Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Tahu Kupat Solo yang Sempurna

Dipos pada March 25, 2022

Tahu Kupat Solo

Hari ini saya akan berbagi resep Tahu Kupat Solo yang simple Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Tahu Kupat Solo yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Tahu Kupat Solo, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Tahu Kupat Solo enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Tahu Kupat Solo kira-kira 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Tahu Kupat Solo diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Tahu Kupat Solo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Tahu Kupat Solo memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Tahu Kupat Solo:

  1. Kupat/lontong
  2. Kacang tanah
  3. Tahu putih (potong kecil-kecil)
  4. Mie telur lurus (merk kuda mendjangan)
  5. Bahan kuah
  6. 3 blok gula jawa merah
  7. 5 siung bawang putih (haluskan)
  8. 5 sdm kecap manis
  9. 1 sdm kaldu bubuk
  10. 1 sdt garam
  11. 3 gelas air putih
  12. Bahan bakwan
  13. 1 buah wortel (diparut)
  14. Taoge (secukupnya)
  15. 10 sdm tepung terigu
  16. 1 butir telur
  17. Air (secukupnya)

Langkah-langkah untuk membuat Tahu Kupat Solo

1
Rebus mie telur kemudian ditiriskan. Sisihkan
Tahu Kupat Solo - Step 1
2
Goreng tahu putih pada minyak goreng yang telah panas. Apabila sudah berwarna kecoklatan tiriskan kemudian sisihkan
3
Membuat kuah kecap. Rebus air, masukkan bawang putih dan gula jawa merah, aduk rata hingga larut. Apabila telah mendidih, masukkan kecap manis, garam, dan kaldu bubuk. Tunggu hingga mendidih, saring kuahnha hingga didapat kuah yang bersih kemudian sisihkan
Tahu Kupat Solo - Step 3
4
Membuat bakwan sayur. Campurkan wortel, taoge, tepung terigu dan telur ke dalam wadah. Aduk rata, kemudian tambahkan air sedikit sampai didapat adonan ya diinginkan. Goreng adonan dalam minyak panas kemudian sisihkan
5
Masukkan mie, tahu, bakwan sayur, kupat dan kacang tanah ke dalam 1 porsi piring, kemudian siramkan dengan kuah kecap. Tahu kupat solo siap dinikmati
Tahu Kupat Solo - Step 5
Tahu Kupat Solo - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kupat Tahu Bandung

Kupat Tahu Bandung

Eh Kupat Tahu Puskesmas klo dikampung🤭 Lagi2 kangen kampung sama kupat tahu nya😢 Coba2 eksekusi sendiri, yaaah lumayanlah🤤 tp kta anaks si enak....😋 Yang penasaran silahkan dicoba aj 😍 Kupat Tahu Bandung adalah jajanan khas Kota Kembang yang biasa disajikan di waktu sarapan. Tp ini sy eksekusi sore2 krn saking udah ga nahan 🤤 Kupat tahu memiliki kemiripan dengan ketoprak yang biasa dinikmati di Jakarta. Ternyata yang membedakan dengan ketoprak, dikuahnya aja dan klo kupat tahu tanpa bihun dan pastinya tahu bandung😘😄 Tapi klo diBandung nya sendiri, sampe muterin Bandung ga akan nemu yg jual “Kupat Tahu Bandung” tulisan di babang gerobaknya 🤭🤣🤪 Yuk ah cobain ajah🥰 #PejuangGoldenApron3 #BertumbuhBersamaCookpad #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #RecookDepok_Bakulanku laku ngga ya klo bakulan bginian dsni 🙄 #CookpadCommunity_Depok #Cookpad_Id

3 porsi
30 menit
Sate 🍢🍢 padang bekal untuk maksi

Sate 🍢🍢 padang bekal untuk maksi

Di kulkas msh ada lidah sapi dan kikil sapi yg sdh direbus sebelumnya. Sayang kalau tdk dimasak. Akhirnya saya masak sate padang untuk bekal makan di kantor. Sayangnya saya blm sempat masak lontong nasinya. Alhamdulillah dpt testimoni dr teman2 kantor. Enak kata teman saya. Sumber: ibu Malka.terima kasih ibu.

4 porsi
95 menit
Gado gado cikini

Gado gado cikini

10 porsi
60 menit
2. Tahu Guling khas Jogja

2. Tahu Guling khas Jogja

4 orang
30-60 menit
Tahu kupat solo

Tahu kupat solo

Adalah salah satu makanan khas solo yg ngangenin saat kamu jauh. ,💚

2 porsi
Kupat Tahu Sederhana

Kupat Tahu Sederhana

Lebaran ini mertua ngasih ketupat lumayan banyak dan sisa 3 buah, sedangkan sayur pendampingnya udah habis. Sekalian lah bikin kupat tahu, kesukaan ibu sama almarhum bapak sebenernya. Tiap mudik nyarinya kupat tahu 😅 Resepnya boleh nyontek dari mbak tsaniwismono yang simpel dan gampang dibikin dengan bahan seadanya di dapur. Ini resepnyaaa...

3 porsi
Ketupat Sayur

Ketupat Sayur

2 porsi
Coto Makassar

Coto Makassar

Tiap minggu harus makan coto, mumpung minggu ini dapat banyak daging qurban yaa bikin sendiri lah. Dapet banyak, irit pulak (sstt.. di Makassar saja harga coto yg enak 20rb-an, daerah lain 40rb seporsi mangkok kecil 😓)

10 porsi
60 menit
Tahu Guling / Tahu Kupat

Tahu Guling / Tahu Kupat

Ibu (alm) seneng sekali masakan ini, pas bikin di rumah.. Hubby tyt suka juga

3 porsi
30 menit
Pecel Tipat Santok (Gado-gado Khas Bali)

Pecel Tipat Santok (Gado-gado Khas Bali)

Gado-gadonya bali namanya pecel. Malam ini kami makan malam dengan pecel karena berhubung kemarin ibu sembahyang dan di bantennya berisi tipat.

7 orang
Tahu Tek (khas Surabaya)

Tahu Tek (khas Surabaya)

Tahu tek ini adalah appetizer versi Indonesia karena penampilannya yang mengundang selera makan dan resep ini cukup cocok bagi pemula yang ingin belajar memasak Tahu tek ini.

30 mnt
Tahu guling ala mamagie

Tahu guling ala mamagie

Tahu guling ini menu sehat, cepat, enaaakkkkk. Saya katakan ala mamagie karna agak bingung berkiblat kemana. Bedanya Kl tahu blabakan magelang kuahnya lebih kental dan memggunakan taburan kacang tanah goreng dan tahunya digoreng dadakan setengah matang, kalau jogja tahu tempenya menggunakan bacem. Saya kurang suka manis jadi saya gunakan tahu gurih, berhubung saya pecinta tempe saya beri tempe juga. Tapi yang pasti kuahnya sama segernya. Kalau mau bikin banyak bumbunya bisa diblender dan gulanya dimasak jadi lebih cepat ya.

Soto sokaraja

Soto sokaraja

Merindukan soto atau sroto sokaraja.. Kemarin pas mudik ga sempet makan soto sokaraja.. Jd nya buat sendiri ala ala mbak amy. Ternyata lumayan juga.. Yang penting si suami suka.

4-5 porsi
30-45 menit
Bumbu Kacang Kupat Tahu bandung

Bumbu Kacang Kupat Tahu bandung

kangen banget makan kupat tahu khas bandung . karena merantau mau gak mau bikin sendiri dong yaa. akhirnya bikin deh.

10 porsi
30 menit
Sayur labu santan (bisa untuk ketupat sayur)

Sayur labu santan (bisa untuk ketupat sayur)

Masaknya gampang, cepat dan murah.

4 porsi
±30 menit
Kupat Tahu Magelang

Kupat Tahu Magelang

Kangen sama kuliner khas magelang, tapi belum boleh mudik. Akhirnya bikin sendiri.. bagi yg penasaran rasanya, silahkan recook 😚. Ini resep dari keluarga.

4 porsi
1jam
Tahu Kupat

Tahu Kupat

Masak nasi selalu bersisa, mungkin bosan makan nasi, jadi inisiatif buat tahu kupat. Nah beneran suka..anak2 bisa makan juga karena kuahnya sengaja ga saya kasih cabe..yummy moms..yukk cobain

4 porsi
Soto ceker (bumbu instan)

Soto ceker (bumbu instan)

#KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Balikpapan