Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Rendang Jengkol Madura yang Sempurna

Dipos pada January 10, 2020

Rendang Jengkol Madura

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Jengkol Madura yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Rendang Jengkol Madura yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Rendang Jengkol Madura, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Rendang Jengkol Madura ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Rendang Jengkol Madura adalah 2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, perkiraan waktu untuk memasak Rendang Jengkol Madura diperkirakan sekitar 40 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Jengkol Madura sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Jengkol Madura memakai 19 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Rasa bumbu yang meresap sampai ke dalam daging jengkol, aroma khas kembang peka yang wangi, juga rasa asem pedas manis nya uhhhh muantap..!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Jengkol Madura:

  1. 2 kg Jengkol
  2. 3 kg santan kental
  3. 1/2 Gula merah (diiris)
  4. 4 biji asem jawa (rendam ambil airnya)
  5. 5 Daun salam
  6. 5 Daun salam
  7. 2 kembang peka
  8. Bumbu Dihaluskan :
  9. 30 Bawang merah
  10. 20 Bawang putih
  11. 1 ruas Jahe
  12. 2 ruas lengkuas
  13. 2 ruas kunyit
  14. 2 batang sere
  15. 8 butir kemiri
  16. 3 ons cabek keriting (rebus, cuci dan tiriskan)
  17. Minyak goreng
  18. Garam
  19. Micin jamur

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Jengkol Madura

1
Kupas jengkol dari kulit bagian luarnya lalu rebus menggunakan panci pelembut daging selama 15 menit. Setengah lembut, lalu kupas kulit bagian dalamnya dan geprek.
2
Tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan dan daun salam, daun jeruk, dan kembang peka. Tumis hingga wangi. Setelah wangi, masukkan bahan-bahan yang lain (gula merah, air asam dan santan).
3
Terakhir, masukkan jengkol yang sudah digeprek tadi. Masukkan garam dan micin jamur. Tunggu sampai mendidih sambil diaduk hingga santan terpisah dari minyak nya. Setelah minyak dari santan telah terpisah, angkat dan jengkol siap disaji.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Bumbu rendang yang saya beli udah di kasih bawang giling ya.. jadi saya gak perlu tambahkan lagi Kalo bu ibu belinya bumbu rendang tok, bisa tambahkan bawang, daun salam, dll.

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Banyak resep rendang .Masak itu sesuai selera. Ini resep rendang ala saya alhamdulillah coco di keluarga. Pedasnya juga masih aman untuk anak kecil.Anak saya yang baru genap 6thn kemarin saja doyan dan bilang enak.

3 jam
19.Rendang Jengkol

19.Rendang Jengkol

Ibu saya suka sekali jengkol niat hati beli buat beliau, eh ternyata nggak jadi kerumah biasanya ibu sukanya yang masih mentah sama ikan asin,sambal dan lalapan..berhubung ibu batal kerumah jadi ku masak rendang dari resepnya mba @Cahya kamila. Mohon maaf nggak sempet foto step by step karna disambi momong

1 mangkuk
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Bismillah..Assalammualaikum teman² Cookpad.. happy Eid Mubarak Taqobbalallahu minna wa minkum.. sedih banget ramdhan telah berlalu semoga amal ibadah kita diterima dan kita dipertemukan dengan ramdhan berikutnya..saatnya kita menyambut hati raya idul fitri..kali ini ibu yeni menantang kita membuat menu lebaran dengan teman²nya..kali ini saya bikin rendang ayam saya bikin macam² masakan juga ada otak² ada mie goreng juga semoga berkenan ya bu yeni.. Source : Bunda Rayyan #GADimulaiDariNol #Semarak_GADimulaiDariNol #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Surabaya #imaimey #imaimeyrendangayam #olahanayamimaimey #rendangayam #GA_TheNextLevel

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

💞 Bismillah.. Kocokan Semarak Clover minggu ini dimenangkan oleh mbak Hana Rapunzel dan beliau memberikan tantangan untuk membuat Kreasi Santan.. Untuk kali ini saya memasak rendang jengkol dengan dibumbui ala2 resto Padang.. Tips untuk meminimalisir bau jengkol bisa dengan menambahkan irisan mentimun/daun salam pada saat merebus jengkol.. Semoga berkenan yaa mbak 🥰 Source : Dapur Mama Keys https://cookpad.com/id/resep/7963259-rendang-jengkol-makjleb-%F0%9F%98%84?invite_token=TfJgXD7zdTdCfMTuA8WJisLp&shared_at=1616860183 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Malang #PejuangGoldenApron3 #Dapoer_Bia #GodaTeflon_Minggu43 #MasakAsyik #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #CloverCookingLovers #AkulahSangSantan #Semarak_AkulahSangSantan

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi ini saya bikin dari hasil recook resepnya ci Tintin Rayner. Cuma ada sebagian bahan ada yang saya sesuaikan dengan stok yang tersedia dirumah. Mumpung lagi ada event #BelanjaDiPasarCookpad, yuuk lah kita eksekuai resep ini. Semoga bisa dapetin #SutilCookpad

Rendang jengkol ala mika

Rendang jengkol ala mika

Gk tau knp pasca bersalin aku jd suka banget sama jengkol.. Dan aq pengen ngolah sendiri.. Alhamdulillah semua pada suka..

8 orang
2 jam
Rendang jengkol

Rendang jengkol

Resep ini dari mamaku, berhubung lagi rindu masakan mama,buat rendang .Dan jengkolnya ini dikirim langsung dari panenan dikampung.

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Lebaran hari ketiga ternyata rendang masih ada sisa! Pas banget, karna jiwa ini udah mulai rindu sama nasi goreng 😅 Buatnya gampang banget karna emang rendang kan udah full of spice jadi tinggal racik2 bumbu ala kadarnya aja. Rasanya wah banget 💯

2 Orang
15 Menit
Rendang Daging simple

Rendang Daging simple

Dulu saya paling malas membuat rendang karena sepertinya pembuatannya ribet. Tetapi sekarang rendang ini jadi resep andalan saya karena pembuatannya yang simple dan harum kelapa yang menambah selera. Tips: kalau ingin rendang yang berwarna lebih gelap, tidak perlu menggunakan kunyit. - Gunakan santan kelapa asli, jangan santan instan karena santan asli akan menghasilkan minyak kelapa yang menambah aroma khas rendang. - Pemberian garam di awal jangan terlalu asin karena rendang akan menjadi lebih asin setelah santan menyusut.

Rendang

Rendang

4-6 orang
2-3 jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Lebaran sebentar lagi... Ini salah satu menu yang selalu ada di hari raya idul fitri. Yuk coba resep Rendang💕

5 orang
Mpasi Rendang

Mpasi Rendang

Karena besok mau masak rendang, jadinya saya bikinin anak masakan rendang juga biar makannya samaan 😁

3x makan
Rendang Ayam dan Ati Ampela

Rendang Ayam dan Ati Ampela

Siapa yang tak kenal dengan rendang? Rendang adalah salah satu masakan khas Sumatera Barat. Walaupun identik dengan daging sapi, namun banyak juga yang menggunakan bahan lain untuk membuat rendang misalnya ayam atau jengkol. Santan yang digunakan haruslah santan kental dan biasanya butuh waktu berjam-jam hingga bisa menjadi rendang. Proses memasak yang cukup lama ini yang membuat rendang awet hingga lebih dari satu bulan. #CookpadCommunity_Bekasi #PostingBareng #MasakanKhasSumateraBarat Source : The Hasan Video (Resep asli menggunakan daging sapi dan kentang rendang)

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Bismillah. Postingan pertama setelah hampir dua bulan absen karena tengah diuji "badai kehidupan". Berusaha berpikir positif, mengedepankan akal sehat, dan senantiasa bersyukur atas situasi apapun yang terjadi pada keluarga kami. Saya memasak sisa nasi semalam dn sepotong rendang yang ada di kulkas. Diolah lagi agar menjadi hidangan yang lezat, enak, dan bernilai gizi. Alhamdulillaah.. masih diberi nikmat sehat dan berkumpulnya aku dan anak-anak. Hari kedelapan kepergian engkau. Semoga Ayah tenang di alam sana. Aamiin... *3-8-2021 #DibuangSayang #PosbarIdaman #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadIndonesia

3 porsi
30 menit
Rendang Daging

Rendang Daging

Suami hobi banget masakan Padang moms, hobi masak juga, akhirnya coba duplikasi rendang ala kita, kali ini saya jadi asisten suami saja deh😁 , yukkk ahh cusss kepoin 😍

20 iris
3 jam
Rendang Daging Kering

Rendang Daging Kering

Rendang yang satu ini dibikin kering untuk stok lauk. Apalagi menjelang Ramadan ... cocok untuk sahur juga ya. #cookpadcommunity_semarang #semangcook_laukkering

Rendang Daging

Rendang Daging

Salah satu menu kesukaan dan akhirnya bisa bikinnya, Alhamdulillah #PejuangGoldenApron3

Rendang sapi bumbu indofood

Rendang sapi bumbu indofood

3-4 orang
1 jam