Cara Gampang Menyiapkan Chiffon Cake yang Sempurna

Dipos pada March 27, 2019

Chiffon Cake

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Chiffon Cake yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Chiffon Cake yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Chiffon Cake, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Chiffon Cake di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Chiffon Cake sendiri di rumah. Cukup dengan bahan yang sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Anda bisa membuat Chiffon Cake memakai 12 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Tanpa pewarna kimia, tanpa baking powder, tanpa pengawet..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Chiffon Cake:

  1. Bahan A:
  2. 6 btr kuning telur
  3. 100 ml susu cair UHT
  4. 1 sdm pasta pandan suji
  5. 65 ml minyak canola
  6. 120 gr terigu protein rendah, saring
  7. 1 sdt pasta vanila
  8. Bahan B:
  9. 6 btr putih telur
  10. 120 gr gula pasir
  11. 2 sdt air jeruk nipis/vinegar
  12. 1/4 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Chiffon Cake

1
Kocok lepas kuning telur dgn wisk 1 menit, lalu masukkan susu & minyak, aduk rata.
2
Masukkan terigu & pasta vanila aduk rata. Ambil 1/3 adonan beri pasta pandan. Sisihkan.
3
Mixer kecepatan sedang putih telur hingga berbusa, masukkan garam & air jeruk nipis. Lalu masukkan gula bertahap, mixer kecepatan tinggi sampai stiff peak.
4
Masukkan 1/3 adonan putih telur ke adonan hijau, bertahap, aduk lipat dgn spatula. Lalu sisanya masukkan ke adonan kuning bertahap 3x aduk teknik lipat dgn spatula hingga tercampur rata.
5
Tuang ke dalam panci 3qt tanpa oles apapun.
6
Panggang suhu 160 C api atas bawah selama 15 menit atau sampai berkulit, keluarkan, buat sayatan. Panggang lagi suhu 150 C api atas bawah selama 40 menit. Total panggang 55-60 menit.
Chiffon Cake - Step 6
Chiffon Cake - Step 6
7
Keluarkan dari oven, tangkupkan panci, setelah dingin baru keluarkan kue dari panci, taruh di cooling rack.
Chiffon Cake - Step 7
Chiffon Cake - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Chiffon cake gulamerah

Chiffon cake gulamerah

Kali kedua bikin chiffon,awalnya penasaran aja,kok harus dibalik stlh matang,jg dg teknik aduk balik,meringue harus softpeak / medium peak,akhirnya dicoba,kali ini pake resep teh ricke,tapi sy buat hanya 1/2 resep. Yang ditulis dbawah resep full ya.Chiffon Gula merah ini enak legit,bercampur dg aroma kayumanis,selagi hangat sy abis 4slice๐Ÿคญmeski anak2 kurang suka xixi krn bau jamu katanya๐Ÿ˜ Utk teknik aduk lipat,dan jenis adonan softpeak bisa di searching di google ya mom,,

Chiffon Chocolate DEBM

Chiffon Chocolate DEBM

Sebut saja dia Mawar,,, eh Chiffon Cake Chocolate. Maaf juga kalo salah penyebutan. Maksud hati pengen bikin brownies yang hitam pekat pahit tapi jadinya malah begini, pasta cokelat nya kurang banyak dan jadinya ngembang karena pake COTT. Apapun itu namanya, yang pasti ini ENAAAAK,,, dari kemaren posting makanan mulu. Embeeer cuma disini yang bisa makan enak tapi badan kurus. CHIFFON CAKE CHOCOLATE Made by Blueshopz

4 cup
Chiffon Ketan Item -gluten free

Chiffon Ketan Item -gluten free

#Recook_Juni_Dwianggiani #kookpaderjabodetabek #cookpadcommunity Gluten-free itu sebenarnya baik utk kesehatan, karenanya saya senang saat Mbak Juni menang arisan, apalagi saat nemu resep bolu ketan itemnya.. jadi saya bisa memanfaatkan tepung ketan item yg sdh lama bingung mau diapain..๐Ÿ˜…๐Ÿ˜Š Dipadukan dengan resepnya Kheyla Kitchen, saya coba utakatik komposisinya agar menggunakan sedikit telur supaya pas. Meskipun ada kecelakaan saat misahin putih dan kuning telur, alhamdulillah bisa jadi ini chiponnya.. mantap jiwa.. ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

Chiffon cake putih telur

Chiffon cake putih telur

Bbrp hari yang lalu bikin lapis legit 2 resep ( pake 80 kuning telur) alhasil putih telur ada 2 baskom ๐Ÿ˜„ dibikin chiffon cake enak nih. Putih telur yg saya pakai dlm keadaan baru keluar dr kulkas, bukan suhu ruang ya, tp ga mempengaruhi hasil. Resep di bawah pas untuk loyang chiffon lurus diameter 20 cm.

350. Chiffon Cake Gulung

350. Chiffon Cake Gulung

Loha-halo sahabat deBloom ... Hari libur buat saya adalah waktu untuk beres-beres rumah. Hari ini agenda saya adalah beresin lemari buku, elah menemukan tabloid Saji edisi lama, terbit dua tahun yang lalu. Penasaran dengan resep Chiffon Cake Gulungnya, checking bahan ready semua. Dan ... tarraaa . . . sukses deh untuk trial yang pertama, gak pecah waktu digulung, kulit mulus dan tekstur moist-kempus. Anak-anak semua suka, untung masih ada sisa tiga potong bisa untuk dijepret dan dishare di cookpad, hehehe๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜‹

4 porsi
60 menit
Cheese chifon cake

Cheese chifon cake

Udah lama gak baking resep baru. Chifon sebenernya bukan resep baru sih, aku udh sering coba bikin dan selalu sukses dengan kegagalan, cake selalu berpinggang๐Ÿ˜ฉ๐Ÿ˜ฉ๐Ÿ˜ฉ Udah mau nyerah aja, biar deh gk bisa bikin cake ini, daripada capek, bahan2 nya lumayan untuk bikin cake lain yg udh pasti enak di pandang dan di makan๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š. Tapi gara2 minggu lalu dapet pesenan cake dari cust yang pengen cake model tulban, jadi berpikir deh "kenapa gak coba buat chifon lagi" Maju mundur cantik mau bikin, ntr kalau gagal lagi, berpinggang lagi gimana? Emang sih tetep enak di makan, tapi tampilannya itu lho ciut banget di pinggang. googling sana sini tips and trick, dan ketemu postingan mb endang jtt, ternyata beliau juga suka gagal bikin cake ini, tapi karena beliau bilang "sampe kapan skill nya sebatas cake simpel?gak ada deg2an lagi, gk ada gregetan lagi pas nunggu cake keluar oven" bener sih.. Dan akhirnya sy memantapkan hati, buat aja, dan nekat banget deh untuk cake orderan๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Meskipun hasilnya gk sesempurna chifon2 master baking, ini lumayan lah. Untuk resep aku pake resep suhu ci tintin, dan cara bikinnya ikutin caranya mb endang. Makasi para master baking sudah berbagi resep,tips and tricknya. Cuss resepnya.

Chiffon Coklat - Japanese Dark Pearl Chiffon

Chiffon Coklat - Japanese Dark Pearl Chiffon

Udah lama banget pengen nyoba resep nya ci tintin walau di mix sedikit resep nya hehe maaf ya ci. Eh baru sekarang ada wktunya wkwkwk. Dan aslinya ini nyoklat klat klat banget.๐Ÿ˜ yang suka banget sama coklat RECOMENDED !

60 menit
Chiffon cake pandan

Chiffon cake pandan

Aaahhh senengnya my first chiffon cake.. ngeluarinnya masih grompel2 tu.. but seriusss ini pertama kali nyoba chiffon cake ini lembutttnya ga bisa diungkapkan dgn kata2 ๐Ÿ˜ Next bikin lagi ah flavor nangka ๐Ÿ’›๐Ÿ’›๐Ÿ’›

Chiffon cake pandan

Chiffon cake pandan

Dulu pertama kali bikin chiffon cake sempat gagal.tapi di coba Terus sampai akhir ny berhasil juga.senang rasa ny orang rumah pada suka dan andalan jualan ku..ini saya share resep ny.yuk di recook ya..

Chocolate Chiffon Cake Keju Ceres

Chocolate Chiffon Cake Keju Ceres

Alhamdulillah, setelah sekian lama berkutat dengan cake ini untuk jualan akhirnya kesampaian juga upload resep cake yang satu ini. Iyesh, ini salah satu resep andalan yang saya dapet dari berbagai perpaduan sumber. Cakenya enak dan pas banget manisnya kalo menurut saya. Tapi mungkin bagi yang suka agak manis bisa tambah sedikit gula ya, DCC nya bisa ganti sama coklat blok biasa. Pokoknya mantep deh.. Yuks langsung aja kita coba resepnya ^_^

Chocolate chiffon cake

Chocolate chiffon cake

Satu persatu eksekusi isi buku resepnya ci tintin rayner. Suka dengan chiffon karna lembut dan moist ga bikin seret. Pasti sudah banyak yg posting resep ini. Tp sy tuliskan lagi buat sy simpan sendiri juga.

Chiffon Pandan "Putih Telur"

Chiffon Pandan "Putih Telur"

04.06.18 #Resep 29 #BikinRamadhanBerkesan Source : ci TintinRayner

Coconut ๐ŸŒด Chiffon Cake (chiffon lembut)

Coconut ๐ŸŒด Chiffon Cake (chiffon lembut)

Seperti biasa weekend kali ini giliran saya yang bikin snack buat keluarga, dan biarlah sang Istri istirahat sebentar ya ๐Ÿ˜Š Kali ini saya akan membuat coconut chifon untuk teman ngeteh.

45 menit
Chiffon Pandan Putih Telur

Chiffon Pandan Putih Telur

Source,tintin rayner. Gambar agak burem ya,keburu buru potonya,keburu bangun sikecilnya.hihihi

1,5 jam
Bolu Chifon Pandan Pondan

Bolu Chifon Pandan Pondan

H3 mendadak disuruh tante bikinin bolu dengan bahan2 sdh disediakan telor, margarin, butter, 3 pack tepung pondan padahal blm pernah bikin bolu pk tepung pondan biasanya pk tepung terigu aja...tp diiming2 ada buat ongkos bikin dan pengganti gas...lumayan okelah dilaksanakan hehehe

25 - 30 menit
Pandan Chiffon Cake

Pandan Chiffon Cake

Lembut, ringan & manis cocok untuk berbuka puasa

Chiffon pandan cake

Chiffon pandan cake

Source : youtube