Cara Gampang Menyiapkan Steamed Roll Cake Putih Telur (Enak, nggak bikin Eneg) yang Enak

Dipos pada March 12, 2017

Steamed Roll Cake Putih Telur (Enak, nggak bikin Eneg)

Sore-sore begini enaknya membuat Steamed Roll Cake Putih Telur (Enak, nggak bikin Eneg) yang praktis Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Steamed Roll Cake Putih Telur (Enak, nggak bikin Eneg) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Steamed Roll Cake Putih Telur (Enak, nggak bikin Eneg), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Steamed Roll Cake Putih Telur (Enak, nggak bikin Eneg) di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Steamed Roll Cake Putih Telur (Enak, nggak bikin Eneg) kira-kira 12 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Steamed Roll Cake Putih Telur (Enak, nggak bikin Eneg) sendiri di rumah. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Anda bisa membuat Steamed Roll Cake Putih Telur (Enak, nggak bikin Eneg) memakai 14 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

08.03.18._ Source: Mbak Shepty Liestiowati dengan resep 'Bolu Gulung Putih Telur (Kukus)'. Terima kasih sekali Mbak Shepty untuk resep nya yg sangat menginspirasi.. Roll Cake lagi, Roll Cake lagi, jangan bosen yah.. Karna lagi 'On Fire' bebikin bolu gulung pemirsahh.. Tp kali ini nyontek resep nya Mbak Shepty pake putih telur, tp tetep yah ada sedikit modifikasi dari segi bahan. Untuk penggunaan vanilli bubuk nya jangan di skip yah, krna akan amis bgt klo nggak pake. Bebikin ini krna kebetulan di tuksay ada putih telur seger bgt, jarang-jarang kn tuksay bawa putih telur, jd lngsung di beli aja, kebetulan juga udah cookmark resep bolgul putih telur punya mbak Shepty jd langsung eksekusi siang tadi.. Hayukk lah kita bebikin.. Di sini resep nya aku tulis versi aku yah..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Steamed Roll Cake Putih Telur (Enak, nggak bikin Eneg):

  1. Bahan A:
  2. 200 ml putih telur (suhu ruang)
  3. 50 gram gula pasir
  4. 1 sdt SP/TBM/Ovalet (aku pake Ovalet)
  5. 1/4 sdt vanilli bubuk
  6. Bahan B:
  7. 70 gram tepung terigu protein sedang (aku pake segitiga biru)
  8. Bahan C:
  9. 25 ml santan kental (aku pake santan kara)
  10. 25 ml minyak goreng kualitas baik
  11. Bahan D:
  12. Secukupnya pewarna kue (aku pake hijau muda & merah muda)
  13. Olesan:
  14. Secukupnya buttercream/selai (sesuai selera)

Langkah-langkah untuk membuat Steamed Roll Cake Putih Telur (Enak, nggak bikin Eneg)

1
Panaskan panci pengukus dengan api sedang, jangan lupa tutup di lapisi serbet makan yg bersih..
2
Dalam wadah mixer dengn kecepatan tinggi bahan A sampai kaku, putih & berjejak. Matikan mixer..
3
Masukkan bahan B, aduk balik menggunakan spatula. Tambahkan bahan C, aduk balik asal rata, dan pastikan tidak ada minyak yg mengendap. Tambahkan bahan D (sesuai selera, kayak nya punya ku kebanyakan deh jadi warna nya jreeengg bgt), aduk rata. Tetapi perlu di ingat jangan overmix yah..
4
Siapkan loyang (aku pake yg ukuran 24Γ—24) yg sudah di oles tipis margarine,alasi dengan kertas roti, oles lagi dengan margarine (tipis-tipis saja).
5
Tuang adonan sampai habis, ratakan dengan spatula. Hentak kan perlahan 2-3Γ— & kukus -+ 20 menit.
6
Setelah matang, angkat dan siapkan kertas roti untuk menggulung bolu nya. Bolu yg baru turun dari panci pengukus langsung di balik ke atas kertas roti yg sudah di siapkan tadi, buka alas kertas roti nya, beri olesan buttercream, kemudian gulung dlm kondisi masih panas/hangat, sambil sedikit di tekan perlahan, setelah dingin simpan di kulkas -+ 15 menit, agar gulungan lebih lebih maksimal..
7
Setelah itu, potong-potong dan sajikan..
Steamed Roll Cake Putih Telur (Enak, nggak bikin Eneg) - Step 7
8
Hmmmm.. enakk nggak bikin eneg..
Steamed Roll Cake Putih Telur (Enak, nggak bikin Eneg) - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Hurricane swiss roll cake

Hurricane swiss roll cake

Ini yg pertama tp berhasil.... πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹ cuman polanya aja yg kurang mantep... Tp selebihnya empuk dan enak... Resep: @yumikomilanisti Recook: @sahniasansan Ini resep aku modifikasi dari resep aslinya...

Hurricane Swissroll Cake #seninsemangat

Hurricane Swissroll Cake #seninsemangat

Yang namanya menggulung cake sudah berkali2 tapi selalu gagal. Baru gulung sedikit sudah pecah itu bolunya. Belum lagi bikin motif topan badainya. Tapi tetap semangat, akhirnya sampai tujuan dengan selamat. Si bolunya berhasil saya gulung... sumpah baru kali ini berhasil. Tetapi sedikit kecewa dgn motif badainya. Tapi tetap semangat insya Allah nyoba lagi ... yesssπŸ’ͺ

Bolu gulung tape singkong

Bolu gulung tape singkong

Rasanya enak dan lembut

Bolu gulung batik

Bolu gulung batik

Indonesia kaya ragam budaya, terutama dalam etnik batik nya, yg merupakan ciri khas suatu daerah. Kali ini izinkan saya sedikit sharing mengenai resep dan cara pembuatan bolu gulung batik ini. Kali ini saya menggunakan litang uk 30x30 untuk menghasilkan bolu gulung sebanyak 4buah uk minimalis πŸ˜‰ Nah semoga bunda dirumah tertarik untuk mencobanya πŸ˜—

Bolu gulung ekonomis

Bolu gulung ekonomis

Gosonggg...!!! No laahh..ini exotic..wkwkwk ngeles... Nasib emak emak kalau lagi bebikinan dan si kecil rewel.. πŸ˜… Aslinya bolu gulung ini enak, makanya saya simpan disini resepnya, buat referensi kalau sewaktu waktu perlu bikin bolu gulung jadi mudah nyari catatan resepnya. Maafkan fotonya yang tidak cantik, gara gara manggangnya kelamaan jadi pinggirannya terlalu kering dan jelek saat di gulung (saat menggulungnyapun si kecil nemplok kayak kodok di punggung emak 😌) Resepnya lamaa sudah saya simpan, lupa dari siapa (tidak tercatat).. 😬 #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru

Bolu gulung ekonomis

Bolu gulung ekonomis

Enak simple gampang bikin nya. Untuk yang belum pernah bikin bolu gulung yuk di coba bikin di jamin anti gagal..

bolu gulung keju strawberry

bolu gulung keju strawberry

Resep ini adalah hasil uji coba saya dirumah bersama mama

5 porsi
90 menit
Bolgul pandan irit lembut

Bolgul pandan irit lembut

Masih dengan yg 2 telur hanya di beri perisa pandan,biar nggak bosen maemnya 😜

Blackforest Roll Cake

Blackforest Roll Cake

Pak misua ultah, tadinya ingin buat cake wortel. Tapi stok spekulas ternyata udah expired haha. Akhirnya korek-korek bahan di dapur, ternyata masih bisa bikin blackforest. Sesuatu deh... ^^

Bolu gulung Rainbow

Bolu gulung Rainbow

Akhirnya berhasil juga eksekusi bolu gulung oven next time coba bikin yg kukus😍😍😍😍

Strawberry Roll Cake

Strawberry Roll Cake

Kembali ke Roll cake kesukaan anak anak... Kali ini bikin rasa strawberry

Swiss Roll Nastar

Swiss Roll Nastar

Kue ini sebenarnya hanya bolu gulung biasa. Namun dilapisi dengan butter cream. Dan ditaburi dengan crumble yang renyah. Kuenya lembut dan harum. Dengan selai nanas yang manis menambah kelezatan Swiss roll nastar ini. Untuk menggulungnya, saya agak melebar karena saya tinggal mandi bolunya keburu dingin. Jadi sulit untuk menggulungnya. Namun tidak merubah rasa. Mudah-mudahan bermanfaat bagi bunda semua πŸ˜ŠπŸ™

Bolu Gulung Keto

Bolu Gulung Keto

Siapa bilang tepung keto nggak bisa digulung? Ini buktinya...ttp bs cantik asal telaten saat manggang dan nggulungnya. Resep dasarnya saya dpt dari mbak Dhyta di salah satu grup wa JKT. Tinggal terserah dimodivikasi spt apa aja dgn toping yg ketofriendly. (fase induksi-maintenance)

10 potong
Bolu Gulung Susu

Bolu Gulung Susu

Bolu Gulung Irit telur

Matcha Swiss Roll Cake (Green Tea Cake)

Matcha Swiss Roll Cake (Green Tea Cake)

Ada matcha powder di rumah... Iseng-iseng cari resep bisa dipake apa yaaa... Nemu resep simple banget dari Ochikeron. Langsung praktek malem-malem. Tapi gampang banget buatnya.

5 porsi
20 menit
Bolu Gulung Pandan

Bolu Gulung Pandan

Buat cemilan yang cepat dan gak terlalu ribet ala bunda Hilda Amir Salim. #resepke100