Langkah Mudah untuk Menyiapkan Gulai Kepala Kakap yang Lezat

Dipos pada March 24, 2023

Gulai Kepala Kakap

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Gulai Kepala Kakap yang simple Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Gulai Kepala Kakap yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Gulai Kepala Kakap, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Gulai Kepala Kakap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Gulai Kepala Kakap yaitu 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, perkiraan waktu untuk memasak Gulai Kepala Kakap diperkirakan sekitar 60 menit.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Gulai Kepala Kakap sendiri di rumah. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Mommy bisa menyajikan Gulai Kepala Kakap memakai 24 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Ini resep dari tetangga. Saya pernah beberapa kali dikasih masakan ini oleh beliau. Jadi pas ke warung, udah pada abis, ada kepala kakap, saya tanya beliau resepnya lewat WA (udah pernah nyoba langsung kan saya masakannya). Eh, langsung datang dong ke rumah, langsung bantuin bikinnya. Wkwkwk. Ga enak saya takut ngerepotin. Tapi sepertinya yang bantu malah seneng, karena menawarkan kalau butuh resep lainnya boleh minta bantuan beliau lagi. Hehehe. Btw ini jumlah bawang merahnya dibatasi dan cabe rawitnya gak diiris-iris karena takut anak saya kepedesan katanya. Yang suka pedes, banyakin aja cabe merahnya dan iris-iris dulu cabe rawitnya ya. Terus asamnya bukan asam jawa ya, tapi asam kandis. Saya baru pertama kali masak pake bahan yang satu ini. Dikasih ini juga sama beliau da di warung mah gak ada. #PejuangGoldenApron2

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Kepala Kakap:

  1. 3/4 kg Kepala kakap
  2. 20 butir Telur puyuh
  3. 9 siung Bawang merah
  4. 7 siung Bawang putih
  5. 5 buah Cabe merah
  6. 2 ruas Kunyit
  7. 3 ruas Jahe
  8. 2 batang Serai
  9. 7 butir Kemiri
  10. 5 buah Asam kandis
  11. 3 lembar Daun salam
  12. 3 lembar Daun jeruk
  13. 1 sdm Merica bubuk
  14. 1 sdm Ketumbar bubuk
  15. 1 buah Jeruk nipis
  16. 1 sdm Garam
  17. 2 sdm Gula merah
  18. 1 sdm Kaldu bubuk
  19. 1 bungkus kecil Santan Kara
  20. 2 siung Daun bawang
  21. 3 tangkai Daun kemangi (ga tau jumlah daunnya gak ngitung)
  22. 15 buah Cabe rawit
  23. Secukupnya Minyak kelapa
  24. Secukupnya Air

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Kepala Kakap

1
Belah kepala kakap jadi dua bagian, bersihkan sisiknya pakai pisau. Cuci dan lumuri dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan sejenak.
Gulai Kepala Kakap - Step 1
2
Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, jahe, kunyit, serai, dan kemiri. Tambahkan merica dan ketumbar bubuk.
Gulai Kepala Kakap - Step 2
Gulai Kepala Kakap - Step 2
Gulai Kepala Kakap - Step 2
3
Rendam asam kandis didalam air panas. Tutup sejenak.
Gulai Kepala Kakap - Step 3
4
Tumis, batang serai yang sudah digeprek serta daun salam dan daun jeruk yang sudah disobek dengan minyak kelapa. Setelah wangi, masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Aduk sampai tumisan mengeluarkan minyak.
Gulai Kepala Kakap - Step 4
Gulai Kepala Kakap - Step 4
Gulai Kepala Kakap - Step 4
5
Tambahkan air dan asam kandis beserta air rendamannya. Masukkan kepala kakap, telur puyuh, garam, gula merah, dan kaldu bubuk. Jangan lupa santan, Daun bawang dan daun kemangi. Oh iya tambahin cabe rawit juga.
Gulai Kepala Kakap - Step 5
Gulai Kepala Kakap - Step 5
6
Sajikan dalam mangkuk.
Gulai Kepala Kakap - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gule ontong paporit bojo

Gule ontong paporit bojo

Horeee... pohon pisang belakang rumah berbuah lagi!!! Tibalah saat yang ditunggu tunggu, mari kita ambil jantung hatinya!!!! Ehhhh..... hehe..... jantung pisangnya ding.. Meski favorit suami, sy ga pernah beli.. sayang ya bu ibu, cuma jantung pisang aja mesti beli... lagian dibelakang rumah ada pohonnya... jadi tunggu aja itu pohon berbuah.... Menunggu itu indah... He he he he Sy selalu masak si jantung pisang ini dengan bumbu gulai ini... sy dpt resepnya mba Susi Agung, dgn sedikit modif sesuai selera keluarga sy..

Gule daging sapi

Gule daging sapi

Daging sapi setengah kilo tapi pingin bikin beberapa masakan πŸ˜†

Telur orak-arik rasa gulai

Telur orak-arik rasa gulai

Ada teman yang post telur dadar di instagram terus ada temen lain yang komen kalo bakal enak ditambah sama bumbu gulai jadi kayak martabak telur rasanya, jadi di eksekusilah.

Gulai Ayam sederhana

Gulai Ayam sederhana

Bumil kepengen masak yg cepet karena lg telerπŸ€­πŸ˜… jd masak ini aja.

2 porsi
Gulai ikan [bumbu kuning]

Gulai ikan [bumbu kuning]

Ini resep mertua. Asal suami dari Pekanbaru, Riau. Makanan keseharian disana layaknya warung padang yang khas rempah2. Nah, ini salah satu resep dari mertua. Bahannya mudah didapat. Cara masaknya juga mudah. Yuuk ikuti resep sederhana ini..

Gulai kepala ikan kakap

Gulai kepala ikan kakap

Kesukaan keluarga ku,ini salah satu menu andalan ku juga😁

Gulai ayam

Gulai ayam

Udah lama banget pengen makan gulai ayam tapi karna lagi dalam masa mengurangi makan yang bersantan akhirnya selalu gak jadi. Nah pas ada challange #CABEKU bertema #AyamInLopWitYu kepikiran deh bikin gulai ayam. Ntah karna enak ntah karna udah lama ga makan ayam gulai, suami sampe nambah2 makannya 😁😁 saya pake santannya ga terlalu kental ya, saya banyakin kemiri aja biar kental. Kalo mau banyakin santan silahkan aja gaes. #cookpadcomunity_borneo #PejuangGoldenApron3 #resepmingguke2

Gule Sapi Simpel #alaPratiwi

Gule Sapi Simpel #alaPratiwi

Lagi pengen makan gule, tapi punyanya daging sapi.. Disulaplah si daging sapi menjadi gule πŸ˜€ . . #PejuangGoldenApron3 #TimGulaJawa #alapratiwi

15 orang
1 jam 30 menit
Gulai Ayam Padang

Gulai Ayam Padang

Udah lama ga buka cookpad sejak masuk kerja lagi ga tau masih keburu atau ga hahaha semoga sih masih bisa #TiketMasukGoldenApron3

2-3 orang
45 menit
Gulai kepala kakap

Gulai kepala kakap

Ceritanya ada pesanan gulai kpl kakap 5 ekor kpl

Gulai ayam

Gulai ayam

suka sekali masak, dan biasanya masak banyak buat dibawa kekantor buat sarapan rame-rame sama temen seruangan. kali ini ada temen yang punya daun singking karena rencana saya mau bawa rendang Asese kiriman sahabat puasa kemarin, tp setelah dirasa kok kurang lauknya. makanya saya buka kulkas adanya ayam dan jadilah gulai ayam ala @dapoermamadhya

10 orang
1 jam
Gulai mentok

Gulai mentok

#PejuangGoldenApron3 #TimGulaJawa #PejuangGoldenApron3 #TimGulaJawa #minggu2

7 - 8 porsi
Gulai Daun Singkong Tempe Teri

Gulai Daun Singkong Tempe Teri

Makanan yg mengingatkan masa kecil banget. Dulu waktu kecil dr TK di rumah cm berdua sama bapak karena ibu bantu merawat anak kakak di jatim. Dan hampir setiap hari ke rumah nenek. Olwes bgt nenek tuh masak sayur ini. Pada waktu itu saya ga suka makan sayur ini karena dalam mainset saya ini makanan orang tua. Tp sekarang saya hampir sering bikin sayur ini karena rindu pada waktu itu. Dan sekarang nenek kakek dan bapak sudah meninggalkan kami beberapa tahun yg lalu kehadapan Allah. #weekendchallenge #DekatdiHati #cookpadcommunity_jakarta