Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘ yang Lezat

Dipos pada January 12, 2022

Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘

Hari ini saya akan berbagi resep Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘ yang praktis Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘ yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘ ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘ kira-kira 4 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, waktu yang diperlukan dalam memasak Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘ diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘ sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘ memakai 20 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Paling demen deh kalau ada request dari suami atau anak soal menu yang mereka ingin makan, jadi ga bingung mau masak apa. Nah, kemarin suami bilang ingin makan opor ayam. Berbeda dari biasanya, kali ini aku masak opor ayam bumbu kuning. Resep ini terinspirasi dari Nia Bayens. Mantul banget deh rasanya, wajib coba! #cookpadcommunity_surabaya #suroboyopark #MisiRahasiaSiapaTakut

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘:

  1. 500 gram ayam, potong-potong
  2. 4 butir telur rebus
  3. 10 buah tahu, goreng
  4. 750-800 ml air
  5. 1 sachet santan instan
  6. 1 batang serai, memarkan
  7. 2 lembar daun salam
  8. 3 lembar daun jeruk, sobek bagian tengahnya
  9. Sejempol lengkuas, memarkan
  10. Secukupnya garam, gula, dan merica bubuk
  11. Secukupnya kaldu bubuk ayam (optional)
  12. Bumbu halus:
  13. 3 siung bawang putih
  14. 6 siung bawang merah
  15. 1 ruas kunyit
  16. 2 buah kemiri, sangrai
  17. 1 sdt ketumbar, sangrai
  18. 1 ruas jahe
  19. Taburan:
  20. Secukupnya bawang merah goreng

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘

1
Didihkan air secukupnya, rebus ayam hingga setengah matang. Tiriskan (airnya dibuang)
Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘ - Step 1
Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘ - Step 1
2
Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bumbu halus, lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan serai hingga wangi.
Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘ - Step 2
3
Masukkan ayam, telur, dan air.
Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘ - Step 3
4
Tambahkan santan, tahu goreng, gula, garam, kaldu ayam bubuk, dan merica bubuk. Masak hingga matang. Cicip dan koreksi rasa. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng.
Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘ - Step 4
Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘ - Step 4
Opor Ayam Telur Bumbu Kuning πŸ‘ - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

184. Opor Ayam Hari Raya

184. Opor Ayam Hari Raya

Hari raya kemarin masaknya opor.... #PejuangGoldenApron3

Opor baby siem

Opor baby siem

Ini request anak aku yang besar, kuah santen itu favoritnya.. Dan seperti saya bilang anak-anak lebih banyak butuh lemak, jadi untuk bunda yang masih punya balita sangat direkomendasikanπŸ‘πŸ»

4 porsi
+/- 20 menit
Opor telur n tahu

Opor telur n tahu

Masak murah tp mewah

4 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Assalamualaikum.. #DiRumahAja setelah ketupat done βœ”οΈ selanjutnya bikin opor.. Weehh, jadi favorit banget nih apalagi ditambahkan telur pindang dan sambal.. Gak bisa nolak kalo kayak gini dan Alhamdulillah pasukan dirumah makannya lahap banget sekalian ikut meramaikan Weekend Challenge #CABEKU dengan tema Olahan Ayam πŸŽ‰πŸŽ‰ Source : Fitri Sasmaya #CookpadIndonesia #Cookpadcommunity_Malang #Dapoer_Bia #DiRumahAja #CookpadCommunity_Surabaya #RekrutmenAgenRahasia1 #GodaTeflon #MasakAsyik #CABEKU #ayaminlopwityu

+/- 45 Menit
Opor nangka muda telur bulat

Opor nangka muda telur bulat

Lagi pengen banget makan sayur nangka bikinan nenek dikampung tapi lagi nggak bisa mudik gegara psbb kan ya , yaudalah coba coba aja bikin sendiri πŸ˜‹ lumayanlah yaa ..

Opor Ayam byTia

Opor Ayam byTia

Tiba tiba pengen aja opor ayam buat sahur

Opor Ayam Kuah Putih

Opor Ayam Kuah Putih

Ini masaknya sehari sesudah masak gudeg karena kepikiran kurang lengkap tanpa opor ayam dan kebetulan memang punya stok ayam di freezer. Klo untuk sambal kreceknya memang gak buat karena bahannya tidak ada... Resep ini saya modifikasi dari dua resep yang saya liat dari mbak titin dan mbak anieza serta digabung dengan cara saya klo masak opor seperti ini... ayamnya bisa direbus sebentar, trus tiriskan dan rebus kembali hingga kuahnya dapet. Kadang2 sy pake cara itu juga tapi berhubung pengen ayamnya tidak terlalu amis dan tekstur lebih keset makanya saya goreng dulu sebentar saja.... Silahkan dicoba, jangan lupa tag saya dan komen πŸ™πŸ™πŸ™ #PejuangGoldenApron3 #oporayam

Opor Ayam

Opor Ayam

Masih edisi kangen dengan masakan lebaran, akhirnya saya coba bikin opor ayam. Alhamdulillah anak-anak saya termasuk yang bayi lahap banget dan nambah terus. MasyaAllah.

343. Terik 3T (Tahu, Telur, dan Tempe)

343. Terik 3T (Tahu, Telur, dan Tempe)

Variasi olahan tahu, telur, dan tempe jadi satu. Pertama kalinya saya masak menu terik. Terinspirasi dari resep Terik milik kak @Rose Shanty yang sudah lama tersimpan di bookmark saya, namun karena saya tidak punya stok ayam jadi saya ganti dengan tempe. Bumbunya cukup berani (takarannya cukup banyak) jadi rasa teriknya mantabs, betul terasa gurih, manis, serta sedikit asam. πŸ‘ŒπŸ‘πŸ˜πŸ˜‹ Source: Rose Shanty #PejuangGoldenApron3 #Week21 #Cookpadcommunity_Yogyakarta #OlahanTahuKayana #OlahanTelurKayana #OlahanTempeKayana

7 - 8 Porsi
30 menit
Opor ayam tahu telur

Opor ayam tahu telur

Si kecil lagi gak mau makan pake lauk, akhirnya bikin opor aja, lauk ayam tahu buat suami, lauk telur buat si kecil. Akhirnya mau makan pake lauk telur deh. Hehe.

Opor ayam & telur

Opor ayam & telur

Baru belajar masak opor ayam diajarin mertua

Opor ayam kampung pedas

Opor ayam kampung pedas

Masih dalam edisi lebaran, kangen masakan almh ibu #PejuangGoldenApron2

Opor Tahu Kulit

Opor Tahu Kulit

Bosen tahu di goreng ajah.. Di bikin opor aja, jadi nikmat tiada tara.. πŸ˜‹πŸ˜… #PejuangGoldenApron2 #CookpadCommunity_Depok

Opor Ayam

Opor Ayam

Resep opor ayam ini bisa diliat juga di youtube Channel "Dapur Irez" πŸ‘ŒπŸ‘Œ