Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Pecel Ayam Eksotis yang Enak

Dipos pada June 24, 2019

Pecel Ayam Eksotis

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Pecel Ayam Eksotis yang mudah Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Pecel Ayam Eksotis yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Pecel Ayam Eksotis, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Pecel Ayam Eksotis bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pecel Ayam Eksotis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pecel Ayam Eksotis memakai 29 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Source Mba Lulu Fu

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pecel Ayam Eksotis:

  1. 1/2 kg daging ayam
  2. 7 gelas air
  3. 2 lembar daun salam
  4. 3 lembar daun jeruk
  5. 1 batang serai
  6. 1 bungkus royco (aku 1 sdt kaldu jamur bubuk no msg)
  7. secukupnya minyak untuk menggoreng
  8. bumbu halus :
  9. 4 siung bawang putih
  10. 3 siung bawang merah
  11. 2 cm kunyit
  12. 2 cm jahe
  13. 3 cm lengkoas
  14. 1 sdt ketumbar
  15. secukupnya lada/merica
  16. 1 sdt garam dan gula
  17. Bahan Sambal :
  18. 3 siung bawang putih
  19. 7 buah bawang merah
  20. 15 cabai rawit merah (bisa kurang/lebih. selera)
  21. 7 buah cabai merah
  22. 2 butir kemiri
  23. 1 buah tomat
  24. 1 sdt terasi. bakar
  25. 1 sdm gula merah
  26. 1/2 buah jeruk nipis peras
  27. secukupnya sasa. (saya kaldu bubuk)
  28. Bahan Pelengkap :
  29. kol, timun dan daun kemangi (saya pake timun saja)

Langkah-langkah untuk membuat Pecel Ayam Eksotis

1
Bersihkan dan potong ayam sesuai selera. Kalo aku potong jadi 6 biar agak gedean dan utuh dagingnya.
Pecel Ayam Eksotis - Step 1
2
Haluskan bumbu. Kalo lagi rajin, aku ulek. Kalo yg ini di blender.
Pecel Ayam Eksotis - Step 2
3
Tumis bumbu, daun salam, daun jeruk, sereh. Sampai harum.tambahkan garam, gula, kaldu,air dan masukkan ayam. Aduk rata hingga ayam tertutup bumbu.tes rasa. Masak hingga ayam meresap (air surut dan mengental). Matikan kompor. Pindahkan ke wadah. Biarkan dingin.lalu goreng.
Pecel Ayam Eksotis - Step 3
4
Membuat sambal : Goreng bawang dan kemiri sebentar, tambahkan cabai dan tomat. Biarkan agak layu. (hati2 cabai meletus) usahakan di potong2 ya cabenya. Biar ga meletus bijinya. Bakar terasi sampai wangi. Kalo mau goreng bareng sama cabe. Ulek semua bahan sambal dan garam, ulek agak kasar ya.lalu tambahkan gula merah, ulek asal tercampur saja. Siram perasan air jeruk nipis. Sajikan sebagai pelengkap.
Pecel Ayam Eksotis - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bumbu pecel dan gado gado

Bumbu pecel dan gado gado

Saya pakai perbandingan kacang tanah: gula 2:1.

Pecel sayur

Pecel sayur

Pecel makanan yang terbuat dari sayuran yang di rebus dan ditaburi dengan bumbu kacang yang dibuat dengan cara di ulek.

Bumbu pecel

Bumbu pecel

Suami asli Madiun. hobbynya pecel. Bumbu pecel yg jadi kadang dapat yang udah tengik. kalau pesan ke tukang pecel lumayan mahal. kebetulan pasar deket rumah ada tukang gilingan kacang( jualan kacang goreng dan gula merah ). jadi gak repot blender atau numbuk kacang. tinggal bawa kelengkapannya aja.

Menu Diet GM Day 2 Pecel Sayur

Menu Diet GM Day 2 Pecel Sayur

Hari Ke2 Makannya Hanya sayur2an + air Putih 8 gelas . Sayurannya boleh di apaiin aja .. asal bumbu masaknya di kurangin .

Bakwan dan Bumbu Pecel

Bakwan dan Bumbu Pecel

Saya sedang rindu makanan dari beberapa daerah. Bumbu Pecel Semarang, Plecing Kangkung Lombok, dan Rumbah Indramayu. Jadilah masakan ini. :)

5 orang
1 jam
Pecel sayur (bayam+touge)

Pecel sayur (bayam+touge)

Ini pertama kali nyoba karena di sini jarang ada yang jual. Alhamdulillah enaaak #sayanganak kalau untuk anak2 bisa di kurangi cabe nya. Takut kepedesan. Selamat mencobaa😊

Pecel Lele Spesial from Bremen

Pecel Lele Spesial from Bremen

Berhubung weekend kemaren ga kemana mana, dan lagi kangen dengan makanan favorit waktu di Indonesia. Juga mewujudkan request nya suami, maka jadilah pecel lele..

6 porsi
60 menit
Terong Bakar Tempe kukus sambal pecel

Terong Bakar Tempe kukus sambal pecel

Suamiku suka banget sama terong. Tapi pengen bikin masakan yg beda,sekali2 masak ga pake minyak sama skali hehe.

Cilok bumbu pecel

Cilok bumbu pecel

Cemilan murah meriah 😊

Gendar Pecel

Gendar Pecel

Ceritanya kangen sama kampung halaman.....apalgi dg masakan yg satu ini, gendar pecel.....setiap pulg kampung, tdk lupa tiap hari selalu beli Gendar Pecel & Bakwan.....makanan yg satu ini ga pernah ketinggalan.....krn ini favoritku dr kecil sampai sekarang.....hehehehe Sebenarnya sering buat gendar pecel kl pas pengen....cuma ga pernah foto2 krn matang langsung ga sabar untuk menikmati...ini aj jg ga sempat foto step by step.....krn hp msh dicas.... Makanan yg satu ini termasuk khasnya Makanan Sragen.....rasanya bener2 bikin kangen unt mencoba & mencoba lagi....πŸ˜‹πŸ˜‹. Aku buat gendar pencel tanpa Bleng ya....

Tempe Orek Sambal Sisa Pecel Lele

Tempe Orek Sambal Sisa Pecel Lele

Mencoba memanfaatkan sambal pecel yang tidak habis dimakan, akhirnya jadilah kreasi tempe orek. #PejuangGoldenBatikApron

3 orang
30 menit
Pecel campur

Pecel campur

#intipisipiringku

Pecel kembang turi.... Ciaaaa.. Ooo

Pecel kembang turi.... Ciaaaa.. Ooo

Hari ini asli bingung mo masak apa... Pergi kepasar... Bingung lama.... Mikir liat sayuran.... Saking bingunngnya asal comot ja..... Lenbayung atau daun kacang panjang dua ikat... Mikir rencana mo dibuat sayur bobor.... Mpe rumah ingat... Masih ada kacang panjang dikulkas.... Baru mo bersihkan sayuran... Tiba tiba... Ada budhe sebelah rumah ngasih kembang turi.... SiiipπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„ Yo wesss.... Akhirnya buat pecel aja.... Beruntung smua penghuni rumah suka pecel...... Jadi.....Lngsuuuung...... Eksekusi...... Commmont........... πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

6 porsi
45 menit
Pecel lele ala ala πŸ˜‚πŸ˜‚

Pecel lele ala ala πŸ˜‚πŸ˜‚

Kang sayur cuma bawa lele Alhasil coba buat Pecel lele Ternyata Kata suami rasa nya persis Ama lalapan mas mas Yg jualan pinggir jalan Senang nya Di puji 😍😍😍

3 porsi
60 menit
Sambal Pecel Ayam

Sambal Pecel Ayam

Ini adalah sambal kesukaan buat temen makan ayam goreng, lele, tempe, tahu dan lain-lain, sambal ini rasanya persis dengan abang-abang pecel ayam. (Saya hanya akan share resep sambalnya saja)

3 porsi
10 menit
Sambal pecel

Sambal pecel

makan makanan sunda tanpa sambal itu rasanya kurang pas dech...akhirnya nyoba d bikin sambel pecel....dijamin enak d..

4 porsi
Nasi Pecel Praktis

Nasi Pecel Praktis

Ini sebenernya stok foto untuk ikut acara nya royco hehe tapi sambil menyelam minum air ahh sekalian share aja di cookpadπŸ˜