Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta yang Menggugah Selera

Dipos pada January 10, 2022

Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta memakai 26 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masih ingatkah kalian dengan acara Master Chef season 7 yang menampilkan Chef Renatta demo masak opor ayam. Awal liat opor ayam mevvah ini, langsung jadi pengen ikutan duplicated dish, cuman kok beneran nyita waktu walaupun kondimennya ga banyak bgt. Oiya basically opor ada 2 jenis yaa, opor putih dan opor kuning dengan sentuhan kunyit pastinya. Masih inget pas liat Chef Renatta demo ini, Audrey tanya gini, apa gag bitter kalo spring onion di oven sampe gosong. Dan jawabannya adalah keluarga bawang kalo di gosongin gag bitter... Tapi bener kok, soalnya aku kalo bikin chiffon abon/yg gurih2 gitu selalu aku kasih potongan daun bawang di permukaannya, dan kalian tau sendiri kan seberapa lama chiffon kalo di baked, yahhh sekitar 50 menitan kan... Kebayang kan daun bawangnya jadi apa? Nyaris gosong, udah agak kecoklatan nyaris kering gitu. Tapi sama sekali Ndak pahit yaaa. Justru wangiiiii banget, keluar oven langsung semerbak, suka banget sama baunya, dan pas nemu resep ini, auto ngiler kalo udah ada bawang2an ๐Ÿคค Oiya disini aku kasi lampiran resep bumbu halus, siapa tau ada yang kurang kerjaan pengen nyoba resep ini tapi nda ada stok bumbu dasar ๐Ÿคญ๐Ÿ˜ Bumbu Halus (Bumbu Dasar Putih) : 5 Bawang Putih 7 Bawang Merah 5 Kemiri (sangrai) 1 sdt Ketumbar (sangrai) #CookpadCommunity_Solo #PejuangGoldenApron3 #Timlo_BumbuPutihku #Timlo_TimKomunitasCookpadSolo #PekanPosbarBumbuDasar #PekanRayaBumbuDasar

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta:

  1. 1/2 kg Ayam Potong (beri 1 Paha Ayam dan 1 Dada Ayam)
  2. 2 Daun Salam
  3. 2 Sereh
  4. 4 Daun Jeruk
  5. 3 ruas Lengkuas
  6. 2 sdm Santan Kental
  7. 50 ml Santan Cair (untuk ditambahkan dikuah opor kental)
  8. BUMBU HALUS (BUMBU PUTIH) :
  9. 2,5 sdm Bumbu Dasar Putih
  10. BAHAN PENGENTAL KUAH OPOR (aduk rata dengan sedikit air) :
  11. 2 sdm Tepung Beras
  12. 1/8 sdt Jintan Bubuk
  13. BAHAN UNTUK PAN SEARED :
  14. 1 Paha Ayam (yang sudah dimasak bersama kuah dan ditiriskan)
  15. 1 Dada Ayam (yang sudah dimarinasi dan disimpan di kulkas)
  16. 1 batang Daun Bawang
  17. 3-4 sdm Margarin
  18. CONDIMENTS :
  19. โšซ1. Spring Onion Powder :
  20. 6 Batang daun bawang (bagian putih ujungnya)
  21. 1/8 sdt Jintan Bubuk (sangrai)
  22. 1/8 sdt Ketumbar Bubuk (sangrai)
  23. โšซ2. Sauted Scallion /Spring Onion :
  24. 2 batang Daun bawang (potong dan buang bagian ujung2nya)
  25. โšซ3. Sauted Onion :
  26. 1/2 potong Bawang Bombay (resep asli menggunakan jamur tiram)

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta

1
Potong paha ayam menyerupai drum stick dengan cara sayat rata bagian ujung paha, bungkus dengan plastik cling wrap dan ikat erat agar tidak lepas dan cantik. Sisihkan bersama potongan ayam lainnya yang sudah dicuci bersih.
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 1
2
Siapkan 1 potong Dada ayam (half breast) tanpa tulang dan kulit, yang sudah dibumbui/ marinasi dengan lada dan garam disemua sisi dada. Simpan di kulkas. (Ada 2 cara seasoning, diawal dan diakhir, dan tahap diatas adalah cara seasoning diawal, dan 1 leg & half breast yang nantinya akan di serving/sajikan diatas piring).
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 2
3
Blender halus semua bahan bumbu halus dengan sedikit air, lalu tumis bersama daun salam, daun jeruk, sereh, dan lengkuas. Tumis hingga mengeluarkan minyak dan aroma harum. *** (Disini saya memakai stok Bumbu Dasar Putih yang saya buat beberapa hari lalu, jika tidak ada stok Bumbu Dasar Putih, bisa memakai bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri yang sudah saya tulis di kolom cerita, di bagian note).
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 3
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 3
4
Masukkan potongan ayam dan paha ayam (kecuali dada), aduk rata, lalu tambahkan air, aduk rata dan masukkan santan kental. Masak hingga ayam setengah matang dan beri gula pasir, garam, dan penyedap. Masak hingga mendidih dan matang, angkat ayamnya dan saring kuahnya.
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 4
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 4
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 4
5
Masak kuah opor dengan santan cair +- 50 ml dan campuran larutan tepung beras dan jintan bubuk. Aduk rata hingga mengental (tekstur kekentalan tidak terlalu kental). Sisihkan.
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 5
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 5
6
Beri teflon 3-4 sdm margarin, lelehkan, lalu pan seared dada ayam dan paha ayam yang sudah dibuka bungkus cling wrapnya (jangan dibolak-balik), beri potongan daun bawang yang bagian ujung2nya sudah dipotong. Pan seared ayam hingga golden brown diseluruh sisinya dan bagian dalamnya matang sempurna (berwarna putih). Sisihkan.
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 6
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 6
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 6
7
CONDIMENT 1 : Batang daun bawang (bagian putih ujungnya/spring onion), belah menjadi 2 bagian, oven hingga menghitam, gosong, dan crispy.
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 7
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 7
8
Lalu blender halus menjadi bubuk dan campur dengan jintan bubuk sangrai dan ketumbar bubur sangrai. Aduk rata.
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 8
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 8
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 8
9
CONDIMENT 2 : Cuci bersih daun bawang, potong dan buang bagian ujung2nya, lalu rebus dan tiriskan hingga kering, lalu panggang tanpa minyak diatas teflon hingga mengeluarkan aroma dan sedikit menghitam dibeberapa bagian.
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 9
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 9
10
CONDIMENT 3 : Saute bawang bombay dengan sedikit minyak, saute hingga menghitam bagian potongannya. Angkat, sisihkan. *** Saya sertakan resep aslinya : RESEP ASLI : Potong dan buang bagian bonggol jamur tiram, cuci bersih dan tiriskan hingga kering, lalu panggang tanpa minyak diatas teflon hingga mengeluarkan aroma dan sedikit kecoklatan, angkat dan blow torch hingga beberapa bagian nampak menghitam.
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 10
11
Saatnya Plating. Ambil 3 sdm kuah opor, letakkan Roasted Shallot diatas kuah sisi pinggir, lalu beri paha ayam disebelahnya dan tata potongan dada ayam disampingnya (dada di potong menjadi 3 bagian dan yang diplating adalah potongan bagian tengah). Letakkan jamur disebelahnya, beri taburan spring onion powder. Sajikan.
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 11
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 11
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 11
12
Siap dihidangkan bersama nasi.
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 12
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 12
Opor Ayam Putih Ala Chef Renatta - Step 12

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam sederhana

Opor ayam sederhana

Bissmillah... Opor ayam untuk lontong bisa, nasi bisaa, cocok untuk lauk anak anak, balita , karna gak pedas, yang mau pedas tinggal ditambah cabe aja #PejuangGoldenApron3 #Week12 #Madebyvevee

2 orang
Opor Ayam Bumbu Kuning

Opor Ayam Bumbu Kuning

Olahan ayam kesukaan anak gadis ๐Ÿ˜Š Karna si kecil suka banget masakan berkuah jadi kuah nya saya banyakin.

Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

5 orang
1 jam 30 menit
Opor ayam

Opor ayam

By ChenVi

Opor ayam telur puyuh

Opor ayam telur puyuh

Assalamualaikum Cookpaders.. Tidak terasa bulan ramadan sebentar lagi berakhir , persiapan mennyambut idul fitri sudah terasa dimana mana . Salah satunya menu pelengkap untuk menikmati ketupat, kurang lengkap kalau tidak ada opor ayam di atas meja saat lebaran. Yuk yang lagi siap siap , nnti jangan lupa sama opor ayam ya ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜˜๐Ÿ‘๐Ÿ‘Œ๐Ÿ™ #PekanPosbar #PekanPosbarSayurLebaran #KualiEmak #KampoengRamadan #Cookpadcommunity_Sumbar #Cookpadcommunity_palembang #wongkitogalo #MenuLebaran #Olahanayamniung

3 porsi
40 menit
Resep Opor Ayam

Resep Opor Ayam

Ini menu andalan pas lebaran apalgi pas acara KUPATAN. iya kupatan itu terjadi 7 hari setelah lebaran, jdi bkin kupat trus ada opor ayam, kari ayam atau lodho ayam jga bsa ๐Ÿ‘ Kali ini aku mau bagi2 resep opor ayam yg uda berhasil aku bkin recook dri mbak Aziza ๐Ÿ˜โœจ Kalo ini Opor Ayam Bumbu Kuning ya

12 orang
1 jam 30 menit
Opor ayam lebaran

Opor ayam lebaran

Sajian lebaran identik dengan opor ayam,sambal goreng,rendang,ketuoat di posbar minggu ini saya memilih opor ayam saja.Saya bikin porsi sedikit jika ingin porsi banyak bisa dilihat di link bawah ini. Source:Mizqa_Yaqin0912 Resep bisa dilihat๐Ÿ‘‡ https://cookpad.com/id/resep/14804674-opor-ayam-lebaran?invite_token=TNJNom9WAVGZUnYp3gPLpvhW&shared_at=1620447082 #KualiEmak #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Surabaya #CoboyRamadan_HidanganSpesialLebaran #PekanPosbar #PekanPosbarSayurLebaran

Opor Ayamย SiJune

Opor Ayamย SiJune

by Dapur Si June #dapursijune #resep_sijune

Opor Manuk Khas NTB

Opor Manuk Khas NTB

Bismilah, Minggu ini pemenang arisan Cooksnap resep di #CookpadCommunity_Bekasi adalah mba @dahniear ๐Ÿ‘๐Ÿ‘. Pertama dengar resepnya saya kira bahan dasarnya adalah burung๐Ÿ˜ƒ...eee ternyata bukan... Sekilas menu ini hampir mirip dengan ayam rica-rica dari Manado. Namun, juga memiliki perpaduan bumbu yang berkerabatan dengan menu khas dari pulau Jawa, yaitu opor ayam. Campuran kencur, jahe, dan kayu manis membuat rasa masakan ini lebih nikmat..berikut resepnya ya.. #Cookpad_Id #CooksnapResep_Dahniear #PejuangGoldenBatikApron #Mingguke4

Opor Telur

Opor Telur

Menu favorit suami dan anak2ku nih mom hehehehe

5 orang
30 menit
Opor Telur Puyuh

Opor Telur Puyuh

Kmarin sempet bingung masak apa ya ๐Ÿ™„ soalnya emang gak trlalu suka masakan bersanten . Klo masak ayam nunggu busuri khilaf dlu๐Ÿ˜‚ mikirnya lama nih Ampe jadi team mepet ya udh searching aja yg simpel eh Nemu telur puyuh akhirnya semalem beli telur puyuh yg akunya jg bisa makan.. tapi pas paginya aku liat jam hp udh jam 5 astaga aku lupa klo hari ini mau masak opor ๐Ÿ˜ฉ yowes brgegas akhirnya cuci muka trus langsung Nge dapur ๐Ÿคฃ bar masak wae mandie trus brangkat kerja dan Alhamdulillah akhirnya bisa ikut serta walau jadi team mepet Source by @tri puji lestari #KualiEmak #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Surabaya #CoboyRamadan_HidanganSpesialLebaran #GA_TheNextLevel #clover #clovercookinglover #PekanPosbar #PekanPosbarSayurLebaran

Opor Ayam

Opor Ayam

#PejuangGoldenApron3

6 porsi
40 menit
Bubur Terik Tahu Telur Asin

Bubur Terik Tahu Telur Asin

Pengen bikin bubur yang gurih dan creamy. Biasanya kalo pas pulang kampung, suka beli bubur terik. Rasanya tentu gurih, bocil suka banget. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Surabaya #DuoUyekWeek4

4 porsi
Opor ayam tahu untuk Gerd

Opor ayam tahu untuk Gerd

Assalamu'alaikum, Bundaยฒ semua. Mudahยฒan kita semua senantiasa dalam lindungan-Nya. Maaf lama ga upload nih, Bun. Ada PR jahitan, keenakan jahit akhirnya tepar sampai 5 hari. Kali ini saya bikin opor yang tentunya masih untuk penderita Gerd, sebenarnya ini kare secara pakai kunyit. Ayamnya tetap harus dada ya, Bun? Karena lemaknya sedikit. Utk pengganti santan, Bunda bisa pakai susu kedelai, atau susu almond, atau kalau ga ada sama sekali bisa pakai air cucian beras yg kedua. Mirip kaya Coto Makassar gitu kan aslinya juga pakai air cucian beras bukan santan. Silahkan ke resep, Bun. #PejuangSehat

5 orang
1 jam
Opor Ayam

Opor Ayam

Opor kesukaan anak2,masak lebih semangat kl anak2 suka.... #PejuangGoldenApron3 #week16 #CookpadCommunity_Jakarta

6 porsi
Terik Telur Pedas

Terik Telur Pedas

Kali ini ikut meramaikan Worldwide Egg Contest Waktunya dunia mengenal telur ala Indonesia saya ingin menyajikan terik telur olahan masakan indonesia yang mana rasanya enak sekali dipadukan dengan santan menambah rasa gurih dengan tambahan cabe menambah rasa semakin mantap... #ResepTelurkuMendunia #Cookpadcommunity_Malang #Masakitusaya #PejuangGoldenApron3 #Godateflon_Minggu27 #MasakAsyik #Cookpadindonesia #Cheylvia

Opor Ayam versi Kering

Opor Ayam versi Kering

Biasanya opor ayam ada sedikit kuah-kuahnya ya, yang ini saya bikinnya terlalu kering karena waktu masaknya saya lamain dan jadinya udah mirip kari ๐Ÿ˜‰ Ini enak banget, takaran bumbunya pas juga, #RecookPapadaan kali ini #CookpadCommunity_Kalsel pada ke dapurnya mbak Nani #Recook_NaniSetiati, versi asli juga berkuah sebenarnya. Sekalian bangeeet meramaikan #PekanPosbarSayurLebaran #BamasakBaimbai #KualiEmak #BahariRaya #KampoengRamadan #KURMA_KreasiDapurRamadan dan memenuhi #RecookOfTheWeek minggu ini. Seneng bangeeet bisa nambah ilmu baru lagi karena udah berhasil masak opor dengan ayam yang terkenal alot banget ini.

MPASI9 Tuna Bumbu Opor

MPASI9 Tuna Bumbu Opor

Kalo mau berkuah bileh ditambahkan airnya ya bun

3 Porsi
45 Menit
Opor Telur Puyuh dan Kentang

Opor Telur Puyuh dan Kentang

Hari pertama sendiri di rumah. Dari kemarin mikir mau diapain telur puyuh di kulkas. Dipakai belajar buat opor bisa kali, ya...

4 orang?
-+ 45 menit