Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Soto Bening Daging Sapi (Solo) yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada August 4, 2016

Soto Bening Daging Sapi (Solo)

Bagaimana membuat Soto Bening Daging Sapi (Solo) yang mudah Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Soto Bening Daging Sapi (Solo) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Soto Bening Daging Sapi (Solo), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Soto Bening Daging Sapi (Solo) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Soto Bening Daging Sapi (Solo) sekitar 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang diperlukan dalam memasak Soto Bening Daging Sapi (Solo) diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Soto Bening Daging Sapi (Solo) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto Bening Daging Sapi (Solo) memakai 23 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep ini adalah modifikasi saya sendiri dan menjadi menu favorit suami dan anak-anak. Rasanya light tapi tetap segar dengan tambahan sambal cabe rawit dan kucuran jeruk nipis. Gak bakal bosen dimakan untuk sarapan pagi, makan siang ataupun dinner. Selamat mencoba.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Soto Bening Daging Sapi (Solo):

  1. 500 gr daging sapi sandung lamur, boleh dicampur sedikit tetelan
  2. 1,5 lt air
  3. 3 tangkai seledri
  4. 100 gr toge/kecambah
  5. 6 siung bawang putih rajang tipis (untuk taburan)
  6. 1 buah jeruk nipis potong2
  7. Kecap manis (opsional)
  8. Bumbu Soto
  9. 10 siung bawang merah
  10. 5 siung bawang putih
  11. 1/2 sdm merica butiran / merica bubuk jg boleh
  12. 2 btg serai, geprek
  13. 3 cm kunyit bakar, geprek
  14. 5 cm jahe bakar, geprek
  15. 4 lembar daun jeruk
  16. 5 cm lengkuas, geprek
  17. 2 buah kapulaga
  18. 2 buah cengkeh
  19. 1/2 biji pala
  20. 2 buah tomat masing-masing belah 2
  21. secukupnya Garam, gula pasir dan penyedap
  22. Bumbu Sambal
  23. 10 buah cabai rawit + 1 siung bawang putih

Langkah-langkah untuk membuat Soto Bening Daging Sapi (Solo)

1
Daging cuci bersih dan potong2 tidak terlalu kecil atau sesuaikan selera
2
Tips merebus daging : didihkan air kira-kira 1 stengah liter. Setelah air mendidih masukkan daging, tutup rapat dan rebus sampai 7 menit.
3
Setelah 7 menit matikan api. Jangan buka tutupnya dan diamkan daging selama 30 menit. Setelah itu baru direbus lagi selama 7 menit. Proses tsb membuat daging cepat empuk tanpa boros gas.
4
Uleg/chopper bumbu halus yaitu bawang merah, bawang putih dan merica. Kemudian tumis bumbu halus bersama bumbu2 lain seperti serai daun jeruk dll. Tumis sampai bumbu matang dan tidak berbau langu.
5
Masukkan tumisan bumbu kedalam air rebusan daging. Beri garam dan gula pasir secukupnya. Tambahkan tomat belah. Kemudian rebus kuah soto sampai mendidih baru masukkan penyedap. Tes rasa dan masak sampai bumbu2 meresap dan daging empuk.
6
Sambil menunggu kuah soto masak, goreng bawang putih yg sudah diiris tipis2 tadi, sampai kering kecoklatan. Jika sudah matang bawang putih boleh digerus untuk jadi topping soto.
7
Secara terpisah, seduh kecambah/toge dgn air panas, cukup layu saja.
8
Siapkan irisan daun seledri, jeruk nipis dan kecap manis.
9
Untuk sambal, caranya yaitu bawang putih dan cabai dimasukkan ke kuah soto yg sudah mendidih. Jika sudah layu, angkat cabe dan bawang, uleg dengan garam + penyedap.
10
Di dalam mangkok, tata nasi putih beri topping kecambah, irisan seledri dan bawang putih goreng. Siram dengan kuah soto daging. Beri kucuran jeruk nipis, sambal dan kecap manis jika suka.
Soto Bening Daging Sapi (Solo) - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Daging Sapi Masak Kecap (no ribet,simpel)

Daging Sapi Masak Kecap (no ribet,simpel)

Keluargaku suka olahan daging sapi. Dimasak apapun suka deh kynya. Kali ini aku mau masak daging sapi masak kecap dgn bumbu2 yg super praktis tapi rasanya nendaaagg..cobain deehh... #PejuangGoldenApron3 #MingguKe34PGA3 #CookpadIndonesia #DiRumahAja

Beef rice bowl nasi daging saus manis menu favorit anak

Beef rice bowl nasi daging saus manis menu favorit anak

Resep lanjutan dari resep diet. Jadi karena jadi ibu harus dikreasikan. Makanan diet umi dipisahin dulu baru nanti dilanjut seasoningnya biar keluarga tetep doyan :)

2 orang
10 menit
Pangek daging

Pangek daging

4 porsi
Bistik Daging Sapi

Bistik Daging Sapi

#GA_TheNextLevel

Daging sapi serundeng

Daging sapi serundeng

Daging sapi serundeng ini rasanya perpaduan gurih dan manis, kalo mau pedes tinggal tambahin cabe dibumbu halusnya. Selamat mencoba❀️✨

6 orang
Bubur Kaldu Daging Sapi (MPASI 6 Bulan)

Bubur Kaldu Daging Sapi (MPASI 6 Bulan)

Sambil memasak kaldu daging sapi untuk sayur sop. Pisahkan sedikit potongan daging dan kaldunya untuk masak MPASI. Oh iya, kaldu daging direbus bersama dengan potongan wortel dan buncis.

5-6 cube
1-2 jam
Rawon Daging Sapi

Rawon Daging Sapi

kali ini hunby request rawon. ini edisi kedua manda masak rawon, jujur karena manda ga bisa makan daging kaki empat jadi manda hanya menerka2 rasa rawon yang tuh seperti apa. alhamdulillah nemu resep mb @DapurVY, ayah mertua yang asli JaTim aja mengakui kalau rawonnya buatan manda seger dan enak.. senengnya... dari resep asli manda tidak pake cabai merah karena biar kk najam juga bisa makan. Source : DapurVY #LihaiRecook4_Yogyakarta #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #PejuangGoldenApron3

6 porsi
1 jam
162. Daging giling serbaguna

162. Daging giling serbaguna

Daging ini praktis loh bun cara bikinnya dan serbaguna, bisa buat campuran isian rougut, pizza,roti isi, sphagetti dan banyak lagi. Kalo udah ada ini dikulkas, masak jadi lebih cepat😍 #cookpadcommunity #cookpadcommunity_kalbar #cookpadcommunity_tangerang

Sayur Sop Daging Sapi

Sayur Sop Daging Sapi

HujanΒ² lauk yang anget dan berkuah behhh mantul bener... Nah ini nih sup daging cuocok bgtt di nikmati saat musim hujan gini.. Ditambah nasi panas Oke, tanpa nasi juga Oke Yuk recookin resepnya ~Selamat mencoba ~

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Asal resep ide sendiri, untuk diri sendiri yg suka rendang, dinikmatin dengan sepiring nasi hangat

4 porsi
2 jam
82. Soup Daging

82. Soup Daging

Soup merupakan masakan nusantara yang memang tidak mengenal daerah.

3 s.d 4 orang
Potato Meat Roll (Daging panggang gulung kentang)

Potato Meat Roll (Daging panggang gulung kentang)

Kentang ketemu daging jadi apa hayooooo??? Diriku doyan banget kentang.. gak cuma kentang tapi segala jenis umbi-umbian. Nahh tapi gak gitu doyan daging-dagingan nih.. tiba-tiba lihat masakan jepang di Cookpad TV. Kok kaya enakkk yahh.. pakai daging iris tipis.. hmmm masih oklah klo tipis masih menggoda buat daku.. Ga paham sih bahasanya apa tapi keliatan enak! Jadinya bikin versi halal dengan bahan-bahan yang ada di dapur deh =) ternyata sedapp poll sampe bikin 3x. Buat yang suka tipe crispy, panggang dagingnya lamaan juga boleh yah. Pas bikin kedua kali aku sengaja panggang dagingnya sampai garing.. Wahhhhh enak banget! Crispy diluar dalemnya lembut dari kentang =)

10 pcs
20 menit
Daging Panggang

Daging Panggang

Bismillaah Buat menu yg praktis dimasak untuk anak lanang. *16/3/21*

Balado daging

Balado daging

Paling sering masak balado karena mudah dan cepat, selain itu semua bisa dibikin balado dan rasanya itu ga ngebosenin. Mulai dari tempe goreng balado, terong goreng balado, telur rebus yang digoreng balado, ayam balado, daging balado bahkan makan pake krupuk aja dengan sambal baladonya udah cukup nikmat, ditambah nasi pulen yang hangat.. duh kekepin ceting nasi deh :D

Soto Daging bening khas Yogyakarta

Soto Daging bening khas Yogyakarta

Recook kali ini saya coba resepnya Mbak Cantik Erina Maulana, terima kasih akhirnya saya bisa obati kangen makan soto daging khas Yogya.. karna jaman kuliah, soto Pak Ngadiran Yogya salah satu makanan favorite karna unik aja, soto daging dimakan bersama tempe goreng tepung yg renyah.. diintip resepnya yuk πŸ‘©β€πŸ³πŸ‘¨β€πŸ³πŸ˜Š

3 orang
+/- 1 jam
Kwetiaw Rebus Daging Sapi

Kwetiaw Rebus Daging Sapi

Selamat pagi teman-teman. Sarapan apa pagi ini. Pagi tadi beli kwetiaw di tukang sayur yang biasa lewat depan rumah. Sudah lama nih ndak makan Kwetiaw Rebus Daging Sapi. Bikin aja yuk. Resepnya mudah 🀩😁 #CookpadCommunity_Kalbar #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_Borneo #CookpadIndonesia #OlahanMie_MamahAura

1 Mangkuk
10 Menit
81. Rawon Daging Sapi

81. Rawon Daging Sapi

Bismillahirrahmanirrahim.. Kebetulan ada daging sapi di rumah, jadinya dibikin rawon karena punya stok telur asin juga πŸ˜„ sekalian ikut #RecookMenyadik_Yulidaertik Source: Yulidaertik #CookpadCommunity_Kalbar #CookpadCommunity_Borneo #RecookMenyadikKalbar

8 porsi
30 menit
Semur Daging Sapi

Semur Daging Sapi

Bismillahirrahmanirrahim...... Apapun kecapnya, asal daging atau ayam yang di kecapin itu namanya semur 😁..... Masaknya gampang banget, kiddos pasti suka, tapi kalau saya semur yang enak itu yang berasa lada dan palanya 😁 tapi kalau buat kiddos ya di kurangi deh ladanya..... Selain kecap, ciri khas semur itu cengkeh dan kayu manis, kalau udah beraroma ini pasti udah tau deh, kemungkinan besar semur yang di masak. Catatan untuk semur ini, semakin air yang dimasak menyusut, semakin berasa asinnya, jadi sebaiknya jangan di beri garam yang terlalu banyak diawal kita bisa menambahkan kekurangan garam diakhir masakan. Okay yuuuk intip resepnya πŸ’• #Semur #TanakSemurDagingPashalenko #cookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_KalBar #CookpadCommunity_Borneo #CookpadIndonesia

7 porsi
45 menit