Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan 68. Opor Ayam yang Menggugah Selera

Dipos pada January 23, 2022

68. Opor Ayam

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat 68. Opor Ayam yang unik? Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya 68. Opor Ayam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari 68. Opor Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan 68. Opor Ayam bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian 68. Opor Ayam biasanya untuk 18 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 68. Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 68. Opor Ayam memakai 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 68. Opor Ayam:

  1. 1 1/2 kg ayam, saya bagi menjadi 18 potong
  2. 25 siung bawang merah
  3. 12 siung bawang putih
  4. 1 bungkus santan kara
  5. secukupnya lada bubuk, garam dan gula merah
  6. 1 1/2 sdm ketumbar
  7. 1 ruas kunyit
  8. 5 buah kemiri atau muncang
  9. 1 ruas jari jahe
  10. 1 ruas lengkuas atau laja
  11. 2 batang sereh, geprek
  12. secukupnya perasan jeruk nipis
  13. secukupnya minyak goreng
  14. daun salam dan daun jeruk (opsional)

Langkah-langkah untuk membuat 68. Opor Ayam

1
Bersihkan ayam, potong menjadi 18 bagian. Lumuri dengan air jeruk nipis/lemon sekitar 15 menit. Cuci bersih, tiriskan.
2
Iris bawang merah, bawang putih untuk memudahkan memblender. Sangrai kunyit, ketumbar, lada dan muncang atau kemiri. Blender bersama irisan bawang merah dan bawang putih.
3
Panaskan minyak kurang lebih 6 sdm, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum, tambahkan jahe, sereh, laja atau lengkuas. Masukkan potongan daging ayam, masak sekitar 20-25 menit. Tambahkan air masak 1,5 liter. Tunggu air hingga menyusut.
4
Tambahkan santan kara, aduk rata, masak sekitar 5 menit.
5
Tambahkan garam dan gula merah secukupnya. Koreksi rasa. Tunggu hingga matang sekitar 10 menit. Matikan kompor dan sajikan. Beri taburan bawang goreng dan irisan daun jeruk jika suka. Selamat mencoba..

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam telur puyuh labu siam

Opor ayam telur puyuh labu siam

Bikinnya cuma sedikit karna buat anak2

Opor ayam kampung pedas

Opor ayam kampung pedas

Dirumah smua suka pedas jd opor jg harus pake cabe biar gak enek dan cepat bosan

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Mau lebaran nih. Bikin opor yuk

1 panci besar
1 jam
Opor ayam (bumbu opor instan)

Opor ayam (bumbu opor instan)

Lebaran tahun ini tanpa mudik. Biar dapet feel lebaran di rumah jadi bikin opor ayam sederhana pakai bumbu instant. Cocok buat anak kos dan rantau.

10. Opor Ayam

10. Opor Ayam

Assalamuakaikum... Tidak terasa Ramadhan tahun ini berakhir. Kali ini saya opor ayamnya berbeda dari sebelumnya. Lagi tidak pengen ribet makan jadi cuma pakai ayam biasa dan di fillet potong dadu dagingnya. Saya lebih senang opor yang bumbu dan santannya kental, jadi berasa lebih gurih. Apa lagi kalau pakai kedelai goreng bubuk. Tapi karena pandemi Covid ini jadi susah nyarinya... So, kita masak seadanya ya. Masak cara saya selera saya ๐Ÿ˜Ž Mari masak... #TiketMasukGoldenApron3 #MenuLebaranNining_86 #tidaksekedarmasak #cookingwithhearteatingwithlove #cookpadcommunity_yogyakarta

Opor ayam simple

Opor ayam simple

Karna anak lagi kurang fit jadi belanja dan masak bener2 yang simple aja

Opor Ayam Putih

Opor Ayam Putih

ga pakai repot bikin nyaa

untuk 3 porsi
Adun (Opor ayam madura)

Adun (Opor ayam madura)

Menu ini selalu jadi menu wajib bagi orang madura setiap hari raya Iedul Fitri dan hari raya Iedul Adha. #adun #adunayam #adunmadura

10 Porsi
Opor Ayam Bumbu Kuning

Opor Ayam Bumbu Kuning

Selalu inget sama masakan ini.. Masakan khusus yg selalu ada di hari spesial ibu, seperti di hari ulang tahun ibu atau hari ibu atau hari2 lain yg spesial untuk ibu.. Berhubung kemarin hari ibu tp saya blum bs ke rmh ibu jd masaknya hari ini, hehehe.. Source : Nia Bayens Opor ayam & tahu bumbu kuning (#Bandung_recookConySeptiani) https://cookpad.com/id/resep/5764354-opor-ayam-tahu-bumbu-kuning-bandung_recookconyseptiani?token=6cYPr8nnrr5BX9SVLM2zFaVj #SemuaTentangIbu #SelamatUlangTahunIbu #SatuResepSatuPohon #OneRecipeOneTree #TeamTrees

Opor Ayam ala-ala

Opor Ayam ala-ala

Opor ayam tanpa minyak. Mending banyak kuah lebih nikmat tapi sesuai selera juga

Opor Ayam

Opor Ayam

Pelengkap Sayur Lodeh #BancakanOnlineBarengCookpad

10-12 Orang
45 menit
Opor Ayam Suwir Fiber Creme Ala Anak Kost

Opor Ayam Suwir Fiber Creme Ala Anak Kost

#TiketMasukGoldenApron3 Lebaran tahun ini bakal berkesan banget, yang biasanya rame jadi bener2 sendirian di kamar kost, yang biasanya shalat Eid sama2 di lapangan, jadi shalat Eid sendirian di kamar..huhuu semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir ya mantemin.. Aamiin Biar suasana lebaran berasa di kosan, sabtu kemaren sy nyoba bikin opor ayam suwir, simpel anti ribet dg bahan seadanya karena dr kamis abang sayur keliling udah ga ada yg jualan. Maaf telat banget ya postingnya, tapi gpp semoga bermanfaat :)

2 porsi
Terik Telur Tahu

Terik Telur Tahu

Kangen sarapan bubur pake terik telur tahu. Yang pernah hidup di Jogja pasti paham sarapan ini๐Ÿ˜‹

2-3 porsi
30 menit
Opor Telur Tahu Simpel Ala Anak Kos

Opor Telur Tahu Simpel Ala Anak Kos

Selamat mencoba โค

Opor kuning ayam telor kentang

Opor kuning ayam telor kentang

#PejuangGoldenApron3 #bancakanonlinebarengcookpad #Ebook

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Punya tabungan resep emang memudahkan kita buat ikutan program CP sewaktu-waktu jika temanya sesuai. Opor ayam selalu jd menu favorit di saat hari- hari raya dan keluarga kami sudah menjadikan ini sebagai menu andalan (masih ingatkan cerita di resep bancakan eps.01 kalo aku punya keluarga yg muslim). Resep aku ambil versi mbak kesayangan aku @fitrisasmaya. Selamat merayakan hari raya kurban (idul adha) bagi teman, sahabat, keluarga yang merayakannya. dari pada kelamaan ceritanya, Yuk disimak resepnya guys๐Ÿค—๐Ÿค— . . . . #BancakanOnlineBarengCookpad #OnlineClass #PejuangGoldenApron3 #CookpadIndonesia #Cookpad_id #Cookpadcommunity_Kupang #GoldenApronChallenge #GoldenApron3 #DiRumahAja #KeDapurAja #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #EmakNusantaraKreatif