapi ppor ayam habis..hmm..akhirnya jadilah kupat goreng. Silakan di coba :)

1 porsi
10 menit
Opor ayam enak

Opor ayam enak

30 menit
Masak ketupat 20-30-20

Masak ketupat 20-30-20

Masak ketupat gak pake lama. Gak pake berjam-jam seperti dulu jaman bantuin si mbah (jd kangen mbah). Cukup 70 menit aja. Dan ....tadaaaaa.... hasilnya paasss bgt. Ketupat montok πŸ˜†. Selamat Lebaran, mohon maaf lahir dan batin πŸ™ . #PejuangGoldenApron3 #week50 #ketupat

6 orang
1 jam 30 menit
Cara Memasak Ketupat dengan irit gas

Cara Memasak Ketupat dengan irit gas

#TiketMasukGoldenApron3 #FestivalRamadhanCookpad #MudikOnline

Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan

MRT(Masak Resep Teman) hadir di minggu kedua bulan Maret ini,bergandengan dg Monas( MoNanya? Silahkan) yang menampilkan teh Opi & pilihanku jatuh pada resep Ketupat Kandangan, atau biasa keluargaku sebut "Haruan Panggang Bakuah",untuk teman makan ketupat.yuk kedapur.... Source: OpiBun,dg penyesuaian selera keluargaku . #MRT_OpiBun #CookpadCommunity_Jakarta #memasakdengancinta #nikmatidengansyukur #PertahankanImunTubuh

Ketupat montok

Ketupat montok

Memasak ketupat hemat gas

10 porsi
30 60 30 menit
Ketupat Mini Presto

Ketupat Mini Presto

Klo males nganam janur ketupat atau suka isi berasnya tidak cukup kadang kekerasan kadang kelembekan . Ada ketupat instan ya bun, buatnya juga praktis lho

kreasi ketupat

kreasi ketupat

orang rumah udah bosen sayur santan,mulai lebaran pertama makan sayur santan melulu

5 porsi
30 menit
Ketupat Lontong Sayur

Ketupat Lontong Sayur

Sehari sebelum lebaran idul adha masak Sayur ketupat pertama kalinya buat suami dan keluarga 😍

4 orang
1,5 jam
Opor ayam versi pedas

Opor ayam versi pedas

Bkin nafsu mkn saya bertambah mama 🌾

Ketupat

Ketupat

10 porsi
6 jam