Bagaimana Membuat Gulai ikan yang Lezat

Dipos pada May 6, 2022

Gulai ikan

Bagaimana membuat Gulai ikan yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Gulai ikan yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Gulai ikan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Gulai ikan di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Gulai ikan sendiri di rumah. Cukup dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Mommy bisa menyajikan Gulai ikan memakai 13 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai ikan:

  1. 3 sapit ikan laut
  2. secukupnya Santan
  3. 20 cabe rawit (sesuai selera)
  4. 1 ruas kunyit
  5. 1 ruas laos
  6. 2 lembar daun jeruk
  7. 5 bawang putih
  8. 8 bawang merah
  9. 2 buah tomat
  10. secukupnya Minyak
  11. Gula
  12. Garam
  13. Royco

Langkah-langkah untuk membuat Gulai ikan

1
Potong ikan laut sesuai selera lalu cuci bersih
2
Haluskan cabe, bawang merah, bawang putih dab kunyit
3
Panaskan minyak secukupnya utk menumis
4
Masukan bumbu yg sudah d haluskan
5
Tambahkan daun jeruk, tomat yg sudah di potong dan laos yg sudah d geprek
6
Tunggu sampai harum
7
Masukan santan secukupnya
8
Masukan ikan laut tambahkan gula garam dan royco

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai kepala ikan kakap

Gulai kepala ikan kakap

Beli rempah-rempah komplit di pasar, dan jadilah masakan ini 😁. Belanja ke pasar tradisional itu menyenangkan 😍

Gulai Ikan Acakadut

Gulai Ikan Acakadut

Nelayan tradisional di Batam yg pulang melaut akan melelang ikan jenis favorit di halaman rumahnya. Selepas lelang, beberapa jenis ikan yg tidak laku biasanya dijual murah. Saya dapat 4 kilo ikan campuran, hanya Rp15 ribu.

5 porsi
Gulai Kepala Ikan Manyung

Gulai Kepala Ikan Manyung

Rejeki anak solehhh...kemaren siang dapet kiriman 2 buah kepala ikan manyung. Saya sendiri awalnya belum pernah mengolah kepala ikan, tapi pernah nyicip makan di salah satu warung makan gulai ikan di Tegal. Rasanya maknyusss banget. Cuzz ke dapur diolah jadi gulai lezatozzz...kata ibuku mantap. Bumbu meresappp sampe ke tulang. Yeay!

Gulai Daun singkong ikan Panggang

Gulai Daun singkong ikan Panggang

Bismillah Dapat ikan besar ikan sungai asli lo Enak nih do gulai simple y mom sekali masak dpt dua sayur dan lauk nya πŸ˜† #Berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcomunity-Indonesia #gulaiidaunsingkongikanpanggang #Dapurmamasyfa

Gulai ikan selar campur cumi n kentang

Gulai ikan selar campur cumi n kentang

Terinspirasi masakn mak mertua yang sllu pas d lidah πŸ€—πŸ€—

Gulai Kakap Tanpa Santan

Gulai Kakap Tanpa Santan

Uda siang aja,bunda2 pada sibuk mikirin mau nyiapin lauk apa ya hari ini,Ini lauk berbuka saya kemarin,lg malas yg pake santan,jadilah gulai ini😊😊.Yg mau cobain yuuuk..!!

Gulai Cabai Tongkol Asap

Gulai Cabai Tongkol Asap

Kalau ada ikan panggang sisa pasti dimasak seperti ini dan bakalan laku keras di meja makan, karena kami penyuka pedas jadi penggunaan cabai hijaunya agak banyak dan biasanya cabai hijau itu akan kami santap bersama ikan sbg kawan nasi, rasanya pedasΒ² gimana gitu. Ini rasanya acehnese ya. #TantanganAkhirTahun #MasakdiTahunBaru #cookpadcommunity_aceh #cookpadcommunity_langsa

Gulai ikan mas kacang panjang

Gulai ikan mas kacang panjang

Ini masakan khas Padang karena orang Padang suka banget dengan masakan yang bersantan ..awal diajarin masak sm nyokap waktu sd adalah masakan gulai ikan mas #Pekan_Padang#cookpadcommunity_Jakarta

Gulai Tongkol Tempe (#postingrame2_tempe)

Gulai Tongkol Tempe (#postingrame2_tempe)

Mau masak lodeh labu tempe, sama tongkol dibumbui bali. Tapi kepasar sorenya sudah terlalu malam abang2nya sudah pada pulang mau lyt sepak bola Indonesia vs Thailand. Pas sampai pasar si babang penjual labu serut, krecek, tewel pun jg sudah pada pulang... baiklah!! berbekal bahan yg ada sepulang dari pasar. banting setir putar balik.. jadilah masak gulai ala Padang versi aku dengan bahan seadanya... hehehehe.

8 porsi
Gulai patin kemangi

Gulai patin kemangi

Jangan dliat penampilan tapi rasaπŸ˜†. Soalny lagi ga enak body, tapi mesti masak

6 porsi
50 menit
Gulai Ikan

Gulai Ikan

Gulai ikan ini adalah masakan kesukaan suami. Bermula dari coba-coba resep gulai ikan nya ci Xanderkitchen, eh... ternyata suami suka & jadi resep andalan tiap kali buat gulai ikan. Resep udah saya modifikasi sesuai bahan2 yang ada dirumah.

Gulai kepala ikan tongkol

Gulai kepala ikan tongkol

Masboy udah lama pengen gulai beginian. Alhamdulillah ketemu dipasar ikan seger. Jadi maknyus mkannyaπŸ˜‚

2 porsi
Gulai ikan mas kacang panjang

Gulai ikan mas kacang panjang

Dikasih ikan mas hidup sama temen, blm pernah ngolah ikan dr masih hidup. Perjuangan nunggu sampe itu ikan mati. Dah hampir 1 jam masih lompatΒ² an aja ikannya bikin ketar ketir. Sampai akhirnya berubah jadi gulai hehehe...

Gulai ikan mas

Gulai ikan mas

klu bulan puasa serba binggung ,,mau masak apa??! jd masak nya yg bersantan aja,,,ikan tinggal satu,,yg lain dah di makan,,hehe sorry