Langkah Mudah untuk Membuat Gulai Ikan Tuna yang Enak

Dipos pada May 7, 2022

Gulai Ikan Tuna

Anda sedang mencari inspirasi resep Gulai Ikan Tuna yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Gulai Ikan Tuna yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Gulai Ikan Tuna, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Gulai Ikan Tuna di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Gulai Ikan Tuna oleh krasi mommy. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Mommy bisa menyajikan Gulai Ikan Tuna memakai 23 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Edisi lagi ngidam, pagi2 udah pengen yg pedes seger.. yasudah langsung cuss bikin tuna 🐟🐟🐟

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Ikan Tuna:

  1. 1 kg ikan tuna (aku potong jadi 7)
  2. 1 1/2 buah jeruk lemon yg kecil2
  3. 3 sdt garam atau sesuai selera
  4. Bumbu yg dihaluskan:
  5. 4 siung bawang putih
  6. 3 siung bawang merah
  7. 3 buah cabai merah keriting
  8. 3 butir kemiri
  9. 1 ruas jahe
  10. 1 1/2 ruas kunyit atau sesuai selera
  11. Bahan tambahan:
  12. 65 ml santan instan
  13. Secukupnya Lengkuas geprek
  14. 2 lembar daun jeruk
  15. 3 lembar daun salam
  16. 1 batang serai
  17. 1 buah tomat (potong kecil2)
  18. 6 butir cabai rawit merah
  19. 1 lembar daun bawang potong2
  20. 5 buah kacang panjang potong2
  21. Secukupnya air
  22. Secukupnya garam
  23. Secukupnya gula

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Ikan Tuna

1
Pertama cuci ikan tuna sampai bersih. Kemudian peraskan jeruk lemon dan tambahkan garam. Aduk2 tunggu sampai meresap dan bau amisnya hilang kurleb 30 menit.
Gulai Ikan Tuna - Step 1
2
Sembari menunggu ikan.. haluskan semua bumbu2 : bawang merah, putih, cabai, kemiri, kunyit & jahe.
Gulai Ikan Tuna - Step 2
3
Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak dan tunggu sampai harum. Kemudian masukkan serai, lengkuas, daun jeruk dan daun salam. Tumis sampai bumbu matang dan harum, kemudian tambahkan air.
Gulai Ikan Tuna - Step 3
4
Setelah air mendidih, masukkan ikan tuna beserta potongan tomat dan cabai rawit merah.
Gulai Ikan Tuna - Step 4
5
Tunggu sampai ikan matang dan air sedikit berkurang. Lalu tambahkan garam dan gula sesuai selera.. aduk2 sebentar. Kemudian masukkan santan instan aduk2 perlahan sampai mendidih.
Gulai Ikan Tuna - Step 5
6
Terakhir, koreksi rasa apabila sudah pas atau belum. Kemudian masukkan kacang panjang yang sudah di potong2 beserta daun bawang. Tutup sebentar sampai kacang panjang matang. Jika bumbu gulai sudah pas rasanya.. matikan kompor dan siap di sajikan. Selamat memasak! 😊😊😊
Gulai Ikan Tuna - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Ikan Nila

Gulai Ikan Nila

Kepingin makan gulai kepala ikan kakap, tapi yg adanya cuma nila.. , Latepost nih...

Gulai Kenikir Ikan Kari

Gulai Kenikir Ikan Kari

Aku belum pernah masak kenikir sebelumnya kecuali direbus. Lihat resep sana sini, Akhirnya Kucoba pake bumbu gulai padang. Tapi ga merah kuah nya, Soalnya cabenya Cuma lima biji. Tapi rasanya udah pedes bgt kok. Hehe. #TantanganAkhirTahun #MasakdiTahunBaru

Gulai ikan layang kemangi

Gulai ikan layang kemangi

Masakan request dari suami. Siapkan nasi hangat yang banyak ya. dijamin nagih rasanya. Selamat mencoba.

4 porsi
15 menit
Gulai Ikan Gindara hemat bumbu tetap endeeesz

Gulai Ikan Gindara hemat bumbu tetap endeeesz

Di arisan bapak-bapak, suami dapat info dari seorang bapak yang usianya sudah lanjut, tapi fit banget. Katanya beliau rajin konsumsi ikan Gindara. Beliau juga menambahkan, agar tidak menggoreng ikannya, karena khasiatnya bisa hilang, sebaiknya di kukus. Membayangkan ikan di kukus kyknya enggak banget. Akhirnya diputuskan untuk di gulai saja. Ceki ceki resep, ketemu resep mbak Febi, yang tampilan fotonya menggoda, dan minim bumbu. Rasanya? Wuaaah suami sukaa

Gulai ikan sibolga

Gulai ikan sibolga

Sebenarnya ada memory terdalam dengan kuliner satu ini,udah lama aku gak mau buat lagi.tapi ada tantangan dari cookpad mengenai #bringbackmemories. Dan cuma menu ini yang punya kenangan terindah buatku. Dulu aku pernah menjalin hubungan dengan pria daerah Sibolga, sudah serius untuk saling mengikat janji suci ke pernikahan, ku pelajari kuliner asal dia, termasuk menu satu ini, untuk gulai ikan Sibolga ini dia pula yang mengajari aku cara buatnya, bagaimana supaya aku bisa diterima keluarganya, karena ini menu favorit keluarganya. Ku buat seenak mungkin sesuai resep aslinya, aslinya pakai ikan anak hiu. Di tengah keseriusan kami, rupanya takdir tidak mengizinkan untuk kami berjodoh karena perbedaan ,dia dinikahkan dengan wanita pilihan keluarganya, sedih sudah pasti. Biarpun awalnya tidak menerima, tapi aku percaya pasti akan ada yang lain untukku. Pada akhirnya dia bahagia dengan wanita pilihan keluarganya,yang sekarang jadi istrinya, dan aku .... Aku pun bahagia dengan lelaki pilihanku yang mau lebih menerimaku apa adanya. Yang sekarang menjadi suamiku. Inilah ceritaku dibalik resep ini, cerita yang mendalam. Namun pesanku,, jodoh sudah ada yang tentukan,tidak bisa juga kita yang menentukan takdir kita. Jangan baper yah bacanya,, ini nyata kisahkuπŸ˜₯. Tetap semangat aja. #bringbackmemories #cookpadcommunity_bogor #cookpad_paders #cookpad_id #cookpadcommunity #cookpadindonesia #pekaninspirasi

Gulai Ikan Merah

Gulai Ikan Merah

Di daerah saya namanya Ikan Merah,,,,,,di daerah lain Ikan Kakap Merah (kalau tidak salah :D ) sengaja gulainya tidak saya tambah sayuran karna lagi pengen sayur rebusan.

Gulai Kane Kane Khas Minang

Gulai Kane Kane Khas Minang

Gulai kane kane sama aj dg gulai campur campur, klo di kampung saya sering blg nya kane kane. Resep ini turun temurun klrga 😁😍 #Maminang_Santan #CookpadCommunity_Sumbar #TiketGoldenBatikApron

Gulai Gurame Alaku

Gulai Gurame Alaku

Suamiku sedang susah makan beliau sukanya yg bersantan. Mudah2an suka yaa honn 😍😘😘

2 porsi
30 menit
Gulai lele

Gulai lele

Hamizan lagi bosen sama lele yg digoreng..akhirnya iseng2 coba lele digulai..eh doyan banget dia..hihihi..

3 porsi
45 menit
Gulai Kepala Ikan Dapur Bunda QQ

Gulai Kepala Ikan Dapur Bunda QQ

Sebenarnya bukan kepala aja, ada badan dan ekor juga... hehe...

4 orang
Gulai ikan patin

Gulai ikan patin

Punya cooking cream di kulkas yg udah lama banget. Saatnya di oleh lah ini ceritanya. Akhirnya keingetan punya ikan patin di freezer, cusss deh masak gulai ikan patin pakai resepnya ci jun @xanderskitchen. Saya share disini ya resepnya. Resep sudah sy sesuaikan dengan kebutuhan saya ya.

6 porsi
Gulai ikan mas padang

Gulai ikan mas padang

Masak gulai ikan mas kesukaan anakku uumm...boleh dishare #5resepterbaruku

3 porsi