Langkah Mudah untuk Membuat Japanese Roll Cake yang Lezat Sekali

Dipos pada March 5, 2017

Japanese Roll Cake

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Japanese Roll Cake yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Japanese Roll Cake yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Japanese Roll Cake, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Japanese Roll Cake enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perlu diingat, waktu yang diperlukan dalam memasak Japanese Roll Cake diperkirakan sekitar 60 menit.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Japanese Roll Cake bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Kalau kamu mau, masakan Japanese Roll Cake memakai 15 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

The hardest part of this cake is not the measurement, or how to mixer ir whisk it,, but HOW TO ROLL it. Iya, susah banget,, udah cakep2 hasil pola nya hancur karena gbs gulung,, retaklah,, patahlah. Entahlah. Saya masih penasaran sama cake ini. Resepnya saya ambil dari Junko. Exactly same.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Japanese Roll Cake:

  1. adonan pasta (kuning telur)
  2. 3 kuning telur
  3. 35 gram Gula Pasir Halus
  4. 60 cc Air
  5. 40 cc Minyak Sayur
  6. 80 gram Tepung Terigu
  7. 1 sdt Vanilla Extract
  8. adonan motif :
  9. 1 Putih Telur
  10. 1/4 sdt Tepung Maizena
  11. meringue :
  12. 3 Putih Telur
  13. 30 gram Gula Halus
  14. 1/2 sdt Tepung Maizena
  15. Butter Cream + Oreo Crush (for filling)

Langkah-langkah untuk membuat Japanese Roll Cake

1
Siapkan loyang 22*22*4 cm. Siapkan kertas roti ukuran 22*22 untuk menggabar motif, tidak perlu di oles mentega.
2
Adonan Pasta: Mixer kuning telur + gula pasir sampai mengembang. Masukkan air, mixer sebentar, masukkan minyak, vanilla ekstrak, aduk rata. Masukkan tepung yang diayak, kocok sampai pucat. Sisihkan.
3
Adonan Motif: Kocok putih telur sampai soft peaks, masukkan tepung maizena. Kocok sampai stiff peaks. Sisihkan.
4
Buat motif: Campur 1 sdm Adonan Pasta + 2 sdm Adonan Putih Telur + 1 sdm Tepung Terigu (perbandingan pasta:meringue:tepung adalah 1:2:1). Beri pewarna makanan sesuai motif. Masukkan pipping bag, gambar sesuai motif yg diinginkan. Jika motif agak rumit, setiap selesai menggambar motif, bisa dipanaskan di oven dgn suhu rendah sebentat saja sampai agak set. Jangan panggang sampai kering, nanti bisa copot motifnya, usahakan atasnya tetap agak basah.
5
Meringue: Kocok high speed Putih Telur, masukkan gula pasir saat mulaia soft peaks (permukaan mengkilat). Kocok lagi, menjelang stiffed peaks lalu masukkan tepung maizena. Kocok sebentar.
6
Campurkan meringue ke dalam adonan pasta dalam 3 bagian dengan sistem aduk balik. Aduk sampai benar2 tercampur rata. Tuangkan ke loyang yang ada motifnya. Banting2 loyang sampai gelembung udara hilang.
7
Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan 15 mnt sebelumnya di suhu 200C (sesuaikan oven masing2) selama 10 - 12 mnt atau sampai adonan mencoklat.
8
Keluarkan segera begitu matang. Keluarkan cake dari loyang, balik, lepas kertas roti pelan2. Biarkan cake dingin dalam suhu ruang.
9
Setelah dingin, balikkan cake (motif di posisi bawah) beri filling. Saya pakai buttercream+oreo crunch. Bisa pakai selai. Gulung perlahan dan pasti. Diamkan sebentar d dalam kulkas agar set. Potong. Dan siap dinikmati.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu gulung pandan

Bolu gulung pandan

Sy dan anak2 paliiing doyan yg nama nya bolu,cake, roti..akhir2 ini jd sering baking, krn tuntutan orderan jg..tp yg namanya bakullers, teteup nyari resep yg versi ekonomis 😁 source:chalista kitchen

10-12ptg
Bolu Gulung Keju

Bolu Gulung Keju

Adopsi resepnya ci Tintin Rayner.

22x22x4 porsi
Bolu gulung

Bolu gulung

1 porsi
45 menit
Blackforest Roll Cake

Blackforest Roll Cake

Source : Tintin Rayner

Bolu Gulung

Bolu Gulung

Source: Michael lim Masih belajar menggulung. Maapkan yaa.. Bentuknya aneh. Hihi Tapi rasanya cocok πŸ˜‹ soft n ringan...alhamdulillah Ini setgah resep. Resep asli menggunakan 6 telur.

Bolu gulung

Bolu gulung

Bikin ini waktu pingin belajar cara menggulung bolu.digulung buka gulung buka terus gara2 melenceng,sampai kulitnya ada yang ngelupas sedikit. nggak apa2 deh namanya belajar hehehe. Meskipun bolgul ini pakai telur utuh tapi rasanya lembut dan lentur jadi mudah digulungnya.kalo mau hasil akhir pori2nya rapat,pakai cara kocok all in one.jadi semua bahan(kecuali mentega) langsung dikocok jadi satu sampai mengembang,baru terakhir masuk mentega.tapi pakai cara ini banyak yang gagal,termasuk saya sendiri :D.akhirnya pakai cara yang biasa saja deh...nyerah dulu...yang penting bolgulnya jadi hehehe. Saya bikin 1/2 resep ya,pakai loyang 22x22x4,kalo 1 resep pakai loyang 30x30x4. makasih resepnya ya mbak dida rachmadiah,memang beneran enak&lembut mbak.

Bolgul Chiffon Ekonomis

Bolgul Chiffon Ekonomis

Ini prtama kali bikin bolgul yg d oven. Dlu prnah bikin tp versi kukus. Ini pke resep ny cc cantik Tintin Rayner. Emang blm serapih bikinan yg punya resep y. Tp soal rasa ini lembut bngt πŸ‘πŸ‘πŸ‘ŒπŸ˜πŸ˜

Bolu Gulung Choco Mocca

Bolu Gulung Choco Mocca

Baru pertama belajar buat bolu gulung.

Bolu gulung

Bolu gulung

Yeh πŸ˜‰...akhirnya bisa jg ngegulung bolu, walaupun masih berantakan..setelah kemarin blackforest roll nya ngak kegulung karena patah..jd penasaran...coba deh resep yg satu ini...thanks ci Tintin Rayner buat resepnya.

Mini Pandan Rollcake

Mini Pandan Rollcake

#GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Malang Daripada boring nunggu kapal penyeberangan Merak-Bakauheni nulis resep aja 😁😁 Rencana mudik dari bulan juni ahirnya baru terealisasi sekarang πŸ˜‰

40 potong
45 menit
Beef Floss Roll Cake

Beef Floss Roll Cake

Combo kedatangan tamu mba Mimi #NurSabatiana yang resepnya udah 1000 an 😍 keren banget deh niat pake banget berbagi Ilmu Resepnya bermanfaat banget. Langsung kepoin Resepnya wow deh pokoknya, karena Kaka tumben minta cemilan cake biasanya request nya puding, karena favorite banget sama puding. Jadi , recook resepnya mba MiMi Beef Floss Roll Cake 🀩 Belum di foto antrian udah panjang πŸ˜… Terimakasih mba resep dan sharing ilmunya mba mimi 😘 #Cookpad_Id #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Bogor #ComboAnjangsana_RecookMimi #PejuangGoldenApron3

Bolu gulung irit😊

Bolu gulung irit😊

tertarik dengan resep nya mbak ayien akhirnya eksekusi hehe .bolu gulung ekonomis gak pakai rempong,lembuut gak gampang patah.

Bolu Gulung Ekonomis

Bolu Gulung Ekonomis

Permintaan suami yang belum pernah berhasil aq bikin, resepnya aq modif dari bahan cotton cake dan berhasil, seharusnya tepung maizena tapi di rumah adanya tepung beras dicoba ajha sendiri,, moga ajha bisa,, dan ternyata bisa dan sama bagus dan rasanya enak #berburucelemekemas #resolusi2019 #BringBackMemories #3weekschallenge #masakinsuami #CookpadCommunity_Lampung