Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Rawon Daging Sapi yang Lezat Sekali

Dipos pada August 4, 2016

Rawon Daging Sapi

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Rawon Daging Sapi yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Rawon Daging Sapi yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Rawon Daging Sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Rawon Daging Sapi bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rawon Daging Sapi kira-kira 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, perkiraan waktu untuk memasak Rawon Daging Sapi diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rawon Daging Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rawon Daging Sapi memakai 28 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

kali ini hunby request rawon. ini edisi kedua manda masak rawon, jujur karena manda ga bisa makan daging kaki empat jadi manda hanya menerka2 rasa rawon yang tuh seperti apa. alhamdulillah nemu resep mb @DapurVY, ayah mertua yang asli JaTim aja mengakui kalau rawonnya buatan manda seger dan enak.. senengnya... dari resep asli manda tidak pake cabai merah karena biar kk najam juga bisa makan. Source : DapurVY #LihaiRecook4_Yogyakarta #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #PejuangGoldenApron3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rawon Daging Sapi:

  1. 500 gram Daging sapi, potong dadu
  2. 1500 ml Air
  3. 3 cm Jahe, geprek
  4. 2 batang daun bawang, potong2
  5. Secukupnya Garam
  6. Secukupnya Kaldu bubuk
  7. 1 sdt gula pasir
  8. 5 sdm minyak goreng, (untuk numis)
  9. 5 lembar Daun jeruk
  10. 3 lembar Daun salam
  11. 2 batang Serai, geprek
  12. 3 cm Lengkuas, geprek
  13. Bumbu Halus :
  14. 5 buah Kluwek
  15. 12 butir Bawang merah
  16. 7 siung Bawang putih
  17. 4 butir Kemiri sangrai
  18. 1 sdt Kunyit bubuk
  19. 1 sdt Ketumbar
  20. 1/2 sdt Merica butiran
  21. 1/2 sdt Jinten
  22. Bahan Pelengkap :
  23. Secukupnya Telur asin
  24. Secukupnya Toge pendek
  25. Secukupnya Sambal cabai rawit
  26. 1 buah jeruk nipis, potong2
  27. Secukupnya Kerupuk, bawang goreng
  28. secukupnya kemangi

Langkah-langkah untuk membuat Rawon Daging Sapi

1
Daging sapi potong2 dadu, rebus dg secukupnya air sampai mendidih, lalu buang airnya.
Rawon Daging Sapi - Step 1
Rawon Daging Sapi - Step 1
2
Rebus 1500 ml air, ketika sudah mulai mendidih masukkan daging dan jahe, rebus selama 15 menit, matikan api dan diamkan selama 30 menit. (Panci dlm keadaan tertutup)
Rawon Daging Sapi - Step 2
3
Sambil nunggu daging sapi, haluskan semua bumbu halus. (kluwek di rendam air panas dulu, dan pastikan kualitas kluweknya bagus, empuk dan tidak berasa pahit). saya halusin pakai cobek, krn menurut saya lebih sedep kalau pake cobek, walau ga bisa sehalus pake blender sih.. hehehe
Rawon Daging Sapi - Step 3
Rawon Daging Sapi - Step 3
Rawon Daging Sapi - Step 3
4
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan bumbu rempah tambahan. aduk rata. tambahkan sedikit air supaya bumbu tidak gosong. masukkan daging yang sudah setengah matang (tanpa airnya ya, sisihkan air untuk kuah). masak hingga bumbu meresap dalam daging.
Rawon Daging Sapi - Step 4
Rawon Daging Sapi - Step 4
Rawon Daging Sapi - Step 4
5
Tuang air rebusan daging, masak hingga daging empuk dan matang. tambahkan garam, penyedap rasa, gula pasir. aduk rata. koreksi rasa. sesaat sebelum diangkat masukkan daun bawang. aduk rata. (pada saat kuah mendidih manda juga memasukkan cabai rawit, jadi ketika rawon matang cabai rawit diangkat dan dihaluskan dengan sedikit garam untuk sambal cabai)
Rawon Daging Sapi - Step 5
Rawon Daging Sapi - Step 5
Rawon Daging Sapi - Step 5
6
Angkat dan sajikan dengan ditaburi bawang goreng. hidangkan dengan semua pelengkapnya.
Rawon Daging Sapi - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Resep Aslinya.... Source : Xander's Kitchen #Cocomtang #CookpadCommunity_Tangerang #PejuangGoldenApron3

Soto daging bening sederhana

Soto daging bening sederhana

Anakku kebetulan lagi sariawan. Karena dia suka banget makan soto daging. Akhirnya aku coba buat aja makanan kesukaannya.

4 orang
1 jam 20 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Dpt chatt nih dari Tehmin.. Katanya bikin menu masakan khas Sumatera Barat. Emang yaaaa kalau makan d RM Padang itu, pasti khasnya sama rendang dan sambel ijonya.. Secaraaa rendang itu masakan aseli Indonesia yg sudah terkenal di Mancanegara. Karena kelezatannya, rendang digadang - gadang sebagai salah satu makanan terenak d Dunia 😍😍 Cuusss ah masak. Jangan lupa, masak nasinya lebihin yaaa, karena menu yg satu ini bakalan ngabisin nasi berkali2 😂😂 Di sini Saya pakai resep andalan dr 'kiblat perdapuran' Saya yaitu, Si Iboooo Etu. Siapa yg ga kenal sama Beliau 😍😍 Jargon masakannya yg sakiceup tring tp rasanya enduull. Saya buat versi daging 1/2kg saja ( stok daging yg ada cuma segitu 😁😂 )Menu rendang ini ada di buku Go-kitchen pertama. Mari Kita masaakkk #ComboAnjangsana_TamboCiyek #CookpadCommunity_Bogor

8 porsi
2 jam
Nasi Goreng Hijau Daging Se'i

Nasi Goreng Hijau Daging Se'i

#seninsemangat #cookpadcommunity #pejuanggoldenapron3

11. Martabak daging cincang kuah cuko dan acar

11. Martabak daging cincang kuah cuko dan acar

Cemilan yang suka di cari kala ujan, anget-anget kriuk nya bikin ketagihan ditambah kuah cuko dan acara pedes asem nyoiii 😋

5-7 orang
1 jam 30 menit
Bistik Daging Giling

Bistik Daging Giling

Punya anak balita jd salah satu tantangan ketika masak dengan bahan dasar daging, karena kalau kurang lembut, anak ku sering kesulitan nelannya. Salah satu opsi menu daging yang bisa mudah dimakan, pakai daging giling gini. Ditambah sayur brokoli kesukaan Nak Lanang.

Semur Daging & Kentang

Semur Daging & Kentang

Untuk semua yang ingin memasak semur dengan simpel

4 porsi
1 jam
Tongseng Daging Sapi

Tongseng Daging Sapi

Suka banget sama yg namanya tongseng, tapi kalo bikin sama mamak tu pasti rasanya jadi kaya terik, kzl 🤣 Adakah yg salah dg resep? Ini searching di cookpad tapi lupa punya siapa hehe. . #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #PejuangGoldenApron3

Tongseng Daging Sapi

Tongseng Daging Sapi

Memulai tahun 2021 dengan tongseng sapi, pengennya sih jalan-jalan, makan di luar tetapi keadaan masih kayak gini jadi ya masak sendiri aja 😊😊 Semoga menambah ide masakan untuk keluarga ya moms.

2 orang
45 menit
Semur Daging Sapi Empuk Simpel

Semur Daging Sapi Empuk Simpel

Bismillah Jumat,19 Maret 2021 Resep : Ummu husain #Cookpadcommunity_Bogor

Daging kuah merah

Daging kuah merah

#CookpadCommunity_Jakarta

Asem asem daging

Asem asem daging

Ceritanya pengen bikin yg seger2, karena banyuwangi lagi hujan deres, jadilah asem asem ini, oiya ini resepnya saya lihat di pnya XandersKitchen ya, tp ada yg saya modifikasi sedikit..

3 orang
2 jam (skalian biar daging empuk)
Tongseng Daging Sapi ala Xanders

Tongseng Daging Sapi ala Xanders

Sebelumnya, sudah pernah share resep Tongseng Daging Sapi, kali ini, cobain resep Tongseng ala ci Jun Xanders Kitchen. Kami buatnya 1/2 resep dari resep yang tertulis ya.. lho kami?? Ya dong...Masak tongseng berdua dengan ibu, bertiga ding dengan anak wedok, tapi anak wedok bagian makan nya hehhee... Ibu yang bagian nyiapin bahan-bahannya, aku yang bagian ngolah, anak saya bagian makan... :p Enakkkk... makasih ci Jun untuk resepnya. #MasakSekeluarga #PejuangGoldenApron3 #PGA3Week30 #CookpadCommunity_Surabaya #SuroboyoPark #Landosmom

Soto kuning daging santan

Soto kuning daging santan

#CookpadCommunity_Depok #Cookpad_id

Mpasi 5 - 6 bulan : bubur wortel daging sapi

Mpasi 5 - 6 bulan : bubur wortel daging sapi

ini aku masaknya pake slow cooker yah moms🤗 takaran yg aku sajikan cuma perkiraan aku aja yaa moms secukupnya aja gak pake di timbang2 hehe kalau moms mau timbang dlu jg gpp tapi aku gak tau perlu berapa gram nya hehe yg penting di sesuaikan aja ya moms sama kapasitas makan baby nya masing2 :)

2 kali makan
2 jam slow cooker
Sambel Goreng Daging Kentang Praktis

Sambel Goreng Daging Kentang Praktis

Pengen sambel goreng no uleg2 masak sambil masak yg lain jd no ribet. Enaaaak ni sedeeep.

5 orang
1 jam
Tumis Mix Vegetables campur daging cincang

Tumis Mix Vegetables campur daging cincang

Cocok untuk sarapan pagi. Kebetulan ada sisa frozen mix vegetables, jd untuk sayuranya saya pakai itu. Sebenarnya enakan yg dipotong potong sendiri sayurannya. Tp buat sarapan pagi, kalau lg RBT alias ribet, pakai frozen mix vegetables lebih simpel. Foto langsung fresh from the wajan ✌️

2-3 porsi
30 menit
Daging bumbu kecap

Daging bumbu kecap

Mencoba masak daging

4-5 orang
1 jam