Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Rendang Daging Khas Padang yang Sempurna

Dipos pada January 29, 2020

Rendang Daging Khas Padang

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Rendang Daging Khas Padang yang praktis Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Rendang Daging Khas Padang yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Rendang Daging Khas Padang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Rendang Daging Khas Padang sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Rendang Daging Khas Padang sekitar 30 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Rendang Daging Khas Padang diperkirakan sekitar 3 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging Khas Padang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging Khas Padang memakai 22 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kali ini tugas Agen Rahasia Gemes Bund 007 adalah kunjungan ke Sumatera, untuk mendapatkan petunjuk baru. Ada kisikan klo ada pengaruhnya saat chef Gordon Ramsay dan chef William Wongso masak bareng untuk Gubernur Sumatera Barat, Bapak Irwan Prayitno. Apa itu? Masakannya adalah RENDANG. Jadi saya cari2 resep rendang untuk saya recook. Saya belum pernah masak rendang sebelumnya, jadi saya bongkar satu2 resep2 rendang yang dimasak oleh cookpader2 yang tinggal di Sumatera. Ini tidak mudah, karena banyak resep2 rendang yang dimasak oleh bukan orang yang tinggal di Sumatera πŸ˜…. Tapi saya menemukan resep #RendangDagingKhasPadang dari mbak #NoviUmmuHusna yang tinggal di #kotaMedan . Perjuangan masih berlanjut. Saat memasak, rendang kudu dimasak perlahan, sampai kandungan air habis berganti minyak. Saya benar2 berdiri mengaduk selama 3 jam!! Rekor saya nih! πŸ‘πŸ»πŸ˜„. Karena kata chef Wongso, rendang kudu tidak berair agar tahan lama. Kaki dan tangan pegel2, ditambah sakit pinggang rasanya sebanding dengan hasil Rendang saya yang enak banget. Coba deh πŸ˜˜πŸ‘ŒπŸ». Kalau ada kesempatan saya ingin belajar masak menu2 yang biasanya ada di rumah makan padang dan cara mengolah andaliman. Secara saya belum pernah lihat dan pegang andaliman 😁. #MenjesMenari #AgenRahasiaKeSumatra #CookpadCommunity_Malang #GA_TheNextLevel Minggu 8.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging Khas Padang:

  1. 500 gr daging sapi
  2. 500 gr kelapa parut
  3. Bumbu yang dihaluskan:
  4. 250 gr cabe besar merah
  5. Segenggam bawang merah
  6. 5 siung bawang putih
  7. 1 sdm ketumbar
  8. 2 cm jahe
  9. 5 cm lengkuas
  10. 1 butir buah pala
  11. Bumbu yang diutuhkan:
  12. 5 lembar daun jeruk purut
  13. 2 lembar daun kunyit
  14. 10 buah cengkeh kecil (resep asli tidak pakai)
  15. 2 buah bunga lawang
  16. 5 buah kapulaga
  17. 1 jempol asam kandis
  18. 2 batang serai
  19. Bumbu perasa:
  20. 2 sdt garam
  21. 1 sdm gula
  22. 1 sdt merica bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging Khas Padang

1
Cuci bersih daging, keringkan dengan tisu dapur. Potong2 daging.
Rendang Daging Khas Padang - Step 1
Rendang Daging Khas Padang - Step 1
2
Ambil 6-7 sdm kelapa parut, lalu sangrai hingga kering kecoklatan dengan api kecil. Setelah dingin bisa diremas-remas ato diulek halus. Sisihkan. (Pemberian kelapa sangrai adalah tambahan dari saya, di resep yang saya recook tidak pakai)
Rendang Daging Khas Padang - Step 2
Rendang Daging Khas Padang - Step 2
3
Tuang 1 liter air hangat di parutan kelapa. Tunggu beberapa saat, baru diperas, saring dan taruh di wadah, sisihkan (santan kental). Tuang lagi 1 liter air, buat santan encer. Peras, saring di wadah berbeda (wajan untuk masak rendang). Masukkan daging. Masak sambil sesekali diaduk. Tapi setelah mendidih harus diaduk terus agar santan tidak pecah.
Rendang Daging Khas Padang - Step 3
Rendang Daging Khas Padang - Step 3
Rendang Daging Khas Padang - Step 3
4
Sementara itu, siapkan bumbu2nya. Haluskan cabe merah, klo kurang suka pedas, buang biji2 cabe sebelom diblender. Proses bumbu lainnya seperti di foto.
Rendang Daging Khas Padang - Step 4
Rendang Daging Khas Padang - Step 4
Rendang Daging Khas Padang - Step 4
5
Tambahkan bumbu halus dan bumbu utuh di rebusan daging saat sudah mendidih. Masak sambil diaduk perlahan selama 1 jam, ato sampai mengental.
Rendang Daging Khas Padang - Step 5
Rendang Daging Khas Padang - Step 5
Rendang Daging Khas Padang - Step 5
6
Tuang sambil disaring santan kental (perasan santan pertama). Aduk perlahan, tahan jangan ditinggal agar santan tidak pecah. Biarkan air menyusut dan kuah mengental.
Rendang Daging Khas Padang - Step 6
Rendang Daging Khas Padang - Step 6
Rendang Daging Khas Padang - Step 6
7
Foto pertama adalah saat 1 jam ke dua. 30 menit kemudian saatnya beri garam, gula dan merica bubuk. Aduk rata. Tes rasa.
Rendang Daging Khas Padang - Step 7
Rendang Daging Khas Padang - Step 7
Rendang Daging Khas Padang - Step 7
8
Jika rasa sudah sesuai, masukkan kelapa sangrai. Aduk terus perlahan dengan api sangat kecil sampai keluar minyak. Persis 3 jam hasilnya seperti foto ke 3. Siap disajikan.
Rendang Daging Khas Padang - Step 8
Rendang Daging Khas Padang - Step 8
Rendang Daging Khas Padang - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Masakan wajib di hari Minggu,kalo hari kerja ga berani makan jengkol😁🀭 #pejuanggoldenapron2

Rendang pedas tempe gembus

Rendang pedas tempe gembus

Ini juga rendang, pedas lagi. Tapi buat yg vegetarian #rendangtempegembus 🌺Tempe gembus memiliki kandungan nutrisi yang lebih rendah dibanding tempe kedelai pada umumnya. Sebab tempe ini dibuat dari fermentasi ampas tahu. 🌺Namun demikian, tempe gembus rendah lemak dg kadar serat yg justru lebih tinggi, dan mengandung asam lemak esensial, serta isoflavon. Sehingga disinyalir tempe ini bermanfaat melancarkan pencernaan, mendukung fungsi otak, dan menjaga kesehatan jantungπŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€— #PejuangGoldenApron2

Rendang

Rendang

Ini pertama kalinya masak rendang, dan alhamdulillah berhasil. Dapet resep dari teman di minang. Rasanya enak dan pas. Yuk coba recook. #TiketMasukGoldenApron3 #TimHebring

Rendang ati ayam

Rendang ati ayam

#dirumahaja....ternyata pas beuberes masih liat sisaan bumbu rendang.jadilah di jodohkn ama ati ayam heheh.krn ati ayam pun masih ada sisaan setok di frezer.ternyata klop juga.cuz

Rendang sapi bumbu instan

Rendang sapi bumbu instan

Bikin catatan resep disini untuk diri sendiri juga. Kalau2 suatu hari nnti buat lagi ngga lupa step2 nya

4 s/d 8 orang
3 - 4 jam
Rendang daging

Rendang daging

Sudah dari Maret pengen (masak) makan rendang tapi ada corona jadi ga bisa masak. Beli dagingnya terbatas. Singkat cerita, nemu penjual daging cocok, diantar ke rumah dan yeay bisa masak..

Rendang Sapi Rempah

Rendang Sapi Rempah

Lebaran gak pas kalo gk masak menu yg satu ini ya..tp saya pny cara yg berbeda ketika memasaknya, meski pakai santan instant rasanya gak kalah lezat dgn yg pake santan kelapa asli..yukk cobain! #PejuangGoldenApron3

3-4 orang
90-120 menit
Rendang Daging Khas Padang

Rendang Daging Khas Padang

Rendang atau randang adalah masakan daging yang berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak. Di Minang, jenis rendang ada 150 rasa dari berbagai desa disana Intinya bumbu rendang ini bermula dari KEBETULAN, yaitu dari gulai yg dipanasi terus menerus menjadi kalio (masih ada kuahnya kental) hingga berwarna hitam kering. Rendang itu teksturnya lembut dan bumbunya kering. Rendang itu penggosongan santan, jdi pilih kelapa yg benar-benar bagus supaya rendangnya tetap awet dan nikmat. Nah berhubung misi kali ini #AgenRahasiaKeSumatra, dan misinya sesuai petunjuk mama cookpad, semoga qta berhasil sebagai tim #KONICHIWA sepakat membuat rendang. Rasanya gurih, wangi rempah, dan santannya pun terasa enak meski sudah meresap kedagingnya. Dagingnya pun sesuai selera ya, boleh dicincang, boleh diiris tipis, atau dipotong dadu. Nih resep recook langsung dari @CookpadCommunity_Padang Boleh kok kenalan langsung sama pemilik resepnya @Mita.W#MommyFayzel# Nah, bentar lagi kan Idul Adha, siapa tau punya stok daging, n bingung dimasak apa, sesekali main2 lah ke Padang yuk bareng tim qta, seru abis loh Gag perlu repot2 n jauh2 naik pesawat kesana, cukup #KeDapurAja Cekidot.... #PejuangGoldenApron3 #BerjuangBersamaTeman #CookpadCommunity_Surabaya #Cookpad_id #MasakItuSaya

4-6 orang
2 jam
Rendang Daging

Rendang Daging

Lebaran masih lama. Kita buat rendang duluan. 😁 biasa kalo lebaran #DirumahAja ibu slalu bebikin rendang kl ndk Opor. Nasi kuning. Jadi kangen ibu di kampung 🀣 #FestivalRamadanCookpad #RamadanPenuhIdeMasakan #DutaReecookPontianak #MasakItuSaya #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_Borneo #PejuangGoldenApron3

Rendang Daging Sapi Bumbu Praktis

Rendang Daging Sapi Bumbu Praktis

Bismillahirrahmanirrahim... Assalamualaikum... Menu buka puasa hari ini yang praktis praktis aja #cookpadcommunity_depok

Rendang hati sapi

Rendang hati sapi

Stok hati masih banyak, kepengen masak rendang. Jadilah maaak nie makanan

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Source:Heny Rosita. Tiba2 suami minta rendang jengkol he..he..he..kayak bumil aja suamiku dan alhamdulillah suami suka dan ludes πŸ˜„πŸ˜πŸ˜˜makanya saya inisiatif untuk masak sendiri.Pemjual sayur mumpung ada jengkol 1/4 tan ya udah beli saja.Ada beberapa yang saya tambahi yaitu bumbu untuk rebusan jengkol. #PejuangGoldenApron2 #TeamTrees #SatuResepSatuPohon #BerburuCelemekEmas #CookpadCommunity_Madiun. #Mingguke-13

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Bikin rendang emang sudah tradisi kita sekeluarga sih baik idul fitri atau idul adha....sembari setoran untuk #BancakanOnlineBarengCookpad #ebook

20 orang
3 jam
Rendang Daging Vegetarian-Plant Based (bumbu instan)

Rendang Daging Vegetarian-Plant Based (bumbu instan)

Lagi nyoba plant-based lifestyle dan nyoba-nyoba resep rendang terus eksperiment pake daging analog... rasanya cukup memuaskan

8 orang
1 jam
Ayam Suwir Bumbu Rendang

Ayam Suwir Bumbu Rendang

Mertua tu aseli padang. Nah disana ada namanya "Daging Runtiah". Udah lama banget pengen lebaran disana cuma belum rejeki untuk kesana, bahkan keluarga yang sudah beli tiket pun harus dengan berat hati dibatalkan. Insha allah nanti setelah semua aman, bisa lebaran disana. Berhubung adanya ayam dirumah, gantilah si Daging Runtiah ini sm Ayam πŸ˜‚. Nah kebetulan ada yang DM juga nih minta resep Ayam Suwir Bumbu Rendang. Coba cari-cari resep yang kira-kira pas. Ketemu sama resep mba adis ini. Tertarik untuk coba. Di resep asli ayamnya 1 kg tapi saya hanya buat 1/4 kg aja. Dari segi teksture kering ya, sebenarnya gak susah ko untuk buatnya, cuma butuh waktu yang lama dan lelah karena harus terus aduk saat santan mulai kering hingga mendapat teksture ayam suwir yang kering. Diawal saya masak pakai wajan, tetapi saat proses mengeringkan ayamnya, diwajan ada sedikit kerak gosong, lalu saya pindahkan ke teflon, ternyata lebih enak diteflon πŸ€£πŸ˜‚. Untuk rasa, sebanding lah sama capenya, enaaakkkkk πŸ˜‹πŸ€€ Habis mateng, kirim foto ke mertua, katanya enak itu bun, coba deh ayam ganti daging, enakkk banget. Nanti pas bisa ke padang beneran, mari kita makan sepuasnya πŸ˜‚ Source : Dapur Adis #cookpadcoomunity_bekasi #cookpadcommunity #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #bundarazs #masakitusaya #masakmudah #mudikonline #festivalramadancookpad #ayamsuwirbumburendang #olahanayam #ayamsuwir #cookpadindonesia #clovercookinglover #bundarazs