Bagaimana Membuat Babi jamur kecap yang Menggugah Selera

Dipos pada November 13, 2023

Babi jamur kecap

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Babi jamur kecap yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Babi jamur kecap yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Babi jamur kecap, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Babi jamur kecap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Babi jamur kecap bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Dengan bahan-bahan yang simpel, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Kalau kamu mau, masakan Babi jamur kecap memakai 10 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Babi jamur kecap:

  1. 1 kg daging babi/kapsim(daging lemak)potong
  2. 1 lajur samcan(3ons kurleb)potong
  3. 2 ons bawang putih keprek sama kulitnya
  4. 300 cc XO(arak merah,ang ciu)
  5. 2 sdm gula merah
  6. Secukupnya kecap manis
  7. Secukupnya saos tiram(sy pake lee kum kee,yen yuik)
  8. Secukupnya kecap asin(sy cap burung hong,merak,angsa)
  9. 1 ons jamur hioko kering rendam semalaman
  10. Secukupnya minyak untk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Babi jamur kecap

1
Cuci bersih daging babi dan samcan,lalu tiriskan
2
Didihkan air celupkan daging babi dan samcan rebus sbntr saja spya ngilangin bau amis dan darah lalu tiriskan
3
Tumis bawang putih sampe harum,masukan daging babi,aduk rata,tambahkan gula,kecap manis,kecap asin,aduk rata
4
Lalu tambahkan ang ciu aduk rata,biarkan mendidih dan warna cukup bagus
5
Tambahkan air sampai permukaan daging tertutup,aduk lalu masukan hioko(bisa jg ditambah haisom/tripang)aduk rata lalu tutup masak api kecil kurleb 45menit
6
Buka tutup panci aduk rata tambahkan saos tiram aduk aduk,test rasa lalu tutup dan masak kembali kurleb 25menit api kecil atau masak sampai matang,,air cukup cep cep saja ya bun...

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bulgogi Sapi Korea

Bulgogi Sapi Korea

Dalam bahasa Korea, kata Bulgogi secara harfiah berarti daging api. Utk mendapatkan hasil masakan bulgogi yang enak, tergantung dari 3 hal yaitu: kwalitas daging yang baik, saus perendam yang bagus dan cara/methoda memasak yg digunakan. Daging yang terbaik untuk digunakan adalah jenis sirloin/tenderloin maupun samcan. Anda juga dapat menggunakan daging jenis lain, tetapi proses perendamannya harus lebih lama. Sebelum dimasak, daging, irisan bawang bombay & jamur dilumuri dulu dengan bahan perendam untuk meningkatkan rasa & mengempukkan daging. Bahan perendamnya antara lain adalah campuran dari saus soya pekat, gula merah, minyak wijen, bawang putih, jahe, lada hitam, daun bawang serta buah pear & bawang bombay yg sudah dihaluskan (dibuat pure). Fungsi dari pear & baw.bombay ini antara lain adalah sbg pengempuk daging. Secara tradisional, Bulgogi ini biasanya dimasak dng cara di panggang di atas arang, tetapi sekarang ini juga banyak yang memasaknya di oven ataupun dengan menggunakan pan saja. Tetapi cara memasak yg terbaik tetaplah dengan dipanggang di atas bara api. Hal ini dikarenakan semua saus perendan, cairan daging & lemak yang menetes dari daging ke atas bara selama proses pemasakan, akan terbakar disana & harum/wanginya akan kembali ke daging & memberikan aroma khusus pada daging tsb. Bulgogi enak disajikan dengan nasi hangat maupun hidangan korea lainnya beserta saus pencelup dagingnya. PS: Yang saya maksud dengan saus soya pekat adalah saus soya yang agak asin, contohnya saus soya korea, kecap deluxe (Lee Kum Kee Double Deluxe soy sauce) ataupun Kikkoman.

4 porsi
180 menit
12. Nasgor Merah ala Timur dan Selatan (non halal)

12. Nasgor Merah ala Timur dan Selatan (non halal)

Kangen sama nasi goreng dog2 Surabaya dan kebetulan ada saos tomat Surabaya dan saos Lombok merah Makassar (Lombok botol merah) akhirnya cusss masaklah nasgor ini. Karena percampuran dua kota maka dikasih judullah seperti di atas. Dan kebetulan kedua kota ini nasgornya warna merah. #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 120219

Satay Beef Noodles

Satay Beef Noodles

Lagi PPKM ini menuntut kamu untuk tetap kreatif, walaupun di rumah aja. Salah satunya dengan tetap makan enak ala restoran mahal yang kamu buat sendiri di rumah. Salah satu sajian yang bisa kamu kreasikan adalah Satay Beef Noodles yang dipresentasikan apik agar terlihat lebih menarik. Richโ€™s punya resep Satay Beef Noodles yang bisa kamu buat, ini dia resep lengkapnya untuk kamu.

1 Porsi
Babi kecap telur ayam

Babi kecap telur ayam

Sudah lama sekali tidak masak daging babi, kebetulan kemarin beli jadi bolehlah share resep Kalo buat anak-anak cabe rawit utuhnya skip aja ya.

4 porsi
Samcan Goreng Crispy

Samcan Goreng Crispy

Menu non-halal. Samcan goreng crispy atau crispy fried pork belly, membuatnya sangat mudah dan cepat. Bahan dan bumbu yang diperlukan juga tidak banyak. #5resepterbaruku

1 porsi
30 menit
Japanese Hamburg Steak (hanbagu)

Japanese Hamburg Steak (hanbagu)

Hasil recook resep dari yNy dengan sedikit modifikasi. Enak banget, suami bilang rasanya "nagih"

4 porsi
1-2 jam
Daging Babi Kecap

Daging Babi Kecap

Ini dagingnya bisa diganti ya untuk teman" yg muslim mis. Sapi atau Ayam cocok dan enak juga, keluarga pasti suka :) masak dan bumbumnya gak ribet jd semua pasti bisa masak nya.

Chicken Corn Chowder (chicken cream soup)

Chicken Corn Chowder (chicken cream soup)

Cuaca mulai sering hujan.. butuh hangat2 dan gurih.. ini pilihannya.. bisa dimakan langsung bisa jg dengan ciabatta atau baguette..

3-4 porsi
15 mnt
"kue lobak putih / lopako"

"kue lobak putih / lopako"

Chinese food / kue lebaran cina

Roti Daging Asap Keju lembut/Bacon Cheese Bun favorit papa

Roti Daging Asap Keju lembut/Bacon Cheese Bun favorit papa

Roti ini dibuat atas request suami+anak sekitar 2bulan lalu..hihhi..kasian lama bgt yak nunggunya?belom mateng uda di antri.sekalian memberdayakan Bacon di Freezer drpd mubazir.. bole juga diganti daging asap apa aja ya,misal smoked beef..ato sosis cincang pun bisaa.. Resep pake resep andalan roti unyil sosis+keju.. Cucok juga dbikin roti yg lebi gede.. Oh ya hasil akhir roti in empyukk banget ya,kalo suka yg lebi kokoh tegap pake resep di post ku yang : https://cookpad.com/id/resep/329773-beef-floss-bun-aka-roti-abon-mini-step-by-step Cuss resepnya;)

120 menit
Babi Kecap (Pork in Soy Sauce)

Babi Kecap (Pork in Soy Sauce)

Memasaknya tidak sulit dan enak ^^

5 porsi
35 menit
"kaki babi masak kecap"๐Ÿ‘๐Ÿ˜˜โค๏ธ

"kaki babi masak kecap"๐Ÿ‘๐Ÿ˜˜โค๏ธ

#MenuKakibabi #DutaRecookPontianak #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_Kalbar #CookpadCommunity_Borneo #CookpadIndonesia

1 panci kecil
1 jam
Breakfast ala hotel

Breakfast ala hotel

Ini tuh dibikin karena request krucil dan suami ku yg seneng nntn film kartun jepang trus sarapan nya beginian..Ga ada yg spesial sih.. Tp sekedar memberi ide ibu2 lain yg sedang buka cookpad bahwa sometime buat sarapan kayak hotel gini bisa meningkatkan selera makan pagi keluarga supaya ga boring..

Crispy Honey Garlic Sliced Pork

Crispy Honey Garlic Sliced Pork

Super easy to cook โค๏ธ

Shirataki Carbonara (pork)

Shirataki Carbonara (pork)

Buat shirataki carbonara keto varian non halal ya utk refill sore ini, knp samcan krn sy selalu stok pork yg sebelumny sdh direbus setengah matang n simpan kulkas utk diolah sesuai selera saat mau refill. Bagi yg halal feel free to change the meat & kreasikan rasa sesuai selera msg" #jjxploretrips9_ATLANA #maincourse #fatbomb #keto #pork #samcan #carbonara #shirtaki #refill

2 porsi
Sundubu Tofu soup keto friendly fase konsol

Sundubu Tofu soup keto friendly fase konsol

Isinya boleh apa aja...sayur...jamur...ayam...sapi...telor...seafood...tofu yang wajib...be creative๐Ÿ˜

1 porsi