Bagaimana Menyiapkan Gulai Ikan Sale yang Menggugah Selera

Dipos pada October 10, 2022

Gulai Ikan Sale

Hari ini saya akan berbagi resep Gulai Ikan Sale yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Gulai Ikan Sale yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Gulai Ikan Sale, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Ikan Sale enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Gulai Ikan Sale sendiri di rumah. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Anda mungkin bisa mengidangkan Gulai Ikan Sale memakai 17 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tetiba suami kepengen makan ikan sale krn katanya sdh lama gak makan.. Ywd saya langsung pergi ke pasar tp yg ada cuma sale lele, gpp deh beli aja yg penting suami bs makan ikan sale ..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Ikan Sale:

  1. 250 gr ikan sale lele (-/+6 ekor)
  2. 10 bh cabe rawit
  3. 1 bh asam potong
  4. 2 lbr daun salam
  5. 1000 ml santan
  6. 1 buah tempe (uk.sedang)
  7. 1 bh labu siam (potong sesuai selera)
  8. Secukupnya garam
  9. Secukupnya minyak goreng
  10. Bumbu halus :
  11. 5 bh cabe merah
  12. 2 siung bawang putih
  13. 6 siung bawang merah
  14. 2 btr kemiri
  15. Seruas jahe
  16. Seruas kunyit
  17. 1/2 sdh merica

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Ikan Sale

1
Bakar ikan sale diatas kompor sebentar saja, jangan sampai gosong.
2
Tumis bumbu halus, asam potong, cabe rawit dan daun salam hingga layu dan harum. Setelah itu masukkan labu siam, masak hingga setengah matang.
Gulai Ikan Sale - Step 2
Gulai Ikan Sale - Step 2
3
Lalu masukkan sale lele kedalam bumbu dan aduk hingga merata, dan tambahkan santan.
Gulai Ikan Sale - Step 3
Gulai Ikan Sale - Step 3
4
Aduk hingga mendidih. Selama proses mengaduk santan usahakan jgn terlalu sering membalikkan ikan sale agar tidak hancur. Setelah mendidih masukkan tempe. Masak hingga santan sedikit menyusut.
Gulai Ikan Sale - Step 4
5
Terakhir tambahkan garam dan koreksi rasa. Lalu angkat dan sajikan.
Gulai Ikan Sale - Step 5
6
Gulai sale lele siap dinikmati. Selamat mencoba.
Gulai Ikan Sale - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Kikil Bumbu Instan

Gulai Kikil Bumbu Instan

Tergoda beli kikil di pasar sekalian nyoba bumbu instan indofood yang rasa gulai..

1 orang
50 menit
Gulai Rebung / Umbud Bambu

Gulai Rebung / Umbud Bambu

Kepengen banget makan Gulai Rebung, kalau dikampung biasanya gulainya ditambah dengan Kerang Kepah 😍😍😍 rasanya semakin enak dan gurih. Nah karena kepah g ada jdnya bikin gulai rebungnya aja. Alhamdulillah tetap enak.... #CookpadCommunity_Jakarta #GulaiRebung #DirumahAja

Gulai Kacang Panjang dan Kol

Gulai Kacang Panjang dan Kol

#goda_cangkacangpanjang #goda_paders #komunitaspaders #cookpadindonesia #cookpadcommunity_bali #cookpadcommunity_denpasar #homemadeisbetter #citarasadarirumah Kacang panjang diolah begini bareng kol enak loh,, mirip seperti yang ada dirumah makan padang. Saya tidak menggunakan santan tapi memakai fibercreme. Seneng bnget akhirnya goda paders ada lagi setelah liburan sebulan. Sehat2 terus ya buat adminsay dan padersay semua.

Gule kambing khas sidoarjo

Gule kambing khas sidoarjo

Resep asli @Journey_Me Dengan beberapa modifikasi dr saya

10 porsi
2 jam
Gulai Ati Ampela dan Telur 🥘

Gulai Ati Ampela dan Telur 🥘

Pedas, manis, gurih 😋 #cookpadcommunity_jakarta

Gulai rebung cincang sapi

Gulai rebung cincang sapi

Salah satu makanan kesukaan suami yang belum pernah saya masak. Belum berani tepatnya. Karena bayangan saya, rebung ini bau dan saya takut akan tetap bau rebung ketika di masak. Sampai akhirnya sama ketemu satu resep dari Ummi Umar di kota Agam.

Gulai Ayam Padang

Gulai Ayam Padang

Nikmat,enaaakkk bangeeeetttt😋 Bikin nambah2 nasi terus..wajib coba!

Gulai daun singkong

Gulai daun singkong

Petik2 daun singkong dibelakang rumah , jadikan lauk saja mantul ini

Gulai Nangka Balungan

Gulai Nangka Balungan

Saya disini pake ceker dan sedikit ayam di suwir suwir, ada lebih ayam goreng sisa kemarin, sayang kalo dibuang 😁

Ayam Gulai Pedas

Ayam Gulai Pedas

Lagi malas masak,tapi ga suka beli lauk masak 😂🤭 solusinya tetap masak,tapi masakan praktis saja,kaya gini gulainya sudah pedas banget,jd ga perlu lagi bikin sambal,lebih menghemat waktu kan 😂🤭 #CookpadCommunity_Palembang

Gulai Ceplok Telur Bebek

Gulai Ceplok Telur Bebek

Enaknya sih ini klo pedas... Makannya pke nasi hangat + ikan asin... Maknyuuuussss

Gulai Kacang Panjang Ala Kapau

Gulai Kacang Panjang Ala Kapau

Bismillah.. Setoran #Goda_Paders setelah libur lama.. Mulai lagi deh seseruan bareng mentemen @komunitaspaders. Temanya kacang panjang, kudunya simple kan.. Tp karena udh setor banyak resep kacang panjang, jadi kepikiran yg belom punya resepnya. Bikin gulai nya nge-pas2in pen makan nasi campur ala Kapau. Pengennya pake gulai tambusu juga tp ternyata ribed yakk.. Jd cuma pake gula cancang ama sambel ples lalap daun singkong aja. Mayanlah ya udh ngobatin rasa kangen nasi Kapau, walopun enakan beli tinggal makan😜. Source mbasay @emma_dion9189 #GoDa_Cangkacangpanjang #Komunitaspaders #CookpadCommunity_Yogyakarta

4porsi
45menit
Gulai Cumi Isi Tahu

Gulai Cumi Isi Tahu

Pekan ini temanya olahan seafood. Kebetulan masih ada stock cumi dan tahu, cus lah bikin gulai cumi isi tahu resepnya mba @SilviaNovi Baru selesai masak, ternyata si kecil demam langsung deh buru2 ke dokter. Pulang dari dokter nyiapin makan, eh lupa klo ternyata belum pocan 🤔...akhirnya photo seadanya deh 🤣🤣. Besok2 bikin lagi ah, ini enak loh. Lain kali nyari cumi yang agak besaran ah, soalnya klo ukuran kecil perjuangan banget ngisinya (baca malas) 🤭. Source : silvia novi Resep asli : https://cookpad.com/id/resep/14105968-gulai-cumi-isi-tahu?invite_token=e5vLuuyNuzi4iBCJkrduzaLB&shared_at=1623241071 #PekanCooksnap #CocomtangPost_DariLaut #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadIndonesia

Gulai Telur Ceplok Bumbu Rajang Ala Dapur Saya😘

Gulai Telur Ceplok Bumbu Rajang Ala Dapur Saya😘

Kangen masala Ala warteg🤣

30 minutes
Gulai kepala Ikan Tuna

Gulai kepala Ikan Tuna

Dapat Ikan Tuna Segar besar besar, setelah di fillet bingung kepalanya mau di masak apa, biasanya dimasak kuah asam, tapi lama lama bosen juga, habis bikin kolak ada sisa santan lumayan, jadi lgsg cus masak gulai, enak banget, pedas gurih😄 Source: Chiensyn Kuliner #CookpadIndonesia #DirumahAja #MasakAsyik #MasakanRumahan #MasakItuSaya #OlahanIkan #GulaiKepalaIkan #CookingWithLoveEatWithHeart

Gulai Nangka Pedas 🥘

Gulai Nangka Pedas 🥘

#cookpadcommunity_jakarta

Gulai labu kuning daun ubi

Gulai labu kuning daun ubi

4 orang
30 menit