Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi yang Enak Banget

Dipos pada March 11, 2022

Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi yang mudah Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi adalah 7 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi memakai 27 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sabtu, 15 Mei 2021/#428 Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1442 H, para cookpaders yg merayakan..Taqabalallahu Minna Waminkum.. Aamiin Untuk menyambut lebaran, kali ini ditemani ketupat sayur labu khas betawi ... Setelah hampir tiap lebaran selalu opor ayam jadi menu pilihan utk menemani makan ketupat/lontong. Sayur ketupat khas Betawi berkuah santan ini, biasanya berisi labu siam, kacang panjang, dan tahu. Di resep ini dilengkapi dg daging tetelan dan telur. Jadi 1 sajian sdh lengkap ada karbo, prohe, pronab dan sayuran. Cocok utk sarapan pagi setelah shalat Ied. Sarapan pagi juga dilengkapi dg salad agar buah, resepnya dishare tersendiri. Semoga menginspirasi. Teruntuk bu@Yeni Mulyani, terimakasih atas pilihan tema semarak special GA minggu ini, spesial menu lebaran. Sehat selalu ya Bu Yeni dan keluarga. Source recipe : Sajian Sedap (with modification) #GADimulaiDariNol #Semarak_GADimulaiDariNol #cookpadcommunity_Pekanbaru #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #clovercookinglovers #clover_mj

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi:

  1. 1 buah labu siam (350 g)
  2. 1 ikat kacang panjang (9 lonjor)
  3. 5 buah tahu kepal (400 g), potong kotak kecil, goreng
  4. 7 butir telur rebus
  5. 250 g daging sapi tetelan, dipotong2 kecil
  6. 1 liter air utk merebus daging
  7. 2 tangkai serai, geprek, simpul
  8. 2 lembar daun jeruk, buang tulang daun
  9. 4 sdm minyak utk menumis
  10. 1200 ml santan sedang dari 1 butir kelapa (rebus tersendiri)
  11. (Atau bisa 200 ml santan kental instan dan 1000 ml air matang)
  12. ⏩Bahan bumbu halus :
  13. 10 butir bawang merah
  14. 5 siung bawang putih
  15. 7 buah cabe merah keriting
  16. (jika tdk suka pedas ganti dg cabe merah besar 3 buah)
  17. 1 sdt kunyit bubuk (atau 2 cm kunyit segar yg dibakar)
  18. 2 sdt ketumbar bubuk
  19. 1/2 sdt jinten bubuk
  20. ⏩Seasoning (sesuaikan selera) :
  21. 2 sdm gula merah (50 g)
  22. 2 sdt garam
  23. 2 sdt kaldu bubuk
  24. ⏩Pelengkap :
  25. Secukupnya Ketupat/lontong (7 buah)
  26. Secukupnya bawang goreng (5 sdm)
  27. Secukupnya kerupuk kanji

Langkah-langkah untuk membuat Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi

1
Cuci bersih tetelan. Didihkan air, rebus sebentar tetelan hingga keluar buih kotorannya. Buang air rebusan,bilas kembali daging tetelan. Rebus kembali tetelan bersama air 1 liter, daun jeruk dan serai. Rebus dg api kecil, pake metode 5-30-7 menit, hingga empuk (klo mau pake presto boleh juga) Sisihkan air kaldunya sebanyak 750 ml.
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 1
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 1
2
Labu siam dibelah 2, saling gosokkan keduanya hingga keluar getahnya. Lalu kupas kulitnya dan cuci hingga bersih dari getah/kotoran. Iris2 memanjang. Sisihkan.
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 2
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 2
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 2
3
Siapkan bahan lainnya : kacang panjang yg sdh dipotong2, telur yg sdh direbus, dan tahu yg sdh digoreng. Sisihkan.
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 3
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 3
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 3
4
Siapkan bahan bumbu. Haluskan semua bumbu (klo dg blender, tambahkan sedikit air kurleb 50 ml). Panaskan minyak, tumis bumbu hingga tanak dan harum. Masukkan daging tetelan beserta kaldu rebusannya kedalam tumisan bumbu.
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 4
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 4
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 4
5
Aduk rata. Masukkan telur yg sdh dikupas dan tahu goreng. Tambahkan garam, kaldu bubuk, gula merah. Masak hingga mendidih. (Sampai langkah ini bisa dikerjakan/disiapkan pd malam takbiran)
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 5
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 5
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 5
6
Masukkan labu siam dan kacang panjang. Tambahkan santan yg sdh direbus tersendiri. Aduk terus hingga sayuran matang dan kuah mendidih. Cek rasa, matikan kompor. (Langkah ini dikerjakan pada pagi hari sblm shalat ied, supaya hidangan sayur masih tetap crunchi dan tidak cepat basi)
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 6
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 6
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 6
7
Sajikan sayur labu siam bersama pelengkapnya : ketupat/lontong, bawang goreng dan kerupuk.
Ketupat Sayur Labu Siam khas Betawi - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Ayam kuah Terik Tahu

Bubur Ayam kuah Terik Tahu

Jadi ceritanya, masak nasi kebanyakan air jd lembek . Seperti kata pepatah "nasi sudah menjadi bubur" sekalian aja dikasi pelengkap biar enak dimakan. Jadilah bubur ayam buat sarapan pagi ini :)

Opor Ayam Pasti Gurih

Opor Ayam Pasti Gurih

Masih dalam rangka masak makanan berkuah..makanya nyoba bikin opor ayam ini. Resepnya sebenernya resep opor tapi dikasi kunyit biar lebih bewarna dan sedap. Bisa disajikan variasi dibanding ayam yang digoreng.

8 porsi
60 menit
Opor ikan bawal

Opor ikan bawal

kebetulan di tempatku lagi musim bawal (bawal air laut ),bosan di goreng kali ini di opor saja......hmmm pasti nyammy.

Ketupat Ricecooker

Ketupat Ricecooker

Berhubung saya ikut suami diperantauan..waktu pandemi gini gak bisa pulang kampung,alhasil lebaran mau gak mau bikin ketupat sendiri..pengen beli 1 ketupat kalau udah jadi mahal..akhirnya nyari ide buat ketupat pake Ricecooker🤭waktunya masak emang lama sih..tapi dibayar sudah dengan jadi ketupat sesuai yg diinginkan.. 😀 Selamat mencoba...😃

3 orang
3 jam
Ketupat sayur Betawi

Ketupat sayur Betawi

#PejuangGoldenApron2 Minggu ke 26 Untuk ikutan #weekendchallenge dengan tema #kelapaseribumanfaat dari komunitas #cabeku Depok saya buat ketupat sayur Betawi. Seperti ketupat sayur pada umumnya saya menggunakan santan sebagai campuran kuahnya. Walaupun hanya santan instan tapi tentu masih ada manfaat didalamnya kan 🥥. Menurut saya rasanya mirip lodeh labu siam tapi cenderung manis gitu, enak deh 🤤. Sebenarnya belum pernah makan juga sih tapi pengen gara-gara lihat nexcarlos aja 🤣.

Ketupat

Ketupat

2 porsi
2 jam
Sayur Kupat Pepaya

Sayur Kupat Pepaya

#PejuangGoldenApron3Challenge #PekanRayaPepaya Punya pepaya di belakang rumah, sekaligus mencoba tips mengolah bahan pepaya agar tidak pahit dan tidak langu.. Aku buat deh sayur kupat pepaya. Coba yuk ah

5 orang
1 jam
Sayur ketupat

Sayur ketupat

Sayur ketupat turun temurun dari keluarga sunda, sayur yang bikin kangen keluarga jauh disana. Semoga cocok dg selera anda semua #pertamaperdana

6 porsi
15menit
Ketupat Sayur

Ketupat Sayur

ini iseng iseng aja sebenernya dengan bumbu dan bahan seadanya.. bahkan gak pakai ayam,,, ternyata hasilnya sangat enak...

Opor Ayam

Opor Ayam

Stok ayam yg selalu ada di kulkas membuat aku harus selalu kreatif mengolah aneka resep. Mulai dari ayam goreng lengkuas, ayam kecap, ayam teriyaki, ayam kare, ayam suir bumbu bali dll aneka resep ayam aku coba. Hari ini aku masakin resep opor ayam. Orang rumah sih selalu suka asalkan ayamnya super empuk. Yuk cekidoot ♥♥♥

5 porsi
Ketupat Mini Presto

Ketupat Mini Presto

Klo males nganam janur ketupat atau suka isi berasnya tidak cukup kadang kekerasan kadang kelembekan . Ada ketupat instan ya bun, buatnya juga praktis lho

Sayur Kupat (lontong sayur)

Sayur Kupat (lontong sayur)

ini masakan khas lebaran dirumah mama saya dari jaman saya kecil. mama bilang sayur kupat namanya. makin gede saya nemu masakan begini sebagai lontong sayur. dengan isian beda2. khas dikeluarga kami ya ini isinya, wortel, kentang, buncis, labu siam dan daun bawang. walopun lontong sayur gampang dicari, anehnya kami tetep sering rindu masakan ini. dan jarang sekali beli lontong sayur.😄 mungkin karena tradisi yang terlanjur dia ada dimeja makan wktu lebaran.

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Punya ayam kampung banyak banget bun..stiap hari di lepas n stiap habis ashar di tangkapin masukin ke kandangnya..tapi ada saja ayam yang susah di tangkap sampai" sudah mau magrib pun ayam yang 1 nya masih belum tertangkap,,pas sudah bisa di tangkap langsung saja paginya di potong n di masak opor ayam..

8 porsi
60 menit
Ketupat Beras Ketan

Ketupat Beras Ketan

Ketupat selalu identik dengan lebaran. Biasanya dinikmati dengan Opor, rendang dll. Ini ketupat buatnya pas lebaran kemarin.😄 Biasanya ketupat diisi dengan beras putih ya., tapi kalau keluarga dirumah lebih suka dengan isian beras ketan.😊 Rasanya gurih dan pulen.😋 Disini saya buat 500 kg beras ketan untuk 10 buah ketupat. Hasil bisa kurang bisa jg lebih yah, tergantung besar kecilnya sarang ketupat tersebut. Yukk dicobain.. #PosbarIDAMAN #CookpadIndonesia #CookpadRiau

10 buah
1 jam 30 menit
Ketupat Lebaran Praktis

Ketupat Lebaran Praktis

1070. Biar seperti orang lain, buat ketupat menyambut Lebaran. Dulu membuat ketupat perlu waktu berjam-jam, saat ini seiring dg kemajuan iltek maka membuat ketupat hanya perlu waktu 45 menit, dg panci Presto. Jadi tdk ada alasan lagi untuk ibu2 malas membuat ketupat....😊 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bogor #CookpadIndonesia #MasakanRumahan

relatif
45 menit
30. Ketupat gulai kikil

30. Ketupat gulai kikil

Assalamualaykum .. alhamdulillah bisa ikutan #WeekendChallenge walaupun dengan resep seadanya . Karena zuzur @mamahcookpad ibuk bingung mau cari pohon kelapa dimana lagi udah jarang bgt soal nya 😭 . Kali ini dengan tema #CABEKU & #KelapaSeribuManfaat ibu bikin ketupat gulai kikil . Semoga memberi manfaat buat buibu yang lain dan ibuk bisa masuk jadi kategori pemenang, karena ibu pingin banget hadiah nya . Menangin ibuk ya mah 😘😭😂

Ketupat cantik masak pakai kompor

Ketupat cantik masak pakai kompor

Lebaran tanpa ketupat rasanya ngga lengkap.. Yuk kita coba buat ketupat..apalagi buat nya rame rame bareng keluarga. Jadi seruu.. Mudah mudahan blm telat ya klo share resepnya skrg.

10 porsi
180 menit
Ketupat ala2 ricecooker 🤪

Ketupat ala2 ricecooker 🤪

Recook dari mba monica lestari 🤗🙏 ishh trnyata gampang yahh ini perdana aku bikin ketupat loh 🤪belajar dulu sebelom lebaran yesss 🤪

Ketupat Pulut Santan

Ketupat Pulut Santan

Salah satu sajian wajib saat Idul Fitri dan Idul Adha di rumah, ketupat pulut yg dimasak dg santan. Simpel bahan n cara memasaknya.Rasanya yg gurih dimakan gini aja udah nikmaaatt😋😋 Ohyaa bagian putih yg diketupat itu bukan ketannya yg beleber keluar yaaa, krn kalo bungkus ketupatnya rapat dijamin gk bocor... *Kemaren ada yg komen gitu😂😂 itu santan yg menggumpal krn proses pemasakan. Dan yg bikin gurih, dulu kalo msh kecil seringnya nyolekin santannya itu drpd ketannya hehee..