Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Ketupat yang cantik & awet yang Lezat

Dipos pada March 14, 2022

Ketupat yang cantik & awet

Anda sedang mencari inspirasi resep Ketupat yang cantik & awet yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ketupat yang cantik & awet yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Ketupat yang cantik & awet, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Ketupat yang cantik & awet bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Ketupat yang cantik & awet sekitar 15 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Ketupat yang cantik & awet diperkirakan sekitar +/- 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketupat yang cantik & awet sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketupat yang cantik & awet memakai 4 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Membuat ketupat tidak perlu berjam-jam lamanya.... Pake metode 5.30.7 lebih irit gas dan rasa di jamin maksyuss #KetupatLebaran

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketupat yang cantik & awet:

  1. 2 kg Beras
  2. 15 ketupat kosong
  3. Garam
  4. Air buat merebus ketupat

Langkah-langkah untuk membuat Ketupat yang cantik & awet

1
Beras di cuci lalu di rendam kurleb 1 jam, bilas lagi dan di rendam lagi & di beri sejumput garam (fungsi di rendam untuk hasil yang pulen, tetapi bila berasnya sudah jenis pulen, rendamnya tidak perlu lama)
Ketupat yang cantik & awet - Step 1
Ketupat yang cantik & awet - Step 1
2
Masukkan ke dalam ketupat (di isi 3/4 saja)
Ketupat yang cantik & awet - Step 2
Ketupat yang cantik & awet - Step 2
3
Setelah ketupat terisi semua, masukan ke dalam panci yang berisi air, dan ketupat harus kondisi terendam dalam semua (air paling tidak seruas jari di atas ketupat)
Ketupat yang cantik & awet - Step 3
Ketupat yang cantik & awet - Step 3
Ketupat yang cantik & awet - Step 3
4
Rebus ketupat (bisa memakai panci press cooker) dengan metode 5.30.7 yaitu 5 menit setelah air mendidih, lalu matikan api kompor, diamkan 30 menit dalam kondisi panci masih tertutup rapat. Dan rebus kembali selama 7 menit (di hitung dari air mendidih). Lalu buka tutup panci biarkan uapnya hilang baru angkat & tiriskan. Untuk meniriskan posisi ketupat di gantung supaya air dalam ketupat bisa turun (kalo saya, di tiriskan di atas panggangan yang di bawahnya panci besar)
Ketupat yang cantik & awet - Step 4
Ketupat yang cantik & awet - Step 4
Ketupat yang cantik & awet - Step 4
5
Sajikan setelah dingin. (Mohon maaf, lupa motret ketika ketupat di belah... Keburu habis🙈)
Ketupat yang cantik & awet - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sroto khas Sokaraja

Sroto khas Sokaraja

Karena masih pandemi, kalau mau makanan khas daerah kudu masak sendiri. Diakalin biar semirip mungkin sm rasa aslinya. Alhamdulillah seger buat menu makan siang 💕

3 orang
60 menit
Lotek

Lotek

Bismillah, Alhamdulillah. Masak lotek untuk diri sendiri dan keluarga. Bersama #Cookpad kita berbagi resep, dari tulisan bisa diubah menjadi masakan yang eunak buat keluarga. Coba yuuukkk..!! Sumber : Buku Salad Nusantara Populer Penerbit PT. Gramedia TIPS : Lotek lebih enak diolah dadakan, sesaat akan disajikan, Penambahan air asam bisa ditiadakan tetapi diganti dengan asam utuh, karena sayuran sudah banyak mengandung air.

4 orang
1 jam
Soto Makasar

Soto Makasar

Senang dech dapat resep soto Makasar yang lumayan simpel dan benar-benar enak sekali rasanya, lumayan lah rasa sama seperti rumah makan soto Makasar langganan, walaupun cuma di #DirumahAja bisa mengobati rindu akan menu ini, hoho.....suami dan anak-anak suka, next bakalan sering bikin menu ini dech biar gak sering jajan. #PejuangGoldenApron2 #MingguKe35 #MasakItuSaya #DiRumahAja #OlahanSotoMakasar

Kupat gulai ayam NO santan

Kupat gulai ayam NO santan

Besok kita merayakan hari raya Idul Adha ya.. mohon maaf lahir batin semuaa..Bagi sebagian orang yang sedang diet rendah kolesterol atau buat yang sedang diet menurunkan berat badan, lemak menjadi salah satu yang paling ditakuti, termasuk santan. Santan memang termasuk dalam golongan lemak jenuh, jadi mengurangi santan memang tidak salah.

6 orang
1 jam 30 menit
Ketupat sayur dgn telur sambal petis

Ketupat sayur dgn telur sambal petis

Masakan satu ini memang agak ribet makanya bikin kl pas lg ada acara z😃

Ketoprak

Ketoprak

Ketoprak ini adalah salah satu menu yang suka saya jual juga di kota kediri, karena saya asli Jakarta tapi lama tinggal di Bandung kemudian sekarang pindah ke kota Kediri, blom nemu tuh menu yang rasa asli jadi saya sering bikin menu Jakarta dan menu dari kota Bandung buat mengobati rindu 😁 dan kebetulan banyak temen" Yang suka juga.

Ketupat

Ketupat

Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa (janur) yang masih muda. Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Idul Fitri (Lebaran), ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa. Ketupat pastinya menjadi salah satu menu makanan yang selalu ada setiap kali lebaran. Ketupat atau kupat kependekkan dari ngaku lepat (mengaku salah), yang disimbolkan dengan anyaman janur kuning yang berisi beras lalu dimasak. Ketupat pertama kali diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga kepada masyarakat Jawa, beliau membudayakan sebuah tradisi, yaitu setelah Lebaran, masyarakat setempat menganyam ketupat dengan daun kelapa muda lalu disii dengan beras. Namun masyarakat Jawa sebelum kedatangan islam, jauh sebelumnya nusantara sudah akrab dengan hidangan yang bernama ketupat atau tipat atau apapun nama sebutannya, bahkan bukan tidak mungkin ketupat sudah ada sebelum asimilasi agama Hindu. Di pulau Bali, tipat juga sering dipersembahkan sebagai sesajian upacara, mereka menggabungkan antara agama Hindu dan budaya Jawa, daun kulit kelapa yang masih muda di bentuk beraneka ragam yang melambangkan simbol ritual acara sembahyangan yang memiliki makna filosofis mendalam untuk jagad mikrokosmik dan makrokosmik.

Katupat Kandangan Khas Kalimantan Selatan

Katupat Kandangan Khas Kalimantan Selatan

Resep lainnya, bisa kalian simak di akun instagram: @emira_dmayasari / @dapur_emira

10 porsi
Ketupat Presto

Ketupat Presto

Lagi kepingin makan ketupat..ini sudah hari ke-4 lebaran. Dipasar keputran-sby pada rame jualan ketupat yg Uda Jadi ini. Kebetulan lewat jadi kepingin beli..1 ikat ketupat ini ada 10 pcs harganya Rp 10.000 bund...kalo bikin sendiri mungkin bisa jadi banyak tapi saya belum bisa bikin ketupat sendiri dari daun kelapa ini 😁😁, jadi beli yg Uda jadi. Yuk kita bikin ketupat bund... #PejuangGoldenApron3

10 porsi
Kondro (Khas Makassar)

Kondro (Khas Makassar)

#PejuangGoldenApron3

Soto Banjar

Soto Banjar

Bismillah 26-09-2020 Alhamdulillah akhirnya PR recook Cookpad Class Online bersama mba Opibun terlaksana juga hari ni, rintangannya cari telur bebek😂😂, tanpa terduga paksu ikut nyari akhirnya dapat juga. Untuk pertama kali nya masak soto Banjar ternyata sedap ya, apalagi makan dgn lontong n perkedel lengkap sudah menu makan siang hari ni, makasih mba Opibun resepnya. Oea sy buatnya setengah resep jadi udah disesuaikan. Source : Opibun #SotoBanjar #BelajarBarengCookpad #CookpadCommunity_Aceh #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #PejuangGoldenApron3 #Week17 #ResepDapurYusraSfa

Ketoprak

Ketoprak

Dapet challenge dari suami,di suruh bikin ketoprak menu kesukaan dia waktu jaman kuliah😁dulu sering banget beli nasi lengko,tahu telor, dan ketoprak. maklum anak kuliahan yg di cari harganya murah dan porsinya banyak🤣yg penting kenyang soal rasa itu urusan belakangan..😆 karna tantangannya mudah yaudah di okein aja..biar sekalian nostalgia jaman kuliah😅 Yuk langsung k resep aja..

Lontong Sayur Banjar dengan Fibercreme

Lontong Sayur Banjar dengan Fibercreme

Source: @iqhaqyuth Recook & modified: Manda Evie Resep asli 👇 https://cookpad.com/id/resep/14307294-lontong-sayur-org-banjar-labu-siam?invite_token=ahMzAWEnkWPq8zpMHhPKTVxs&shared_at=1626105232 Meramaikan arisan recook Kebetulan banget masih ada ketupat Cuss deh bikin kuah lontong sayur Segar dan light rasanya dengan fibercreme Coba yuk moms 💕 #RecookBubuhanKaltim #BubuhanKaltim_IqhaQyuth #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Balikpapan

Ketupat / Lontong Magic Com

Ketupat / Lontong Magic Com

Recook dari mba Ummu_3A. Cara cepat dan mudah buat lontong, sangat membantu dalam kondisi kepepet😁

Udang Rebon Balado (Sambal Ketupat Belah Ala Pontianak)

Udang Rebon Balado (Sambal Ketupat Belah Ala Pontianak)

Assalamualaikum, bunda sayang.... Sarapan apa pagi ini ?? Saya masak ini aja bun, Udang Rebon Balado, buat teman makan ketupat. Kemaren dikasi ketupat sama kenalan, mau dibuat lontong sayur kok nanggung ya.... Ya udah buat udang rebon balado aja untuk teman makannya. Ini merupakan salah satu menu sarapan di daerah saya, cukup nendang di perut loh bun.... Yoook di coba resepnya bun.....sekalian ikutan di acara #BancakanOnlineBarengCookpad loh Bun, semoga aja saya bisa dapat hadiah #videoMasak... Aamiin #Udang #OlahanUdang #Udangbalado #Rebonbalado #SambalUdang #AksiDutaRecook #DutaRecookPontianak #Cookpadcommunity_Pontianak #Cookpadcommunity_Borneo #kedapuraja #BancakanOnlinebarengcookpad #videoMasak

5 porsi
20 menit
Tahu masak

Tahu masak

Mengakhiri Bulan mei, mempersiapkan tantangan golden apron 🤗, resep akhir dibulan mei ni, saatnya yg seger2 ni... Tahu masak rumahan praktis bgt kebetulann emang sudah punya bumbu kacang nya.. cuzzz 👉

Ketupat

Ketupat

Assalamu'alaikum.. lebaran sudah lewat ya, tapi suasana nya masih kental dirumah saya, apalagi dengan keadaan yang seperti ini, di bulan Syawal ini malah bikin ketupat, bukannya pas lebaran kemaren ya🤭kematent juga bikin tapi sudah habis. Jadi bikin lagi.. #masihdirumahaja #kedapuraja #cookpadcommunityyogyakarta

5-6 ketupat
5 jam
Sate ayam tanpa asap

Sate ayam tanpa asap

Sate ayam ini ak buat dengan oven karena lagi males kena2 asap. Membuat nya mudah cuma agak lama drpd menggunakan panas arang#MasakSekeluarga

8 organg
2 jam