Cara Gampang Menyiapkan Gulai Cancang (Cincang) Ayam Khas Padang yang Sempurna

Dipos pada June 30, 2023

Gulai Cancang (Cincang) Ayam Khas Padang

Sore-sore begini enaknya membuat Gulai Cancang (Cincang) Ayam Khas Padang yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Gulai Cancang (Cincang) Ayam Khas Padang yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Gulai Cancang (Cincang) Ayam Khas Padang, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Cancang (Cincang) Ayam Khas Padang di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kira-kira porsi penyajian Gulai Cancang (Cincang) Ayam Khas Padang adalah 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, perkiraan waktu untuk memasak Gulai Cancang (Cincang) Ayam Khas Padang diperkirakan sekitar 45 menit.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Gulai Cancang (Cincang) Ayam Khas Padang oleh krasi mommy. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Gulai Cancang (Cincang) Ayam Khas Padang memakai 28 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Padang terkenal akan kuliner yang menggugah selera. Dan yang paling diburu salah satunya adalah Gulai Cancang. Tidaklah sulit dalam membuat hidangan ini, kuncinya adalah ikuti step by step prosesnya. Dan Gulai Cancang Khas Padang siap membuat keluarga Anda makan dengan lahap. Tambuahh ciek da..!!! #AhlinyaAyam #gulai #gulaiayam #gulaipadang #masakanpadang #cincangayam

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Cancang (Cincang) Ayam Khas Padang:

  1. Bumbu Halus :
  2. 7 siung bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 8 buah cabai merah keriting
  5. 5 buah cabai rawit
  6. 1 ruas kunyit
  7. 1 ruas jahe
  8. 1/2 ruas lengkuas
  9. 3 buah kemiri sangrai
  10. 1 sdm ketumbar sangrai
  11. 1 sdt jintan
  12. 1 sdm lada bubuk
  13. Bahan Utama :
  14. 500 gram ayam potong
  15. 500 gram kentang
  16. 500 ml santan kelapa
  17. 250 gram kelapa sangrai
  18. 1 ruas lengkuas
  19. 1 batang serai
  20. 1 lembar daun kunyit
  21. 4 lembar daun jeruk purut
  22. 2 lembar daun salam
  23. 4 tangkai cengkeh
  24. 2 buah bunga lawang
  25. 1 butir pala
  26. 200 ml air
  27. 2 sdm garam
  28. 1 sdm gula

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Cancang (Cincang) Ayam Khas Padang

1
Potong-potong ayam menjadi potongan sebesar dadu, cuci hingga bersih, kemudian berikan taburan garam. Diamkan 30 menit sebelum diolah.
2
Kupas kentang, dan potong menjadi 6 bagian, cuci hingga bersih.
3
Sangrai kelapa parut hingga berwarna hitam (tidak gosong), kemudian giling/haluskan hingga mengeluarkan minyak dan tekstur menjadi kental.
4
Haluskan bumbu halus hingga benar-benar tercampur rata.
5
Tumis bumbu halus tersebut menggunakan minyak secukupnya, aduk sebentar kemudian masukkan serai, lengkuas geprek, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, cengkeh, pala, dan bunga lawang. Tumis hingga harum.
6
Masukkan ayam yang telah dipotong kecil-kecil (cincang) seperti dadu, aduk sebentar, kemudian masukkkan kembali potongan kentang, dan aduk hingga tercampur rata dengan bumbu.
7
Tambahkan santan hingga semua bahan terendam, tambahkan air apabila diperlukan.
8
Tambahkan minyak kelapa sangrai yang telah digiling tadi, aduk hingga tercampur rata.
9
Masak menggunakan api sedang hingga kuah menyusut dan mengeluarkan minyak. Sambil diaduk agar bumbu tidak gosong dan santan tercampur merata.
10
Apabila kuah telah menyusut dan tekstur kentang telah lunak, matikan api kompor, hidangan siap disajikan dan dinikmati oleh keluarga tercinta.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Ayam Khas Padang

Gulai Ayam Khas Padang

Hari jumat ini masak-masaknya khas padang dulu 😁. Ini resepnya gampang banget, tinggal cemplung-cemplung aja. Nah bumbu halus di blender aja hehe... Kuahnya yang kental, ayamnya yang empuk, waduhhh lemak nian 😍😍😍 #KulinerPadang #KhasPadang #Minang #MasakanPadang #MasakanMinang

8 porsi
Gulai Cumi Celshi

Gulai Cumi Celshi

Maksudnya cumi gulai kesukaannya anak ku. Namanya Celshi. Kalo bukan karena dia mah, aku agak males masak beginian 😊. Bumbunya standar bumbu gulai ya, tapi gak terlalu strong rempah2nya karena lebih suka gulai yg rasanya lebih mild. Ini Cuminya diisi telur orak arik yang lembut dan gurih biar tambah mantep makannya. Jadinya gulai cumi telor cuma telornya telor ayam 😁. Ooh iya aku kalo masak cumi basah, gak pernah dikucurin jeruk nipis. Kenapa?? Soalnya bikin cumi jadi agak alot gitu ( tapi dikucurin juga gpp ya. Disesuaikan dengan selera aja). Bau amisnya? Kalo cuminya seger gak bau amis sih dan kan mo dimasak dengan segitu banyak bumbu dan dedaunan aromatik. Aroma amis pasti gak bersisa deh 😊 Resep ini juga menghasilkan gulai yang agak pedas ya. Kalo tidak suka pedas cabainya boleh pake cabai merah besar2 atau diskip aja juga gpp. Here is my humble recipe. Semoga bermanfaat dan cocok ya.

Cumi gulai saus tiram

Cumi gulai saus tiram

rasanya endeus dan bahan2 simpel

Gulai ikan mas

Gulai ikan mas

Simpel enak dan praktis. πŸ‘

Udang gulai padang

Udang gulai padang

Kaya akan bumbu, silahkan dicobaa:))

Gulai Tetelan Daging Sapi mix KentangπŸ‘

Gulai Tetelan Daging Sapi mix KentangπŸ‘

Kali ini aku akan membagikan resep gulainya mama aku, kebetulan memang lagi ada stok tetelan daging sapi di kulkas, mamaku tuh paling juara πŸ‘ kalau masak,,,,cocok banget lho buat buka puasa, apalagi pas sahur tinggal diangetin aja, udah beres,,,, #SiapRamadan #PekanInspirasi

Gulai Gancang Ayiak Gendulau Undak Labu Siam

Gulai Gancang Ayiak Gendulau Undak Labu Siam

Kami orang Bengkulu selatan ( kabupaten Manna) kalau menyebut oyong atau Gambas itu dengan sebutan Gendulau. Nah biasanya Gendulau sering kami buat Sayur Bening ( bahasa Manna nya Gancang Ayiak) biasanya kalau nenek dulu di campur dengan semua sayur mayur yang ada di kebun atau pekarangan rumah.( Terong, Gendulau, kacang, sayur katu, jamur kuping( kalau bahasa Manna nya tighau Bibiagh) 🀣. Di tambah bihun juga enak. Ya begitulah sekilas cerita Gulai Gancang Ayiak.. #sekarraduhin dari #Cookpadcommunity_bengkulu di #CookpadIndonesia #SiapRamadan #BagikanInspirasimu #MasakItuSaya

Gulai Balak khas Lampung

Gulai Balak khas Lampung

Kamis, 4 juli 2019 #Pekan_Lampung #PekanInspirasi #Cookpadcommunity_yogyakarta #cookpadersjawabali #resepsri_2019 Source : Widhiaanugrah.com Gulai Balak adalah msakan khas Lampung yang terbuat dari daging kambing atau sapi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Lampung. Kali ini bikinnya dengan daging sapi yang mudah dijumpai di pasar terdekat.

Gulai Kuning Ikan Simbak

Gulai Kuning Ikan Simbak

Kangen masakan mamah ceritanya ne.....😘😘😘

Gulai Cumi

Gulai Cumi

Suami itu sebenernya nggak suka cumi karena katanya amis, tapi suka kalo di goreng tepung aja, kan bosen ya kalo cuma di goreng tepung, mana kalo udah dingin jadi alot. Nah.. aq coba di gulai aja. Dengan bumbu yg banyak kan bau cuminya bisa tertutupi. Alhasil suka dia, nggak ada tu ngeluh2 bau cumi, bau amis dll. Soalnya suami aq ini lucu, menyebutkan udang, ikan, cumi dkk itu amis, padahal dia itu nggak suka sama aroma nya, bukan karena nggak bersih proses pencucian nya atau pengolahannya, tapi krn emang dia nggak suka aja dgn aroma dari ikan dkk yg berasal dari laut.. Hihiii 😁

Gulai Belulang Undak Teghang Khas Manna Bengkulu Selatan

Gulai Belulang Undak Teghang Khas Manna Bengkulu Selatan

Kuliner Kab Manna Bengkulu Selatan tidak kalah loh dengan daerah Nusantara lainnya. Kota Manna pun mengenal beragam jenis gulai. Salah satu sajian yang terkenal adalah gulai Belulang. kulit sapi atau belulang menjadi bahan baku gulai dalam masakan Manna ini. Hidangan ini biasanya banyak masyarakat memasaknya sehabis lebaran haji. Tapi jaman sekarang di pasar udh banyak yang jual belulang. Gulai Belulang dibuat dengan menggunakan kulit sapi. Biasanya hanya kulitnya yang dipakai bersama tulang lunak. Untuk membuatnya, kulit sapi di bakar/ di Gongseng pake pasir, agar bulunya terlepas.Kemudian kulit direbus sampai empuk. Pembuatan kuah gulai menggunakan santan, bumbu halus dan beragam rempah. Belulang dimasukkan ke dalam campuran santan dan bumbu halus tersebut. Lalu gulai dimasak dengan api kecil sampai santan mengental dan keluar minyak. Pemakaian santan membuat gulai terasa gurih, kental dan berminyak. Tambahan rempah seperti kunyit, lengkuas, dan serai menjadikan gulai lebih aromatik sekaligus berwarna kekuningan. Rasa pedas pada gulai sendiri muncul karena penggunaan cabai merah. Proses masak gulai belulang membutuhkan waktu cukup lama agar tekstur tunjangnya empuk saat dimakan. Gulai belulang yang bercita rasa pedas gurih makin nikmat saat disantap bersama sepiring nasi hangat. Biasanya masak belulang sering di campur terong πŸ† an, kentang, #sekarraduhin #cookpadcommunity_bengkulu #SiapRamadan #MasakItuSaya #CookpadIndonesia #BagikanInspirasimu #ParcelRamadanCookpad

Gulai Kemangi Ikan

Gulai Kemangi Ikan

#masaksedap

Gulai tahu sosis

Gulai tahu sosis

Soresore bingung mau masak apa mencoba memanfaatkan bahan yang ada di kulkas

Gulai ayam labu kuning

Gulai ayam labu kuning

Sangat simple tapi mampu membuat suami dan anak anak nambah dan makan banyak, alhamdulillaah πŸ˜‡πŸ™

Gulai pakis Dan udang

Gulai pakis Dan udang

Dah lama g makan pakis nah kebetulan si mamang sayur bawa pakis

Gulai Rebung

Gulai Rebung

Entah kenapa. Di jawa rebungnya yg diambil bagian bonggolnya.. Bukan yg agak pucuk kyk di sumatera. 😁 Not bad lah obat kangen kampung halaman.

Gulai kacang panjang dan Tempe

Gulai kacang panjang dan Tempe

Masakan praktis. Enak dan gurih. #berburucelemekemas #resolusi2019