Bagaimana Membuat Gulai Kuning Ikan Padang Xpress yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada May 3, 2022

Gulai Kuning Ikan Padang Xpress

Hari ini saya akan berbagi resep Gulai Kuning Ikan Padang Xpress yang lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Gulai Kuning Ikan Padang Xpress yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Gulai Kuning Ikan Padang Xpress, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Kuning Ikan Padang Xpress bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Gulai Kuning Ikan Padang Xpress kira-kira 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Gulai Kuning Ikan Padang Xpress bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Tetap dengan bahan yang sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Anda bisa membuat Gulai Kuning Ikan Padang Xpress memakai 21 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Pulang krja ada sambal ijo & nasi mari kita buat gulai pelengkapnya. Yg sy blm prnh coba adalah ikan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Kuning Ikan Padang Xpress:

  1. 1 ekor Ikan Kakap /Mujair /Patin
  2. (sy pakai ikan yg sdh di fillet tanpa duri & kulit)
  3. 4 siung Bawang Merah
  4. 2 siung Bawang Putih
  5. 1/2 sdt Jahe ditumbuk halus
  6. 2 butir Kemiri ditumbuk halus
  7. 4 cm Lengkuas diiris pipih bundar
  8. 5 cm batang Sereh digeprak
  9. 2 tangkai Cabai Merah keriting iris kecil
  10. 2 tangkai Cabai Rawit iris kasar
  11. 1 sdt bubuk Kare Kuning / Kunyit bubuk
  12. 1/8 sdt Jintan bubuk
  13. 1 buah Tomat Muda yg rasanya asam
  14. 1 cup Santan Cair
  15. sejumput Gula Coklat (castor)
  16. 3 lembar Daun Jeruk
  17. 1/2 blok Maggi rasa Sayuran (vegetables)
  18. 1.5 sdm Minyak goreng
  19. 1/2 sdt Cabai bubuk
  20. secukupnya Lada Putih
  21. secukupnya Garam

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Kuning Ikan Padang Xpress

1
Tumis irisan bawang-bawang, sereh, lengkuas & jahe hingga sedikit harum. Masukkan potongan fillet ikan, daun jeruk & kemiri tumbuk. Masak sebentar (5 menit). Lalu masukkan irisan tomat. Masak sekitar 7 menit.
2
Masukkan santan cair, irisan cabai & seluruh bumbu bubuk. Aduk rata perlahan. Bubuhi garam, lada & maggi blok. Masak hingga ikan matang kira2 selama 10 menit.
Gulai Kuning Ikan Padang Xpress - Step 2
3
Bila kuah menyusut drastis tambahkan sedikit air matang atau santan cair. Bila ingin lebih rasa asamnya bisa ditambah air lemon / jeruk nipis.
Gulai Kuning Ikan Padang Xpress - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Patin

Gulai Patin

20.03.2019 Masih sebagai pejuang #berburucelemekemas yang berusaha lolos minggu ini, saya sengaja masak gulai patin hari ini 😁😎 jadi pas banget sama tantangan cookpad #ikanjanganditawar dan #pekaninspirasi minggu ini, #Pekan_Padang #pekaninspirasi #Pekan_Padang #ikanjanganditawar #berburucelemekemas #resolusi2019 #masakitusaya #mama_akmal_resep #cookpadcommunity_denpasar #cookpadcommunity_badung #cookpadcommunity_bali #cookpadcommunity_id #cookpadersjawabali

5 porsi
Gulai ikan selar campur cumi n kentang

Gulai ikan selar campur cumi n kentang

Terinspirasi masakn mak mertua yang sllu pas d lidah 🤗🤗

Gulai ikan nila maknyusss

Gulai ikan nila maknyusss

Bosan sama nila goreng, sesekali coba yg baru dahhh

Gulai ikan kakap "keto friendly"

Gulai ikan kakap "keto friendly"

Ini menu refill waktu main ke peternakan, sebenernya masak banyak tapi yg di foto cuma kepalanya aja, takut ga muat kalo diajak selfie semua.. hihihi Ini saya beli ikan kakap sekilo isi 3 ekor seger2 banget Yang 2 ekor saya potong jadi 3 karna besar yg 1 ekor saya potong 2, abis itu saya bagi 2 deh potongan ikannya jadi bisa buat 2x masak, lumayan lahh daripada beli mateng di padang kan mahal ya, maklum emak irit Tadinya diniatin mau masak sup ikan bening, tapi kok kepengen yg gurih2 pedes Saya tanya paksu mau dimasakin yg seger apa yg gurih, dia jawab yg gurih tapi seger...hhhmmm Dari pada nanya2 jawabannya ngambang mending gmn kata yg masak aja lahh yaa.. orang doi tinggal makan doank 😅 Menu ini enak bgt dimakan panas2 apalagi pake nasi, haduuh mimpi 😝

Gulai Terong Ikan Asin

Gulai Terong Ikan Asin

biasanya Mama mertua suka masak menu ini di rumah, kalau mama pakai ebi di bumbunya, aku pakai terasi di bumbunya. santan nya yang encer saja, jangan terlalu kental supaya kuahnya ga terlalu eneg di makan.. ikan asinnya di masak sampai aga lembek, jdnya ga berasa kayak makan ikan asin lg krn rasa asin ikannya juga sudah berbaur dengan kuah.. tapi ya itu tujuan ikan asinny di lembekin supaya bs menambah rasa kuah gulainy..

Gule ikan nila

Gule ikan nila

Sudah lama gak makan ikan, memang di sengaja sih soalnya anak2 paling gak doyan sama ikan..... Jadi kalau mau masak ikan harus di jadwal sebulan 4 kali, biar mereka mau makannya....

5 porsi
30 menit
Gule ikan gurami plus terong

Gule ikan gurami plus terong

Ceritanya pingin masak yang simpel dan tetep enak..... Terbitlah gule ikan plus terong, rasanya lomaknyo....

Gulai ikan nila

Gulai ikan nila

Eksekusi hasil mancing suami dengan bumbu seadanya, dengan resep penuh cinta ❤❤

Gulai ikan tenggiri sawi putih

Gulai ikan tenggiri sawi putih

sebenernya hari ini hari pertama sy jalani diet karbo tapi tinggi protein ya hampir sprt keto lah dannnnn ini adalah menu makan siang sayaaaaaaaaa 😂

Gulai Ikan

Gulai Ikan

Hayukk makk cobain resep nya ya😊

Gulai Ikan asap tahu

Gulai Ikan asap tahu

Lagi kangen masak ibu dikampung,akhirnya masak sendiri deh obat kangen masakan Sumatera.

Gulai Ikan Acakadut

Gulai Ikan Acakadut

Nelayan tradisional di Batam yg pulang melaut akan melelang ikan jenis favorit di halaman rumahnya. Selepas lelang, beberapa jenis ikan yg tidak laku biasanya dijual murah. Saya dapat 4 kilo ikan campuran, hanya Rp15 ribu.

5 porsi
Gulai ikan nila

Gulai ikan nila

Pingin makan masakan padang tapi bahan seadanya karena ditempatq tinggal jarang daun kunyit (mungkin banyak cuman aq gak tau dimana belinya) maklum penduduk baru 😅😅

6 porsi
40 menit
Gulai Ikan Asap Limbad dan Daun Singkong

Gulai Ikan Asap Limbad dan Daun Singkong

Lagi pingin bgt sama masakan ibu akhirnya coba sendiri Alhamdulillah....