Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan 15. Opor Ayam Tahu Ampela yang Lezat

Dipos pada February 9, 2022

15. Opor Ayam Tahu Ampela

Hari ini saya akan berbagi resep 15. Opor Ayam Tahu Ampela yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya 15. Opor Ayam Tahu Ampela yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 15. Opor Ayam Tahu Ampela, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian 15. Opor Ayam Tahu Ampela ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 15. Opor Ayam Tahu Ampela sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 15. Opor Ayam Tahu Ampela memakai 22 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pengen makan opor, tapi stok ayam di kulkas tinggal sedikit, jadilah ditambah tahu dan ampela. Selamat mencoba. #AhlinyaAyam

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 15. Opor Ayam Tahu Ampela:

  1. 1/2 ekor Ayam
  2. 100 gr Ampela
  3. 4 Tahu Putih
  4. 130 ml Santan Instan
  5. 1 liter Air
  6. Minyak untuk menumis bumbu
  7. 11/2 sdt Garam
  8. 11/2 sdt Kaldu Jamur (Optional)
  9. 1/2 sdm Gula Pasir
  10. 1/2 sdm Gula Merah Sisir
  11. 1 Serai
  12. 1 ruas Lengkuas
  13. 2 Daun Salam
  14. 2 Daun Jeruk
  15. Bumbu Halus
  16. 4 butir Bawang Putih
  17. 4 butir Bawang Merah
  18. 1 ruas Kunyit
  19. 1 butir Kemiri
  20. 1/2 sdt Ketumbar
  21. Pelengkap
  22. Bawang Merah Goreng

Langkah-langkah untuk membuat 15. Opor Ayam Tahu Ampela

1
Rebus ampela. Potong - potong. Sisihkan
15. Opor Ayam Tahu Ampela - Step 1
2
Potong tahu jadi 4. Goreng setengah matang (sampai kulit mulai coklat saja belum coklat sempurna). Sisihkan.
15. Opor Ayam Tahu Ampela - Step 2
3
Potong2 bahan bumbu halus, goreng sampai matang. Haluskan bersama garam.
15. Opor Ayam Tahu Ampela - Step 3
4
Panaskan minyak di panci atau wajan, masukan bumbu halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai dengan api kecil sampai warna berubah dan bau harum mulai tercium. Tuang air, besarkan api. Biarkan air mendidih.
15. Opor Ayam Tahu Ampela - Step 4
5
Setelah air mendidih, kecilkan api, masukan santan (saya memakai santan merk rose brand). Tunggu sampai mendidih, sesekali diaduk agar santan tercampur rata.
6
Setelah santan tercampur rata, masukan ayam. Tunggu sampai ayam berubah warna kecoklatan sambil sesekali diaduk.
7
Setelah berubah warna, masukan ampela, tahu, gula pasir, gula merah, kaldu jamur. Biarkan mendidih 45 menit sampai 1 jam atau lebih, tergantung besarnya ayam sambil sesekali diaduk.
8
Setelah opor matang, koreksi rasa. Sajikan hangat dengan taburan bawang goreng.
9
Nb : Saya memakai ayam ukuran sedang, bila memakai ayam ukuran besar takaran air, santan, bumbu, bisa disesuaikan. Santan nya pakai 2 bungkus yang ukuran kecil.
10
Memasak opor memang banyak printilan yang harus dipersiapkan dan membutuhkan waktu lama sampai opor matang. Tapi rasa yang dihasilkan sesuai dengan usaha yang dikeluarkan. Saat memakannya rasa capek hilang terbayar rasa sedapnya. Selamat mencoba.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

#AhlinyaAyam #SiapRamadan

#Opor ayam gurih maknyus

#Opor ayam gurih maknyus

Kata si kaka>opor buatan bunda....😁Numero unoπŸ˜ŠπŸ˜‰πŸ˜„πŸ˜…πŸ˜‹dan selalu begitu πŸ˜‹

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

#siapramadan #Murahmeriah #antiribet #jemputrejeki

Opor Kentang Telur

Opor Kentang Telur

Rencananya mw bkin gulai kentang telor, krn anak2 g suka pedes kita putar haluan k opor saja. Ttep enak dan mantap 😘

Opor Ayam

Opor Ayam

Cocok disajikan dengan lontong, ketupat ataupun nasi

Opor Ayam untuk Lontong Sayur

Opor Ayam untuk Lontong Sayur

Ceritanya pak suami belum bisa move on dengan lontong sayur yang saya bikin pas lebaran kemarin, jadi sekarang bikin lagi 😊.

Opor ayam

Opor ayam

#Siap Ramadhan #Ahlinya ayam Lauk pelengkap saat makan nasi kuning.

Opor ayam

Opor ayam

Selain ayam goreng, Suami dan anak anak juga paling suka kalo dimasukin opor ayam. #WeekendChallenge #cookpadcommunity_jakarta #PejuangGoldenApron2

Opor ayam joper (jowo super)

Opor ayam joper (jowo super)

siapa sih yang ga kenal opor? tentunya sudah tak asing lagi ya.. apalagi dari kalangan orang-orang Jawa, menu ini jadi andalan saat hari lebaran tiba yang disajikan bersama lontong/ketupat dan sambal goreng πŸ˜‹ penasaran ga kenapa namanya ayam joper? karena ayam ini ayam jowo/Jawa super hasil persilangan dari ayam ras petelur dan ayam kampung.. tapi jangan salah ya.. ayam joper ini rasanya ga jauh berbeda dengan ayam kampung asli tetap gurih dan nikmat πŸ˜‹ dan kaldunya masih sangat berasa walaupun sudah 2-3 rebus 😍 terbukti kemarin saya beli ayamnya sudah matang dibumbui, saya rebus kembali untuk mengempukkan dagingnya dan sya buang airnya kemudian saya masak opor, ternyata kaldunya masih sangat berasa πŸ˜‹ simak resepnya ya πŸ˜‰ #AhlinyaAyam #SerbaSerbiAyam #berburucelemekemas

Opor Ayam

Opor Ayam

- 02.11.19 - Sabtu ini pak sum bakal pulang kerja dr rantauan, jadilah masakin yg gurih2 enak. Awalnya mau bikin ayam bumbu rujak, tp mikir lagi kalo bikin ayam bumbu rujak si bayik gak bakal mau makan, akhirnya tercetuslah bikin opor ayam yg pastinya bakal sesuai dg lidah si bayik. Ssstt.. Ini baru pertama kali bikin opor lho, nemu resepnya bunda Nining Sari_3R. Alhamdulillah resepnya mantul. Enak bener 😊 Si bayik suka dan si adek kembar pun juga suka. #weekendchallenge #PejuangGoldenApron2

3 porsi
Opor Tahu putih

Opor Tahu putih

Menu berbuka #SiapRamadan

Opor Ayam kentang Ceplok Telor Gak Pedes And Roti Goreng

Opor Ayam kentang Ceplok Telor Gak Pedes And Roti Goreng

#harianaknasional2019 #isitempatbekalanak

Opor ayam

Opor ayam

Berhubung si kecil belum bisa makan pedas, habis motong ayam kampung di belakang rumah jadi dimasak opor aja ,,yg doyan pedes tinggal tambahin sambal aja,,

10 porsi
Opor ayam Jawa (jago)

Opor ayam Jawa (jago)

#AhlinyaAyam#

Opor kuning ayam

Opor kuning ayam

Lama g bikin opor....kebetulan ada persediaan ayam kampung... pengin nyoba sensi rasa opor ayam yg beda...bumbunya aku tambahi cabe....ini saran teman😌 Tapi g terlalu pedas krn paksu g suka pedas

Opor instan bumbu indofood

Opor instan bumbu indofood

Lagi pengen makan opor tapi bahan seadanya dikulkas. Pengennya yg cepet dan instan. Yuk dicoba opor pakai bumbu Indofood cuma 15menit selesai bisa disantap.

3 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Menyiasati anak yg lagi GTM, bikinlah masakan berkuah.. Ini agak encer yaa ga banyak santan karena masak untuk paksu juga.. Source : Mba Fitri Sasmaya (saya menyimpang sedikit langkah pembuatannya hehee)

6 Porsi