Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Rendang Buntut Sapi Kacang Merah yang Enak

Dipos pada January 31, 2020

Rendang Buntut Sapi Kacang Merah

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Rendang Buntut Sapi Kacang Merah yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Rendang Buntut Sapi Kacang Merah yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Rendang Buntut Sapi Kacang Merah, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Rendang Buntut Sapi Kacang Merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Rendang Buntut Sapi Kacang Merah biasanya untuk 3-4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, kira-kira waktu penyiapan Rendang Buntut Sapi Kacang Merah diperkirakan sekitar 75 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Buntut Sapi Kacang Merah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Buntut Sapi Kacang Merah memakai 23 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep ini saya modifikasi sendiri dan timbul dari rasa bosan. Bosan terhadap rendang daging dan bosan terhadap sop buntut hehehehe. Rasanya luar biasa unik dan khas rempah. Saya suka rendang yang sedikit berkuah dan berwarna agak coklat muda daripada yang kering dan coklat pekat. Proses memasaknya pun cenderung lebih mudah dan cepat drpd biasanya. Saya buat masakan ini saat saya menetap di negara Uni Emirat Arab, sehingga pemakaian bumbu juga terbatas. Ada beberapa bahan yang saya tambah dan kurangi di sana sini tanpa mengurangi cita rasa rendang itu sendiri. Ini adalah resep yang akan saya bagikan, dalam rangka memenuhi persyaratan untuk mendapatkan buku resep kue kering anti gagal dari cookpad. #MingguKeduaDiCookpad Selamat mencoba 😊 Notes: Buntut di UAE relatif lebih cepat empuk drpd di Indonesia(entah kenapa..?). Apabila khawatir buntut kurang empuk di hasil akhir, saya sarankan agar buntut dipresto terlebih dahulu.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Buntut Sapi Kacang Merah:

  1. 1/2 kg Buntut Sapi, dengan potongan kecil dan sedang, cuci bersih
  2. 250 gr Kacang Merah, rendam selama 1 jam sebelum dimasak
  3. 300 ml Santan kental
  4. 600 ml Santan Encer
  5. 50 gr Kelapa parut
  6. 3 ruas Lengkuas, geprek
  7. 3 ruas Jahe, geprek
  8. 5 batang Sereh, geprek
  9. 5 lembar Daun salam
  10. 5 lembar Daun jeruk
  11. 3 Bunga Lawang, geprek
  12. 1/2 sdt Cengkeh, geprek
  13. secukupnya Garam dan gula
  14. secukupnya Minyak goreng untuk menumis
  15. Bumbu Halus
  16. 250 gr Cabai Merah
  17. 10 siung Bawang Merah
  18. 10 siung Bawang Putih
  19. 1 sdm Lada
  20. 2 sdm Ketumbar
  21. 1/2 sdt Jinten bubuk
  22. 4 buah Kemiri
  23. 1 sdt Kunyit

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Buntut Sapi Kacang Merah

1
Tumis semua bumbu halus sampai wangi, kemudian masukkan daun salam, daun jeruk, batang sereh, lengkuas, jahe, bunga lawang, dan cengkeh. Oseng sekitar 2-3 menit sampai bau rempah mewangi.
2
Masukkan Buntut Sapi yang sudah dicuci bersih. Oseng sampai bumbu teraduk rata. Kemudian tutup panci, kecilkan api dan diamkan selama sekitar 10 menit.
3
Tuangkan santan encer, buat api sedang, dan aduk-aduk sampai mendidih selama 15 menit. Masukkan kacang merah, aduk merata. Tutup kembali panci sekitar 10 menit, tetap dengan api sedang.
Rendang Buntut Sapi Kacang Merah - Step 3
Rendang Buntut Sapi Kacang Merah - Step 3
4
Pastikan kuah mulai menyusut sekitar 1/2 dari sebelumnya. Kalau kuah sudah menyusut, masukkan santan kental. Aduk terus selama 10 menit.
Rendang Buntut Sapi Kacang Merah - Step 4
Rendang Buntut Sapi Kacang Merah - Step 4
5
Masukkan parutan kelapa perlahan sambil terus diaduk rata.
6
Kecilkan api dan diamkan masakan sekitar 10 menit. Aduk kembali sampai kuah mengental, sekitar 10 menit. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Koreksi rasa.
7
Matikan api. Tutup panci dan diamkan selama 5 menit.
8
Siap dihidangkan..
Rendang Buntut Sapi Kacang Merah - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang ayam bumbu instant

Rendang ayam bumbu instant

Gara2 liat medsos banyak artis ngendors in rendang, akhirnya muter2 lah dikepala buka puasa pgn pakai rendang, tapi mau beli daging udah terlanjur kesiangan. Adanya ayam lagiii...okelah kita eksekusi aja.

Rendang Pedas Jamur Tiram

Rendang Pedas Jamur Tiram

Bosen jamur tiram di tumis atau di goreng crispy doang? Yuk coba di buat rendang. Jangan liat tampilan fotonya ya. Hehehe. Mungkin di liat biasa aja tapi percaya lah rasanya beneran bikin semangat buat ngabisin nasi di piring. Oh iya, untuk resep ini, kala mu yang kurang suka pedas, jumlah cabe bisa di kurangi ya. Selamat mencoba😁 #PejuangGoldenApron3

Recook rendang bebek

Recook rendang bebek

bebek my favorit..tapi bosen klo cuma di goreng doank.pas liat yutub ada chanel masakan rendang bebek.lalu masuk ke cookpad liat cara masak rendang bebek yg ga ribet🤣

Rendang padang

Rendang padang

Pengen banget bisa masak rendang dan nyoba2 nyari2 resep akhirny cocok sama yg ini 🤭

PARE ISI DAGING AYAM MASAK BUMBU RENDANG MOM 'K2'

PARE ISI DAGING AYAM MASAK BUMBU RENDANG MOM 'K2'

Bosan dengan olahan pare yang ditumis-tumis saja...nah olahan pare satu ini boleh jadi pilihan Mom, rasanya yang nikmat dan tidak pahit, dengan isian yang nyummy👍😉🤤

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Keliatan kurang cantik yaa tapi rasanya juara loh. Kelapa parut yg dioseng, ga says blender tapi ulek biar lebih halus dikit. Dan ini ga pake cabe biar batita bisa makan. Source: Yekti #PejuangGoldenApron2

Rendang tanpa cabe

Rendang tanpa cabe

Berhubung masi pny anak balita yg ga berani makan pedas dan malas masak 2x jadinya rendangnya skip cabe ditambah kentang..😅😁 tetap nendang..krna abis tu dicocolin sambal haha...

Nasi Goreng Rendang Makyus

Nasi Goreng Rendang Makyus

Liat sisa rendang lebaran dimeja makan udah ga ada yang mau sentuh lagi Akhirnya puter otak, dan bikin nasi goreng rendang...tryt sebentar aja langsung kelar tandas masuk perut! Foto diatas saya taburi nasi gorengnya dengan kentang Mustopa yang crunchy 💕

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

1 porsi
Rendang daging

Rendang daging

Sudah dari Maret pengen (masak) makan rendang tapi ada corona jadi ga bisa masak. Beli dagingnya terbatas. Singkat cerita, nemu penjual daging cocok, diantar ke rumah dan yeay bisa masak..

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Masakan wajib di hari Minggu,kalo hari kerja ga berani makan jengkol😁🤭 #pejuanggoldenapron2

Rendang  sapi bumbu saba

Rendang  sapi bumbu saba

Ade q lg bosen mkn ssyuran jd deh eksekusi daging rendang nya..

Rendang Nangka

Rendang Nangka

#PejuangGoldenApron2 #SatuResepSatuPohon #SemuaTentangIbu #MakananFavoritIbu Dulu sewaktu aku masih kecil ibuku sering membuat resep ini.rasanya enak.apalagi bumbu yang akan digunakan dengan cara diulek ,rasanya beda.Tidak seperti sekarang tinggal pencet tombol semua bumbu hancur alias pakai blender.Tinggal tambah lontong juga kerupuk jadi lontong sayur juga bisa😊

Rendang daging

Rendang daging

Untuk setok dan di simpan di frezer 😊. Ini versi yang simpel banget buatnya tapi rasanya tetep uenak 😂 #BancakanOnlineBarengCookpad

35 menit