Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Rendang Jengkol yang Enak

Dipos pada January 31, 2020

Rendang Jengkol

Sore-sore begini enaknya membuat Rendang Jengkol yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Rendang Jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Jengkol, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Rendang Jengkol sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Jengkol memakai 27 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Setiap liat IG story, banyak banget yang share makanan ini😂 apalah daya,daku hanya bisa menahan air liur saja. iseng komen ketika temanku posting itu jengki,dengan baik hatinya dia mengirimkan biji jengki kepadaku. ahh senangnya ma'acih sista,akhirnya bisa eksekusi itu jengkol & gak ncess lagi🤤🤭 #PejuangGoldenApron2

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Jengkol:

  1. Bahan Utama :
  2. 250 gr jengkol
  3. santan instan (merk sasa 200ml)
  4. Bumbu Halus :
  5. 8 siung bawang merah
  6. 4 siung bawang putih
  7. 10 buah cabe merah keriting
  8. 1 ruas kunyit
  9. 1/2 ruas jahe
  10. 2 buah kemiri
  11. Bumbu kasar :
  12. 2 batang serai,geprek
  13. 1/2 ruas laos,geprek
  14. 2 lembar daun salam
  15. 2 lembar daun jeruk
  16. Rempah rebusan jengkol :
  17. 6 lembar daun salam
  18. 5 lembar daun jeruk
  19. 1/2 sdm garam
  20. Bahan pelengkap :
  21. 1 sdm garam
  22. 1 sdm gula pasir
  23. 1/2 sdm kaldu jamur
  24. 1 sdt lada bubuk
  25. 1 sdt ketumbar bubuk
  26. Secukupnya minyak
  27. Secukupnya air

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Jengkol

1
Cuci bersih jengkol,kemudian rendam semalaman,lalu buang airnya cuci 1x. belah jengkol menjadi 2 kemudian bersihkan kulit ari nya.
Rendang Jengkol - Step 1
Rendang Jengkol - Step 1
2
Rebus jengkol dengan daun salam & daun jeruk hingga air menyusut.kemudian tiriskan jengkol
Rendang Jengkol - Step 2
Rendang Jengkol - Step 2
3
Geprek/pipihkan jengkol menggunakan uleg an. rebus kembali jengkol dengan 2lembar daun jeruk & garam hingga air menyusut,lalu matikan kompor angkat tiriskan.
Rendang Jengkol - Step 3
Rendang Jengkol - Step 3
Rendang Jengkol - Step 3
4
Tumis bumbu yang telah dihaluskan,kemudian masukkan bumbu kasarnya aduk rata hingga mengeluarkan wangi & warna kekuningan kemudian masukkan jengkol. lalu beri air secukupnya didihkan sebentar.lalu tambahkan garam,gula,kaldu jamur,lada bubuk & ketumbar bubuk.
Rendang Jengkol - Step 4
Rendang Jengkol - Step 4
Rendang Jengkol - Step 4
5
Kemudian masukkan santan instan,aduk kembali sampai santan mengental dan menyusut.matikan kompor.
Rendang Jengkol - Step 5
Rendang Jengkol - Step 5
Rendang Jengkol - Step 5
6
Sajikan dipiring,hidangan siap dinikmati.
Rendang Jengkol - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

RENDANG DAGING SAPi

RENDANG DAGING SAPi

Menyambut hari raya Odul Adha. Dgn masak daging korban

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Sebenarnya, masak rendang ini kudu lama biar mantap. Tapi saya cuma masak 1,5 jam saja karena sedang banyak kerjaan. Moms bisa masak lebih lama agar hasilnya lebih gelap, meresap, dan sedap.

7 orang
2 jam
Rendang Daging Bumbu Instant

Rendang Daging Bumbu Instant

Masih punya daging di kulkas yg belum di olah, udahlah bikin rendang aja yg praktis.

Rendang sapi

Rendang sapi

Pertama kalinya masak rendang dengan bumbu bikin sendiri.. alhamdulillah anak² suka..

Rendang Daun Singkong Ibu

Rendang Daun Singkong Ibu

Ibu saya suka juga sama sayur ini, daun singkong. Nah, ini salah satu resep beliau yg meski gak pake lauk pun, makan semua anggota keluarga pasti lahap.. Rendang 😁 Kali ini saya kasih tetelan agar lebih OK rasanya, gak pakai pun gpp. Mantuul.. Yuuk, semua ikut coba yuuk.. Kata ibu, tetelannya bisa diganti sm limpa lhoo.. Sy ngebayangin dikasih limpa nih 🤤🤤 pas di pasar gak ada hari ini. Limpanya bisa digoreng dulu atau bisa dimasak langsung, dipotong2 dadu.. Agar tetelan atau limpa nya empuk, potong2 kecil saja yaa.. 😁 #SemuaTentangIbu #SayurKesukaanIbu #SatuResepSatuPohon #Teamtrees #Cookpadcommunity_Surabaya #Cookpadcommunity_Jakarta #Ketopad #ketopadindonesia #berburucelemekemas #resolusi2019 #minggu50 16 Desember 2019

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Masakan wajib di hari Minggu,kalo hari kerja ga berani makan jengkol😁🤭 #pejuanggoldenapron2

Rendang jamur tiram

Rendang jamur tiram

Liat rendang jamur tiramnya mbak WIEWIED'S KITCHEN... kok mupeng 😁 jdi coba buat sndiri resep mnyesuaikan... so far so good dan saya sukaa... Tpi pak su gk tau deh..masih dinas luar soalnya yuuuk ahh...cuusss

Rendang bebek

Rendang bebek

Ceritanya lagi ngidam makan bebek goreng, cuman paksu minta nya di rendang alhasil di rendang deh

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Kalau ditanya masakan daging favorit ibu pasti rendang jawabannya 😊😊 #DagingFavoritIbu #SemuaTentangIbu #PejuangGoldenApron2 #SatuResepSatuPohon #TeamTress

Randang talua khas minangkabau

Randang talua khas minangkabau

#pejuanggoldenapron2 Minggu ke 3 Rendang telur tidak seperti rendang daging. Jika daging dibuat rendang, maka hasilnya akan tetap berbentuk daging. Tapi jika telur yang direndang (tentunya rendang telur yang asli) maka hasilnya tidak lagi berbentuk telur, melainkan jadi seperti keripik dan lezat menjadi cemilan atau lauk makan. Jika Anda ke Sumatera Barat, terutama ke daerah Payakumbuh, maka Anda tidak akan menemukan rendang telur berbentuk telur. Pihak yang mengatakan rendang telur berbentuk telur itu adalah salah. Rendang telur berbentuk kripik kering yang disertai bumbu-bumbu rendang kering, itulah rendang telur kering.

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Hari ini suami minta di masakin rendang , Pas buka kulkas masih ada daging dan kebetulan bumbu2pun ada walapun ada yg kelewat Ini rendang ala ala saya sih tapi suami bilang ,rendang nya enak..tidak kalah dgn yg di rumah makan padang katanya Dan akupun merasa berhasil masak rendang nya, krn baru kali ini masak rendang dgn bumbu racikan sendiri . Biasa masak rendang pake bumbu instan .ya intinya hri ini saya bisa memasak. Hehe #saturesepsatupohon #teamtrees