Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Biji Salak yang Lezat

Dipos pada September 11, 2018

Biji Salak

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Biji Salak yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Biji Salak yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Biji Salak, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Biji Salak ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Biji Salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Biji Salak memakai 14 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Udah berasa bulan Ramadhan kalo ada iniihh.. hihi

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Biji Salak:

  1. Bola biji salak
  2. 500 gr ubi, kukus
  3. 200 gr tepung tapioka
  4. seujung sendok teh Garam
  5. Kuah gula
  6. 250 gr gula merah
  7. 1/4 sdt garam
  8. 3 sdm gula pasir
  9. 1,5 liter Air
  10. Daun pandan 2, simpul ikat
  11. Santan
  12. 2 santan kara ukuran 65ml
  13. 300 ml Air
  14. Daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Biji Salak

1
Kukus ubi, kemudian haluskan. Tambahkan tepung dan garam. Setalah tercampur rata dibuat seperti biji kelereng
2
Rebus biji salak dengan gula merah, daun pandan serta gula dan garam sampai matang. (Note : yg suka biji salak kental bisa ditambah larutan tepung maizena)
3
Sambil menunggu matang, didihkan air dan santan jg sedikit garam sambil terus diaduk agar santan tidak pecah.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

381. Biji Salak Ubi Ungu (Candil) #ComboNgabibita_KreasiUmbi

381. Biji Salak Ubi Ungu (Candil) #ComboNgabibita_KreasiUmbi

Mengutip artikel dari Travel Kompas tentang perbedaan Biji Salak dan Candil. Ternyata dari bentuk dan rupa yang hampir mirip tapi beda bahan-bahannya. Disimak yukk untuk pengetahuan supaya tahu perbedaannya yaa.. Biji salak berasal dari kuliner Betawi, terbuat dari bola-bola ubi jalar yang dicampur dengan tepung tapioka kemudian direbus. candil berasal dari daerah Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Tapi kalo di Bogor ya begini pun adanya resep untuk kuliner Candil yang dijual saat bulan puasa 😁. Eh ternyata resep Biji Salak yang saya buat kali ini. Candil terbuat dari campuran tepung beras ketan dan air yang dibuat bulatan kemudian direbus. Jadi bisa disebut jika candil yang benar tidak ada campuran ubi jalar. Candil juga disajikan dengan bubur sumsum sehingga menambah rasa gurih dan tekstur yang unik. #ComboNgabibita_KreasiUmbi #TetepKenyangTanpaNasi #CookpadCommunity_Bogor #BelajarBarengCookpad Sumber resep : @Ratihanggraeni27 Sumber artikel : travel Kompas Minggu 133.

15 porsi
120 menit
Bubur Ayam sederhana

Bubur Ayam sederhana

Bikin bubur ayam sederhana walaupun ayam nya ga ada... Kemarin stok ayam di yang jual sayur keliling nya habis, jadi apa yang ad az.. Capcipcyuus..

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Bulan ramadhan identik dengan makanan manis dan gorengan pastinya buat berbuka puasa. Namun kali ini saya membuat kolak biji salak, yang mudah sekali dibuat..

4 porsi
Biji salak

Biji salak

Hari ini bikin takjil yang manis, semanis yang buatπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‰πŸ€ͺπŸ‘»

Bubur Ketan Hitam Putih ⚫️βšͺ️

Bubur Ketan Hitam Putih ⚫️βšͺ️

Disini aku gunain ketan hitam dan putih dengan perbandingan 1:2 #berburucelemekemas #resolusi2019

Bubur Sumsum&Biji Salak Labu Kuning

Bubur Sumsum&Biji Salak Labu Kuning

Resep dari IG nya @luis_widarto. Pertama kali bikin dan cocok sama rasa+tekstur nya. Kebetulan ada sisa Labu kuning yg sdh di kukus sisa pesanan kue lumpur labu kuning. Simpan resep nya sdh lama dan sdh ga sabar pengen eksekusi, tp baru sekarang waktu nya memungkin kan. Yuks di coba Bun... *bubur mutiara nya sy tambahin sendiri, di resep asli tidak ada.

Biji salak/hintalu karuang(kalimantan) #BikinRamadhanBerkesan

Biji salak/hintalu karuang(kalimantan) #BikinRamadhanBerkesan

Anak2 sudah pada ngumpul dikalimantan,ada yang pengen bikin takjil hintalu karuang/biji salak,sangat cocok untuk berbuka puasa

Kolak Candil/Biji Salak

Kolak Candil/Biji Salak

Dapat resepnya dari Ko Ade Koerniawan, Top 3 Master Chef Indonesia Season 6β­πŸ‘Œ

Biji salak ubi putih

Biji salak ubi putih

#TiketMasukGoldenApron3

Jenang Grendul/bubur candil/bubur biji salak Ketela Rambat

Jenang Grendul/bubur candil/bubur biji salak Ketela Rambat

Sudah ada rencana bikin jenang grendul dari kapan hari, alhamdulillahnya ada tetangga kasih ketela rambat, langsung deh dikombinasi dan eksekusi. Merecook resep mbak Mahsa Anindya dari Surabaya. #cenilupis #cookpadcommunity_malang

5 orang
Β±1 jam
Bubur Candil Ubi Kuning (Biji Salak)

Bubur Candil Ubi Kuning (Biji Salak)

Ada ubi madu yg sdh beberapa hari di rmh yg baru sempat di eksekusi 😁 Kalau hanya di kukus atau di goreng saja rasanya kurang seru Inget dulu banget pernah buat bubur biji salak dari ubi tapi lupa resep nya πŸ€¦β€β™€οΈ Alhamdulillah ada cookpad πŸ˜… Dan nemulah resep Bunda Uswah ini yg pas dan cocok di hati πŸ’–

5 Orang
30 menit
Kolak biji salak dari ubi ungu with kolangkaling

Kolak biji salak dari ubi ungu with kolangkaling

No santen2an and no gula pasir...jadi lah menu takjil ini..πŸ˜˜πŸ˜„

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Biasa kalau ramadhan begini, emak emak harus putar otak buat bikin takjil, eh lihat biji salak kok enak banget ya 😁 (inget lagi puasa), akhirnya eksekusi dah, seperti biasa resep di modifikasi Source : Henny Rosita #Bunda_Lia #OlahanSantan

Bubur ayam kuah kuning

Bubur ayam kuah kuning

Punya nasi lembek sisa semalem , (si paksu masak nasinya kebanyakan aer πŸ˜‚πŸ˜‚) emak2 harus puter otak jangan sampe nasi kebuang, biasa dibuat nasgor pagi-pagi, kali ini dibikin bubur saja πŸ˜