Cara Gampang Menyiapkan Bolu gulung 3 telur pakai otang yang Lezat

Dipos pada February 8, 2017

Bolu gulung 3 telur pakai otang

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bolu gulung 3 telur pakai otang yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Bolu gulung 3 telur pakai otang yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bolu gulung 3 telur pakai otang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bolu gulung 3 telur pakai otang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Bolu gulung 3 telur pakai otang biasanya untuk Loyang 24x24x4 cm. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Bolu gulung 3 telur pakai otang dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Mommy bisa menyajikan Bolu gulung 3 telur pakai otang memakai 15 jenis bahan dan 15 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masih penasaran bolu gulung. Hohoho.Resep asli punya ricke, pertama kali buat pakai otrik langsung sukses.. Mudah buatnya. Liat2 cookpad jessie nathania, eh bisa pakai otang. Habis nanya2 nyoba buat. Overbaked n bantat karena salah metode. Kali kedua baru lumayan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu gulung 3 telur pakai otang:

  1. Bahan A:
  2. 63 gr mentega/margarine/mix (me: royal palmia)
  3. Bahan B:
  4. 35 gr terigu (segitiga atau kunci)
  5. 5 gr maizena
  6. 5 gr susu bubuk
  7. Bahan C:
  8. 3 butir telur
  9. 45 gr gula pasir
  10. 1/2 sdm sp
  11. 1/2 sdt vanila bubuk (me: larome)
  12. 1/2 sdm vanili cair (tambahan sendiri)
  13. Pasta pandan dan pasta coklat
  14. Selai/ buttercream ( me: selai nanas & blueberry/

Langkah-langkah untuk membuat Bolu gulung 3 telur pakai otang

1
Potong kertas roti utk alas loyang. Oles loyang dg margarine. Alas dg kertas roti. Kalau mau oles lagi jgm tebal-tebal ntar bantat.
2
Lelehkan mentega (me: ditim). Biarkan hingga suhu ruang.
Bolu gulung 3 telur pakai otang - Step 2
3
Ayak terigu, maizena dan susu.
4
Kocok telur, gula n sp sampai putih, kental dan berjejak.
Bolu gulung 3 telur pakai otang - Step 4
5
Panaskan oven suhu 200 derajat. Kalau otrik lgsg api atas bawah. Kalau otang pakai api besar.
6
Masukkan ayakan tepung sedikit demi sedikit ke adonan telur. Aduk balik atau kocok pakai mixer speed terendah sebentar saja.
Bolu gulung 3 telur pakai otang - Step 6
7
Campur adonan dg lelehan mentega. Bisa dg cara dituang sedikit demi sedikit sambil aduk balik. Tapi kalau cara gini saya sering ga rata n jadi bantat. Amannya ambil sebagian adonan. Masukkan ke mangkok mentega cair. Aduk perlahan hingga rata. Baru tuang seluruhnya ke dalam adonan telur. Aduk hingga rata.
Bolu gulung 3 telur pakai otang - Step 7
8
Sebagian adonan saya kasih pasta pandan, sebagian lagi pasta coklat. Kalau tidak tambah pasta, lebih bagus ditambah pewarna kuning sedikit karena kuenya agak pucat soalnya banyak putih telur.
9
Tuang ke loyang bersamaan 2 macam warna tersebut dari bagian pinggir. Ntar akan ketemu di tengah kalau adonan sama banyak. Adonan coklatnya saya dikit, yang ijo agak banyak, hehe, ngasal si. Saya sisain adonan coklat dikit buat bikin motif di atas yg ijo (optional ya). Adonan saya sendokkin acak saja. Lalu pakai tusuk gigi ditarik dikit dikit biar bermotif. Asal banget. Hehe.
Bolu gulung 3 telur pakai otang - Step 9
10
Saya manggang di otang. Rak paling atas api besar. Setelah 10 menit diintip kulitnya belum matang. Lanjut lagi 3 menit, kulit belum coklat. Jadi kasih loyang isi air di tengah. Lanjut lagi 6 menit. Kulitnya lumayan coklat. Cepat angkat d. Percobaan pertama pake cara loyang taruh ditengah n bawah kasih loyang isi air dr awal manggang, kue jadi bantat n kulitnya g mau kering. Yang kali kedua lebih ok la.
11
Saya bikin yang versi mini. Jadi belah dua kuenya. Balik ke parchment paper. Kupas kertas roti alasnya. Gulung sambil padatkan.
12
Buka gulungan hati hati. Mungkin karena mini ga gampang patah. Yg ijo saya oles selai nanas. Yang coklat saya oles blue berry. Gulung lagi sambil dipadatkan. Bisa bungkus pakai kertas baking sambil diketatkan.
13
Kalau udah dingin potong-potong dan sajikan.
Bolu gulung 3 telur pakai otang - Step 13
14
Kulitnya agak keriput satu. Tapi ga ngelupas.Yang satu lagi sedikit ngelupas, mungkin karena masih panas udah dipengap dikertas baking.
15
Pernah nyoba oven gas. Pernah pake api di bawah doang, begitu agak matang baru pindahkan ke ruang pengapian buat matengin kulitnya. Hasilnya jadi overbaked n kulitnya copot. Habis pakai api atas bawah, bolu matang dalam waktu 7-8 menit doang. Saya angkat setelah 8 menit masih lumayan moist. Mungkin bisa cepat dikit. Di oven gas susah nyetel apinya, kelewat banyak muter kran gas api mati, nyalainnya repot n rada dag dig dug. Suhu terbaca di termometer 210 derajat. Agak ragu akurasi termometernya.
Bolu gulung 3 telur pakai otang - Step 15

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Gulung 6 Telor

Bolu Gulung 6 Telor

Source : Tintin Rayner U/ menaklukan resep Ci Tintin yg satu ini perlu percobaan berkali2 hingga akhirnya berhasil jg hihihi ttp hrs coba berkali2 biar makin sempurna

1 jam
Bolu Gulung moist anti gagal no sp dan bp

Bolu Gulung moist anti gagal no sp dan bp

Lagi-lagi bolu gulung, hihihi. Sekeluarga bikin pas imlek kemaren 3 resep sekaligus, jadinya ga ada yang beres. Selain kulitnya lengket,bolunya pun patah-patah. Padahal udah full kuning telur. Liat orang lain bikin kok sepertinya mudah, sampe terima order segala. Makanya sebelumnya latihan dulu pake resep yg ekonomis buat mempelajari apa yang salah sebelumnya. Kali ini sukses. Senangnya, hohoho.

Loyang ukuran 24x24x2 cm
Bolu Gulung Ekonomis

Bolu Gulung Ekonomis

Judulnya bolu gulung ekonomis. Saya agak pasrah sebenernya bikin bolgul masalahnya ada di loyangnya, maksudnya diloyangnya yg belom beli 😁 lha wong loyang yg saya punya diameternya cuman 20 cm trus aseli kecil bin imut ya hasil nya digulung alakadarnya juga. Tp tetep judulnya bolu gulung kan, Yg ni rasanya mantep cuman bikinnya yg rada2 maksa 😆 gegara si Sulung ngerengek bikin roti yg isinya ovomaltine, karena paginya baru bikin roti. Yaudah bikin bolgul aja dah dikasih selai ovomaltine. Alhamdulillah sih .. malah ga dimakan 😭😭😭 cuman diliatin doang dia bilang "emang ni roti bunda?" Sambil pasang muka bingung. Ya sudahlah nak.. biarkan, bunda dgn sangat ikhlas menghabiskan 😋😋😍😍 Terimakasih mba @rickeindriani_ordinarylitchen Saya izin reshare versi setengah resep untuk loyang 20 cm.

Black Forest Roll Cake

Black Forest Roll Cake

Bismillah Source Fitri Sasmaya Beneran moist banget ini, lembuut banget cakenya.

2 loyang kecil
30 menit
Bolu gulung kukus, simple dan irit !

Bolu gulung kukus, simple dan irit !

baru beli loyang bolu kukus ukuran mini jadi penasaran sama bolu gulung ini , ini udah buat yang ke 3 kalinya . cuman pas percobaan kedua gagal . hihi tapi nggak apa apa yang penting rasa tetep enak ! selain simpel resep ini juga irit , jatuh cinta deh sama resep ini . source : erriana fitriyani

7 potong
30 menit
Bolu Gulung Coklat Happy Call

Bolu Gulung Coklat Happy Call

Manfaatin sisa telur dan coklat.

16 potong
45 menit
Tie dye swissroll cake

Tie dye swissroll cake

#pejuanggoldenapron3

Strawberry Roll cake ekonomis

Strawberry Roll cake ekonomis

ada selai strawberry homemade, iseng2 coba buat roll cake resep ci @tintinrayner. Walaupun berhasil ngegulung tp hasilnya belum sebagus buatan ci Tintin. Tapi untuk rasa lembut dan yummy.

Roll Cake Mango

Roll Cake Mango

#Recook #MillesCrepes #RollCakeMango #OlahanMangga #MasakItuSaya #MasakAsyik #BagikanInspirasimu #COBOY #GAKuningKenanganKu #SemarakGAKuningKenanganKu #CloverCookingLover #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #Cookpad_id Source : Rima Corner Minggu ini semarak di menangkan oleh mba Laila yang menantang bikin olahan berwarna kuning. Pas kebetulan mangga terakhir di rumah ndak ada yang makan akhirnya di bikin roll cake mangga aja biar kemakan dari pada mubazir dan sekalian memeriahkan acara semarak serba kuning hehe semoga berkenan nggeh mba

Bolu Gulung /Roll Cake

Bolu Gulung /Roll Cake

Bolu gulung pertama yg berhasil ku buat dr beberapa percobaan,, walaupun blm semulus yg djual dtoko" tapi sdh sneng banget.. Hehee Resep dr TehYung,,sy tambahin susu bubuk biar tmbah enakkk.. Bahanx dikit n simple bnget buatx, hasilx,, mmmm lembut banget moms..👍👍 Dsini sy gunakan loyang 24x24,boleh gunakan loyang yg lebih kecil biar bolunya lebih tebal.

Red Velvet Roll Cake

Red Velvet Roll Cake

Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI. Dibuatlah bolgul in yg penting ad nuansa merah putih y 😄

15 porsi
Strawberry Roll Cake (Tepung Tapioka) #nonterigu

Strawberry Roll Cake (Tepung Tapioka) #nonterigu

Ini Roll Cake terlembut dan terenak yg pernah saya buat...dan Roll Cake dengan tepung tapioka yg pertama yang saya buat...spechless dengan kemampuan tepung tapioka buat cake lembut macam ini...biasanya cm jadi kue basah ajaaa... Klo bunda penasaran, boleh loh intip resep saya...semoga berkenan ya bun 😊 Selalu ingat untuk mencuci tangan sebelum mulai bebakingan ya bun 😉 Happy baking 😘😘

8 potong
30 menit
Selai nanas untuk bolgul

Selai nanas untuk bolgul

source : JE DeBloom sy bikin 1/2 resep ini texturnya agak lembek/lebih encer ya cocok untuk isian bolu gulung atau olesan Roti tawar. kalau untuk isian nastar dibikin lebih kering dan sy lbh suka diparut bukan diblender biar ada texturenya

Swiss Roll

Swiss Roll

With sweet cream cheese filling

Floss swissroll (bolu gulung isi abon)

Floss swissroll (bolu gulung isi abon)

2 mnggu lalu annual meeting di yogya, dan ditawarin temen beli abon sm temannya homemade, murah dan enak. Sy cb beli 1, rasanya enak ga kalah sm yg d jual di supermarket. Dan 2 hr stelah tiba d rmh lngsung sy eksekusi bikin bolu gulung ini nyontek resepnya ci tintinrayner, cm sy konversi ke loyang 24

Blueberry Roll Cake

Blueberry Roll Cake

Masya Alloh....ternyata sprti ini to rasanya berhasil ngegulung roll cake....bahagianya tak terbayangkan. Walaupun blm rapi...tp ini perjuangan stlh 3x nyoba....dr yg adonannya kyk kulit tebal lentur, kedua cakenya kering digulung patah dan ini yg ketiga sukses digulung.....stlh ini jd lbh semangat lg nyoba varian lain bolu gulung. Ini resep dr blognya nailandra blogspot.aku sesuaikan dgn jumlah telur di rumah.

17 potong