Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Inspirasi Menu Tanggal Tua: TERIK TAHU & TELUR ala Semarangan yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada January 7, 2022

Inspirasi Menu Tanggal Tua: TERIK TAHU & TELUR ala Semarangan

Bagaimana membuat Inspirasi Menu Tanggal Tua: TERIK TAHU & TELUR ala Semarangan yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Inspirasi Menu Tanggal Tua: TERIK TAHU & TELUR ala Semarangan yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Inspirasi Menu Tanggal Tua: TERIK TAHU & TELUR ala Semarangan, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Inspirasi Menu Tanggal Tua: TERIK TAHU & TELUR ala Semarangan bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Inspirasi Menu Tanggal Tua: TERIK TAHU & TELUR ala Semarangan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Inspirasi Menu Tanggal Tua: TERIK TAHU & TELUR ala Semarangan memakai 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Terik itu bukannya opor ya??? Ohhhh Bedaaaa dong marimar! Terik (Semarang) itu ciri khasnya ada aroma ketumbar dan jinten yang mendominasi dan kuat banget karena ya pakenya banyak, trus rasanya juga agak manis dan kuahnya lebih kental. Sedangkan kalau opor tuh balance ya rempahnya, rasanya juga cenderung gurih dan tidak terlalu kental. Kalau dari bumbu dasarnya sih hampir mirip opor, tapi ya tadi jinten ama ketumbarnya ditonjolin.. rasanyapun beda banget lho sama opor. Nah ini temennya bubur nasi, biasa kalau pagi pagi banyak yang jual di pinggir jalan.. #ResepMadam #Cookpadcommunity_Semarang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Inspirasi Menu Tanggal Tua: TERIK TAHU & TELUR ala Semarangan:

  1. 4 butir telur ayam (rebus, kupas kulitnya)
  2. 5 buah tahu putih/kulit (potong serong jdi 2 bagian)
  3. 2 lembar daun jeruk
  4. 1 batang serai, geprek
  5. 1 lembar daun salam
  6. 1 ruas lengkuas, geprek
  7. 1,5 sdm gula (atau sesuai selera)
  8. 1 sdt garam (atau sesuai selera)
  9. 100 ml santan kental
  10. 1800 ml air
  11. 5 sdm minyak untuk menumis
  12. Bumbu Yang Dihaluskan
  13. 5 siung bawang merah
  14. 4 siung bawang putih
  15. 2-3 butir kemiri
  16. 1 ruas kunyit
  17. 2 sdt ketumbar butiran
  18. 2/3 sdt jinten butiran
  19. 1/3 sdt merica butiran

Langkah-langkah untuk membuat Inspirasi Menu Tanggal Tua: TERIK TAHU & TELUR ala Semarangan

1
Pertama, haluskan bumbunya terlebih dahulu. Lebih mudah diblender aja biar cepet. Atau kalau mau diuleg ya boleh... untuk rempah seperti merica-ketumbar-jinten saya memilih yang butiran ya biar aromanya kuat. Sisihkan dulu bumbu halusnya.
2
Panaskan minyak, tumis bumbu halus. Masukkan daun salam, serai, daun jeruk dan lengkuas. Tumis hingga wangi.
3
Setelah wangi, masukkan air. Aduk rata biarkan hingga mendidih ya.
4
Lanjut.. masukkan telur dan tahu. Bumbui dengan gula garam dan santan. Aduk rata, cek rasa. Terik Semarang identik dengan rasa agak manis, kalau kalian kurang suka masakan manis utk gula garamnya bisa disesuaikan dengan selera ya..
5
Masak hingga mendidih kembali dan semua bahan matang.
6
Matikan api. Sajikan terik dengan bubur nasi atau lontong.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

#46 Terik Daging Sapi Khas Solo

#46 Terik Daging Sapi Khas Solo

Memperingati hari kelahiran Eyang Putri tercinta kami yang berpulang 22 Agustus 2020 lalu, saya mencoba membuat menu masakan Eyang yang merupakan kesukaan kami semua, anak-anak dan cucu-cucu. Pada saat Eyang masih sehat, setiap Eyang berkunjung ke rumah putra putrinya, beliau selalu menyempatkan untuk memasak Terik Daging ini. Bukan resep asli, karena tidak sempat menanyakan sebelum Eyang akhirnya berpulang, namun saya menemukan resep Paramita Prasetyo di YouTube yang "ndilalah" mirip sekali rasanya dengan masakan Eyang Putri saya. Begitu mencoba dagingnya yang empuk dan rasa bumbunya yang manis gurih, saya begitu terharu karena bahagiaaa. Kemiripan rasanya bagai pengobat rindu dan bikin makin kangen sama Eyang. Matur nuwun, mbak!

4 - 5 orang
2 jam
Opor Ayam Simpel

Opor Ayam Simpel

Saat musim hujan kayak gini mah enaknya makan yang gurih gurih berkuah. Opor ayam misalnya.. dibawah tertulis ukuran cm itu sama dengan kurang lebih 1 ruas jari ya bund..

Opor Ayam

Opor Ayam

Olahan ayam berkuah ini lezat dinikmati bersama lontong, nasi atau ketupat, terlebih dilengkapi dengan kerupuk udang, sambal dan acar... yummm.. komplit rasanya. Sepertinya setiap keluarga memiliki resep opor ayam andalan untuk dihidangkan pada saat hari raya atau acara-acara kumpul keluarga. Hangatnya opor ayam jadi bikin kangen kumpul keluarga besar... semoga pandemi segera berakhir ๐Ÿค— #PekanRayaAyam #AyamBerendam

Opor Ayam

Opor Ayam

2 orang
Opor ayam

Opor ayam

Makanan favorit keluarga.. Khususnya anak lanang.. Semenjak mpasi sampe sekarang umur 7 tahun opor ayam menjadi salah satu makanan favoritnya.. Alhamdulillah..

Opor Ayam Kuah Susu Topping Kentang

Opor Ayam Kuah Susu Topping Kentang

setelah buat puding oreo kesukaan anak2, ada sisa susu uht. kepikiran buat opor ayam pke kuah susu ini.. rasanya leziz, gurih dan sehat tentunya karena ga pke santan.

4 orang
60 menit
Opor Ayam Bumbu Kuning

Opor Ayam Bumbu Kuning

Tanpa penyedap rasa

6 orang
Opor ayam kesat

Opor ayam kesat

#PejuangGoldenApron3 Minggu ke 35

5 orang
1 jam
Labu Siam Telor Puyuh Bumbu Opor

Labu Siam Telor Puyuh Bumbu Opor

Udah sering masak menu ini dan baru terpikir buat share resep ๐Ÿ˜ bumbunya persis dengan resep opor yg sudah pernah sy share sebelumnya, hanya skrg komposisi beda, pake labu siam dan telor puyuh. Bbrpa hari ini bikin menu yg simple, yg sekali masak udah sayur ama lauk jadi satu ๐Ÿ˜… males ribet. Sayur ini seger bgt, pke bumbu opor tp dibikin encer, ga kentel kyk opor. Aromanya... Hmm.. Manthaapp. Anak sy suka.. Klo saya masih perlu sambel biar pedes. Sambel ga usah bikin, ribet amat beli aja yg instan sachet an ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Ini enak, sebenernya sy buat pas lebaran kemarin... #PejuangGoldenApron3

Opor Ayam Anti Gagal

Opor Ayam Anti Gagal

Merindukan suasana lebaran di bulan desember ๐Ÿ˜Š

3-4 orang
45 menit
Opor Ayam Bumbu Kuning

Opor Ayam Bumbu Kuning

Ikut meramaikan Posbar Kampung Ramadan nya Cookpad Minggu ini. Kali ini saya bikin Opor Ayam Bumbu Kuning. Sebelum menikah saya belum pernah makan opor karena kalau lebaran orang Minang biasanya bikin lontong gulai. Tp sekarang sejak menikah suami minta opor mulu dan Alhamdulillah ini enak dan sesuai selera. Cobain yuuuk Source : Gema Nurani Mahesari #KualiEmak #KampoengRamadan #PekanPosbarSayurLebaran #CookpadCommunity_Sumbar #Basidoncek #PejuangGoldenApron3 #GenkPejuangDapur #GASpesialRamadanPeda

Opor Ayam

Opor Ayam

Ternyata bikin opor gampang itu cepet dan gampang loh bun! Yuk bikin juga

4 orang
20 menit
Creamy Opor Ayam

Creamy Opor Ayam

Bikin opor ayam pakai Fiber creme sebagai pengganti santan dan susu,,rasanya juga ga kalah dengan dua bahan tadi ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹alhamdulillah suami makannya nambah lagi๐Ÿคญ Source : Elenka Fiber Creme #cookpadcommunity_Cilegon #cookpadcokmunity_Banten #pekanposbar #pekanposbarsayurlebaran #kampungramadan

Opor Ayam Kuah Putih

Opor Ayam Kuah Putih

Kuahnya dibuat kental lebih endulll

Opor Ayam Betawi#DapoerMmannaRohana

Opor Ayam Betawi#DapoerMmannaRohana

#pekanposbarsayurlebaran #Pekanposbar #KampoengRamadan #CookpadCommunity_jakarta Opor ayam buat nemenin makan ketupat sayur plus sayur besan besok lebaran Aku buat opor Allaa Ibu aku khas Betawi bumbu no ribet Tapi enak dan sedap nyok kita tumis tumis bumbu biar wangi #DapoerMmAnnaRohana

6.porsi
40.menit
Terik Labu Air Telur Tahu

Terik Labu Air Telur Tahu

Liat labu air lgsg keingt masakannya ibu dlu suka klo dimasakin beginian. Ini hampir sma kyk opor sih cuma gg pakai jinten bumbunya.

Terik Tahu Tempe Fiber Creme

Terik Tahu Tempe Fiber Creme

Akhir-akhir ini emang ngurangin banget penggunaan santan biar ibun bapak yang punya sakit kolesterol dan asam urat gak kambuh. Akhirnya beralih pake fiber creme deh. Sejauh ini bisa dijadikan pengobat rindu masakan santan. Yang pasti kalo masak pake ini, masakannya jangan diangetin ya.. cukup untuk 1 hari makan saja. Karena kalo diangetin cremenya jadi encer (pecah). Ini bisa juga jadi opsi yang mau diet, biar tetep aman dietnya, masak santannya ganti fiber creme.

4 orang
1 jam