Cara Gampang Menyiapkan Gulai Kikil Kaki Sapi - tidak pedas yang Anti Gagal

Dipos pada January 25, 2023

Gulai Kikil Kaki Sapi - tidak pedas

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Gulai Kikil Kaki Sapi - tidak pedas yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Gulai Kikil Kaki Sapi - tidak pedas yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Gulai Kikil Kaki Sapi - tidak pedas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Kikil Kaki Sapi - tidak pedas sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Gulai Kikil Kaki Sapi - tidak pedas dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Mommy bisa menyajikan Gulai Kikil Kaki Sapi - tidak pedas memakai 15 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Saat susah keluar rumah kayak gini, tiba-tiba pengen makan gulai kikil kayak di RM Sederh*na. Kalau pesen kan seporsi mahal, pengennya untuk makan seharian sekeluarga, jadinya bikin sendiri deh. Beli kikilnya 1kg harga Rp 75000, beda jauh kalo beli yekannn ;) kali ini bikin ga pakai cabe merah karena mau kasih coba anak makan. Kalau org dewasa pas makan tambah cabe sendiri, tambah jeruk nipis juga enak ga enek. Semua bumbu ini kira2 ya takarannya, semua sesuai selera tinggal tambah kurang aja.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Kikil Kaki Sapi - tidak pedas:

  1. 1 ruas kunyit (kira2 sebesar ibu jari)
  2. 1 ruas lengkuas (sebesar ibu jari)
  3. 1 ruas jahe (sebesar ibu jari)
  4. 8 siung bawang merah
  5. 8 siung bawang putih
  6. 3 buah kemiri utuh
  7. 1 sdm ketumbar bubuk (ga usah sampai menggunung)
  8. 1 sdt lada bubuk
  9. 2 sdt garam (agak banyak. Sesuai selera)
  10. Sedikit gula
  11. 3 lembar daun jeruk
  12. 6 lembar daun salam
  13. 3 ruas sereh
  14. 100 ml santan kental (saya pakai santan sasa. Bisa juga ditambah santannya kalau suka)
  15. 1 kg kikil tunjang (kikil bagian kaki) boneless

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Kikil Kaki Sapi - tidak pedas

1
Rebus kikil dengan 3 lembar daun salam (saya presto 25 mnt, lembut banget. kalau suka agak keras presto kurang dari 25 mnt)
2
Haluskan semua bumbu kecuali daun jeruk, daun salam, dan sereh. Kalau mau pedas bisa tambahkan cabe merah saat menghaluskan bumbu.
3
Tumis bumbu halus hingga harum (pakai minyak agak banyak untuk menumis agar bumbu tidak gosong sebelum harum)
4
Masukkan daun salam, daun jeruk, dan sereh.
5
Masukkan kikil yang sudah direbus/dipresto. Aduk hingga tertutup bumbu.
6
Tambahkan air secukupnya. Tunggu hingga mendidih lalu masukkan santan.
7
Tambahkan garam, ketumbar, lada. Cicipi rasanya, tambahkan jika ada yang kurang. Setelah mendidih, gulai siap disajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai daun singkong

Gulai daun singkong

Lagi lagi salah satu makanan favorit, jadi pengen banget masak ini

7 orang
1 jam
Gulai nangka muda

Gulai nangka muda

Ke tukang sayur liat nangka muda, kebetulan cah lanang request gulai nangka dari kemarin,,hayuklah ke dapur biar cepet bisa disantap sambil denger gemericik suara hujan.

5 orang
30 menit
Gulai Kambing

Gulai Kambing

Alhamdulillah dapat jatah daging hewan kurban. Masak menu kesukaan, sekalian ikut meramaikan program #BancakanOnlineBarengCookpad . Mau bikin pake bumbu instan, tapi bumbu instan blum beli. Mau beli kelamaan. Coba pake bumbu racikan sendiri. Alhamdulillah jadi..🥰 Dan semoga aku bisa dapat bonus #OnlineClass #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Surabaya #BancakanOnlineBarengCookpad #OnlineClass

Gulai Ikan Kerapu

Gulai Ikan Kerapu

Sepotong ikan kerapu yg besarnya sepiring. Hasil mancing dr orang baik yg lalu dibagi2kan. Semula mau dimasak lempah, asam segar. Tp krn nggak ada stok nanas, jadilah dimasak gulai. Sama2 enak dan bikin nagih.

3 orang
30 menit
Gulai Ayam Merah

Gulai Ayam Merah

Pedas banget ga suka, Ga pedas juga ga suka. Jadi yg sedang2 aja...dpt resep mba Fitri Sasmaya, Gulai ayam merah tp ga pedas. Di resep ini q tambahkan cabe rawit merah spy ada pedas2 nya sdkt, kalau ga suka di skip juga gpp. Source : Fitri Sasmaya #PejuangGoldenApron2 #Cookpadcommunity_bekasi #Cookpadcommunity_id #Cookpadindonesia #BancakanOnlineBarengCookpad #eBook

16. Gulai Daging Sapi

16. Gulai Daging Sapi

#eBook #VideoMasak #BancakanOnlineBarengCookpad

Gulai Cubadak Jangek

Gulai Cubadak Jangek

Cubadak dalam bahasa Minang itu adalah nangka muda, Jangek adalah kulit sapi/kerbau Enak disantap bersama ketupat dan kerupuk Merah 😋

6 porsi
1 jam
Gulai Sayur Vegan

Gulai Sayur Vegan

Makanan ini enak di makan dengan emping atau pun kerupuk yg lain. Ayo di coba, pembuatan nya tdk pakai ribet 😃

2 org
1 jam 30 menit
Gule sapi

Gule sapi

2-3orang
3-4jam
Tongkol gulai aceh

Tongkol gulai aceh

Setor menu makan siang, udah lama bgttt gk masak ini. Ada stok tongkol di kulkas ya udh lgsung aja. Btw.. Ini termasuk olahan ikan kesukaan ku, selain masak nya juga gampang rasa nya itu lohh yg asem2 pedes gurih 😁

Gulai cumi-cumi isi telur

Gulai cumi-cumi isi telur

Ini resepnya mba endang Triani @justtryntaste yg udah aq modifikasi dan akhirnya jadi favorit keluarga karena enak banget. Dan buatnya simple resep aslinya menggunakan cumi besar 2 buah aq pake 6ons dan cumi kebetulan karena daerah di Bangka gampang dapet cumi seger dan masih bening jadi dibuat ini dan punya banyak stok telur kalo di buat cake Mulu rasanya enek juga. Hehehe #reseptelurkumendunia

3 orang
60 menit
Gulai ikan tongkol

Gulai ikan tongkol

Ini termasuk resep khas mana saya juga sbnernya gak tahu . Pkonya ini salah satu menu favorite suamiku #jelajahresep kali ini aku mau posting gulai ikan tongkol aja heheh #cookpadcommunitybogor

7 porsi
30 menit
Gulai ayam

Gulai ayam

Ini resepnya ga pedas karna buat keponakan yg belum bisa makan yang pedas2.

Gulai pakis tempe semangit

Gulai pakis tempe semangit

Tumben2 an nih pengen gulai pakis, dikulkas ada tempe semangit yaudah campurin aja. Ternyata wenak lho

Gulai Pucuk Ubi Undak Kacang Padi

Gulai Pucuk Ubi Undak Kacang Padi

Gulai khas Bengkulu dari kacang hijau yang dicampur dengan daun singkong.

1-3 porsi