Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Sop Opor Ceker dan Sayuran yang Bikin Ngiler

Dipos pada January 22, 2022

Sop Opor Ceker dan Sayuran

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Sop Opor Ceker dan Sayuran yang gampang Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Sop Opor Ceker dan Sayuran yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sop Opor Ceker dan Sayuran, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Sop Opor Ceker dan Sayuran sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sop Opor Ceker dan Sayuran sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sop Opor Ceker dan Sayuran memakai 26 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Niatnya mau masak sop, tapi pengen coba-coba campurin kunyit di bumbu halusnya. Eh jadinya malah sop rasa opor. ๐Ÿ˜… Tapi ini enak kok, Alhamdulillaah batitaku juga makannya lahap.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sop Opor Ceker dan Sayuran:

  1. 1/4 kg ceker ayam
  2. 10 butir telur puyuh rebus
  3. 1 buah lemon / jeruk nipis
  4. Wortel
  5. Buncis
  6. Kol
  7. Daun bawang
  8. Tomat
  9. Bawang goreng
  10. Minyak goreng
  11. Air
  12. Garam
  13. Gula
  14. Penyedap rasa
  15. Bumbu halus
  16. 4 siung bawang putih
  17. 6 siung bawang merah
  18. 3 butir kemiri (sangrai dulu)
  19. 2 cm ruas jahe
  20. 3 cm ruas kunyit (sangrai dulu)
  21. 1 sdt lada (saya pakai bubuk)
  22. Bumbu aromatik
  23. 2 batang sereh geprek
  24. 2 cm lengkuas geprek
  25. 2 lembar daun salam
  26. 1 lembar daun jeruk

Langkah-langkah untuk membuat Sop Opor Ceker dan Sayuran

1
Bersihkan ceker dari kuku atau kulit yg masih menempel lalu cuci bersih di air mengalir.
2
Marinasi ceker dengan perasan lemon / jeruk nipis, diamkan +/- 10 menit lalu bilas.
3
Rebus ceker menggunakan panci dengan bumbu aromatik dan air selama 5 menit (sampai mendidih), lalu matikan kompor, tutup panci selama 30 menit, nyalakan kembali kompor selama 7 menit (tanpa ditutup), matikan lagi.
4
Sambil menunggu selama 30 menit, potong-potong sayuran (wortel, buncis, kol, tomat) dan daun bawang.
5
Haluskan bumbu halus, tumis dengan sedikit minyak sampai harum kemudian campurkan ke dalam panci yg sudah berisi ceker.
6
Aduk sesekali sampai mendidih, campurkan garam gula dan penyedap rasa. Jika rasa sudah sesuai dengan selera, masukkan sayuran yang sudah dipotong-potong dan telur puyuh (pastikan sudah dikupas kulitnya).
7
Setelah matang, tambahkan daun bawang beberapa saat sebelum mematikan kompor.
8
Sajikan dengan bawang goreng agar semakin nikmat.
9
Selamat mencoba.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mpasi 7 bulan opor ayam sayur mix

Mpasi 7 bulan opor ayam sayur mix

Tips untuk suapin bayi: -Dudukan di kursi makan (biasakan itu) atau juga bisa pake stroller sama jalan2. Ini banyak sekali manfaatnya. -jangan pernah memaksa bayi makan (harus sabar, jangan pernah menjejali sampai mulut penuh, dan tidak membiarkan proses belajar mengunyah, apalagi menipu karena tidak sadar kita telah mengajari berbohong. Misal: dek habisin makannya kalau tidak nanti digigit setan lo) -jangan lupa porsi makan sesuaikan bayi, kalau sudah tidak mau jangan dipaksa. Daripada muntah dan bisa bikin trauma, akhirnya gtm) -ajarkan makan sedikit demi sedikit, sabar. Dia akan mengerti dan menikmati makanannya. Tanamkan itu -boleh kasih wejangan2 bermanfaat saat makan. Dia memang tidak mengerti tapi itu bisa terekam dan menstimulan otaknya. -satu lagi, pastikan menyuapi dalam waktu 30 menit. Karena setelah 30 menit tubuh akan mengirimkan sinyal kenyang ke otak dan bayi akan bosan.

2 porsi
RESEP MPASI OPOR AYAM : DIJAMIN NAFSU SIKECIL MENINGKAT

RESEP MPASI OPOR AYAM : DIJAMIN NAFSU SIKECIL MENINGKAT

Lebaran biasanya identik dengan menu opor ayam, ga cuma kita kita aja yang bisa makan (orang dewasa), tapi.... sikecil juga bisa loh bunds ikutan makan opor dengan catatan disesuaikan takaran bumbu bumbunya ya. Menu ini menjadi salah satu trik bikin nafsu sikecil meningkat, baby Nay udah reviewnya, dan hasilnya minta nambah terus dong. Alhamdulillah,, MasyaAllah Tabarakallah.. #TiketMasukGoldenApron3

Opor ayam

Opor ayam

1/2 kg ayam cuci bersih
Terik tahu dan telur kukus

Terik tahu dan telur kukus

Punya baby twins usia 10bln..hrs ekstra kreatif buat bikin menu makanan utk mereka...terik tahu dan telur kukus memenuhi semua asupan gizi buat si kecil yaa bund..tahu (prona), telur yampung (prohe), wortel (sayur), santan dan bellcune (lemak tambahan) disajikan dgn bubur atau nasi lembek (karbo)

Opor Pitek Gurih

Opor Pitek Gurih

Selamat hari raya Qurban๐Ÿค— Kita masak ayam kali ini,biar beda (no sapi/mbek)๐Ÿ˜‚

Terik daging sapi

Terik daging sapi

Masih dalam rangka mengenang almh mama ... Kali ini saya bikin terik daging, seingat saya ini adalah menu #DagingFavoritIbu saya... Harusnya kuahnya lebih nyemek2 lg.. tapi berhubung para bocah doyan maem pake kuah, akhirnya bikinnya yg berkuah... #saturesepsatupohon #SemuaTentangIbu

Opor Ayam Telur

Opor Ayam Telur

Tiba-tiba kebayang makan opor ayam. Latihan persiapan masak opor buat idul fitri hehe. Silakan dicoba resep simpelnya, Bunda :)

3 - 4 porsi
Opor Ayam Rasakoe

Opor Ayam Rasakoe

Nyobain bumbu rasakoe, katanya enak, ia enak simple lagi.

Opor ayam suwir

Opor ayam suwir

Supaya gampang makan nya karena sy punya anak kecil jadi ayam nya ta suwir2 ๐Ÿ˜Š

Opor Tahu Telur, Simple & Praktis

Opor Tahu Telur, Simple & Praktis

Ceritanya lagi bersih - bersih isi kulkas, mau masak yang berkuah tapi tinggal tahu & telur. Cuzz bikin opor aja. Si kecil juga suka ๐Ÿ˜

4-5 porsi
Terik Daging TahuTempe&Telur

Terik Daging TahuTempe&Telur

#TiketMasukGoldenApron3 #GA_TheNextLevel #festivalramadhancookpad..klo dah bikin ini sdh ekstra lauknya, komplit daahh๐Ÿ‘Œditemani sm sambel trasi mentah..endesss pokokke

6 porsi
Opor ayam (tanpa santan)

Opor ayam (tanpa santan)

Pengen opor ayam tapi nggak suka santan hmm coba coba aja tanpa santan ternyata enak๐Ÿ˜

Opor ayam

Opor ayam

Masak sayur ayam fav anak anak๐Ÿฅฐ

8porsi
30menit
Opor Ayam yummy banget

Opor Ayam yummy banget

Ceritanya suami minta dibuatin opor pulang kerja... kebetulan punya stok ayam n bumbu bumbu, hehe.. Opor ayam ini simpel buat nya, n gak perlu bumbu yg ribet .. rasanya yummy banget bun :)

3 porsi
Opor ayam simpel

Opor ayam simpel

30 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

versi instan karna gak kepasar lagi, jadi santannya yg instan aja

Opor Ayam

Opor Ayam

Pengen makan makanan berkuah, mumpung ada ayam di kulkas, langsung deh bikin ayam opor. Langkah pembuatannya juga ga ribet. Kebetulan saya lebih suka opor putih jadi resep ini tidak pakai kunyit. Kalau kalian suka opor yang warnanya kuning, boleh tambahkan kunyit secukupnya pada bumbu halus. #BancakanOnlineBarengCookpad #eBook

Opor Ayam

Opor Ayam

Yuk cobain masakan opor ayam mudah dan enak ๐Ÿ˜Š

6 porsi
60 Menit