Bagaimana Menyiapkan Semur Babi Karmanaci Khas NTT yang Bikin Ngiler

Dipos pada August 21, 2023

Semur Babi Karmanaci Khas NTT

Hari ini saya akan berbagi resep Semur Babi Karmanaci Khas NTT yang gampang Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Semur Babi Karmanaci Khas NTT yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Semur Babi Karmanaci Khas NTT, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Semur Babi Karmanaci Khas NTT di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Semur Babi Karmanaci Khas NTT sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang simpel, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Mommy bisa menyajikan Semur Babi Karmanaci Khas NTT memakai 16 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Semur Babi Karmanaci Khas NTT:

  1. 500 gr daging babi
  2. 3 sdm kecap manis
  3. 2 sdm minyak goreng
  4. 3 sdm air asam jawa (3 buah asam jawa disiram air panas)
  5. 10 buah cabe rawit (iris)
  6. 5 buah cabe rawit utuh
  7. Bumbu halus
  8. 10 siung bawang merah
  9. 5 siung bawang putih
  10. 1 sdt lada putih
  11. 1 sdt ketumbar
  12. 1 sdt adas manis
  13. 1 ruas lengkoas
  14. 1 ruas jari jahe
  15. 1,5 sdt garam
  16. 1 sdt gula

Langkah-langkah untuk membuat Semur Babi Karmanaci Khas NTT

1
Masukan semua bumbu halus kedalam wadah lalu masukan daging babi dan kecap manis.aduk hingga semua daging terbalur bumbu.diamkan selama 20 menit
2
Masukan daging kr dalam wajan lalu tuang air sebanyak 500 ml.lalu nyalakan kompor dengan api sedang hingga mendidih lalu buang busa.
3
Saat sudah mendidih masukan cabe rawit iris dan utuh.masak hingga air tersisa sangat sedikit.angkat lalu hidangkan.HAPPY COOKING !!!

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

ABC Soup / Pork Ribs Soup / Sup Iga Babi Non Halal Menu Anak

ABC Soup / Pork Ribs Soup / Sup Iga Babi Non Halal Menu Anak

Resep ini saya sering lihat di web2 masak luar. Entah darimana nama ABC ini, apakah "American-Born Chinese" atau kandungan vitamin A, B, dan C yang ada di sup ini. Yang pasti pertama kali saya coba ternyata rasanya yummy dan wangi. Mudah banget buatnya dan anak2 pun suka.

8 porsi
2 jam
NASI GORENG Lapchiong SUPER ENAK

NASI GORENG Lapchiong SUPER ENAK

yang mkn ini pasti nambah terus ga bisa berhenti. hahaha.. kalau mau yg halal, lapchiong bisa di ganti sosis/ bakso. pakai minyak ayam atau minyak sayur aj, arak masak di skip aja. Di jamin mkn nya super lahap

4-5 orang
Gohiong Pork

Gohiong Pork

Kemaleman post resep, kebetulan bbrp hari yang lalu bikin gohiong pork (non halal) buat dagingnya bs diganti ya dgn daging ayam jika ingin mencoba. Ini mkanan favorite kelrga dikala klau lagi ngak ad sayur jd bikin simpan di freezer klo kepengen Makan tinggal dikeluar aja. #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_jambi

Kimchi jjigae

Kimchi jjigae

3-4 porsi
Spicy Oriental Pork Belly

Spicy Oriental Pork Belly

Sebenarnya tadi pengen bikin pecel babi, tapi putar haluan jadi masak ini gara-gara keingat rice bowl Yoshinoya πŸ˜‚ Baiklah jadi aku bikin versi haramnya ya, karena adanya cuma daging babi. Boleh tambah cabe rawit kalo suka, ini aku cuma pake lada sama cabe bubuk untuk pedasnya yang gak seberapa.

Siomay babi dengan wortel parut

Siomay babi dengan wortel parut

Di UK ada frozen siomay, tp aku mau cb bikin sendiri, ini dr ci lily husni resepnya, gampang sekali dan bener2 enak! #berburucelemekemas #resolusi2019 Resep asli: https://cookpad.com/id/resep/1780695-pork-siomay-easy-recipe

2 porsi
30 menit
Babi Kecap (non halal)

Babi Kecap (non halal)

Imlek kali ini benar2 berbeda, gak bisa kumpul2 utk dinner di resto seperti tahun2 lalu. Akhirnya th ini mesti masak sendiri hidangan khas imlek, salah satunya babi kecap ini. Setelah cari2 resep, akhirnya nemu resep otentiknya cicie cantik Giok Lian di youtube. Bumbunya memang cukup komplit, tapi memasaknya sangat mudah, dan rasanya gak kaleng2. Akhirnya bisa juga bikin sendiri babi kecap yg gak kalah dengan yg dijual di chinese resto😊😊 Untuk protein bisa ditambahkan chukiok/titee/kaki babi, paru, usus dll.

6 orang
Babi sisit (suwir) sere lemo ala bali (non halal)

Babi sisit (suwir) sere lemo ala bali (non halal)

Pagi ini sampai pasar bingung mau masak apa,ketemu penjual daging babi mulai memikirkan resep ini..rasa pedasnya yg pas,pingin nagih moms,selamat mencoba..

4 orang
30 menit
Bakwan Goreng Babi Udang

Bakwan Goreng Babi Udang

Eksperimen kedua yg berhasil setelah yg pertama gagal dan kemposs πŸ˜€πŸ™Œ

60an biji
Pasta Daging Babi Jamur Cincang

Pasta Daging Babi Jamur Cincang

Kemarin mendapat 1 bungkus makaroni, karena ga tahu mau diapain, jadinya coba masak ini deh.. Karena daging dikulkas sisa sedikit, akhir coba campur jamur

3-4 porsi
Siobak Simpel (samcan goreng) - nonhalal

Siobak Simpel (samcan goreng) - nonhalal

Siobak itu yg fotonya di sebelah kiri ya moms,, saya lupa fotoin yg siobak-nya aja... hehehe jadinya tampilnya bareng temen2nya: si telor asin & si teri 🀣. Ini bukan siobak yg kulit garing ya.. ini siobak yg biasa saya campur ke nasi goreng, mie goreng, dan masakan2 lainnya..

Loba - Daging babi loba (lo ba) Manado simple

Loba - Daging babi loba (lo ba) Manado simple

Ini masakan super simple banget, cepet dan enak, rasanya juga nagih.. Ngak bikin enek.. Dari dagingnya aja sudah berasa, meskipun tanpa dicocol bumbu. Bagi yang tidak makan babi, diganti sapi juga enak. Masakan ini, biasanya pakai jerohan lengkap termasuk telinga, hati, ginjal, lemak (samcan) pun masuk. Karena saya tidak bisa makan yang begitu, jadi pakai daging semua. Kunci utamanya di bubuk Ngohiong. Jika tidak ada bubuk Ngohiong, mungkin lebih baik, tidak bikin dulu, karena rasanya akan beda banget Taste rasa saosnya, asam, manis, pedas.. Nano nano deh 🀭. Untuk penyajian saos, di sesuaikan ya.. Kalau saya, ga suka banjir, jadi saya tuang sedikit. Aslinya si full. πŸ˜…πŸ€­ Oya, ini saya menggunakan asam, karena saya ga punya cuka masak. Kalau ada cuka, lebih baik pakai cuka. Cuka 2 sdm atau di sesuaikan selera. Untuk kekentalan saos, di sesuain selera aja ya 😊 Oya, untuk yang ga mau repot marinasi, daging bisa langsung di godog berserta bumbunya ( termasuk bumbu marinasi). Kalau bagi saya pribadi, dimarinasi lebih enak, dagingnya lebih berasa tastenya daripada langsung.

2 porsi
Bakmoy Babi Aduhaaaaiii enaak sekali 😝 (Non MSG) #SeninSemangat

Bakmoy Babi Aduhaaaaiii enaak sekali 😝 (Non MSG) #SeninSemangat

Awal saya kenal masakan ini, pas diajak sahabat2 gilaa awal kuliah di Salatiga, Nanet, Olive, Lisa, Cintami buat masak dan makan. Enak banget. Kemarin pas lg malas masak dan tetiba kangen mereka, masaklah bakmoy ini. Cek di kulkas yg ada daging babi, langsung eksekusi! Pakai daging ayam juga enak..nyaaaammmm... pas matang Michelle pun langsung minta disuapin pake tim nasinya. Wuooohhhh.. anak bapak pada lahap semuaaaa, senang lihatnya. Yuk dicoba!

Soun Goreng Lapciong

Soun Goreng Lapciong

Sudah mau liburan sekolah, pakai stok bahan makanan yang masih ada. Lalu intip masakan Chinese food Mamah Mina yang menarik, simple dan tasty πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹ Source : Mina #cookpadcommunity_jakarta #ga_thenextlevel

Pork steak kids friendly (non halal)

Pork steak kids friendly (non halal)

Pengen yg agak western" tapi anak" juga bisa makan.. klo daging sapi steak yg utuh, anak" suka lama ngunyah nya.. siapa yg moms di rumah anaknya yg mkn daging dada ayam aja suka rewel ga bisa telen katanya.. ☝🏻 i feel u.. we are in this together.. πŸ˜‹ Belom pernah cobain apakah pake daging lain bisa juga, krn ini juga percobaan pertama ku tp langsung berhasil dan anak makan nya lahap.. selamat mencoba! πŸ˜‰

4 porsi
Siomay babi udang

Siomay babi udang

Hi.. mommy cantik Ini hasil lock down dirumah hehehe.. Karena anak2 dirumah bawaannya laper terus jadi bikin cemilan dech dirumah. Sekali bikin langsung lenyap.

Sayur Kucai Ham Maling

Sayur Kucai Ham Maling

Maunya beli daun bawang, tapi salah beli daun kucai. Jadi dimasak seadanya bahan saja πŸ˜„

Babi Cah Sawi Asin

Babi Cah Sawi Asin

Saya sangat suka sawi asin. Sayur yang difermentasi ini terasa sangat segar. Ini adalah salah satu menu favorit saya saat kecil. #Tionghoa #Sederhana #Babi #PejuangGoldenApron2 #CookpadCommunity_jkt #ResepKeluarga #Original #MasakanTionghoa

Sop Kaki Babi (Mirip bakuteh Song Fa)

Sop Kaki Babi (Mirip bakuteh Song Fa)

Post yg non halal dulu yaa... Musim hujan bikin badan gampang drop. Dari kemarin tiba2 bersin2 terus pilek. Kata mas bojo nggak usah masak dulu, tapi pingin makan yg daging2 dan anget. Inget punya kaki babi, coba bikin sop sederhana aja. Enak banget ini !!! Kuahnya wangi bawang putih dan anget dari jahe + merica. Recook yuk!